ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA 1 dengan C++

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PENDAHULUAN KONSEP ALGORITMA DAN DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)
Advertisements

Introduction to Algorithm evaluation Soal Matrikulasi Buka Buku
- PERTEMUAN 2 - TIPE DATA, VARIABEL, DAN OPERATOR
STATEMENT KONDISI Adalah perintah yang memungkinkan
Tipe Data, Variabel & Operator
Matakuliah : Algoritma & Struktur Data Versi Materi
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Algoritma dan Struktur Data
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Algoritma dan Struktur Data
*Operator - ARITMATIKA
Algoritma dan Flowchart
Logika & Algoritma -- Pertemuan II: Variabel dan Operator Logika & Algoritma --
Algoritma (Struktur, Tipe Data, Input/Output)
Notasi Algoritma.
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Tipe Data, Variabel & Operator
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Flowchart dan Pseudocode
Struktur Algoritma & Tipe Data
Pemrograman Dasar Kelas X.
Pertemuan 2 Muhamad Haikal, S.Kom., MT
Flowchart (Diagram Alur)
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
PRAKTIKUM ALGORITMA PEMROGRAMAN
DASAR PEMROGRAMAN C Oleh : sgo.
Notasi Algoritma & Tipe Data
Dasar-Dasar Pemrograman
Tipe, Nama, dan Nilai Anifuddin azis.
Pendahuluan & identifier pada bahasa c dan c++
PERTEMUAN 3 KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
BAB 3 EKSPRESI BOOLEAN.
KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemograman Konsep Tipe Data dan Operator
Konsep Tipe Data dan Operator
Pemograman Terstruktur
TEE 2103 Algoritma dan Pemrograman
FKIP Pend. Matematika Universitas Muhammadiyah Gresik
Variabel operator tipe data
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (PERTEMUAN 2)
Pertemuan 1 DATA & STRUKTUR DATA.
Pseudocode – Tipe Data, Variabel, dan Operator
Operator.
Algoritma dan Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman (Pertemuan 03)
Tipe Data, Operator dan Ekspresi
S. Indriani Lestariningati, M.T
DASAR PEMROGRAMAN JAVA
TIPE DATA DASAR C++.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Tipe Data
TEE 2103 Algoritma & Pemrograman
Operator dan Operasi Input Output pada C++ Pertemuan 11
Tipe Data, Nama dan Nilai
minggu ke-2 Imam Fahrur Rozi
OPERATOR RELASI & LOGIKA
VARIABEL DAN TIPE DATA Erizal, S.Si, M.Kom Sistem Informasi
Algoritma dan pemrograman
KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER
Konsep Tipe Data dan Operator
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Type, Variabel, Konstanta
Aritmatika Komputer.
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
PROSES PEMBUATAN PROGRAM KOMPUTER
Algoritma dan Stuktur Data
Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer Bani Saleh
Algoritma 1 Temu 2.
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Logika dan Algoritma Agung BP Chapter 5.
BAB 7 EKSPRESI BOOLEAN.
Transcript presentasi:

ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA 1 dengan C++ STMIK – AMIK JAYANUSA PADANG

Apakah Logika & Algoritma Itu ? Logika adalah Pola pikir atau cara berpikir untuk menyelesaikan masalah/mencapai suatu tujuan. Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis Algoritma merupakan jantung ilmu komputer atau informatika. Banyak cabang ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma. Namun jangan beranggapan algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-haripun banyak terdapat proses yang digambarkan dalam suatu algoritma.

Algoritma yang benar memiliki ciri-ciri sebagai berikut : Algoritma harus memiliki akhir. Program yang tidak pernah berakhir adalah program yang memiliki algoritma salah. Algoritma tidak boleh memiliki arti ganda Algoritma harus memiliki masukan (input) Algoritma harus memiliki keluaran (output) Algoritma harus Efektif dan Efesien

Notasi Algoritma Pseudecode Notasi/kode-kode yang menyerupai program. Contoh : Pseudecode untuk menghitung luas persegi panjang Input (P,L) Luas = P * L Output (Luas)

Flowchart Simbol atau gambar yang disusun secara sistematis untuk menggambarkan arah instruksi dari suatu proses. Terminal Awal (Start), Terminal Akhir (Stop) Set Awal atau Nilai Awal Masukan (Input) atau Keluaran ( Output) Proses Pemilihan (Decision) atau Perulangan (Looping) Arah Instruksi Menyambung Flowchart pada halaman yang sama Menyambung Flowchart pada halaman yang berbeda

Flowchart menghitung Luas Persegi Panjang Start Input P, L Luas = P * L Output Luas Stop

VARIABEL DAN KONSTANTA Variabel adalah nama atau simbol yang digunakan sebagai tempat untuk menampung data, dimana isinya/nilainya dapat diubah sesuai dengan input atau proses dari program. Konstanta Memiliki fungsi yang sama dengan variabel, yaitu menampung data namun isinya atau nilainya tidak dapat diubah/tetap selama proses berlangsung.

OPERATOR Operator adalah sombol atau kata yang digunakan dalam program untuk melakukan suatu operasi. Operator Aritmatik Operator yang digunakan pada operasi matematika. Operator Arti Prioritas Contoh * Kali 1 2 * 3 = 6 / Bagi (Real) 7 / 2 = 3,5 DIV Bagi (Bulat) 7 DIV 2 = 3 MOD Sisa Bagi 7 MOD 2 = 1 + Tambah 2 2 + 3 = 5 - Kurang 2 – 3 = -1

Operator yang digunakan untuk perbandingan Operator Relasi Operator yang digunakan untuk perbandingan Operator Keterangan > Lebih Dari < Kurang Dari >= Lebih Dari atau sama dengan <= Kurang Dari atau sama dengan <> Tidak sama dengan = Sama dengan IN Perbandingan suatu nilai dengan suatu himpunan

Operator Boolean Operator yang digunakan pada operasi nalar ‘Dan’, ‘Atau’, ‘Tidak/Bukan’ dan ‘Atau Eksklusif’. Operator AND (DAN) Operand 1 Operand 2 Hasil False True

Operator OR (ATAU) Operand 1 Operand 2 Hasil False True

Operator XOR (OR Eksklusif) Operand 1 Operand 2 Hasil False True Operator NOT (Tidak/Bukan) Operand Hasil True False

#include<iostream. h> #include<conio. h> #include<stdio #include<iostream.h> #include<conio.h> #include<stdio.h> void main() { clrscr(); int p,l, luas; cout<<"Masukkan nilai panjang : "; cin>>p; cout<<"Masukkan nilai lebar : "; cin>>l; luas=p*l; cout<<"Luas persegi panjang : "<<luas<<endl; getche(); }

#include<iostream. h> #include<conio. h> #include<stdio #include<iostream.h> #include<conio.h> #include<stdio.h> #include<string.h> void main() { clrscr(); char nm[10], nh[2]; float na; cout<<"Masukkan nama : "; cin>>nm; cout<<"Masukkan nilai angka : "; cin>>na; if (na<40) strcpy(nh,"E"); else if (na>=40 && na <56) strcpy(nh,"D"); if (na>=56 && na <66) strcpy(nh,"C"); else if (na>=66 && na <66) strcpy(nh,"B"); strcpy(nh,"A"); cout<<"Nilai huruf : "<<nh<<endl; getche(); }