PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SIMULASI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA PELAJARAN FISIKA
Advertisements

PEMBUATAN APLIKASI KUNCI NADA DASAR GITAR MENGGUNAKAN J2ME
Renanda Cahaya Saputra 1)
PENERAPAN APLIKASI TUTORIAL FISIKA UNTUK SLTP DAN Ibnu Sina,
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BARANG PADA SYSCOM DATA
SISTEM INFORMASI RESERVASI DI HOTEL SCARLET
Oleh : DAPIT MELIJANA NIM :
PEMBANGUNAN E-LEARNING DI SMP NEGERI 1 JAKARTA
Latar Belakang Perkembangan telepon selular (handphone) pada jaman sekarang sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat, menjadi suatu hal yang berguna.
Perancangan Aplikasi Pengenalan Kebudayaan Batak Berbasis Android
APLIKASI PENUNJUK LOKASI KLINIK KESEHATAN BERBASISKAN PLATFORM ANDROID
APLIKASI PENGHITUNG ZAKAT BERBASIS MOBILE ANDROID
Perancangan dan Pembuatan Web pada SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tugas Akhir Disusun Untuk Memenuhi Persyaratan Guna Menyelesaikan Program Diploma.
ENTERPRISE RESOURCE PLANNING
Pengenalan Analisa Desain
Pengenalan UML.
APLIKASI PENGENALAN BUAH DAN SAYURAN UNTUK ANAK BALITA Nona Putri Delviana for further detail, please visit
APLIKASI Ria Waryati for further detail, please visit
DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 PEMBUATAN APLIKASI DOA-DOA PILIHAN UNTUK ANAK-ANAK for further detail, please visit
Use Case Diagram.
Nama : Verani Rosita NPM : Fakultas : Ilmu Komputer
Pemograman Berorientasi Objek Si-3
APLIKASI BELAJAR HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN PERANGKAT TELEPON SELULER
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
Sidang Skripsi 8 Februari 2012 Carli Darmansah
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMA PASUNDAN 3 BANDUNG
OLEH : SHENI TRESNANING AYU NIM
BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG
APLIKASI PENGENALAN DASAR RUKUN ISLAM DAN RUKUN IMAN BERBASIS MOBILE ANDROID MUNAYA
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI RESERVASI TEMPAT FUTSAL SECARA ONLINE PADA FUTSAL99 BANDUNG SKRIPSI Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Kelulusan Pada.
APLIKASI CERITA ANAK PADA PERANGKAT MOBILE BERBASIS ANDROID SKRIPSI
Alisa Agustina PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA
Oleh : Ricky Setiadi PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
RANCANG BANGUN APLIKASI RESEP MASAKAN KHAS INDONESIA BERBASIS MOBILE ANDROID PADA KELOMPOK PKK DI KELURAHAN LEBAK GEDE BANDUNG SKRIPSI Diajukan sebagai.
Penguji 2 : Nelly Indriani W,S.Si. M.T.
Oleh : AUFAA NADIYA HERAWAN
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
APLIKASI CARA BERTAHAN HIDUP DI ALAM
Sistem Informasi Monitoring Administrasi Keuangan Di Dewan Koperasi Indonesia Daerah (DEKOPINDA) Kota Cimahi Oleh : Ripqi Sofyan ( ) PROGRAM STUDI.
PERANCANGAN APLIKASI E-RENTAL BERBASIS MOBILE ANDROID
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN ONLINE BERBASIS WEB PADA
ADAM MUKHARIL BACHTIAR S.Kom., M.T.
PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER
APLIKASI TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS SISTEM OPERASI ANDROID
PEMBANGUNAN APLIKASI GAME KUIZ EDUKASI 2D MENGENAI BUDAYA INDONESIA MENGGUNAKAN SPEECH RECOGNITION Oleh : Derri Mahara Dilla Pembimbing : Tati.
APLIKASI PANDUAN SHALAT SUNNAH DAN KUMPULAN DO’A BERBASIS ANDROID
PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati PROGRAM.
SISTEM INFORMASI AKADEMIK DI SMPN 36 BANDUNG
SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA DISTRO DETROIT DI BANDUNG
APLIKASI ALAT MUSIK TRADISIONAL CALUNG BERBASIS MOBILE ANDROID SKRIPSI   Diajukan sebagai salah satu syarat untuk Penyusunan skripsi pada Program Studi.
Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Tajwid Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis J2ME Disusun oleh : Yesi Intasari
Aplikasi Pemetaan Fasilitas Umum kota Cimahi Berbasis Android
SISTEM INFORMASI AKADEMIK SEKOLAH DI SMA AL-FALAH DAGO BANDUNG
Sistem Penjadwalan Kuliah Pada Program Studi Sistem Informasi UNIKOM
PADA KOPRASI KARYAWAN BINA CIPTA
Aplikasi Informasi Perjalanan Kereta Api Daop 2 Bandung
Disusun Oleh Nama : Traya Hana Agustha NIM :
SISTEM INFORMASI ABSENSI DAN PENGGAJIAN KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PENGEMBANGAN PUSAT LITBANG SUMBER DAYA AIR Anugrah Purnama PROGRAM STUDI.
MUHAMMAD RIZKY ABDILLAH
SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG JADI PADA PT.KIMIA FARMA (PERRSERO)
APLIKASI PANDUAN PARIWISATA BERBASIS MOBILE ANDROID DI KOTA BANDUNG
SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN 16 TENSES DALAM BAHASA INGGRIS BAGI SISWA-SISWI PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KOTA BANDUNG BERBASIS PLATFORM ANDROID.
Oleh : Ricky Setiadi PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI
SISTEM INFORMASI AKADEMIK PADA SMAN 9 BANDUNG BERBASIS SMS GATEWAY Oleh : Rendra Indarmawan PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK.
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS X DENGAN “APLIKASI PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK TINGKAT for further detail, please visit
Transcript presentasi:

PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG) Disusun oleh : Melfin Richard Sakul NIM. 1.05.08.281 PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG 2012

Latar Belakang

Latar Belakang Perkembangan teknologi dan persaingan yang semakin ketat, menuntut kita agar dapat menguasai Bahasa Inggris yang merupakan Bahasa Internasional. Selain itu, Bahasa Inggris juga merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi. Oleh karena itu, pendidikan Bahasa Inggris perlu diperkenalkan pada anak-anak sejak dini. Namun, pada umumnya anak-anak mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa asing, termasuk Bahasa Inggris.

Latar Belakang Kesulitan anak dalam mempelajari Bahasa Inggris disebabkan karena Bahasa Inggris bukan merupakan bahasa mereka, sehingga mereka tidak terbiasa mendengar atau mengucapkan pelafalan dalam Bahasa Inggris. Selain itu kecendrungan pola belajar anak yang lebih suka bermain juga sangat mempengaruhi, sehingga pembelajaran secara teoritis saja kurang optimal untuk pengenalan Bahasa Inggris pada anak. Pengenalan Bahasa Inggris pada usia dini diharapkan membantu anak-anak mengenal budayanya dan budaya orang lain.

Latar Belakang Sampai saat ini media yang sering digunakan untuk memperkenalkan Bahasa Inggris adalah buku, selain dengan buku media televisi juga sudah ada yang memperkenalkannya. Ada beberapa acara televisi yang sudah menyiarkan program untuk anak-anak dalam mengenal angka dan membaca dalam Bahasa Inggris, namun salah satu kelemahannya adalah harus disesuaikan waktu dengan jam tayang dan episode yang di tayangkan. Selain media diatas alangkah baiknya jika teknologi lain yang sedang berkembang sangat pesat yaitu telepon seluler (Handphone) dapat mendukung dalam belajar dalam hal ini lebih dikhususkan dengan menyediakan fasilitas belajar bahasa inggris ke dalam telepon seluler (handphone).

Latar Belakang Dengan kelebihan yang portable dan nyaman diharapkan dapat meningkatkan minat anak-anak dalam mempelajari bahasa inggris tanpa batas waktu dan tempat, dimana saja dan kapan saja kita bisa belajar bahasa inggris dengan menggunakan handphone. Untuk mendukung pengenalan bahasa inggris pada anak-anak usia dini, merupakan ide yang sangat bagus jika kita membuat aplikasi yang dilengkapi berbagai fitur materi seperti alphabet, angka, warna, hewan disertai teks dan suara, dan disertai juga latihan soal untuk mengevaluasi hasil yang telah dipelajari kedalam media telepon seluler (Handphone)

Latar Belakang Aplikasi pengenalan bahasa inggris ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman J2ME dikarenakan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya seperti : J2ME berbasiskan java, sehingga dapat menikmati kelebihan java sebagai bahasa yang sudah berorientasi objek. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas help untuk memudahkan user dalam menggunakan aplikasi pengenalan bahasa inggris ini.

Latar Belakang Oleh karena itu, diharapkan dengan pembuatan aplikasi pengenalan bahasa inggris, maka anak-anak lebih tertarik untuk belajar mengenal bahasa inggris, yang nantinya dapat membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan dasar bahasa inggris yaitu speaking, listening, dan reading. Berdasarkan uraian diatas maka dalam penyusunan skripsi ini, penulis mengambil judul “PERANCANGAN APLIKASI PENGENALAN BAHASA INGGRIS BERBASIS MOBILE (STUDI KASUS SEKOLAH DASAR NEGERI IV DUREN KARAWANG)”.

Identifikasi dan Rumusan Masalah

Identifikasi Masalah Permasalahan yang sering dihadapi dalam pembelajaran bahasa inggris di Sekolah Dasar adalah : 1. Rendahnya minat untuk belajar bahasa inggris, dikarenakan bahasa inggris bukan bahasa mereka. 2. Pembelajaran kurang atraktif dikarenakan penyampaian materi pembelajaran masih menggunakan alat bantu yang kurang menarik. Sehingga anak-anak kurang menyerap materi pembelajaran secara maksimal. 3. Kesulitan dalam proses pembelajaran secara teoritis yang diajarkan pada anak-anak.

Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah adalah sebagai berikut : 1. Bagaimana merancang Aplikasi Pengenalan Bahasa Inggris berbasis J2ME yang interaktif dan difokuskan pada pengenalan Bahasa Inggris. 2. Bagaimana membuat anak-anak Sekolah Dasar tertarik belajar Bahasa Inggris dari Aplikasi Pengenalan Bahasa Inggris. 3. Bagaimana implementasi Aplikasi Pengenalan Bahasa Inggris kepada anak-anak kelas satu Sekolah Dasar.

Maksud dan Tujuan Penelitian

Maksud Penelitian Maksud penelitian dari apa yang dilakukan oleh penulis adalah merancang suatu aplikasi pengenalan bahasa inggris untuk dapat membantu pembelajaran bagi pengajar serta mampu membuat anak-anak sekolah dasar lebih memahami pelajaran.

Tujuan Penelitian Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Untuk membuat Aplikasi Pengenalan Bahasa Inggris berbasis J2ME 2. Untuk membuat anak-anak Sekolah Dasar tertarik belajar bahasa inggris dari Aplikasi Pengenalan Bahasa Inggris. 3. Untuk mengimplementasi Aplikasi Pengenalan Bahasa Inggris kepada anak-anak kelas satu Sekolah Dasar. Agar aplikasi ini dapat diterapkan sebagai sarana pengenalan Bahasa Inggris yang praktis.

Batasan Masalah

Batasan Masalah Dalam perancangan aplikasi ini penulis membatasi ruang lingkup masalah yang dihadapi, sebagai berikut : 1. Aplikasi Pengenalan Bahasa Inggris ini mencakup pengenalan dasar Bahasa Inggris meliputi penggunaan materi alphabet, angka, warna, hewan disertai teks dan suara dan beberapa latihan soal. 2. Aplikasi ini Diperuntukan pada Anak-anak Sekolah Dasar dan score yang dihasilkan siswa dari aplikasi ini tidak untuk diolah kedalam nilai rapot.. 3. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman J2ME dan tidak memiliki Database. 4. Aplikasi ini tidak terhubung dengan internet.

Waktu Penelitian Adapun jadwal penelitiannya dari pertengahan januari 2012 sampai juni 2012

(UML) UNIFIED MODELING LANGUAGE

Use Case Diagram

Tabel Use Case Diagram No Use Case Deskripsi 1 Use Case Pilih Materi Use Case Pilih Materi adalah suatu fungsi dalam aplikasi yang digunakan untuk memilih materi yang akan dipelajari. 2 Use Case Latihan Soal Use Case Latihan Soal adalah suatu fungsi dalam aplikasi dimana didalamnya terdapat beberapa soal/pertanyaan menggunakan Alphabet, Angka, Warna, dan Hewan yang dipadukan menjadi satu yang bertujuan mengetahui seberapa jauh anak memahami/mengerti serta menghafalkan materi yang sudah diberikan. Fungsi latihan soal juga terdapat fasilitas score yang didapatkan.

Skenario Use Case Diagram Pilih Materi 1 Skenario Use Case Diagram Pilih Materi 1. Skenario Use Case Pilih Materi Nama Use Case : Pilih materi Aktor : Pengguna Tujuan : Pengguna dapat melakukan pemilihan materi yang terdapat pada aplikasi pengenalan bahasa inggris Aktor Sistem 1. Pengguna memilih menu pilih materi yang terdapat pada aplikasi pengenalan bahasa inggris.   2. Aplikasi menampilkan menu pilih materi 3. Pengguna memilih materi yang akan dipelajari 4. Aplikasi menampilkan materi yang dipilih 5. Pengguna belajar pengenalan bahasa inggris dari materi yang sudah dipilih.

Skenario Use Case Diagram Latihan Soal 2 Skenario Use Case Diagram Latihan Soal 2. Skenario Use Case Latihan Soal Nama Use Case : latihan Soal Aktor : Pengguna Tujuan : Mengetahui kemampuan pengguna dengan mengisi latihan soal yang terdapat pada aplikasi pengenalan bahasa inggris Aktor Sistem 1. Pengguna memilih menu latihan soal yang terdapat pada aplikasi pengenalan bahasa inggris.   2. Aplikasi menampilkan menu latihan soal 3. Pengguna mengerjakan latihan soal 4. Aplikasi menampilkan nilai 5. Pengguna mengetahui score latihan soal dari aplikasi pengenalan bahasa inggris.

Activity Diagram Pilih Materi Alphabet

Activity Diagram Pilih Materi Angka

Activity Diagram Pilih Materi Warna

Activity Diagram Pilih Materi Hewan

Activity Diagram Latihan Soal

Sequence Diagram Alphabet

Sequence Diagram Angka

Sequence Diagram Warna

Sequence Diagram Hewan

Sequence Diagram Latihan Soal

Class Diagram

Deployment Diagram

Kesimpulan dan Saran

Kesimpulan Dari tahapan kegiatan penelitian dan perancangan aplikasi pengenalan bahasa inggris, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Dengan adanya aplikasi ini dapat memicu daya tarik anak dalam belajar bahasa inggris karena dalam penyampaian materinya dilengkapi gambar dan suara. 2. Dengan adanya aplikasi pengenalan bahasa inggris ini dalam penyampaian materi dapat mempermudah siswa untuk mengenal dasar dari pembelajaran bahasa inggris. 3. Dengan adanya aplikasi pengenalan bahasa inggris ini, siswa dapat belajar bahasa inggris dimana dan kapan saja

Saran Adapun saran - saran yang dapat penulis berikan adalah sebagai berikut : 1. Pembuatan aplikasi ini dapat dikembangkan lagi dalam hal gambar, desain, dan fitur. 2. Untuk mempermudah penggunaan aplikasi ini perlu adanya bimbingan dari Guru atau Orang Tua.

Terima Kasih