Technical Meeting 第十四回一緒に楽しみましょう
Rundown Technical Meeting Waktu Durasi Kegiatan 08.30 - 08.40 10' Pembukaan MC 08.40 - 08.45 5' Sambutan Ketua Pelaksana 08.45 - 09.00 15’ Rundown Hari Sabtu, 20 April 2019 09.00 - 09.15 Prosedur Pendaftaran Ulang Lomba 09.15 - 11.25 130' Penjelasan Lomba 09.15 - 09.35 20' Lomba Shodou & Rodoku 09.35 - 09.55 Lomba Benron & Kikikakitori 09.55 - 10.10 15' Lomba Kanji
Rundown Technical Meeting Waktu Durasi Kegiatan 10.10 - 10.25 15' Lomba Cerdas Cermat 10.25 - 10.40 Lomba Manga 10.40 - 10.55 Lomba Cosplay 10.55 - 11.10 Lomba Karaoke 11.10 - 11.25 Lomba Dance Cover 11.25 - 12.15 50' Tanya Jawab 12.15 - 13.00 45’ Pendaftaran Lomba OTS
Rundown Hari Sabtu, 20 April 2019 WAKTU DURASI KEGIATAN TEMPAT 07.00 – 07.45 45' Daftar Ulang Lomba Depan FIB Ged.A 07.45 – 08.00 15' Pengondisian ke Aula FIB Gedung A Aula FIB Ged.A 08.00 – 09.00 60' Pembukaan *08.00 – 08.05 5' Pembukaan MC *08.05 – 08.15 Yosakoi *08.15 – 08.20 Sambutan Rektor Univ.Brawijaya *08.20 – 08.25 Sambutan Dekan FIB Univ.Brawijaya *08.25 – 08.30 Sambutan Konjen + pembuka acara *08.30 - 08.40 10' Penghargaan kepada Iizuka-Sensei *08.40 -09.00 20' Pembagian Sertif JLPT N2 09.00 – 09.15 Pengondisian peserta ke lomba *FIB : Fakultas Ilmu Budaya *Ged. : Gedung
Rundown Hari Sabtu, 20 April 2019 09.15 -12.00 165’ Lomba Sesi Pertama Karaoke Ruang 2.11 FIB Ged. A 09.15 -12.30 Manga Ruang 2.5 FIB Ged. B 09.15-11.20 Kanji Ruang 2.7 FIB Ged. B 09.10-12.00 Cerdas Cermat Aula FIB Ged. A 09.15-12.30 Benron Aula FIB Ged. B 09.15-11.35 Shodou Ruang 2.4 FIB Ged. B 11.30 – 12.30 60’ ISHOMA *FIB : Fakultas Ilmu Budaya *Ged. : Gedung
Rundown Hari Sabtu, 20 April 2019 12.30 – 16.10 210' Lomba Sesi Kedua 13.00-15.30 Kikikakitori Aula FIB Ged. B 12.30-15.45 Karaoke Ruang 2.11 FIB Ged. A 13.00-15.15 Dance Cover Ruang 2.9 FIB Ged. A 12.30-15.15 Rodoku Ruang 2.4 FIB Ged. B 12.45-15.05 Cerdas Cermat Aula FIB Ged. A 12.30-14.45 Kanji Ruang 2.7 FIB Ged. B 16.10 - 17.00 50' Pengumuman Pemenang Lomba *FIB : Fakultas Ilmu Budaya *Ged. : Gedung
Prosedur Pendaftaran Ulang Lomba Hari Sabtu, 20 April 2019 PESERTA DATANG PUKUL 07.00 WIB PESERTA REGISTRASI ULANG DI MEJA RESEPSIONIS PESERTA AKAN MENDAPATKAN KARTU PESERTA PESERTA MENUJU AULA FAKULTAS ILMU BUDAYA GEDUNG A
SHODOU
Teknis Lomba Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan berada di depan ruangan 15 menit sebelum lomba dimulai. Pembukaan oleh panitia, dilanjutkan pembacaan peraturan dan kriteria penilaian. Peserta wajib mengecek kelengkapan yang disediakan oleh panita sebelum lomba dimulai. Peserta menulis di kertas yang disediakan oleh panitia. Tersedia 2 jenis kertas, yaitu kertas buram 6 lembar (untuk latihan) dan washi 2 lembar dan tidak disediakan tambahan kertas. Lomba terdiri dari dua babak, yaitu babak penyisihan (hiragana) dan babak final (kanji).
Teknis Lomba 1. Babak penyisihan (20 menit) Peserta memilih secara acak 1 dari 3 jenis hiragana yang telah disediakan Waktu pengerjaan 20 menit, 15 menit latihan dan 5 menit menulis di kertas washi Pada babak penyisihan akan dipilih 7 finalis untuk babak berikutnya. 2. Babak final (20 menit) Peserta memilih secara acak 1 dari 3 kanji yang telah disediakan Waktu pengerjaan 20 menit, 15 menit untuk latihan dan 5 menit untuk menulis di kertas washi Kemudian akan dipilih 3 terbaik untuk menjadi pemenang.
Peraturan Lomba Peserta tidak boleh gaduh atau mengganggu peserta lain saat lomba berlangsung. Handphone dan alat komunikasi lain harap dimatikan dan dimasukkan kedalam tas selama lomba berlangsung. Peserta diperbolehkan membawa kertas latihan tambahan (panitia menyediakan 6 kertas latihan) Peserta tidak diperbolehkan membawa kertas washi dan tinta sendiri (kertas washi dan tinta telah disediakan oleh panitia) Bila tinta yang disediakan tumpah, konsekuensi ditanggung oleh peserta. Panitia tidak akan memberi tinta tambahan.
Peraturan Lomba Peserta menulis pada kertas yang telah disediakan dan tidak diperbolehkan menulis pada alas maupun karpet. Peserta tidak diperbolehkan melihat cara penulisan peserta lain saat lomba. Jika peserta terlambat tetap diperbolehkan masuk, tetapi tidak ada tambahan waktu. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
Peraturan Pendamping dan Pengunjung Guru pendamping beserta pengunjung menunggu di luar ruangan Guru dan pengunjung dilarang membuat kegaduhan
Kriteria Penilaian Urutan Penulisan Tomaru, haneru dan harau yang benar/tepat. Keindahan Huruf Proporsi huruf
CV Juri Shodou Nama : Efrizal, S.S. M.A. Jabatan : Dosen Prodi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya Nama : Putri Sekarsari, S.S. M.Li Jabatan : Dosen Prodi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya Malang
HADIAH LOMBA SHODOU Cp Lomba Shodou : Ellenia (083834642559) Juara 1 : Rp 500.000,00 + Trofi + Sertifikat + Merchandise Juara 2 : Rp 300.000,00 + Trofi + Sertifikat+ Merchandise Juara 3 : Rp 150.000,00 + Trofi + Sertifikat+ Merchandise Cp Lomba Shodou : Ellenia (083834642559)
ROUDOKU
Teknis Lomba Peserta wajib berada di tempat lomba 15 menit sebelum lomba dimulai. Peserta akan dibagikan nomor urut sesuai dengan pembagian pada waktu Technical Meeting, nomor urut yang telah dibagikan akan diupload di website berikut http://itfibub.com/rodoku.php Lomba terdiri dari dua babak, babak penyisihan dan final.
Babak penyisihan Naskah berbentuk satu paragraf pendek yang terdiri dari kurang lebih 5 baris kalimat yang hanya menggunakan hiragana dan katakana. Dengan durasi baca 45 detik. Pada babak ini peserta akan diberi 1 dari 8 naskah secara acak. Babak penyisihan dibagi menjadi beberapa sesi yang terdiri dari 8 orang per sesi (peserta yang belum mendapat giliran dapat menunggu di ruangan yang telah disediakan). Kemudian akan dipilih 7 finalis untuk babak berikutnya.
Babak Final Sebelum final berlangsung finalis akan diberi 8 naskah untuk dipelajari. Lalu finalis akan memilih secara acak 1 dari 8 naskah yang telah disediakan. Naskah final terdiri dari satu bacaan panjang dengan menggunakan kanji, hiragana dan katakana dengan durasi baca 2 menit. Juri akan memberikan satu pertanyaan pada akhir sesi yang kemudian akan dipilih 3 terbaik (Babak ini bersifat terbuka. Guru pendamping dan pengunjung diperbolehkan masuk).
Peraturan Lomba Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan berada di depan ruangan 15 menit sebelum acara dimulai. Peserta tidak boleh gaduh atau mengganggu peserta lain saat lomba dilaksanakan. Handphone dan alat komunikasi lain harap dimatikan dan dimasukan kedalam tas selama lomba berlangsung. Peserta yang sudah mendapat giliran tidak diperbolehkan membocorkan soal kepada peserta lain.
Peraturan Lomba Apabila peserta terlambat atau dipanggil sebanyak tiga kali namun tidak hadir maka nomor urutnya akan diletakkan di akhir. Apabila untuk kedua kalinya peserta dipanggil dan tidak hadir maka peserta dianggap gugur. Peserta wajib menaati semua peraturan di atas. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
Peraturan Pendamping dan Pengunjung Guru pembimbing dan Pengunjung diperbolehkan masuk ke ruang tunggu Dilarang membuat kegaduhan.
Kriteria Penilaian Pelafalan (hatsuon) Volume suara Nada Jeda Ekspresi
CV Juri Roudoku Nama : Ogawa Yuki, M.A Jabatan : Dosen Native Prodi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya Nama : Winda Ika Tyaningrum, M.A. Jabatan : Dosen luar biasa prodi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya Nama : Agus Budi Cahyono, MLT Jabatan : Dosen Prodi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya Malang.
HADIAH LOMBA RODOKU Cp Lomba Rodoku : Dwi (08975395913) Roudoku Juara 1 : Rp 500.000,00 + Trofi + Sertifikat + Merchandise Juara 2 : Rp 300.000,00 + Trofi + Sertifikat+ Merchandise Juara 3 : Rp 150.000,00 + Trofi + Sertifikat+ Merchandise Cp Lomba Rodoku : Dwi (08975395913)
BENRON
Persyaratan Peserta Peserta sudah lolos tahapan seleksi naskah, membayar biaya registrasi ulang, dan mengirimkan bukti transfer ke CP Lomba Benron. Peserta harus membawa kartu pelajar / kartu identitas lainnya (jika tidak membawa kartu identitas akan ada pengurangan 5 poin) Mempersiapkan pidato sesuai naskah yang telah dikirim oleh panitia ke seluruh email peserta.
Peraturan Peserta Peserta wajib berada ditempat lomba 10 menit sebelum lomba dimulai Peserta wajib mengikuti lomba sesuai alur dan nomor urut yang telah ditentukan oleh panitia (diumumkan dalam web IT: http://itfibub.com/benron.php ) Peserta yang telah dipanggil 3x tetapi tidak kunjung datang, maka akan ditempatkan pada urutan terakhir. Jika pada saat semua peserta telah selesai berpidato dan masih belum datang, akan dianggap gugur dan didiskualifikasi
Pada saat membawakan pidato, peserta dilarang membawa alat peraga, naskah pidato, atau alat bantu apapun termasuk HP. Pada saat membawakan pidato, peserta dilarang menyebutkan asal sekolah. Pada saat lomba berlangsung, peserta diharap mensilent HP. Peserta akan mendapat pengurangan nilai sebanyak 10 poin jika pidato melebihi waktu yang ditentukan. Keputusan juri dan panitia tidak dapat diganggu gugat.
Peraturan Penonton Penonton dilarang memberikan petunjuk apapun kepada peserta Penonton tidak diperbolehkan mengambil foto peserta yang sedang tampil dari jarak dekat Penonton dilarang menggunakan flash/blitz saat mengambil foto peserta Pada saat lomba berlangsung penonton diharapkan mensilent HP Pada saat lomba berlangsung, penonton diharapkan tertib
Teknis Perlombaan 1. Durasi pidato 5-6 menit 2. Peserta wajib memperhatikan tanda bendera dari panitia. Bendera Hijau : peserta memulai pidato Bendera Kuning : waktu pidato tersisa 2 menit Bendera Merah : waktu habis dan peserta menghentikan pidato 3. Setelah peserta selesai berpidato, peserta wajib menghadap kearah juri dan menjawab 1 (satu) pertanyaan bahasa Jepang dari juri dengan menggunakan bahasa Jepang
Kriteria Penilaian 40% : Pemilihan Tema, Susunan Kalimat, dan Penyampaian Pendapat 20% : Bahasa Jepang, meliputi Ketepatan Intonasi dan Aksentuasi, Pemakaian Tata Bahasa dan Kosakata 20% : Cara menyampaikan pidato, meliputi Sikap Berpidato, Kefasihan Berbicara, dan Volume Suara 20% : Penilaian berdasarkan tingkat pengertian terhadap tema pidato yang dibawakan dan kemampuan menjawab pertanyaan
Tema Lomba Benron もし翼があれば ( Jika Aku Memiliki Sayap) 私の旅行 (Perjalananku/ Piknikku)
CV Juri Benron Nama : Takahiro Yazawa Nama : Ogawa Yuki, M.A. Jabatan : Dosen native Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya Nama : Agus Budi C., MLT Jabatan : Dosen Prodi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya Nama : Takahiro Yazawa Jabatan : Staff Konsulat Jendral Jepang Surabaya
Pengumuman tambahan Bagi yang mendaftar lomba Benron dapat mengumpulkan naskah melalui email lomba benron (isshonitanoshibenronkkt@gmail.com) selambat –lambatnya tanggal 1 April. Pengumuman lolos seleksi naskah (Untuk seluruh peserta) selambat-lambatnya tanggal 10 April di website berikut http://itfibub.com/benron.php .
Pengumuman tambahan Bagi peserta yang lolos dapat mengirimkan biaya registrasi ulang melalui rekening Bank BCA 6250014668 A.n Masita Rozhana Hasifa dan mengirimkan bukti transfer ke Whatsapp CP lomba Benron.
BIAYA REGISTRASI ULANG : HADIAH LOMBA BENRON Benron Juara 1 : Rp 850.000 + Trofi +Sertifikat Juara 2 : Rp 600.000 + Trofi +Sertifikat Juara 3 : RP 400.000 + Trofi +Sertifikat BIAYA REGISTRASI ULANG : Rp. 40.000 Cp Lomba Benron : Silvia (085816528064)
KIKIKAKITORI
Persyaratan Peserta Peserta telah melakukan pendaftaran dan mengirimkan bukti transfer Peserta harus membawa kartu pelajar / kartu identitas lainnya (jika tidak membawa kartu identitas akan ada pengurangan 5 poin) Pengumuman nomor urut akan diberitahukan melalui Web IT selambat- lambatnya tanggal 10 April di website berikut ini (http://itfibub.com/kikikakitori.php )
Peraturan Peserta Peserta diwajibkan memakai seragam sekolah Peserta diharuskan berada di ruangan 15 menit sebelum lomba dimulai Peserta diharapkan menuju ke toilet sebelum sesi pemutaran audio dimulai Peserta yang datang terlambat, secara otomatis akan diikutkan ke pemutaran audio sesi kedua Selama lomba berlangsung, peserta tidak diperkenankan berbicara dengan peserta lain atau meninggalkan tempat lomba
Peraturan Peserta Selama lomba berlangsung, peserta diharapkan mensilent HP Jika Hp, jam, dan alarm berbunyi peserta akan mendapatkan pengurangan 5 poin Keputusan panitia dan juri tidak dapat diganggu gugat
Teknis Perlombaan Lomba terdiri dari 3 babak, yaitu babak penyisihan, semifinal, final. - Babak Penyisihan ( 25 soal hiragana = 15 soal pilihan ganda + 10 soal menulis - Babak Semifinal ( 15 soal Katakana pilihan ganda dan 10 soal menulis kanji) - Babak Final (1 soal hitung-hitungan dasar, 1 soal menulis angka dan 2 soal menjawab pertanyaan) Terdapat 4 pilihan dalam soal pilihan ganda , yaitu A, B, C, dan D.
Teknis Perlombaan Tidak diperbolehkan ada coretan dalam menjawab soal. Apabila terdapat coretan atau pembetulan jawaban, maka jawaban dianggap salah. Terdapat 2 kali pemutaran audio dalam satu sesi.
Kriteria Penilaian Peserta dianggap menang apabila mendapat skor tertinggi yang telah dikoreksi juri. - Babak Penyisihan (diikuti seluruh peserta) - Babak Semifinal (diikuti oleh 30 peserta dengan nilai tertinggi) - Babak Final (diikuti oleh 15 peserta dengan nilai tertinggi)
HADIAH LOMBA KIKIKAKITORI Juara 1 : Rp 750.000 + Trofi +Sertifikat Juara 2 : Rp 500.000 + Trofi +Sertifikat Juara 3 : Rp 250.000 + Trofi +Sertifikat Cp Lomba Kikikakitori : Amira (083848918126)
KANJI
Persyaratan Lomba Tiap tim beranggotakan 2 orang dari sekolah yang sama. Peserta merupakan WNI dan belum pernah tinggal di Jepang lebih dari 6 bulan. Peserta tidak diperbolehkan ikut apabila salah satu atau kedua orang tua peserta menggunakan Bahasa Jepang sebagai bahasa ibu. Peserta tidak memiliki sertifikat JLPT N3 ke atas. Membayar biaya pendaftaran dan melakukan pendaftaran sesuai alur yang telah ditentukan.
Teknis Perlombaan Babak Penyisihan Soal yang diberikan merupakan tipe soal menulis yang terdiri dari 30 soal. Waktu yang diberikan adalah 40 menit. 12 tim dengan skor tertinggi akan melaju ke babak semi final.
Teknis Perlombaan 1. Soal Pilihan Ganda Peserta mengerjakan soal berupa pilihan ganda. Peserta melingkari salah satu jawaban yang dianggap benar. Jawaban benar bernilai 4 poin. Jawaban salah atau tidak menjawab, tidak ada pengurangan poin. Contoh cara menjawab
Teknis Perlombaan 2. Soal Isian Singkat Peserta mengerjakan soal berupa isian singkat. Peserta akan diberikan kotak A dan B yang masing-masing terdiri dari beberapa kanji. Peserta menuliskan kosakata yang disusun dari kanji yang digabungkan dari kotak A dengan kotak B beserta cara baca dari kosakata tersebut. Jawaban benar bernilai 4 poin. Apabila jawaban salah atau tidak menjawab, tidak ada pengurangan poin.
Teknis Perlombaan A B X X X X X 東 X 京 X X X X Contoh: 1. 東京 (とうきょう)
Teknis Perlombaan Babak Semi Final Soal akan ditampilkan di layar LCD. 12 tim yang terpilih akan dibagi dalam 3 sesi, setiap sesi ada 4 tim, tiap sesi akan diambil 1 tim dengan skor tertinggi untuk masuk ke babak final. Jika dalam satu sesi ada lebih dari satu tim yang memiliki skor tertinggi yang sama, maka akan diadakan soal tambahan berupa soal adu cepat.
Teknis Perlombaan 1. Soal Maru Batsu Tiap tim disediakan papan maru batsu untuk menjawab. Peserta diberi waktu 5 detik untuk menjawab. Peserta menjawab soal dengan mengangkat papan maru / batsu secara serempak. Peserta yang terlambat atau mengangkat papan terlebih dahulu sebelum peluit dibunyikan dianggap salah. Jawaban benar bernilai 10 poin. Jawaban salah atau tidak menjawab tidak ada pengurangan poin.
Teknis Perlombaan 2. Soal Pilihan Ganda Tipe soal ini bersifat adu cepat. Tiap soal akan diberikan 4 pilihan jawaban. Setelah pertanyaan diberikan, peserta tidak diperbolehkan langsung menjawab. Setelah panitia memberikan aba-aba, salah satu anggota dari masing-masing tim dipersilahkan mengangkat tangan.
Teknis Perlombaan Tim yang mengangkat tangan paling cepat berhak menjawab dengan suara yang keras dan jelas. Peserta diberi waktu 5 detik untuk menjawab. Tim yang menjawab lebih dulu dan benar mendapat 10 poin. Jawaban salah atau tidak menjawab tidak ada pengurangan poin. Soal tidak dapat dilempar.
Teknis Perlombaan 3. Soal Amplop Disediakan 4 buah amplop masing-masing berisi kalimat yang harus dibaca. Soal ini bersifat adu cepat. Tim yang berhak memilih amplop adalah tim yang memiliki skor tertinggi sementara. Tiap tim diberi waktu 5 detik untuk berpikir.
Teknis Perlombaan Setelah panitia memberikan aba-aba, salah satu anggota dari masing-masing tim dipersilahkan mengangkat tangan. Tim yang mengangkat tangan paling cepat, berhak membaca kalimat yang terdapat di layar dalam waktu 15 detik. Jawaban benar bernilai 20 poin. Apabila jawaban yang diberikan salah, akan ada pengurangan poin -5. Soal tidak dapat dilempar.
Teknis Perlombaan Babak Final Soal akan ditampilkan di layar LCD. Akan ada 3 tim yang bertanding, setiap tim diberikan masing-masing papan tulis kecil, spidol, penghapus, dan papan maru batsu untuk menjawab soal. Di akhir pertandingan, 3 tim tersebut akan mendapatkan juara 1, 2, dan 3.
Teknis Perlombaan 1. Soal Menulis Peserta menggunakan papan tulis kecil dan spidol untuk menuliskan jawaban. Bentuk soal dalam tipe ini antara lain sebagai berikut: Soal Adu Jumlah Soal Adu Cepat
Teknis Perlombaan a. Soal Adu Jumlah Diberikan waktu 60 detik untuk menuliskan jawaban sebanyak-banyaknya. Tim yang menjawab paling banyak dan benar akan mendapat 30 poin.
Teknis Perlombaan b. Soal Adu Cepat Setelah soal diberikan, peserta disediakan waktu 30 detik untuk menulis. Setelah panitia memberikan aba-aba, peserta diperbolehkan memencet bel.
Teknis Perlombaan Tim yang memencet bel paling cepat berhak menunjukkan jawaban yang telah ditulis sebelumnya. Jawaban benar bernilai 20 poin. Jawaban salah tidak ada pengurangan poin. Soal tidak dapat dilempar.
Teknis Perlombaan 2. Soal Teka-Teki Silang Disediakan teka-teki silang dengan soal mendatar dan menurun. Peserta dengan skor tertinggi sementara akan memilih soal terlebih dahulu. Setelah soal diberikan, peserta akan diberi waktu untuk menulis jawaban di papan tulis. Panitia akan memberikan aba-aba agar peserta menekan bel.
Teknis Perlombaan Tim yang menekan bel paling cepat berhak menunjukkan jawabannya kepada juri. Jawaban benar bernilai 30 poin. Apabila jawaban yang diberikan salah, akan ada pengurangan poin -10. Soal tidak dapat dilempar.
Teknis Perlombaan 3. Soal Kotak Final Disediakan beberapa kotak. Setiap kotak berisi satu pertanyaan dengan rentang poin 10-50. Setiap pertanyaan akan dilengkapi petunjuk cara menjawab. Soal yang diberikan meliputi tipe soal maru batsu, pilihan ganda, menulis, dan membaca. Tim yang menjawab dengan benar akan mendapat poin sesuai dengan yang tertera dalam kotak. Soal tidak dapat dilempar.
Peraturan Lomba Melakukan registrasi ulang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Membawa kartu identitas saat melakukan registrasi ulang. Peserta yang mengikuti perlombaan harus beranggota tetap dan dilarang diwakilkan.
Peraturan Lomba Peserta wajib datang 10 menit sebelum perlombaan dimulai. Akan diberikan panggilan 3 kali apabila ada peserta yang belum datang. Tidak ada tambahan waktu yang diberikan bagi peserta yang terlambat. Saat lomba berlangsung, peserta dilarang mengeluarkan buku catatan ataupun alat komunikasi. Sebelum lomba dimulai akan ada pengecekan dari panitia.
Peraturan Lomba Peserta tidak diperbolehkan berkomunikasi dengan tim lain maupun penonton dan pendamping selama perlombaan. Untuk soal menulis, peserta diharapkan menulis jawaban dengan besar dan jelas. Tulisan yang terlalu kecil atau tidak jelas akan dianggap salah. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu.
Peraturan Pendamping & Pengunjung Tidak diperbolehkan mengganggu jalannya perlombaan. Dilarang memberikan petunjuk maupun jawaban kepada peserta dalam bentuk apapun. Jika terjadi kecurangan, maka panitia berhak memberikan sanksi berupa pengurangan nilai sejumlah 100 poin terhadap peserta yang bersangkutan. Pendamping dan pengunjung diharapkan untuk selalu kondusif saat perlombaan berlangsung.
Kriteria Penilaian Peserta dianggap menang apabila lolos dari semua babak perlombaan, yaitu: Babak Penyisihan Babak Semi Final Babak Final
CV Juri Kanji Nama : Emma Rahmawati F. S.S, M.A Nama : Kaori Watanabe Jabatan : Dosen Prodi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya Nama : Kaori Watanabe Pengalaman : Pengajar Bahasa Jepang di ARC Academy tahun 2013
HADIAH LOMBA KANJI Juara 1 : Rp 550.000 + Trofi +Sertifikat Cp Lomba Kanji : Zendy (085254684018)
CERDAS CERMAT
Kriteria Peserta Tiap tim beranggotakan 3 orang dari sekolah yang sama. Tiap sekolah maksimal mendaftarkan 2 tim sebagai peserta. Para peserta wajib mengenakan seragam sekolah. Peserta yang berpartisipasi belum pernah tinggal di Jepang minimal 3 bulan. Bagi peserta yang sudah memiliki sertifikat JLPT N3 dilarang berpartisipasi.
Teknis Perlombaan Peserta melakukan registrasi dan mendapatkan kartu peserta. Lomba terdiri dari 4 babak, yaitu : - Babak penyisihan - Perempat final - Semi final - Final.
Babak Penyisihan Merupakan tes tulis yang tediri dari : 15 soal pilihan ganda 15 soal isian Waktu pengerjaan 45 menit Seluruh tim akan mengerjakan tes tulis tersebut
16 tim dengan nilai tertinggi akan maju kebabak selanjutnya Kriteria soal terdiri dari bunpou, ippan, goi, bunka Tim yang terlambat diperbolehkan untuk mengerjakan tetapi tidak ada tambahan waktu.
Babak Perempat Final Terbagi menjadi empat kali pertandingan, setiap pertandingan terdapat empat tim yang akan bertanding. Tim dengan dua nilai tertinggi dari setiap pertandingang akan bermain kebabak selanjutnya. Terdiri dari 3 sesi, yaitu : - Babak maru batsu - Babak Kotak - Babak Acak Kata
Babak Semifinal Terdiri dari dua kali pertandingan, setiap pertandingan terdiri dari empat tim. Tim dengan dua nilai tertinggi akan bermain kebabak selanjutnya Terdiri dari tiga sesi, yaitu : - Babak Maru Batsu - Babak Kotak - Babak Acak Kata
Babak Final Terdiri dari satu kali pertandingan, setiap pertandingan terdiri dari empat tim. Terdiri dari tiga sesi, yaitu - Babak Maru batsu - Babak Kotak - Babak Rebutan
a. Maru Batsu Terdiri dari 5 kategori soal : Bunpo, bunka, ippan, goi, dan rekishi. Teknis: Peserta akan diberi sebuah pernyataan dan diberi waktu selama 5 detik. Setelah peluit dibunyikan peserta diwajibkan mengangkat jawaban berupa maru/batsu serempak.
b. Kotak Jenis soal: - Perempat final : bunpo, bunka, goi, dan rekishi - Semi Final : goi, bunka, ippan, rekishi, bunpo, gesture (diperagakan mc) dan suugaku - Final : goi, bunka, ippan, rekishi, bunpo, gesture, dan suugaku Teknis: Terdapat kotak yang didalamnya terisi soal yang harus dijawab peserta. Hak memilih soal pertama akan diberikan pada tim yang memiliki nilai tertinggi dari babak sebelumnya. Peserta akan diberi waktu 20 detik dan 30 detik untuk suugaku. Soal bersifat rebutan dan dilempar
c. Acak Kata Menyusun kata agar menjadi kalimat yang baik dan benar. Perempat Final Terdapat 6-7 kata pilihan (termasuk partikel), dan peserta harus menyusun sebuah kalimat yang benar dari kata tersebut Semi Final Terdapat 9 kata pilihan (termasuk partikel), dan peserta hanya boleh menyusun 5-8 kata dari pilihan.
d. Rebutan Terdapat 15 soal: - Kalimat rumpang - Puzzle - Menerjemahkan - Mitologi Jepang - Menjelaskan simbol
Setiap peserta diberi waktu 15 detik untuk menjawab, kecuali puzzle Poin terdiri dari 50-150 poin Jika tidak ada tim yang bisa menjawab maka seluruh tim akan dikurangi 20 poin.
Materi jenis soal Bunpo: tata bahasa level N5-N4 Bunka - Festival - Seni teater - Budaya keagamaan Goi - Tanaman - Hewan - Nama benda di sekitar
Rekishi: - Perempat : sejarah zaman Showa - Semi final : sejarah zaman Taisho dan Meiji - Final : sejarah zaman Edo dan Azuchi Momoyama Ippan: - Gejala sosial - Geografi (danau, sungai, prefektur,peta) - Profesi
Soal Penyisihan Pilihan Ganda 1. Baju Tradisional Jepang yang biasanya dipakai pada saat musim panas disebut... Furisode c. Kimono Yukata d. Geta Soal Isian 2. Perdana Menteri Jepang yang saat ini menjabat adalah... Shinzou Abe
Maru Batsu これはえんぴつです。
Soal Acak Kata 1.が 2.日本語 3.私 4.話せます 5.は
私 は 日本語 が 話せます。 3 5 2 1 4
Soal Menjelaskan Makna この しるし は どういう 意味 ですか
横断歩道 (おうだんほどう)
これ は 何 ですか (めいし)
くつ
CV Juri Cerdas Cermat Nama : Wiranto Aji Dewandono, M.Pd Jabatan : Dosen Prodi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya Nama : Elisabeth Worobroto P. Dra Jabatan : Dosen Prodi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya Nama : Asuna Kawamoto Jabatan : Dosen NativeProdi Pendidikan Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya
HADIAH LOMBA CERDAS CERMAT Juara 1 : Rp. 800.000 + Trofi +Sertifikat Juara 2 : Rp. 600.000 + Trofi +Sertifikat Juara 3 : Rp. 350.000 + Trofi +Sertifikat Cp Lomba Cerdas Cermat : Yohanna (085939744814)
MANGA
Persyaratan Lomba Lomba terbuka untuk pelajar SMA/MA/SMK/sederajat se-Indonesia. Peserta wajib mengisi form pendaftaran dan melakukan pembayaran untuk mengikuti lomba. Peserta menggambar manga/komik dengan tema Sora no Bouken (Petualangan Langit). Peserta wajib mengirim character sheet (termasuk deskripsi dan background story OC sesuai contoh yang dimuat pada website IT14) dari manga/komik yang akan diperlombakan ke email manfandou@gmail.com sampai tanggal 14 April 2019.
Persyaratan Lomba Peserta membuat manga/komik sepanjang 3 halaman (langsung tamat) di kertas A4 yang telah disediakan panitia, layout portrait, format baca dari kanan ke kiri. Durasi perlombaan 3 jam. Peserta membawa alat gambar sendiri. Meja disediakan oleh panitia. Karya yang diperlombakan harus orisinil. Tidak diperkenankan menjiplak karya orang lain.
Peraturan Lomba Peserta melakukan registrasi ulang sebelum lomba dimulai. Peserta yang datang terlambat diperbolehkan mengikuti perlombaan namun tidak ada tambahan waktu. Handphone maupun gadget lain harus dimatikan/disilent dan dimasukkan ke dalam tas selama perlombaan berlangsung. Peserta dilarang melihat referensi dalam bentuk apapun selama perlombaan berlangsung. Bagi peserta yang kedapatan melihat referensi maka akan mendapat pengurangan nilai.
Peraturan Lomba Peserta dilarang makan selama perlombaan berlangsung (minum diperbolehkan). Peserta dilarang meminjam alat gambar peserta lain ataupun membuat gaduh seperti mengganggu peserta lain selama perlombaan berlangsung. Karya yang tidak selesai akan mendapat pengurangan nilai. Tidak ada poin tambahan bagi karya yang diwarnai maupun diarsir.
Peraturan Lomba Karya yang diperlombakan tidak diperkenankan mengandung unsur SARA, yuri, yaoi, dan pornografi. Penukaran kertas hanya dapat dilakukan 1 kali dengan alasan kertas sobek, basah, atau kotor. Keputusan juri Mutlak, dan karya menjadi milik panitia.
Kriteria Penilaian Orisinalitas cerita Kecocokan background story OC dengan peran OC di dalam manga Kerapian Alur cerita Keunikan background story OC
CV Juri Manga Nama : Hamdan Nafiatur R., M.Si Jabatan : Dosen Bahasa Jepang Prodi Ilmu Hubungan Internasional, Universitas Muhammadiyah, Malang Pengalaman : Juri Lomba Manga Isshoni Tanoshimimashou 13
HADIAH LOMBA MANGA Cp Lomba Manga : Dita (081358841486) Juara 1 : Rp 500.000 + Trofi + Sertifikat + Merchandise Juara 2 : Rp 300.000 + Trofi + Sertifikat + Merchandise Juara 3 : Rp 200.000 + Trofi + Sertifikat + Merchandise Cp Lomba Manga : Dita (081358841486)
COSPLAY
Persyaratan Lomba Tidak dalam kondisi sakit, terutama yang memiliki penyakit kronis (jantung lemah, epilepsi, asma, dll). Karakter yang dilombakan berasal dari anime, manga, game, tokusatsu, western, dll. Tidak diperbolehkan menggunakan Original Character. Memberikan detail karakter yang dilombakan dan BGM kelompok ke email isshonicosplayshimashou@gmail.com maksimal 2 April 2019.
Teknis Perlombaan Nomor urut peserta ditentukan saat Technical Meeting (sistem undian), nomor urut peserta yang telah diundi akan diupload di website berikut http://itfibub.com/cosplay.php. Lomba dilaksanakan pada hari Minggu, 21 April 2019. Peserta melakukan registrasi ulang maksimal 2 jam sebelum lomba dimulai. (Pukul 11:30 WIB) Peserta diwajibkan telah siap di backstage 30 menit sebelum tampil. (Pukul 13:00 WIB) Jika peserta tidak hadir setelah dipanggil, maka akan dipindahkan ke nomor urut terakhir dengan konsekuensi pengurangan point.
Jika peserta yang nomor urutnya sudah dipindah tapi tetap tidak hadir saat dipanggil, maka akan didiskualifikasi. Apabila terjadi kesalahan teknis saat perform (listrik padam, hujan, dll) : Coswalk : tetap melanjutkan perform tanpa ada pengurangan nilai. Cosplay team : tetap melanjutkan perform dengan persetujuan juri, tanpa ada pengurangan nilai. Panitia berhak menghentikan BGM apabila sudah melewati batas waktu. Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
Peraturan Lomba Peserta yang telah mendaftar diwajibkan melakukan registrasi ulang. Peserta yang terlambat / tidak melakukan registrasi ulang akan didiskualifikasi. Peserta tidak diperkenankan keluar dari backstage sebelum perform selesai. Peserta diharapkan untuk tidak melepas kostum sampai pengumuman belangsung. Kostum yang dipakai dilarang mengandung unsur pornografi maupun SARA.
Dilarang melakukan adegan yaoi, yuri, vulgar maupun hal-hal yang mengandung SARA pada saat perform. Peserta diperbolehkan melakukan crossdressing. Dilarang menggunakan senjata tajam, senjata api, maupun properti yang berbahan kimia dan membahayakan. Peserta lomba diperbolehkan menggunakan efek dan properti tambahan untuk menunjang perform selama peserta dapat menjamin kebersihan panggung.
Peraturan Lomba Tidak diperkenankan menggunakan properti yang dapat menimbulkan kerusakan dan kekotoran secara permanen. Peserta lomba coswalk tidak diperbolehkan megikuti lomba cosplay team dan sebaliknya. Peserta diperkenankan untuk melakukan interaksi selama perform. Diperkenankan membawa crew / blackman maksimal 2 orang untuk lomba Costeam (tidak dihitung sebagai anggota tim terdaftar).
Dilarang membuang sampah sembarangan di ruang ganti, maupun di dalam dan luar area event. Segala kehilangan bukan tanggung jawab penyelenggara event. Tidak menerima pengunduran diri tanpa alasan yang logis dengan konsekuensi yang telah ditentukan berupa denda dari pihak panitia. Peserta wajib mematuhi seluruh peraturan yang ada demi kelancaran acara.
Kriteria Penilaian Cosplay Individu Cosplay Kelompok Tingkat kesulitan dan kemiripan kostum Pemahaman dan penjiwaan karakter Aksesoris Performance panggung Detail dan kemiripan kostum dan property dengan tokoh asli Koreografi dan kekompakan dengan tim Penjiwaan karakter Kreatifitas lainnya
CV Juri Cosplay Nama : Nanda Krist Prestasi : 1st place World of Game Surabaya 2016 Nama : Ochi Prestasi : 3rd winner & best costume CLAS:H National Cosplay Competition Surabaya 2017
HADIAH LOMBA COSPLAY Cp Lomba Cosplay : Lisy (087853469569) Cosplay Individu Juara Armor : Rp 150.000,00 + Trofi + Sertifikat Juara Non-Armor : Rp 150.000,00 + Trofi + Sertifikat Juara Favorit : Rp 50.000,00 + Merchandise + Sertifikat Cosplay Kelompok Juara I : Rp 650.000 + Trofi + Sertifikat Juara Favorit : Rp 250.000 + Merchandise + Sertifikat Cp Lomba Cosplay : Lisy (087853469569)
KARAOKE
Teknis Lomba Karaoke Sesi 1 Babak penyisihan dengan menyanyikan 1 lagu wajib yang disediakan panitia. Dengan durasi paling lama 6 menit (sudah termasuk dalam persiapan). 5 peserta dengan nilai tertinggi akan lanjut ke Sesi 2. Sesi 2 Babak final dengan menyanyikan 1 lagu bebas berbahasa Jepang dengan dominan 70% bahasa Jepang. Dengan durasi paling lama 7 menit (sudah termasuk dalam persiapan).
Peraturan Lomba Peserta wajib mengikuti rangkaian acara sampai selesai. Peserta wajib membawa backup file instrument lagu bebas di flashdisk. Peserta wajib melakukan registrasi ulang dan test instrument. Peserta dilarang membaca teks pada saat penampilan. Peserta wajib hadir di ruangan 1 jam sebelum acara dimulai.
Peraturan Lomba Peserta akan dipindahkan pada nomor urut terakhir setelah 3 kali panggilan tidak kunjung hadir. (Bagi yang terlambat, mohon segera melapor kepada panitia) Apabila terlambat tanpa konfirmasi akan mengurangi poin penilaian. Peserta akan didiskualifikasi apabila sudah dipindahkan pada nomor urut terakhir dan setelah 3 kali panggilan tidak kunjung hadir. Tidak ada penukaran nomor urut peserta secara sengaja.
Peraturan Lomba Dilarang bersuara keras saat peserta lain tampil dan hanya boleh tepuk tangan saat peserta lain selesai tampil. Peserta dilarang berkomunikasi dengan juri dalam bentuk apapun. Alat komunikasi wajib diheningkan. Peserta dilarang membawa senjata tajam. Peserta dilarang merokok dan membuang sampah sembarangan. Peserta dilarang membawa makanan dari luar.
Peraturan Penonton Dilarang membawa benda membahayakan, benda tajam, dan sejenisnya. Dilarang merokok dan membuang sampah sembarangan. Dilarang membawa makanan dari luar. Dilarang mengganggu peserta lomba dalam bentuk apapun saat acara perlombaan berlangsung. Dilarang melewati garis “Karaoke Line”.
Peraturan Penonton Penonton dilarang berkomunikasi dalam bentuk apapun dengan para juri dan peserta saat acara berlangsung maupun saat istirahat. Boleh mengabadikan foto tanpa menggunakan cahaya (blitz). Alat komunikasi wajib diheningkan. Dilarang berisik termasuk moshing atau ikut bernyanyi pada saat peserta tampil dan hanya boleh tepuk tangan saat peserta selesai tampil.
Ketentuan Umum Peserta dilarang membawa alat musik Peserta wajib menggunakan instrument lagu wajib yang sudah disediakan oleh panitia Peserta dilarang mengikuti 2 lomba sekaligus Peserta diberi waktu 5-10 detik untuk cek sound Peserta maupun penonton dilarang menghampiri juri saat acara berlangsung maupun saat ISHOMA
Ketentuan Umum Keputusan juri MUTLAK dan tidak dapat di ganggu gugat. Jika mengundurkan diri uang tidak akan kembali Peserta diharapkan untuk membawa kartu peserta dan kartu tanda pengenal (KTP, SIM, atau Kartu Pelajar) serta backup file instrumen lagu bebas pada saat registrasi ulang. Nomor urut peserta akan diumumkan setelah Technical Meeting selesai dan akan diumumkan juga di website berikut (http://itfibub.com/karaoke.php).
Kriteria Penilaian Harmonisasi (persentase : 50%) Keselarasan musik, vokal, tempo, artikulasi, pitch control dan improvisasi Penampilan (persentase : 25%) Kostum, penguasaan panggung, ekspresi dan gesture Pelafalan (persentase : 25%) Pengucapan kata dalam bahasa Jepang
CV Juri Karaoke Nama : Syaifuddin Hanafi Prestasi : 1st Place Mixed Choir Category pada The 1st Balikpapan International Choral Festival. Nama : Siti Maimuna, S.S Prestasi : Juara 2 Lomba Cover Lagu dalam event “Confess” di Surabaya pada tahun 2016. Nama : Wirasti Anggreni, M.Si Jabatan : Dosen Prodi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya
HADIAH LOMBA KARAOKE Juara 1 : Rp 700.000 + Sertifikat + Trofi Cp Lomba Karaoke : Irma (083846728978)
DANCE COVER
PERSYARATAN LOMBA Peserta terbuka untuk umum (minimal berusia 12 tahun) Melakukan pendaftaran dan mengkonfirmasi pembayaran Melakukan registrasi ulang di hari perlombaan
PERATURAN LOMBA A. Peserta Tampil dengan lagu dan waktu yang telah ditentukan Penampilan tidak mengandung unsur SARA dan pornografi Hadir tepat waktu sebagai peserta lomba Isshoni Tanoshimimashou 14 sesuai dengan jadwal perlombaan Wajib berada di venue 30 menit sebelum penampilan dimulai dan siap dalam 15 menit sebelum melakukan penampilan di ruang lomba
Jika telah dipanggil sebanyak 3x namun tidak kunjung datang, maka tim tersebut akan didiskualifikasi Turut menjaga properti panggung serta properti acara lainnya Tidak melakukan hal yang sekiranya dapat merugikan Isshoni Tanoshimimashou 14 dan pihak manapun Turut mendukung keberlangsungan acara Isshoni Tanoshimimasou 14 dengan menjaga etika, sopan santun, dan kebersihan
Peraturan Pendamping dan Pengunjung Menjaga ketertiban selama acara berlangsung Hanya boleh meramaikan suasana saat sebelum dan sesudah penampilan Turut menjaga properti panggung serta properti acara lainnya Tidak melakukan hal yang sekiranya dapat merugikan Isshoni Tanoshimimashou 14 dan pihak manapun Turut mendukung keberlangsungan acara Isshoni Tanoshimimashou 14 dengan menjaga etika, sopan santun, dan kebersihan
TEKNIS LOMBA Lomba hanya terdiri dari 1 babak (sekali tampil), ketentuannya sebagai berikut: Durasi penampilan 8-10 menit Lagu wajib berbahasa Jepang Menggunakan sebanyak 3 lagu (1 lagu bertemakan langit atau petualangan, 2 lagu bebas) Maksimal 1 lagu yang sama digunakan oleh 2 tim
Jika lagu yang sama dipilih oleh lebih dari 2 tim, maka saat pengumpulan file lagu, tim ketiga dst harus mengubahnya dengan lagu lain (sesuai urutan pengumpulan lagu) Urutan penampilan diundi saat technical meeting Pengumpulan file lagu paling lambat tanggal 3 April 2019 ke e-mail pfdcitub@gmail.com - Diambil 2 pemenang (juara 1 dan juara favorit) Pemenang tampil ulang pada hari berikutnya, di hari kedua Isshoni Tanoshimimashou 14 sebagai pengisi acara (khusus juara 1) Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
Apabila terjadi kesalahan teknis saat penampilan berlangsung, peserta tetap melanjutkan penampilan dengan ketentuan sebagai berikut : Jika musik terhenti atau terganti dalam waktu kurang dari 2 menit, peserta mengulang penampilan dari awal Lebih dari itu, peserta melanjutkan penampilan dengan bantuan sumber suara pengganti Tidak ada pengurangan nilai Nomor urut tampil peserta akan diumumkan di website berikut http://itfibub.com/dancecover.php.
PENILAIAN LOMBA Performance point (ekspresi, kekompakan, power, keselarasan dengan koreografi yang asli, pembawaan) = 50% Entertainment point (kostum, make up, style) = 20% Creativity point (mixing lagu, element of surprise) = 20% Plus point (respon dari penonton, lipsync) = 10%
Pihak penyelenggara menyediakan: Konsumsi sesuai jumlah member yang berpartisipasi dalam penampilan lomba Name tag per tim Speaker atau alat musik pendukung lainnya untuk pemutaran lagu
CV Juri Dance Cover Nama : Estelita Christy Pekerjaan : Programmer Nama : Hendra Gunawan Pekerjaan : Karyawan Swasta Pengalaman : - Founder Grup Idol Cover Masuta (まーすた) Dance Cover - Juri Lomba Dance Cover Event Pasuruan Japan Fest Tahun 2018 Nama : Estelita Christy Pekerjaan : Programmer Pengalaman : - Ex member Star Captain - Cosplayer di Malang Little Tokyo
HADIAH LOMBA DANCE COVER Juara I : Rp 500.000 + Trofi + Sertifikat Juara Favorit : Rp 300.000 + Trofi + Sertifikat Cp Lomba Dance Cover : Nana (089675726756)
HASIL SESI TANYA JAWAB dapat di download melalui http://itfibub
ありがとうございます