PEMBELAJARAN DARING (E-Learning) DAN KELAS VIRTUAL

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
OLEH: NI KOMANG DEPI LESTARI
Advertisements

Aplikasi Kuliah Online dengan Penerapan Live Video Conferencing dan Streaming Berbasis Komponen dengan Visual Basic 6.0 Rinanda Rianti
Sesi - 2 Mengelola Bahan Ajar
Sesi 1 Membuat Kursus Online
Aplikasi e-Learning Menggunakan LMS Moodle
RUMAH BELAJAR Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Kegunaan Web Bagi Pendidikan
Metode Pembelajaran E-Learning
Banyak pakar pendidikan memberikan defenisi mengenai E- Learning, seperti yang dipaparkan oleh Siahaan (2004) dalam ”Penerapan E-Learning Dalam Pembelajaran”
DI ICT CENTER KABUPATEN LIMAPULUH KOTA
PENERAPAN PEMBELAJARAN ELEKTRONIK DALAM TEMATIK TERPADU
MATERI PELATIHAN E-LEARNING
SISTEM BELAJAR MENGAJAR ON-LINE
Simulasi Digital Kelas Maya.
PANDUAN LMS UNTUK MAHASISWA
E-LEARNING.
Dicky Pratama S.Kom. Definisi : Pengiriman materi pembelajaran melalui media elektronik (internet, satelite broadcast, audio video, interaktiv tv dan.
E-Learning by : AIRA 2009.
MUSDALIFAH DJ PTIK-A Blended Learning Versus E-Learning.
E-Learning SMKN 2 Kediri
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
E-Learning Universitas IslamNegeri Raden Fatah
KULIAH ONLINE.
Lecture Management System
E- Learning E-learning merupakan kependekan dari
Metode Pembelajaran E-Learning
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Pembelajaran Berbasis Web (E-learning)
WORKSHOP E-LEARNING Fatchul Muin Dosen FKIP Prodi Bahasa Inggris
Web Edukasi dan E-Learning
Internet Sebagai Media Pembelajaran
PANDUN LMS Dr.Ir. Idat Galih Permana.
TUTORIAL ONLINE (TUTON)
E- Learning E-learning merupakan kependekan dari
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi
Standard Kelengkapan Mata Kuliah Online
Kegiatan 6a Pengenalan Fitur-Fitur Sistem Guru Pembelajar Moda Daring Waktu: 30 JP Disampaikan oleh: Disiapkan oleh: Tim Pengembang.
COMPUTER MEDIATED LEARNING UNIVERSITAS INDONESIA
WIRA CHENDHA IRIYANTO ( ) PENDIDIKAN EKONOMI 3B AKUNTANSI
Pengenalan eLearning Untuk Mahasiswa Angkatan Baru Semester Ganjil
Komponen E-Learning
Oleh Slamet Zakaria, M.Pd
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Oleh : UU INDRA GUNAWAN, S.Kom.
Blended Learning Versus E-Learning
Tutorial edmodo Oleh Yogie Ikhtiarso.
Mendesain Pembelajaran yang Inovatif untuk Suatu Program Pelatihan
KULIAH ONLINE.
PENGALAMAN PEMANFAATAN E-LEARNING DI POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA
PENGEMBANGAN WEBSITE E-LEARNING PEMBELAJARAN BIOLOGI Sary Suryadewi
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
LABKOM SMA NEGERI 34 JAKARTA April 2013
II. KELAS MAYA Kegiatan Belajar 5: Memahami Kelas Maya – Perangkat Lunak Pendukung Kelas Maya.
Kegiatan 6a Pengenalan Fitur-Fitur Sistem Guru Pembelajar Moda Daring Waktu: 30 JP Disampaikan oleh: Disiapkan oleh: Tim Pengembang.
PENGELOLAAN QUIZ Latihan Soal Dan Ujian
WORKSHOP e-Learning STUDENT CENTER E-LEARNING ENVIRONMENT
PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING God Bless & & SIMULA SI KOMUNIKAS I DIGITAL Pembelajaran dengan memanfaatkan kelas maya (cyber class) merupakan.
KULIAH ONLINE OLEH : Drs. MULYO WIHARTO, MM, MHA
WORKSHOP PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Tinjauan Elarning Layanan Pembelajaran Daring UPT Elearning ITB.
KULIAH DARING - SPADA INDONESIA
PENGENALAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Pengantar E-Learning.
Belajar di Kelas Maya.
KELOLA MODUL DAN KELAS DI KELAS MAYA.
Kelas maya merupakan sebuah learning management system (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi terjadinya pembelajaran virtual antara siswa.
PENGEMBANGAN MATERI PEMBELAJARAN UNTUK ONLINE LEARNING & BLENDED LEARNING ANDIAN ARI ANGGRAENI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA YouTube.
Transcript presentasi:

PEMBELAJARAN DARING (E-Learning) DAN KELAS VIRTUAL

MURID DULU MURID SEKARANG

GURU DULU GURU SEKARANG

MEDIA SEKARANG MEDIA DULU

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEARNING TOPIK PEMBAHASAN ELEARNING OVERVIEW ELEARNING DESIGN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEARNING PLATFORM ELEARNING E-learning juga diartikan sebagai seluruh pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN atau Internet) untuk membantu interaksi dan penyampaian materi selama proses pembelajaran

PERISCOPE Plicker untuk Ujian KEIZENA feedback VERSAL

TREN ELEARNING CYBER UNIVERSITY

Kebijakan Elearning Catatan : ITB sedang merumuskan kebijakan PJJ ITB UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Bagian ketujuh Pendidikan Jarak Jauh Pasal 31 ayat 1 Permendikbud No 109 th 2013 tentang Penyelenggaraan PJJ Catatan : ITB sedang merumuskan kebijakan PJJ ITB

Jenis E-Learning Suplemental e-learning LCMS Suplemental e-learning Seluruh pertemuan berupa F to F, sedangkan e_learning digunakan sebagai pelengkap untuk mempermudah proses pembelajaran 14 kali pertemuan klasikal Kegiatan e_learning: forum diskusi, download bahan, kuis on-line, tugas online) Cocok digunakan bagi siswa yang belum familier dengan program e-learning

Blanded e-learning Tidak seluruh pertemuan berupa F to F, LCMS Blanded e-learning Tidak seluruh pertemuan berupa F to F, Ada pertemuan non F to F (dapat berupa kuliah on- line: VC, multimedia, dll) Kegiatan e-learning: forum diskusi, download bahan, kuis on-line, tugas online) Cocok digunakan bagi siswa yang sudah familier dengan program e-learning

Kondisi sekarang

Model Blended Learning Flex Classrroom Flipped Classrroom Blended Learning : Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara onlien setidaknya 30-70% dari keseluruhan kegiatan Flex Classroom : Pada model ini pembelajaran online merupakan kegiatan utama dari kegiatan belajar siswa. Akan tetapi kegiatan belajar online ini dilaksanakan di kelas secara bersamaan. Dosen atau tutor mendampingi kegiatan diskusi kelompok, tugas kelompok atau tutorial individu. Flipped Classroom : Kegiatan belajar dimana siswa belajar mengenai utama konten pembelajaran dan mangerjakan tugas secara online dan tetap menghadiri kegiatan kelas dengan dosen yang memberikan pengarahan atau diskusi tentang topik terkait. Kuliah online di ruang kelas dipandu dosen Latihan/ responsi di ruang kelas dipandu dosen Kuliah online mandiri Latihan/ responsi di ruang kelas dipandu dosen

Siklus Pengembangan Elarning Perancangan Elearning (Elearning Design) Secara umum, hal yang dikerjakan pada perancangan elearning adalah merancang pembelajaran elearning agar capaian pembelajarannya sama dengan hasil pembelajaran tatap muka. Pada prosesnya diperlukan diskusi antara perancang dengan Subject Matter Expert (SME) juga antara perancang dengan bagian produksi konten elearning juga penyampai konten elearning. Produksi Konten Elarning (Elearning Content Production) Proses produksi konten elearning merupakan terdiri beberapa tahap pekerjaan. Konten elearning dapat diproduksi menjadi berbagai bentuk media yang disesuaikan dengan rancangan dan tujuan pembelajaran Penyampaian konten elearning (Elearning Content Delivery) Konten elearning yang telah diproduksi akan disampaikan melalu LMS (Learning Managemen System). LMS memiliki berbagai fitur yang mendukung pembelajaran dan dosen dapat memperoleh hasil evaluasi kegiatan belajar yang diperlukan.

E-Learning dan Kegiatan Kelas

Melakukan perbaikan berkelanjutan waktu nyata Dosen di Kelas Mengajar Memperbaiki Mengamati Mengevaluasi Melakukan perbaikan berkelanjutan waktu nyata

Menyiapkan Kelas eLearning Bagaimana? Substitusi Transformasi

Kelas Tatap Muka Kelas e-Learning Substitusi Transformasi Dukungan Pembelajaran Eksternal dengan LMS Konten Disesuaikan Proses Mental Internal Interaksi Online Interaksi melalui LMS dan Diskusi Online Interaksi Alternatif – Engagement (keterlibatan) Kelas e-Learning

Tahapan Pembelajaran Berbasis E-Learning Menyusun RPR. Pembuatan Konten dan pengisian Pelaksanaan Evaluasi

Menyusun Tujuan dan Capaian Belajar Memilih strategi instruksional Merancang Konten dan Kegiatan Kelas Menjalankan kegiatan di kelas

Program Mapping Program Mapping adalah perencanaan mata kuliah yang berisi semua aktivitas dalam setiap pertemuan baik klasikal maupun kegiatan berbasis web. Merupakan rencana detil yang akan dijadikan sebagai pedoman dalam membuat konten dalam Moodless Isi program mapping harus selaras dengan konten dalam e-learning PM menjadi kunci pelatihan e-learning

Program Mapping

Dalam Program mapping mengandung 3 unsur pokok yaitu: 1. Konten (Objek dan Materi Pembelajaran : Dalam bentuk ppt, link jurnal, pdf, vidieo pembelajaran, link vidieo dari you tube) 2. Delivery (Sistem Penyampaian : F to F, VC, multimedia) 3. Interaksi (Interaksi dalam Pembelajaran : interaksi langsung, interaksi tidak langsung melalui forum diskusi atau chatting)

Komponen Design Program Mapping Delivery system Program Mapping e-Learning Content: Learning Object Materials Interaction: Learning Design and Path

Program Mapping Delivery system atau Sistem Penyampaian kuliah ada 3 yaitu; Face-to-face Web-based Video Conference

Fungsi E-learning Suplemen (tambahan) Komplemen (pelengkap) Kebebasan memilih memanfaatkan materi elektronik atau tidak. Sekalipun sifatnya hanya bersifat optional, siswa yang memanfaatkannya tentu akan memiliki tambahan pengetahuan atau wawasan, walaupun materi pembelajaran elektronik berfungsi sebagai suplemen. Komplemen (pelengkap) Materi elektronik diprogram untuk melengkapi materi pembelajaran yang diterima siswa di dalam kelas. Sebagai komplemen berarti materi pembelajaran elektronik diprogramkan untuk menjadi materi reinforcement (pengayaan) yang bersifat enrichment atau remedial bagi pengajar dalam megikuti kegiatan pembelajaran konvensional. Subtitusi (pengganti) (1) sepenuhnya secara tatap muka (konvensional), (2) sebagian secara tatap muka dan sebagian melalui internet, atau bahkan (3) sepenuhnya melalui internet.

Manfaat E-learning Meningkatkan kadar interaksi pembelajaran antara siswa dengan pengajar atau instruktur . Memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja. Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran.

Memulai E-learning UIN Raden Fatah LMS : Moodle Alamat : https://sd.lmsarh.com Username /Password (sebagai pengajar) Bahan ajar (ppt/pdf/doc files)

Menu dan Tampilan Daftar Matakuliah yang diasuh Pilih matakuliah yang akan diset-up

Menu dan Tampilan Bagian : Course Layout Bagian Navigasi/ Administrasi

Ubah Pengaturan Pengaturan : Tgl awal perkuliahan Jumlah Pertemuan Pola pembelajaran Ubah Pengaturan Pengaturan Nama Matakuliah Pengaturan tanggal mulai Perkuliahan

Ubah Pengaturan Jangan lupa simpan perubahan Bisa disesuaikan,apakah jmlh minggu pertemuan Atau tergantung dengan jumlah topik Jangan lupa simpan perubahan

Tampilan eLearning Berdasarkan Minggu Berdasarkan Topik Materi akan tampil sebagai urutan materiyang tidak bergantung kepada proses pertemuan dikelas disetiap minggu Materi pembelajaran online disesuaikan dengan pertemuan dikelas disetiap minggu

Learning Resources Persiapan Bahan/Material Online SAP/Silabus Slides Perkuliahan/ Materi Ajar E-Book Link sumber

Learning Resources Hidupkan Mode Ubah Hidupkan Mode Ubah untuk menambahkan/ merubah learning resources

Learning Resources Menambah Identitas Matakuliah

Learning Resources Menambah Identitas Matakuliah Pilih menu ini untuk memulai perubahan Pilih menu Image Untuk menambahkan gambar Unggah image untuk membuat elearning tampil menarik

Learning Resources Informasi Matakuliah Silabus/Learning Outcome Tambahkan silabus atau learning outcome dari matakuliah ini, sehingga elearning tampil informatif Tampilan awal elearning kita Selanjutnya pilih tombol ini Untuk menambahkan aktivitas online

Learning Resources Menggungah Berkas Materi Kuliah Tambahkan pada elearning kita materi ajar Contohnya - slide ppt / pdf - e-book, dll

Learning Resources Menggungah Berkas Materi Kuliah Nama yang akan ditampilkan di layar elearning Isi untuk deskripsi dari file tersebut Ukuran file dibatasi Unggah file dengan menekan tombol Atau dengan menarik file dan meletakannya disini

Learning Resources Menggungah Berkas Materi Kuliah

Learning Resources Menambahkan informasi dengan “Label” Gunakan label untuk menyisipkan text atau multimedia lain sebagai pelengkap informasi pada tiap bagiannya (minggu) 2 3 1

Learning Activity Assignment / Tugas Kuliah Salah satu keuntungan penggunaan e-learning adalah siswa dapat mengirimkan tugas dimana saja, kapan saja dan waktu yang terukur. Pengunaan kertas yang bisa dikurangi. Pemberian nilai yang cepat Feedback yang cepat. 3 1 Pilih minggu dimana aktivitas akan dilakukan 2

Learning Activity Assignment / Tugas Kuliah Isikan nama tugas Tambahkan deskripsi mengenai tugas yang diberikan Set waktu memulai tugas dapat dikumpulkan. Set waktu akhir tugas dikumpulkan.

Learning Activity Assignment / Tugas Kuliah Type dari tugas: Online text : siswa menjawab tugas di halaman elearning File submissions :siswa unggah file tugas ke elearning Membatasi Jumlah kata untuk tugas online text Jumlah file yang dibolehkan diunggah untuk tugas File Submissions Ukuran file yang dibolehkan diunggah untuk tugas File Submissions

Learning Activity Menilai Assignment / Tugas Kuliah Pilih nama tugas yang akan diperiksa Jumlah siswa Jumlah siswa yg mengumpulkan Pilih menu ini untuk menilai tugas

Learning Activity Menilai Assignment / Tugas Kuliah Berikan komentar untuk hasil dari tugas ini Pilih option ini untuk menampilkan cara hitung cepat

Learning Activity Menilai Assignment / Tugas Kuliah Disisi siswa

Learning Resources Bank Soal Kita bisa membuat bank soal yang bisa digunakan untuk aktivitas quis atau ujian online Bank soal akan memilih kegunaan soal, Contohnya bila kita sudah membuat quis dan belum memiliki soal. Maka pilihannya bisa diarahkan ke quis yang sudah dibuat

Learning Resources Bank Soal Pilihan bentuk soal Multiple choice True /False Menjodohkan Essay dll

Learning Resources Bank Soal Contoh Soal Essay Contoh Soal Pilihan Ganda Memasukan Bank Soal ke Quis yang telah ada Pilih soal - Pilih “ Move to” dan pilih Quis yang dimaksud

Learning Activity Quiz Aktifitas lain dalam e-learning adalah Quis Pilih Pada Minggu / Waktu yang kita tentukan.

Learning Activity Quiz Berikan Nama Quis Isikan Deskripsi Set Waktu Pelaksanaan Kuis Durasi aktifitas Set Berapa Kali Siswa Bisa Mencoba

Learning Activity Menambahkan Soal Quiz Pilih menu “Edit quiz” untuk menambahkan soal Pilih Soal dari Bank Soal Tambahkan soal dengan menekan tombol + Pilih Add

Learning Activity Quiz Preview

Learning Activity Forum Forum diskusi adalah aktifitas yang paling sering digunakan dalam elearning. Diskusi Umum Diskusi per Topik / per Minggu Forum untuk mengeluarkan pendapat Forum untuk tanya/jawab

Learning Activity Forum Diskusi per-topik/perminggu bisa ditambahkan dari menu aktifitas Diskusi umum bisa dimulai dari menu “News Forum”yang disediakan pada awal pertemuan

Download Grade Report Kita bisa melihat nilai dari siswa yang mengikuti aktifitas dalam elearning Data bisa diexport ke file Microsoft Excel

TERIMA KASIH