PENERAPAN SIMBOL DALAM SOP ADMINISTRASI PEMERINTAHAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DASAR PEMROGRAMAN (VTI 301)
Advertisements

ACTIVITY DIAGRAM.
Telaah kurikulum 1 Drs. DARMO
LIMIT FUNGSI.
TEKNIK PENULISAN PENELITIAN
CERMIN.
ALGORITMA.
Teknik Pemodelan Sistem Informasi (3 SKS) Aktivity Diagram
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA-ARTIKEL ILMIAH (PKM-AI)
Sifat-sifat bangun ruang
KETENTUAN JURNAL LPMP.
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR PELAYANAN PUBLIK
Flowchart.
PETA-PETA KERJA (Process Chart)
STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR.
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
SISTEM BILANGAN Sistem bilangan yang biasa digunakan pada piranti digital adalah sistem-sistem bilangan biner, desimal, dan heksa-desimal. Sistem desimal.
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
JENIS, FORMAT, DOKUMEN, DAN PENETAPAN SOP AP
TATA TULIS BUKU TUGAS AKHIR
Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Pemerintahan
PENULISAN LAPORAN TEKNIK (PLT) Pertemuan 6 & 7
TOLERANSI GEOMETRI DAN KONFIGURASI PERMUKAAN
Sifat- Sifat Bangun Datar
Flowchart (Diagram Alur)
CARA PENGETIKAN KE-3 Dwiyati Pujimulyani Fakultas Agroindustri
CARA PENGETIKAN MI KE-6 Dwiyati Pujimulyani Fakultas Agroindustri
CARA PENGETIKAN Komunikasi Ilmiah KE-4
PERTIDAKSAMAAN Inne Novita Sari, M.Si.
Kania Evita Dewi Sistem Bilangan Real.
Mengenal nama dan lambang bilangan.
GAYA Harlinda Syofyan,S.Si., M.Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Mengidentifikasikan Sifat- Sifat Bangun Datar
Dasar Pemrograman dan Komputer
Kelas 4 SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
FLOW CHART.
PROSEDUR TETAP / STANDAR OPERATING PROCEDURES (SOPs)
Menuliskan Algoritma Algoritma dapat dituliskan dengan berbagai cara:
Tehnik penulisan Tugas Akhir (2)
ALGORITMA Anifuddin Azis.
RUMUS LUAS BANGUN DATAR UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN GEBOG
BAB VIII POHON PENURUNAN.
Algoritma Indriati ,ST .,M.Kom.
PEMODEAN SISTEM INFORMASI – PERTEMUAN 5
BAB FLOWCHART.
LUAS BELAH KETUPAT SYAHRIAL, M.Pd SMPN 2 PEMANGKAT Sambas, Kalbar.
Pertemuan 2-3 Bandung Create by Hery Dwi Y
Flowchart Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom.
RUMUS LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
BAB II NETWORK DIAGRAM 1 UMUM.
FLOW CHART.
Persegi Sifat-sifat persegi: Rumus luas dan keliling persegi
Mulawarman & Tim Lab.BK Universitas Negeri Semarang
Pertemuan ke 6 Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom
Pertemuan ke-2 KONSEP ALGORITMA
GAYA USAHA dan ENERGI.
CARA PENGETIKAN Komunikasi Ilmiah KE-4
LIMIT FUNGSI. Pengertian Secara Intuisi Coba Gambarkan grafik fungsi-fungsi berikut.
PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT SD
Keputusan Bertahap Winnie Septiani.
Activity Diagram.
RUMUS LUAS BANGUN DATAR
L persegi panjang = …….., Sehingga :
LUAS DAERAH BELAH KETUPAT
LIMIT FUNGSI.
LUAS DAERAH BELAH KETUPAT
RUMUS LUAS BANGUN DATAR
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
LIMIT FUNGSI.
Transcript presentasi:

PENERAPAN SIMBOL DALAM SOP ADMINISTRASI PEMERINTAHAN

SIMBOL FLOWCHARTS DALAM SOP ADMINISTRASI PEMERINTAHAN Simbol yang dipergunakan dalam SOP Administrasi Pemerintahan hanya 5 buah dari 29 buah simbol dalam flowcharts: 1. (Process) = Kotak 2. (Decision) = Belah Ketupat 3. (Terminator) = Kapsul 4. (Off-page connector) = Segi Lima 5. (Arrow) = Anak Panah (Panah)

SIMBOL KOTAK (SIMBOL 1) (Process) Simbol Utama (yang diutamakan) Melambangkan kegiatan eksekusi (proses) Penulisan anak panah yang menyertai harus sesuai kaidah Prinsip yang digunakan adalah satu aktivitas satu aktor dan satu simbol kecuali untuk kegiatan yang secara esensinya merupakan kegiatan yang dilakukan oleh lebih dari satu aktor secara bersamaan dalam waktu yang relatif sama, seperti: rapat, diskusi.

Penerapan SIMBOL KOTAK Diikuti simbol dari sebelah kiri Diikuti simbol dari bawah Diikuti simbol dari sebelah kanan

SIMBOL BELAH KETUPAT (SIMBOL 2) (Decision) Simbol Kedua; Melambangkan kegiatan pengambilan keputusan (adanya alternatif: ya-tidak, lengkap-tidak, sesuai-tidak, dsb.); Penulisan anak panah yang menyertai harus sesuai kaidah tetapi lebih fleksibel dibandingkan simbol kotak; Prinsip yang digunakan adalah satu aktivitas satu aktor dan satu simbol kecuali pengambilan keputusan yang dilakukan dalam suatu forum bersama (rapat) dilambangkan dengan tanda kotak (proses).

PENERAPAN SIMBOL BELAH KETUPAT Diikuti simbol dari sebelah kiri Diikuti simbol dari bawah Diikuti simbol dari sebelah kanan

SIMBOL KAPSUL (SIMBOL 3) (Terminator) Simbol Ketiga (buka-tutup); Melambangkan mulainya kegiatan (pemicu/start) dan akhir kegiatan (penutup/finish); Penulisan anak panah yang menyertai harus sesuai kaidah, yaitu: untuk mulai (pemicu) arah panah ke bawah terlebih dahulu dan untuk penutup arah panah harus dari atas simbol kapsul; Prinsip yang digunakan adalah kegiatan mulai simbol kapsul harus dari ujung kiri sesuai skuennya (urutannya) tidak ada yang dari tengah ataupun ujung kanan.

PENERAPAN SIMBOL KAPSUL Diikuti simbol dari sebelah kiri Diikuti simbol dari bawah Diikuti simbol dari sebelah kanan Tidak Ada Tidak Ada Melanjutkan simbol dari sebelah kiri Melanjutkan simbol dari bawah Melanjutkan simbol dari sebelah kanan

SIMBOL SEGI LIMA (SIMBOL 4) (Off-page connector) Simbol Keempat (penghubung); Melambangkan penghubung flowcharts yang terputus karena ganti halaman; Penulisan simbol didahului dengan anak panah dari simbol sebelumnya pada halaman yang terputus dan diteruskan dengan anak panah menuju simbol berikutnya pada halaman berikutnya dan berlaku sebaliknya untuk panah balikan; Prinsip yang digunakan: apabila hanya satu anak panah menghubung simbol segi lima maka tidak perlu ditulis nomor. Apabila menghubungkan lebih dari satu anak panah maka diberikan nomor.

PENERAPAN SIMBOL SEGI LIMA Menghubungkan simbol ke sebelah kiri Menghubungkan simbol ke bawah Menghubungkan simbol ke sebelah kanan halaman 1 halaman 1 halaman 2 halaman 2 halaman 1 halaman 1 1 2 1 2 1 2 1 halaman 2 halaman 2 2 1 2 1 2

SIMBOL ANAK PANAH (SIMBOL 5) (Arrow) Simbol Kelima (Arah Proses); Melambangkan arah proses kegiatan dari satu simbol ke simbol selanjutnya; Penulisan simbol anak panah sesuai kaidah yang berlaku pada simbol yang dihubungkan; Prinsip yang digunakan: Pertama, arah anak panah selalu jatuh dari atas menuju ke sisi atas tengah simbol, kecuali untuk arah anak panah balikan yang tergantung pada kondisi yang dihadapi: bisa dari bawah ke atas dan bisa dari sisi kanan ataupun kiri. Kedua, tanda anak panah tidak boleh bersilangan seandanya terpaksa bersilangan maka digambarkan dengan tanda “Ω = omega”

PENERAPAN SIMBOL PANAH (1) Menghubungkan simbol ke sebelah kiri Menghubungkan simbol ke bawah Menghubungkan simbol ke sebelah kanan

Penerapan SIMBOL PANAH (2) Menghubungkan dua simbol ke sebelah kiri Menghubungkan tiga simbol ke bawah Menghubungkan dua simbol ke sebelah kanan Panah balikan ke simbol di sebelah kiri Panah balikan ke simbol di atas Panah balikan ke simbol di sebelah kanan Bersilangan

TERIMA KASIH DAN SELAMAT MENCOBA