Pertemuan 14 UML Diagram State

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Rekayasa Perangkat Lunak IT014 E
Advertisements

Catur Iswahyudi + Edhy Sutanta
BPR – Tahap 1 (Persiapan)
Unified Modelling Language (UML)
Interaction Diagram.
Analisa dan Perancangan Sistem
UML (Unified Modelling Language)
Interaksi Objek.
Activity Diagram.
SEQUENCE DIAGRAM.
Yang akan dipelajari Pengenalan UML Sejarah Singkat UML
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
Desain Berorientasi Obyek dan UML
Statechart Diagram..
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Hernando Ivan Teddy, S.Kom
Collaboration Diagram State Diagram
Pokok bahasan: State Diagram State Substate Events dan transition State Diagram Developing Software Woth UML Booch Jacobson Rumbaugh Addison-Wesley.
Oleh: Sri Herawati, S.Kom
Activity diagram Oleh: Ahmat Adil.
BEHAVIOUR DIAGRAM -STATECHART DIAGRAM.
RELATIOPNSHIPS IN THE UML
OBJECTORIENTED ANALYSIS
CLASS DIAGRAM.
Rekayasa Perangkat Lunak UML (Unified Modelling Language)
Lebih Lanjut Tentang UML
Object oriented analyst and design
LATIHAN PSBO Total : 35 PG.
Analisa dan Perancangan Berbasis Objek
Citra N., S.Si, MT Program Studi Sistem Informasi - UNIKOM
Soal latihan psbo.
Activity Diagram.
Sequence Diagram.
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK
QUIZ PSBO Total : 35 PG.
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
State Machine Diagram.
Bekerja Activity Diagram
Metode Perancangan Program
Citra N., S.Si, MT Sisfo - UNIKOM
SOAL PERTEMUAN 1-6 PSBO 4 SKS
Activity diagram.
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 3 OOAD Coad Yourdon Pendahuluan + Notasi
PEMODEAN SISTEM INFORMASI – PERTEMUAN 5
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
Pemodelan Sistem Bisnis
Konsep & Perancangan Database
Pertemuan 7.
Soal PSBO Pert.1-6.
Pertemuan 10 UML Diagram Sequential
Activity diagram.
Waktu : 2 menit 30 detik/slide
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Statechart Diagram Siti Mukaromah, S.Kom.
SOAL LATIHAN 1 SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun …..
Pemodelan Sistem Teknologi Informasi
REKAYASA KEBUTUHAN PL.
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Bab 5 activity diagram.
Metode Perancangan Program
State Diagram Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML –
Statechart Diagram..
Pertemuan 9 UML Diagram Class & Diagram Objek
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
OBJECT ORIENTED ANALISYS AND DESIGN
Object oriented analyst and design
PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Transcript presentasi:

Pertemuan 14 UML Diagram State ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK Citra Noviyasari, S.Si, MT

Struktur Dinamis Struktur dinamis adalah struktur yang menggambarkan tanggapan objek terhadap sebuah kejadian. Tanggapan objek tersebut dapat dibagi menjadi 3 macam : Perubahan status / kondisi objek , digambarkan dengan menggunakan Diagram State. Respon internal objek, digambarkan dengan menggunakan Diagram Action. Kolaborasi objek dengan objek lain, digambarkan dengan menggunakan Diagram Sequence.

State State adalah abstraksi nilai-nilai atribut link dan objek. Himpunan nilai dikelompokan bersama menjadi state berdasar properti-properti yang mempengaruhi perilaku objek. State menspesifikasikan tanggapan objek terhadap kejadian-kejadian masukan. Tanggapan terhadap kejadian yang diterima objek boleh secara kuantitatif bergantung pada nilai eksak atribut-atribut. Tanggapan secara kualitatif sama untuk semua nilai dalam state yang sama,dan mungkin secara kualitatif berbeda untuk nilai state - state berbeda. Tanggapan objek terhadap kejadian berupa aksi atau perubahan state objek. State berkorespondensi dengan interval di antara dua kejadian yang diterima objek. State objek bergantung barisan kejadian di masa lalu yang diterimanya. Kebanyakan kasus kejadian-kejadian di masa lalu tersembunyi oleh kejadian-kejadian yang mengikutinya.

Diagram State Diagram state mendeskripsikan perilaku suatu kelas objek. Karena semua instan satu kelas berperilaku sama, instan-instan itu mempunyai feature-feature yang sama. Tiap objek mempunyai nilai-nilai atribut sendiri. Masing-masing mempunyai statenya sendiri, hasil barisan kejadian unik yang diterimanya. Tiap objek tak bergantung objek-objek lain dan berproses sesuai langkah sendiri. Diagram state menghubungkan kejadian-kejadian dan state-state. Ketika kejadian di terima, state berikutnya bergantung state saat itu dan kejadian yang d terimanya. Perubahan state yang disebabkan kejadian disebut transisi. Diagram state adalah graph dimana simpul adalah state dan busur adalah transisi berlabel nama kejadian. Diagram state menspesifikasikan barisan state disebabkan barisan kejadian. Jika subjek pada satu state dan kejadian terjadi, objek memasuki target di ujung akhir transisi.

Dasar Diagram State Secara umum, State Machine Diagram atau Diagram State adalah sebuah teknik untuk menggambarkan perilaku dinamis sebuah sistem. Dalam pendekatan OO, sebuah State Machine Diagram memodelkan perilaku dari sebuah objek tunggal, menunjukkan urutan kejadian yang terjadi pada sebuah objek selama hidupnya dalam merespone suatu event. Elemen dasar adalah state dan transisi dari satu state ke state lainnya.

Jenis State Diagram Behavioral State Machines Protocol State Machines Merupakan state machine diagram umumnya Digunakan untuk mendefinisikan perilaku sebuah object Protocol State Machines Digunakan untuk penggunaan protocol pada sebuah system Dapat didefinisikan ke spesifik Protocol State Machines atau ke Behavioral State Machines Didefinisikan sebagai diagram context (global overview) Notasi yang digunakan sama dengan Behavioral State Machines dengan penambahan kata {protocol} Tidak adanya internal activity seperti entry,exit,do Transition pada Protocol State Machines harus menggunakan Protocol Transition

Elemen State adalah sebuah state ditandai dengan sebuah kotak dengan sudut tumpul dan terdapat nama state yang ditulis di dalamnya. Initial dan Final States (pseudostate) : Initial State ditandai dengan sebuah kotak terisi warna hitam penuh dan dapat diberi label. Final State ditandai dengan sebuah lingkaran dengan titik ditengahnya dan dapat diberi label. Transition: sebuah transisi menyatakan perpindahan dari satu state ke state berikutnya dengan sebuah anak panah. Transisi memiliki label dalam 3 bagian: trigger [guard]/activity. Semuanya optional. Trigger : sinyal kejadian yang memicu perubahan state. Guard : jika ada, sebuah kondisi Boolean harus true sehingga trigger menyebabkan transisi. Activity : beberapa perilaku yang telah dijalakan selama transisi

Elemen Transitions: adalah sebuah transisi dimana state sumber dan sasaran sama.

Notasi Deskripsi Notasi Initial State: Hal ini menunjukkan titik awal atau kegiatan pertama aliran. State: Merupakan keadaan objek pada suatu saat waktu. Transisi: Sebuah panah yang menunjukkan Objek untuk transisi dari satu keadaan ke keadaan yang lain. Event dan Aksi: Sebuah pemicu yang menyebabkan terjadi transisi disebut sebagai sebuah peristiwa atau tindakan. Sejarah State: Sebuah aliran mungkin mengharuskan objek pergi ke transisi, atau menunggu state, dan pada terjadinya peristiwa tertentu, Sinyal: Ketika sebuah peristiwa menyebabkan pesan / pemicu untuk dikirim ke sebuah state, yang menyebabkan transisi kemudian, pesan itu dikirim Final State: Akhir diagram state ditunjukkan oleh simbol mata banteng, juga disebut keadaan akhir.

Contoh