ASPEK-ASPEK AGAMA Tony Tampake
Kepercayaan kpd Yang Mutlak Agama Kepercayaan kpd Yang Mutlak Sakral Ritual Keumatan Mistisisme
Kepercayaan kpd Yang Mutlak Kepercayaan akan “ada-nya” sebuah “kekuatan yang tidak terbatas” yang dapat “mengatasi berbagai fenomena.” Kepercayaan akan “ada-nya roh (roh) yang berkuasa atas segala yang ada. Kepercayaan akan “ada-nya” suatu “pribadi supernatural” yang mengendalikan semua peristiwa dan kejadian di alam semesta. Kepercayaan akan “ada-nya” sebuah “prinsip etis” yang unggul di dalam segala kejadian. Kepercayaan akan “ada-nya” sebuah “hukum” yang menjaga harmoni alam. Kepercayaan akan “ada-nya” sebuah “kebenaran” yang menyimpan rahasia alam semesta.
AGAMA Pandangan dan prinsip hidup, Didasarkan pada kepercayaan, Akan adanya “Yang Mutlak”, Yang berkuasa terhadap kehidupan.
Yang Mutlak BERKAT KUTUK MANUSIA KUTUK AMAL DOSA DERITA BAHAGIA
YANG MUTLAK IMANEN TRANSENDEN
DUNIA EMPIRIK/INDRAWI Rasionalistik Positivistik Realtif/terbatas TRANSENDEN DUNIA GAIB Irasionalistik Idealistik Absolut/mutlak Ilahi METAFISIK SUPRANATURAL DUNIA EMPIRIK/INDRAWI Rasionalistik Positivistik Realtif/terbatas Manusiawi NATURAL FISIK IMANEN
Transenden Transcendent : Beyond the limits of possible experience, Beyond human knowledge, Existing apart from the material universe. Webster’s New World Dictionary
Imanen Immanent: Living, remaining, or operating within Present throughout the universe.
TRANSENDEN YANG ILAHI METAFISIK SUPRANATURAL GARIS KEFANAAN NATURAL MC MENCARI TUHAN FISIK IMANEN
TRANSENDEN YANG ILAHI METAFISIK SUPRANATURAL GARIS KEFANAAN WAHYU NATURAL FISIK IMANEN MANUSIA
YANG ILAHI TRANSENDEN METAFISIK SUPRANATURAL AGAMA Interpretasi mc Berada dalam dunia relatif Relatif. NATURAL FISIK IMANEN MANUSIA
Asumsi filosofis teologis Yang mutlak/absolut/abstrak/ Ilahi pada kondisi transendennya tidak dapat dan tidak mungkin dijangkau oleh manusia, sebab manusia terbatas pada hal-hal indrawi dan empirik. Yang ilahi hanya mungkin dapat dikenali dan dipahami oleh manusia apabila ia keluar dari transendensinya dan masuk ke dunia imanen. Inilah yg disebut pewahyuan atau penyataan Ilahi kepada manusia. Selanjutnya wahyu/penyataan ilahi tersebut ditangkap dan ditafsirkan oleh manusia di dalam situasi dan kondisi eksistensilnya sendiri. Daya tangkap dan daya tafsir manusia atas wahyu/penyataan ilahi tersebut berbeda-beda. Karena itu, substansi/esensi agama-agama dan konsep-konsepnya memang mutlak sifatnya tetapi relatif di dalam daya ungkapnya. Dengan kata lain, agama sebagai wahyu ilahi adalah mutlak, tetapi agama sebagai interpretasi manusia atas wahyu adalah relatif. Jadi agama adalah sekaligus mutlak dan relatif. Kemutlakannya terletak pada Yang Ilahi yang telah mewahyukan “dirinya” kpd manusia. Dan kerelatifannya terletak pada pemahaman manusia atas wahyu Ilahi.
TRANSENDEN METAFISIK SUPRANATURAL alam batin derita bahagia nabi Kitab suci NATURAL FISIK IMANEN
TUHAN YANG TRANSENDEN TUHAN yang berexistensi melampaui batas-batas kemungkinan pengalaman manusia. TUHAN yang tidak dapat dijangkau dengan pengetahuan manusia. TUHAN dalam existensiNYA yang terpisah dari alam semesta. TUHAN dalam kedirianNYA sendiri.
TUHAN YANG IMANEN TUHAN yang bermanifestasi di dalam medan sejarah manusia. TUHAN yang menyingkapkan diri ke dalam hidup manusia TUHAN yang terjangkau oleh pikiran dan pengalaman manusia. Tuhan dalam pengalaman keagamaan manusia.
TRANSENDEN TUHAN IMANEN
TUHAN TRANSENDEN IMANEN YHWH TRITUNGGAL SHANG HYANG WIDI PUE LAMOA ALLAH SWT KAWULO GUSTI ELOHIM
TRANSENDENSI TUHAN “GODHEAD/DIVINITY IMANENSI TUHAN DUNIA METAFISIK DUNIA FISIK IMANENSI TUHAN
TRANSENDENSI TUHAN TAURAT INJIL ALQURAN WEDA TRADISI AGAMA SUKU ETIKA SENI IPTEK
Terima Kasih Ada Pertanyaan dan Komentar? Silahkan tuliskan pada kolom “Comment” Jangan Lupa nama dan NIM ya.