PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Advertisements

Dasar Penggunaan Flash Macromedia
ACTION SCRIPT.
Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)
Penuntun Kelas VIII Semester 2
Microsoft PowerPoint 2007 PELATIHAN TI FH UNUD MEI 2010
Membuat Template Web Website yang baik adalah website yang konsisten. Konsisten di sini berarti memiliki bentuk, layout dan navigasi yang sama antar satu.
Pertemuan 2.  Dreamweaver adl salah satu program pembuatan website yang mempunyai banyak sekali menu-menu dan tool-tool yang dapat dipergunakan untuk.
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI1DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS © 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan.
Metode Animasi & Action Script
Pengenalan Program Macromedia Flash
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
MACROMEDIA FLASH. Pertemuan III Symbol / Library Symbol : Graphic Lesson 3 : Symbol Symbol : Movie Clip.
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
MAIL MERGE.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
A. Persiapan Perancangan Flash digunakan untuk membuat Movie yang merupakan gabungan objek-objek yang tersusun rapi dan menarik dengan alur cerita yang.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI
Macromedia Flash.
MEMBUAT GAME BOLA PANTUL DENGAN MACROMEDIA FLASH 8 Dhimas Leo Prastowo, for further detail, please visit
PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Pertemuan 1 D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.
Pertemuan 6 Alat Bantu Authoring Multimedia
PI. Manajemen Informatika, Direktorat Program Diploma Tiga Manajemen Cara belajar Modifikasi Motor Matic Lowrider for further detail, please visit
Macromedia Flash Animasi dasar terbagi menjadi 3 = Gerak, skala, putar. M. Flash menyediakan 2 teknik pembuatan Animasi Frame by frame (dalam animasi.
Area Kerja Macromedia Flash 8
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
Pengenalan Corel Draw Interface Corel Draw.
MAIL MERGE.
Animasi Banner dengan Flash
KOMPUTER DALAM PEMB. FISIKA
Animasi Banner dengan Flash
MODUL DASAR ( MODUL 2 ) PERTEMUAN 7.
Microsoft Excel By : D e w i.
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
MENAMBAH ANIMASI, SOUND, MOVIE
KONSEP DASAR ANIMASI Persiapan Perancangan
MICROSOFT POWER POINT 2007 APLIKASI KOMPUTER 2.
MICROSOFT EXCEL 2010 By : Nurul Adhayanti.
Macromedia Flash.
APLIKASI INTERAKTIF BELAJAR BERHITUNG UNTUK KELAS 1 SD Nyoman Yosafat Sunia, for further detail, please visit
TOT FASILITATOR By N a h d i.
Area Kerja Dreamweaver
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
DENGAN MACROMEDIA FLASH MX APLIKASI INTERAKTIF “MANDARIN UNTUK ANAK”
FLASH WEB LAY OUT AND NAVIGATION
Frame by frame Buat objek lingkaran dengan menggunakan oval tool (warna garis hitam dan warna dalam merah)
Macromedia Flash.
By: Angelia Ester B. Zebua
LINGO Scripting pada director
3. Kegiatan Belajar 3: Teknik Animasi Tweening
Animasi Tweening.
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
Membuat Slide Presentasi Sederhana Menggunakan Adobe Flash CS 6
Multimedia Matematika – Pertemuan 1
Animasi Banner dengan Flash
MENGENAL MACROMEDIA/ADOBE FLASH
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Menyisipkan Objek Microsoft Office Powerpoint 2007
Macromedia Flash.
Symbol (Movie clip, Button, Graphic)
Komputer Aplikasi Akuntansi I
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Animasi Flash.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Sistems. Adobe flash memiliki kemampuan untuk mengolah animasi 2 dimensi dan 3 dimensi yang saat ini paling popular dan telah banyak digunakan untuk membuat konten-konten website, logo, game, film animasi, CD interaktif dan sebagainya. Adobe flash dapat menggabungkan gambar, suara, dan video ke dalam animasi yang dibuat.

HASIL AKHIR FLASH Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension.fla. file ini kemudian dapat dipublikasikan sehingga dihasilkan file.swf. File.swf inilah yang menjadi file final berisi animasi. biasanya file yang berekstensi.swf dapat dijalankan melalui web atau browser yang telah dipasangi Adobe Flash Player

BAHASA PEMOGRAMAN FLASH Flash menggunakan bahasa pemograman “ActionScript” Jenis “ActionScript” 1. AS AS AS 3.0

PENEMPATAN ACTION SCRIPT A. Action Script pada Frame B. Action Script pada Button

MENJALANKAN PROGRAM ADOBE FLASH 1. Tekan tombol Start  All Program  Adobe  Adobe Flash CS3 Professional sehingga tampil Welcome Screen

2. Klik Flash File (Action Script 2.0) pada kolom Create New untuk membuka lembar kerja baru seperti berikut:

Frame, Key Frame, Blank Key Frame Insert Key Frame tekan F6 (artinya mengkopy paste semua objek yang berada pada frame sebelumnya) Insert Frame tekan F7 (artinya memperpanjang animasi) Insert Blank Key Frame tekan F8 (artinya membuat frame kosong untuk ditambahkan animasi)

STAGE Merupakan lembar kerja yang digunakan untuk membuat dan mendesain objek yang akan dianimasikan. Objek yang dibuat dapat berupa vector, movie clip,Text, Button dan lain-lain. Ukuran, warna derta pengaturan lain pada stage dapat diubah dengan cara klik stage menggunakan selection tool lalu ubah ukurannya pada panel properties.

PROPERTIES Berguna untuk menampilkan parameter dari sebuah objek yang terseleksi dalam stage sehingga objek tersebut dapat dimodifikasi serta memaksimalkan fungsi dari objek tersebut

Convert To Symbol  Movie Clip  Botton  Graphic

MOVIE CLIP Berfungsi untuk membuat animasi yang lebih halus didalam instance symbol. BOTTON Berfungsi untuk mencipta tombol sebagai pengontrol animasi GRAPHIC Berfungsi untuk membuat animasi frame by frame

BUTTON 4 Frame dalam Symbol Button:  UP Berfungsi sebagai tampilan tombol pada kondisi awal sebelum ditekan  OVER Berfungsi sebagai tampilan ketika kursor mouse berada tepat di atas tombol  DOWN Berfungsi sebagai tampilan tombol pada kondisi sedang ditekan  HIT Berfungsi sebagai area tekan tombol

TEKNIK ANIMASI Frame By Frame Scene By Scene Movie By Movie

on (release) { gotoAndStop(frame yang dituju); } on (release) { gotoAndStop(frame yang dituju); } FRAME BY FRAME

on (release) { gotoAndStop(“nama scene”); } on (release) { gotoAndStop(“nama scene”); } SCENE BY SCENE

on (release) { loadMovieNum(“nama movie.swf”, 0 ); } on (release) { UnloadMovieNum(“nama movie.swf”, 0 ); } MOVIE BY MOVIE

QUIT/EXIT on(release){ fscommand("quit",true); }

Fullscren fscommand("fullscreen",true);

NAMA: ROHANIATUL HUSNA, S.Pd, M.Kom ALAMAT: KEL. TALANG PAYAKUMBUH BARAT HP: