Bagaimana menciptakan lingkungan belajar yang mengasyikkan ini saat kita kekurangan isyarat verbal dan visual ? Salmon (2002) menunjukkan bahwa kekurangan isyarat-isyarat ini tidak perlu dipandang sebagai merugikan, karena dapat berarti kebebasan dari gangguan kehadiran fisik. Beberapa keputusan harus dibuat untuk merancang kegiatan yang efektif yang akan dilakukan libatkan pelajar dengan tepat. Ini termasuk yang berikut: a) Apakah kegiatan berbasis kelas akan disesuaikan untuk penggunaan online atau seluruhnya yang baru dirancang b) Bagaimana kebutuhan pelajar akan terpenuhi c) Alat komunikasi apa yang paling efektif untuk kegiatan tersebut
Untuk menentukan apakah aktivitas berbasis kelas dapat disesuaikan dengan lingkungan online, aktivitas tersebut harus terlebih dahulu diperiksa untuk memastikan bahwa aktivitas tersebut memenuhi hasil pembelajaran kursus online,dan untuk menentukan apakah itu cocok dengan tujuan pembelajaran. Taksonomi bloom (Bloom, 1956). Dalam lingkungan belajar yang terlibat, sebagian besar hasil pembelajaran harus termasuk dalam aplikasi, analisis, sintesis, atau evaluasi. Analisis dilakukan menentukan tingkat pemikiran yang diperlukan dan untuk memastikan bahwa ada campuran kegiatan untuk berbagai tingkat pemikiran. Pertanyaan-pertanyaan yang bisa digunakan dalam menganalisis yaitu : a. Akankah kegiatan membantu peserta didik menggunakan alat online? b. Apakah ini membantu dalam proses sosial yang diperlukan untuk membangun komunitas? c. Apa jenis interaksi atau kolaborasi dengan rekan yang terjadi? d. Apakah refleksi diperlukan? e. Apakah masalah tertentu akan diselesaikan?
fase keterlibatan mana aktivitas dapat diklasifikasikan dan apakah aktivitas ditempatkan dengan tepat dalam urutan kursus. Contohnya kegiatan diskusi yang lebih baik dan tepat adalah jika difasilitasi oleh instruktur. Ada beberapa kegiatan yang dapat dengan mudah dikonversi dari interaksi tatap muka menjadi online yaitu : 1. Brainstorming : metode untuk memunculkan penyelesaian masalah yang kreatif dengan mendorong anggota kelompok untuk melemparkan ide dengan cepat dalam pengembangan ide baru. Pelaporan grup dapat ditugaskan ke satu individu, yang dapat memberikan ringkasan untuk kelas sinkron diskusi atau di area diskusi asinkron.
Palloff & Pratt, 2001, “Sebagian besar siswa sekarang lebih tua, bekerja, dan membutuhkan jadwal yang lebih fleksibel. Mereka menghadapi tantangan seperti kebutuhan keluarga, perjalanan bisnis, dan masalah kesehatan. Oleh karena itu kita harus membuat pengalaman pembelajaran online yang positif dan menyenangkan. Dimana dalam lingkungan pembelajaran berpusat pada peserta didik, menghargai pengalaman mereka dan dijalin menjadi pengalaman akademik melalui diskusi dan kegiatan yang memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk memimpin. Itu juga berarti bahwa seorang fasilitator siap untuk menyesuaikan kegiatan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Misalnya, pertanyaan diskusi dapat dimodifikasi atau ditambahkan berdasarkan keragaman komunitas belajar. Salah satu aspek mendasar dari pemenuhan kebutuhan pembelajar online adalah memberikan waktu yang cukup bagi suatu kegiatan untuk dicapai. Komunikasi online membutuhkan waktu lebih lama daripada komunikasi kelas.
memilih cara yang paling efektif untuk melakukan kegiatan menjadi penting kontributor keberhasilan dalam pembelajaran, baik dilakukan menggunakan obrolan sinkron maupun dalam diskusi asinkron. Sinkronisasi, atau komunikasi waktu nyata terjadi di waktu yang sama untuk semua peserta. Komunikasi asinkron terjadi pada beragam waktu. Kegiatan sinkron merupakan interaksi yang paling banyak disukai pendidik dan pilihan paling efektif ketika melakukan pertemuan tim atau ketika membangun konsensus kelompok. Namun inteaksi sinkron ini juga memiliki kelemahan untuk pelajar yang terlibat dalam kegiatan siktron terjadi ketika teknologi gagal. Misalnya : Ketika pelajar tidak dapat masuk ke obrolan terjadwal sesi, mereka merasa mereka telah melewatkan kelas dan satu-satunya kesempatan untuk berpartisipasi bukan karena kesalahan mereka sendiri. Log diskusi sinkron sangat penting untuk meminimalkan aspek de-motivasi komunikasi sinkron ini. Saya juga penting untuk memberikan instruksi di muka untuk kegiatan kelas alternatif dalam hal sesi sinkron terputus karena masalah jaringan.
Selain itu ada kegiatan asinkron yang juga memiliki banyak manfaat yaitu ; 1. Kedalaman pemikiran dalam aktivitas asinkron biasanya lebih besar dari pada kegiatan sinkron, kecuali persiapan yang signifikan diperlukan sebelum sesi obrolan 2. Kegiatan asinkron juga memungkinkan instruktur dan peserta didik untuk berkomunikasi pada waktu mereka yang paling produktif, ketika pikiran paling jernih dan pikiran segar. Peserta didik dapat memilih untuk berinteraksi selama “momen yang dapat diajar” masing-masing 3. Tidak seperti aktivitas sinkron, aktivitas asinkron memungkinkan setiap suara untuk didengar, baik dalam kelompok kecil atau besar, membantu peserta didik merasa bahwa mereka adalah bagian dari komunitas belajar dan meningkatkan motivasi mereka untuk berinteraksi. Salah satu bahaya komunikasi asinkron adalah keterbukaannya. Pasti ada menjadi awal dan akhir yang berbeda untuk kegiatan asinkron untuk meminimalkan informasi yang berlebihan Pilih alat komunikasi berdasarkan sifat kegiatan. Gunakan komunikasi sinkron untuk pertukaran pikiran cepat. Pertimbangkan untuk mencampur aktivitas yang sinkron dan asinkron. Misalnya, diskusi kelompok dapat dilakukan dilakukan secara serempak, tetapi pertemuan tim dapat dilakukan secara serempak. Pertimbangan terakhir ketika memilih alat komunikasi untuk aktivitas pembelajaran online adalah apakah komunikasi perlu satu-ke-satu,
Karakteristik beberapa alat yang umumnya tersedia untuk kegiatan. Misalnya, pengumuman, dokumen kursus, dan CD-ROM alat siaran, yang menyediakan komunikasi satu arah dari penggagas ke penerima. Sebaliknya, alat interaktif, seperti papan diskusi, ruang obrolan, dan , memungkinkan terjadinya pertukaran komunikasi. Komunikasi dapat bersifat public atau pribadi. Misalnya, pengumuman adalah alat komunikasi publik, sementara pesan adalah bentuk komunikasi yang lebih pribadi.
Persiapan kegiatan yang cermat dari instruktur atau perancang kursus dapat meningkatkan proses belajar siswa. Ketika memindahkan suatu kegiatan dari ruang kelas ke lingkungan belajar online, instruktur harus mempertimbangkan apakah kegiatan tersebut akan menghasilkan yang sesuai hasil belajar, tingkat pemikiran apa yang dipromosikannya, apakah itu akan terlibat komunitas pembelajaran, dan alat komunikasi apa yang harus digunakan. Kesadaran akan gaya dan kebutuhan belajar siswa yang beragam juga memengaruhi desain kegiatan pembelajaran yang efektif untuk lingkungan online.