DASAR - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (Lanjutan)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DASAR-DASAR ALGORITMA
Advertisements

BAB II PENGERTIAN ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
DASAR-DASAR ALGORITMA
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
Algoritma : CONTROL STRUCTURES
MATERI 8 CHOICE / PILIHAN.
Hanya dipergunakan untuk kepentingan pengajaran di lingkungan Telkom Applied Science School MI1264 Dasar Algoritma dan.
PERTEMUAN 6 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
MATERI 9 FUNGSI REKURSIF.
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Pemrograman Terstruktur
Pengantar Algoritma.
Pengertian Algoritma Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, dimana algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis.
ALGORITMA DEFINISI & FLOWCHART
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Web Teknologi 2Minggu …3… Page 1 MINGGU Ke Tiga Pemrograman Visual 2 Pokok Bahasan: Dasar-dasar Pengembangan Web ASP.NET Tujuan Instruksional Khusus:
Pengelolaan Proyek Sistem Informasi
ALGORITMA PSEUDOCODE Pertemuan Ke-2 Meilia Nur Indah Susanti, ST.,MKom
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
IL, SFC, ST.
Pemprograman Terstruktur 1
LOOPING dan array Tinaliah, S. Kom.
PEMROGRAMAN IMPERATIF
Praktikum Dasar-Dasar Pemrograman
Percabangan dan Perulangan
Pertemuan 9 Strukturisasi Control Flow pada Bahasa rakitan 8088
Variabel, Konstanta, Tipe Data Dan Operator pada VB
Materi Kuliah 1. Pertemuan ke : 1 Pengenalan Komputer dan Pemrograman
Dasar-dasar Pemrograman
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
KELOMPOK 02 ALOGARITMA PEMOGRAMAN TAHUN AJARAN
Algoritma Pemrograman 2A
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
BAHASA PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Dasar-Dasar Pemrograman
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Pengujian Perangkat Lunak
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
BAHASA PEMROGRAMAN.
DASAR-DASAR ALGORITMA
PERCABANGAN Percabangan merupakan suatu sintaks dalam bahasa pascal yang mensyaratkan suatu kondisi tertentu agar statemen atau kode program tersebut dapat.
Dasar – dasar Algoritma dan Pemrograman
Algoritma & Pemrograman 1B
Struktur Kontrol Struktur kontrol merupakan pengatur aliran program
Struktur Dasar Algoritma dan Runtunan
PARADIGMA DALAM PEMOGRAMAN
PERCABANGAN DAN PERULANGAN
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Dasar-Dasar Pemrograman
Seleksi Kondisi merupakan perintah yang memungkinkan pemilihan atas perintah yang akan dijalankan sesuai dengan kondisi tertentu. Operator yang digunakan.
Oleh : UMMU ZAHRA ALGORITMA.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Pemrograman Choice Ramos Somya, S.Kom., M.Cs..
Bahasa Pemrograman dan Flow Chart
Matakuliah : Algoritma & Struktur Data Versi Materi
Pengantar Algoritma dan pemograman
PERTEMUAN 4 DAN 5 DASAR-DASAR ALGORITMA
Dasar-Dasar Pemrograman
DASAR-DASAR ALGORITMA dan FLOW CHART
Pemrogram 1 Agus Darmawan, S.kom.
DASAR-DASAR ALGORITMA
Spesifikasi Program.
LOGIKA & ALGORITMA KONSEP ALGORITMA & FLOWCHART M. Febriansyah, ST., MT.
Kuliah ke-4 Program Studi Ekstensi DTE FTUI Slides©2008
Pemrograman Repetisi pada Pascal Ramos Somya, S.Kom., M.Cs.
Pengujian Perangkat Lunak
Pengujian Perangkat Lunak
Dasar-Dasar Pemrograman
Transcript presentasi:

DASAR - DASAR PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK (Lanjutan) Universitas Indraprasta PGRI

DIAGRAM ALIR / Flow Chart Case condition First task Next Sequence Case - part Else - part If – then - else Loop task Loop condition Repeat - until Repetition Selection Do - while T F

BOX DIAGRAM / N-S Chart Repetition Sekuensial If – then - else Loop condition Do – while – part Repeat - until – part Loop condition First task Next task N + 1 task Sekuensial Repetition Case Condotion Value Selection    Case - part Condotion Else - part Then - part If – then - else

Contoh : A x8 b x1 Case xi, I = 2, 3, 4 x6 x2 x4 x3 g h x7 i x5 c e d F x6 x2 x4 x3 g h x7 i x5 c e d j a T

Pemrograman Beberapa Pedoman Pemakai sistem harus selalu mengetahui apa yang mesti dilakukan berikutnya beritahu pemakai apa yang diharapkan oleh sistem sekarang Contoh : SIAP, MASUKKAN PERINTAH, MASUKKAN PILIHAN atau MASUKKAN DATA. Beritahu pemakai bahwa data telah dimasukkan dengan benar, Bisa berupa perpindahan kursor ke data berikutnya atau pesan : MASUKKAN VALID Beritahu pemakai bahwa pemasukkan data salah. Pemberitahuan format yang benar lebih baik.

Beberapa Pedoman Bentuk pemakaian alasan adanya delay dalam pemrosesan. Contoh : SORTING, PLEASE STAND BY, INDEXING, PLEASE WAIT, THIS MAY TAKE A FEW MINUTES, TUNGGU SEBENTAR, Adanya pesan membuat pemakai mengetahui bahwa sistem tidak gagal. Beritahu pemakai sebuah pekerjaan selesai atau tidak selesai dilakukan Contoh : PRINTING, COMPLETE, PRINTER NOT READY – PLEASE CHECK AND TRY AGAIN.

Beberapa Pedoman Layar sebaiknya diatur agar beberapa tipe informasi, intruksi dan pesan selalu muncul di area yang konsisten. Ini akan membantu pemakai mencari informasi yang spesifik

Beberapa Pedoman Perancangan layar yang terlalu “ norak “ Berikan kesempatan pemakai menghemat pengetikan dengan function keys Jika memungkinkan, berikan harga baku Antisipasi kesalahan yang mungkin dibuat oleh pemakai. Contoh : YAKIN DIHAPUS ? Selalu Konsisten Kurang jumlah informasi yang harus diingat diantaranya aksi

Beberapa pedoman Bahasa Sederhana, dan benar secara aturan bahasa. Bahasa percakapan lebih baik daripada bahasa tulisan Jangan berusaha melucu atau “ sok imut “. jika penggunaan harus memakainya 25x sehari. Akan tidak lucu lagi. Jangan menyinggung intelegensia pemakai

Penulisan Pemrograman Jumlah perintah dalam suatu subprogram sebaiknya 5 – 100 perintah Jumlah paremeter yang di-pass sebaiknya <= 5 Hindari penggunaan GO TO Gunakan identitasi Kedalaman pernyataan bersarang sebaiknya < 5. Pengecualian untuk penggunaan fungsi rekursif. Kemampuan program untuk dibaca lebih penting dari pada efesiensi program Gunakan nama-nama yang punya arti

Penulisan Program Cobalah untuk langsung menggunakan keistimewaan yang ada pada bahasa pemrograman Cobalah untuk menggunakan library dan fungsi-fungsi yang telah ada pada bahasa pemrograman Jangan mengabaikan pesan-pesan peringatan ( warning message )

Komentar Berilah komentar pada program anda. Hindari komentar yang terlalu panjang Komentar merupakan jawaban dari pertanyaan pembaca program Berilah komentar setiap variabel Komentar bukan terjemahan dari program anda.

Perbaikan Program Lupakan semua tentang efisiensi sampai program anda dapat bekerja dengan benar. Jangan mencoba untuk memperbaiki sampai anda mengerti benar programnya Jangan mengorbankan kemampuan untuk dibaca demi efisiensi

Pemilihan Bahasa Akan lebih mudah jika hanya satu bahasa tersedia atau sudah ditemukan oleh pemakai. Pada banyak kasus mengikuti sistem yang sudah ada Beberapa de-facto : C untuk sistem software Ada, C, Modula-2 untuk aplikasi real-time COBOL, 4GL untuk aplikasi bisnis FORTRAN untuk aplikasi sains dan teknik PASCAL, C untuk program-program aplikasi di PC LISP, PROLOG untuk kecerdasan buatan C++, smaltalk, Object-PASCAL, Eiffel untuk OO

Pemilihan Bahasa Jika dibutuhkan struktur data yang kompleks : PASCAL, C Jika kinerja, kemampuan real-time : ADA Jika perlu efisiensi memori :C Banyak report & banyak manipulasi berkas : COBOL, 4GL, RPG