Oleh : Said Al Zubaidy, S.Ag, M.PdI Dosen METODOLOGI STUDI ISLAM.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Advertisements

Kewarganegaraan serta kompetensi yang diharapkan dari
Metode, dan Pendekatan Menafsirkan Al-Qur’an
Metode, dan Pendekatan Menafsirkan Al-Qur’an
Meningkatkan Rasa Nasionalisme di Era Globalisasi
PENGANTAR STUDI ISLAM Mata Kuliah Semester V
GEOPOLITIK INDONESIA ASPEK KEWILAYAHAN
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KODE MATA KULIAH : IPKU 1001 SKS : 2 SEMESTER : I JENJANG STUDI : S-I JURUSAN TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI.
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENGANTAR STUDI ISLAM APA ITU PENGANTAR STUDI ISLAM (PSI)?
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
Anggota : 1.Puspa Nurmawati Novita Selfiani Muhammad Yusuf efendi Galang Septi Bayu A Vicka Nandhya R
ILMU KEALAMAN DASAR ( I K D )
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
KULIAH I Latar belakang : PKN
ALIRAN TEOLOGI ISLAM MASA MODERN
Pendidikan AGAMA 2 OLEH : MB Tabrani, M.Pd STIE BINA BANGSA
Bismillahirrahmaanirrahiim Assalam’alikum Wr,wb
UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON PROGRAM STUDI ILMU HUKUM
Pengantar Ilmu Sosial Budaya Dasar
Filsafat, Ilmu dan Filsafat Ilmu
AIK PROGRAM PASCASARJANA (S-2 dan S-3) PTM
Doris Febriyanti, S.IP, M.Si
FOKUS GROUP DISCUSSION MATAKULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN (MPK) UNTIRTA 2016 TANGGAL 21 JANUARI 2016.
NOVIA KENCANA, S.IP, MPA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN “Pertemuan I : Pengantar Materi dan Silabus Pendidikan Kewarganegaraan.
AGAMA KATOLIK Drs. A.P. Oenarto M.
Ilmu Sosial Budaya Dasar
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Pertemuan I Pendahuluan Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si.
Pertemuan I Pendahuluan Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si.
Sejarah Pendidikan Islam
PENGANTAR STUDI ISLAM.
Pertemuan I Pendahuluan Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si.
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Pada Mata Kuliah PENGEMBANGAN KURIKULUM
PANCASILA SISTEM FILSAFAT TM 5
Oleh: Syukur Pendekatan Studi Islam IAIN SALATIGA
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
PENGANTAR STUDI ISLAM APA ITU PENGANTAR STUDI ISLAM (PSI)?
Oleh : dr. Nur Indarawati Lipoeto
Agama dan Keberagaman Budaya Materi diskusi Lokakarya Pendidikan Agama “Membangun Wawasan Bhinneka Tunggal Ika Melalui Penanaman Nilai-nilai Agama” Institut.
Pertemuan I Pendahuluan Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si.
GEOPOLITIK INDONESIA KELOMPOK 6A MENTAWATI SILAEN (A1D515017)
Ketentuan Mengikuti Perkuliahan
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
وبركاته الله ورحمة عليكم السّلام
ETIKA BERBANGSA Menjelaskan Pemahaman landasan pendidikan Pancasila, demokrasi, hak Asasi manusia, geopolitik dan geostrategi, wawasan nusantara, ketahanan.
SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH?
am/2017/sejarahwajib/x/sem1
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
KONSEP ETIKA DAN ETIKET
Memahami hakikat ilmu pengetahuan
Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TUJUAN DAN MATERI PKN Pertemuan Ke-13 Nurul Febrianti, M.Pd.
DASAR-DASAR PELAKSANAAN PENDIDIKAN
Fenomenologi Agama Ferly David, M.Si..
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Aliran Pemikiran Tentang Sosíologi Hukum
Ali Rohmad – 2015 M - Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)
Pertemuan IV Identitas Nasional
Untuk S1 Seni Karawitan ISI Surakarta
KONSORSIUM DAN INTEGRASI ILMU
IDA Islam dan Peradaban
Diambil dari : Pendidikan IPS Dr Rudy Gunawan
Modul ke: Fakultas Program Studi Pendidikan Agama Islam Etos Kerja Islam Dian Febrianingsih, M.S.I 08 PSIKOLOGI Psikologi.
Transcript presentasi:

Oleh : Said Al Zubaidy, S.Ag, M.PdI Dosen METODOLOGI STUDI ISLAM

PERUBAHAN NAMA SEJAK AWAL

METODOLOGI STUDI ISLAM SKS/ 2 SEMESTER SKS/ SEMESTER

LATAR BELAKANG PERKULIAHAN MET. STUDI ISLAM PERKULIAHAN MSI BAGI MAHASISWA IAIN/UIN DILATAR BELAKANGI OLEH PENILAIAN TERHADAP REALITA PENGAJARAN AGAMA ISLAM YG DIPANDANG KURANG TEPAT UNTUK PENGEMBANGAN SIKAP2 POSITIF BAGI KEHIDUPAN UMAT ISLAM MODEREN YANG RASIONAL, TERBUKA, TOLERAN, DAN DINAMIS.

PENGAJARAN AGAMA ISLAM PENDIDIKAN UMAT LEBIH DITUJUKAN PADA “PERSIAPAN” AKHIRAT DIBANDING “KEPERLUAN” HIDUP DUNIA MATERI PENGAJARAN AGAMA ISLAM TERBATAS HANYA PADA ASPEK2 FIKIH, ILMU TAUHID, TAFSIR, DAN HADIS YANG DIBERIKAN JUGA HANYA MENURUT SATU MADZHAB TERTENTU, BAIK PADA TINGKAT DASAR MAUPUN PADA TINGKAT LANJUT

KONDISI UMAT ISLAM UMAT ISLAM MENGALAMI KEMUNDURAN DAN KETERTINGGALAN DALAM PERCATURAN GLOBAL DI BERBAGAI BIDANG TELAH TERJADI SALAH PENGERTIAN TENTANG HAKIKAT ISLAM SEHINGGA TIMBUL KESAN BAHWA ISLAM ITU BERSIFAT SEMPIT, KAKU/STATIS, TIDAK SESUAI DENGAN ALAM MODERN..

DI DALAM MASYARAKAT ISLAM BERKEMBANG PANDANGAN DIKOTOMIS YANG MEMISAHKAN ANTARA DUNIA DAN AKHIRAT, ANTARA URUSAN AGAMA DAN BUKAN AGAMA URUSAN DUNIA TAK MENDAPAT PERHATIAN YG SEMESTINYA DAN PENDIDIKAN UMAT ISLAM HANYA TERTUJU PADA PENDIDIKAN KEAGAMAAN, BUKAN PENDIDIKAN AGAMA SIKAP INTOLERAN, JANGANKAN DENGAN PENGANUT AGAMA LAIN TAPI JUGA DENGAN SESAMA MUSLIM.

UMAT ISLAM TIDAK SIAP MENERIMA PERBEDAAN (TERMASUK PERBEDAAN PENDAPAT/MADZHAB YG MERUPAKAN SUATU KENISCAYAAN YG TAK DAPAT DIELAKKAN) PADAHAL, ISLAM ITU BERSIFAT DINAMIS SERTA MULTI DIMENSI DAN MULTI TAFSIR.

ISLAM BERSIFAT MULTI DIMENSI & MULTI TAFSIR ADA ASPEK HUKUM, SEJARAH, POLITIK, KEBUDAYAAN, FILSAFAT, PENDIDIKAN, EKONOMI, SPRITUIL DAN MORAL, DLL. ADA BEBERAPA MADZHAB PADA SETIAP ASPEK & DIMENSINYA

STAI INGIN MENGHASILKAN: ULAMA-ULAMA KLASIK YANG BERCIRIKAN ANTARA LAIN : ◦B◦BERSIKAP RASIONAL ◦B◦BERPANDANGAN LUAS, ◦B◦BERBUDI LUHUR, ◦P◦PENGETAHUANNYA TIDAK HANYA TERBATAS PADA ILMU2 AGAMA

RAPAT KERJA PARA REKTOR IAIN SE- INDONESIA PADA BULAN AGUSTUS 1973 MENETAPKAN BAHWA PENGANTAR ILMU AGAMA ISLAM MENJADI MATA KULIAH KOMPONEN INSTITUT YANG WAJIB DIAMBIL OLEH SETIAP MAHASISWA IAIN APAPUN FAKULTAS DAN JURUSANNYA.

DI DALAM PTAI, ISLAM DIPERKENALKAN TIDAK HANYA BAGAIMANA SEHARUSNYA, TETAPI JUGA BAGAIMANA ADANYA DALAM PERJALANAN SEJARAH PENGAJARAN ISLAM TIDAK HANYA SECARA TEKSTUAL, TETAPI JUGA SECARA KONTEKSTUAL MAHASISWA DIDORONG UNTUK MEMAHAMI APA YANG TERJADI DENGAN ISLAM SEPANJANG SEJARAHNYA

LANGKAH INI DILAKUKAN UNTUK: MENYADARKAN MAHASISWA BAHWA ISLAM BETUL-BETUL TELAH MENGANTARKAN MANUSIA KEPADA PERADABAN YANG MAJU DAN BERMARTABAT MENGINGATKAN BAHWA ISLAM YANG DIPRAKTIKKAN UMATNYA BELUM TENTU SEJALAN DENGAN AJARAN ISLAM ITU SENDIRI

MENGINGATKAN BAHWA UNSUR BUDAYA BANYAK MEMPENGARUHI PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN AJARAN ISLAM MENUMBUHKAN SEMANGAT SALING PENGERTIAN DI ANTARA UMAT AGAR TERBINA SILATURRAHIM, MESKI DALAM KERAGAMAN

METODOLOGI STUDI ISLAM SUATU STUDI PENGANTAR DENGAN CARA YANG SISTEMATIS UNTUK MEMAHAMI ISLAM SECARA LUAS DAN LENGKAP DENGAN MEMBAHAS DASAR-DASAR AJARAN ISLAM SERTA CARA ATAU POLA PEMAHAMAN AJARAN ISLAM YANG BERKEMBANG DI KALANGAN UMAT ISLAM

OBJEK KAJIAN MSI HAKIKAT AGAMA DAN KEBERAGAMAAN KEBUTUHAN MANUSIA AKAN AGAMA HAKIKAT ISLAM DAN DASAR2 ISLAM POLA-POLA PEMAHAMAN ISLAM (FUQAHA`- SUFI – FILOSOF –MUTAKALLIM, DLL.) SECARA RINCI LIHAT SILABUS & SAP

TUJUAN PERKULIAHAN MSI MEMBENTUK SARJANA MUSLIM YANG MEMILIKI AKIDAH YANG BENAR DAN KOKOH SERTA MEMILIKI WAWASAN YANG LUAS DAN SIKAP YANG LUWES

AKIDAH YANG BENAR KARENA DIDASARKAN ATAS PENGETAHUAN AKIDAH YANG KOKOH KARENA DIDASARKAN ATAS PILIHAN SENDIRI WAWASAN YANG LUAS KARENA PENGETAHUAN YANG UTUH DAN LENGKAP SIKAP YANG LUWES KARENA MENYADARI KETERBATASAN MANUSIAWI

TUGAS MINGGU DEPAN APA YANG DIKATAKAN AGAMA? CARI DEFINISI SERTA CONTOHNYA! BEDAKAN ANTARA AGAMA & KEBERAGAMAAN! DI MANA LETAK AGAMA, DAN DI MANA PULA KEBERAGAMAAN? APAKAH MANUSIA PERLU AGAMA? KENAPA?