INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENELITIAN EKSPERIMENTAL
Advertisements

Interaksi Manusia dan Komputer
Analisis Kebutuhan Chika yunindra |
METODE PENELITIAN DALAM KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
Interaksi Manusia dan Komputer
METODE ILMIAH Iqbal Al Khazim S. Ikom.
Experimen Dalam Agroforestry.
Evaluasi IMK.
Prototyping Aplikasi Teknologi Informasi
DATA, SKALA, DAN VARIABEL
Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Ditinjau dari Berbagai Aspek
METODE PENELITIAN PSIKOLOGI SOSIAL
PENGANTAR PSIKOLOGI EKSPERIMEN
OBJECTIVES, QUESTION, AND HYPOTHESES Oleh : Kelompok IX Yoza Misra Fatmi Idianola
Obyek IPA dan Pengamatannya
RISET KOMUNIKASI Pertemuan 13 Matakuliah: O0062 / Pengantar Ilmu Komunikasi Tahun : September 2008.
Mengelola Proses Perancangan
Interaksi Manusia & Komputer Evaluasi
Kuliah II & III: Metodologi Penelitian Dalam Psikologi Sosial
DATA, SKALA, DAN VARIABEL
Kuantitatif penelitian Kualitatif.
PROSES PENELITIAN Penelitian Fenomena paradigma Workability
Penerapan Teori dalam Penelitian
Step 14 : Uji, Uji, dan Uji Ulang
METODE DALAM PSIKOLOGI LINGKUNGAN
Penelitian Eksperimen (Experimental Research)
Program MPMT PPs UT MATERI INISIASI 8 MPMT5203 METODOLOGI PENELITIAN
TEKNIK EVALUASI.
Teknik Evaluasi.
USABILITAS WEB (WEB USABILITY)
TEKNIK EVALUASI.
PERANCANGAN INTERFACE USER
TEKNIK EVALUASI Rima Dias Ramadhani.
METODE ILMIAH suprianto.
Evaluasi IMK.
Teknik evaluasi.
Evaluasi IMK.
Chalifa Chazar edu.script.id
IDENTIFIKASI VARIABEL DAN DATA PENELITIAN
Evaluasi
CARA PENGUMPULAN DATA SENSUS DATA POPULASI ANALISIS NILAI PARAMETRIK
PSIKOLOGI EKSPERIMEN BIDANG LAIN PERSEPSI PSIKOLOGI BELAJAR KLINIS
Pengenalan Evaluasi dan Evaluasi Framework
METODE ILMIAH Rini Astuti S. Ikom.
Beda Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif
METODE ILMIAH.
Evaluasi Interaksi Manusia dan Komputer Oleh : SRI HERAWATI, S.KOM
Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi
Merancang Penelitian Sesi – 1 Seminar Komunikasi
METODE ILMIAH Yanti Trianita S. I.Kom.
PENENTUAN VARIABEL DALAM MELAKUKAN PENELITIAN
Teknik Evaluasi.
Evaluasi IMK.
Perancangan Iteratif, Pengujian, dan Evaluasi
PENELITIAN KESEHATAN dr.Juliandi Hrp,MA
Evaluasi IMK.
METODE PENELITIAN DALAM KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER
Evaluasi IMK.
FIKES – MANAJEMEN INFORMASI KESEHATAN
METODE PENELITIAN DALAM KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN
Mengelola Proses Perancangan
Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Ditinjau dari Berbagai Aspek
Teknik evaluasi dan groupware / cscw
Evaluasi IMK.
METODE ILMIAH Siti Zulzilah.
Statistika Uji hipotesis 1 Populasi & Uji Hipotesis 2 Populasi
PERBEDAAN PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF
MATA KULIAH : METODE PENELITIAN
DESAIN PENELITIAN Merupakan rancangan penelitian yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat menuntun peneliti untuk dapat memperoleh.
Transcript presentasi:

INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER EVALUASI INTERAKSI MANUSIA & KOMPUTER

Evaluasi Empiris Pengenalan Evaluasi Empiris Perancangan Eksperimen Partisipasi, IRB dan Etika Pengumpulan Data Analisa Data dan Interpretasi Hasil Penggunaan Hasil Rancangan

Why Evaluate? Recall: Pengguna dan tugasnya diidentifikasi Kebutuhan dan persyaratan telah ditentukan Interface didesain, prototipenya dibangun Tapi apakah ada gunanya? Apakah sistem mendukung pengguna dalam tugas mereka? Apakah lebih baik dari apa yang ada sebelumnya (jika ada)?

Tipe-tipe Evaluasi Interpretasi dan Prediktif (pengingat) Evaluasi heuristik, panduan kognitif, etnografi ... Sumatif vs formatif Penilaian sumatif ini lebih bersifat punishment (memutuskan / menentukan) keberhasilan dan atau kegagalan Penilaian formatif bersifat fragmental atau bagian per bagian secara terpisah-pisah

Sekarang dengan Keterlibatan User Naturalistic (Naturalis) Empirical (Empiris) Dalam setting yang realistis, biasanya mencakup beberapa observasi terpisah, penelitian cermat terhadap pengguna Orang menggunakan sistem, memanipulasi variabel independen dan mengamati yang dependen

Mengapa Mengumpulkan Data? Merancang eksperimen untuk mengumpulkan data untuk menguji hipotesis untuk mengevaluasi antarmuka guna memperbaiki disain Informasi yang dikumpulkan dapat berupa: Objektif atau subjektif Informasi juga bisa: Kualitatif atau kuantitatif

Melakukan Eksperimen Tentukan TUGAS Tentukan ukuran kinerja Mengembangkan eksperimen Persetujuan IRB (Institutional Review Board) Merekrut peserta Kumpulkan data Memeriksa & menganalisa data Buat kesimpulan untuk menyelesaikan masalah desain Merancang ulang dan menerapkan antarmuka yang telah direvisi

The Task Benchmark task - mengumpulkan data kuantitatif Tugas yang representatif - menambah luas, dapat membantu memahami proses Katakan pada mereka apa yang harus dilakukan, bukan bagaimana melakukannya Masalah: Lab pengujian vs lapangan pengujian Validitas - pengguna biasa; tugas tipikal; Pengaturan yang khusus? Jalankan versi percobaan untuk menyingkirkan bug

“Benchmark” Tasks Tugas spesifik dan jelas yang dilakukan oleh pengguna Contoh: Email handler "Temukan pesan dari Mary dan balas dengan jawaban 'Selasa pagi pukul 11'.“ Pengguna melakukan ini dalam berbagai kondisi dan analis mengukur kinerjanya

Mendefinisikan Kinerja Berdasarkan tugasnya Ukuran / metrik spesifik dan obyektif Contoh: Kecepatan (waktu reaksi, waktu untuk menyelesaikan) Akurasi (kesalahan, hit / misses) Produksi (jumlah file yang diproses) Skor (jumlah poin yang didapat) ... Dan yang lainnya ...

Tipe Variabel Independen Dependen Apa yang dipelajari, apa yang disukai bervariasi (mis., Fitur antarmuka, perangkat interaksi, teknik seleksi) Independen Ukuran kinerja yang dicatat atau diperiksa (mis., Waktu, jumlah kesalahan) Dependen

Variabel “Controlling” Mencegah sebuah variabel mempengaruhi hasil dengan cara yang sistematis Metode pengendalian untuk variabel: Jangan biarkan bervariasi Misalnya, Semua laki-laki Biarkan bervariasi secara acak Misalnya, secara acak menugaskan peserta ke grup yang berbeda Penyeimbang (Counter Balance) - secara sistematis memvariasikannya Misalnya, jumlah laki-laki yang sama, perempuan di setiap kelompok Pilihan yang tepat tergantung pada keadaan

Hipotesis Apa yang diprediksi akan terjadi Lebih spesifik lagi, cara Anda memprediksi variabel dependen (yaitu, akurasi) akan bergantung pada variabel independen (s) Hipotesis "Null" (Ho) Menyatakan bahwa tidak akan ada efeknya Misalnya, "Tidak akan ada perbedaan kinerja antara kedua kelompok" Data yang digunakan untuk membantah hipotesis null ini

Contoh Hipotesis Apakah orang menyelesaikan operasi lebih cepat dengan layar hitam-putih atau warna? Independent  display type (warna atau b/w) Dependent  waktu untuk menyelesaikan tugas (menit) Variabel terkontrol  jumlah laki-laki dan perempuan yang sama di setiap kelompok Hipotesis  Waktu untuk menyelesaikan tugas akan lebih pendek bagi pengguna dengan tampilan warna Ho: Timecolor = Timeb/w Catatan : Di dalam/di antara masalah desain, selanjutnya

TERIMA KASIH