PEMBAHARUAN ISLAM DI MESIR

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Advertisements

Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
Masa kebangkitan kembali hukum islam
MASA NABI SAW DAN KHULAFAURRASYIDIN
MPK AGAMA ISLAM HOME GROUP A:
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
A GAMA I SLAM DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I.
Hukum Islam dan kontribusi Umat islam Indonesia
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
Anggota Kelompok 2 Asmawati Ike Atmaja Wati Radda Mutia Y. Riski Novita N. Amanda F.P.
DISUSUN OLEH: MISNANI. S.Ag. M.Pd. I
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
Sejarah dan Perkembangan Hukum Islam
SEJARAH & PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
Materi Pertemuan 12 Sejarah Hukum Islam III
Pan Islamisme Hanif Rendy.
ALIRAN TEOLOGI ISLAM MASA MODERN
Assalamu’alaikum Wr Wb
Mewujudkan Nilai-nilai Islam dalam Kehidupan Modern: Sebuah Tantangan*
BAB V HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM Nurhasan, M.Ag
Pertemuan ke-3.
Tokoh-tokoh Pembaharuan
SISTEM KHILAFAH DALAM SEJARAH
PETA PEMIKIRAN ISLAM.
KONSEP TAJDID (modernisme)
Gerakan Pembaharuan Dalam Islam
Bab III Pembaharuan Islam di Indonesia
Dr. H. Virgana, MA/Filsafat Ilmu/UMJ Jakarta- 2012
TEORI POLITIK IBNU TAIMIYAH
Oleh: Syukur Pendekatan Studi Islam IAIN SALATIGA
UNIVERSITAS PAKUAN PROGRAM PASCA SARJANA JURUSAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN 2015 Hakikat Ilmu Filsafat Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah : FILSAFAT.
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN HUKUM ISLAM
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
Sejarah Hukum Islam I : masa kenabian dan khulafaurrasyidin
Pembaharuan dalam Islam
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
SEJARAH PERADABAN ISLAM DOSEN PENGAMPU : GHUFRON DIMYATI M. S
1. Konsep Masyarakat Madani Pengertian Masyarakat Madani
Pemerintahan dan Budaya Masa Dinasti Abbasiyah
Pendekatan Sejarah Studi Islam
SEJARAH ISLAM APA YANG DIMAKSUD DENGAN SEJARAH?
PERKEMBANGAN ISLAM AWAL
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
MASA KEJAYAAN ISLAM YANG DINANTIKAN KEMBALI Periodesasi Sejarah Islam Kemajuan Islam pada Periode Klasik Tokoh-tokoh Kejayaan Islam Menelaah Perkembangan.
STUDI AGAMA SEBAGAI SUATU DISIPLIN ILMU
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
AL-QURAN SEBAGAI DASAR AJARAN ISLAM.
الوحدة اﻹسلأمية ضروريتها الحياتية للمسلمين
PEMBAHARUAN DALAM ISLAM (TAJDID)
ISLAM DAN PERKEMBANGANNYA DI INDONESIA
Pemikiran Politik (siyasah)
By: Rizqi Rahmawati Sau-pee Kuechi Trisna Ulfa Mayukha
ISLAM DALAM DISIPLIN ILMU
Start Perkembangan Islam Di Dunia
Peradaban Islam Pada Masa Bani Abbasiyah
Materi Pertemuan 10 Sejarah Hukum Islam I
IUS 4183 PEMIKIRAN ISLAM SEMASA TAJUK: SAYYID JAMALUDDIN AL-AFGHANI
Chafid Seffriyadi IAIN SYEKH NURJATI CIREBON
ALIRAN ASY’ARIYAH DAN MATURIDIYAH
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
EVALUASI HARIAN I MATERI: LAMBANG MUHAMMADIYAH&ORTOMNYA, PEMURNIAN&PEMBAHARUAN DI DUNIA MUSLIM, DAKWAH ISLAM DI NUSANTARA, SEJARAH MUHAMMADIYAH.
BAB 6 : SEBAB KEJATUHAN UMAT ISLAM DAN GERAKAN REFORMASI
DESIGN&CREATED BY: MUHAMMAD REIHAN REYDANU.  Pada masa kekuasaan Dinasti Abbasiyah, umat Islam telah mencapai puncak kemuliaan, baik dalam bidang ekonomi,
Sejarah dan Perkembangan F I Q H
AQIDAH AKHLAK KELAS : X / 1 HM. SHOLEH SYAR’I. TUJUAN HIDUP AllahSurga Bumi Sukses Gagal Surga Neraka Manusia = Makhluk surga, bukan makhluk bumi Bahagia.
Diploma Pengajian Islam (DPI)
Said Jamaluddin Al-Afghani
Beberapa Pembahasan Ilmu Ekonomi Makro dan Beberapa Aliran Pemikiran dalam Teori Ekonomi Makro (Konvensional) serta Pandangan Ekonomi Islam Terhadap Madzhab.
Transcript presentasi:

PEMBAHARUAN ISLAM DI MESIR SEJARAH PEMIKIRAN ISLAM PEMBAHARUAN ISLAM DI MESIR DISUSUS OLEH: MUHAMMAD ALI RIDHO - MUCHAMMAD IBNU MUZAKIR - NURUL HIJRAH - RIZKY MUMTAZUL HAKIM - MUHAMMAD FIRDAUS ISTITUT PERGURUAN TINGGI ILMU AL-QUR’AN (PTIQ) JAKARTA PRODI MANAJEMEN PENNDIDIKAN ISLAM PASCASARJANA PTIQ

PEMBAHARUAN DALAM ISLAM تحرّك فإن فى الحركة بركة Kata pembaharuan dalam Bahasa Arab dikenal dengan istilah tajdid, yang berkata dasar "Jaddada-Yujaddidu-Tajdiidan" memiliki makna antara lain; proses, cara, perbuatan membaharui. Tajdid bukan mengganti atau mengubah agama, akan tetapi mengembalikannya seperti sediakala, memberikan jawaban terhadap masalah-masalah yang timbul di era kontemporer sesuai dengan Syariat Allah SWT. Al-Quran dan Sunah dikembalikan menjadi sumber utama tolak ukur pembenar. Melepaskan umat Islam dari suasana yang stagnan untuk tidak mengatakan kemunduran dan selanjutnya dibawa kepada kemajuan sesuai tuntunan Islam yang sebenarnya. الجمود علّة التزول تحرّك فإن فى الحركة بركة

P EMBAHARUAN ISLAM DI MESIR LATAR BELAKANG Mesir menjadi salah satu pusat peradaban Islam dan pernah dikuasai dinasti-dinasti kecil pada zaman Bani Abbas, seperti Fatimiah (sampai tahun 567 H) yang mendirikan Al-Azhar, dinasti Ayubiyah (567-648 H) yang terkenal dengan Perang Salib dan perjanjian ramalah mengenai Palestina, Dinasti Mamluk (648-922 H) sampai ditaklukan oleh Napoleon dan Turki Usmani. LATAR BELAKANG Latar belakang sejarah Mesir secara historis dapat dilihat ketika Mesir berada pada kekuasaan Romawi di Timur dengan Bizantium sebagai ibukotanya merupakan awal kebangkitan Mesir di abad permulaaan Islam. Mesir menjadi sangat menarik pada masa kekuasaan Romawi tersebut karena ia mempunyai potensi yang secara tradisional telah berakar di Mesir.

TOKOH-TOKOH PEMBAHARUAN DI MESIR MUHAMMAD ALI PASYA JAMALUDDIN AL AFGANI MUHAMMAD ABDUH AL-TAHTAWI RASYID RIDHO

JAMALUDDIN AL AFGAHANI Sejarah mengenai tempat kelahiran Jamaluddin al-Afghani terdapat beberapa versi. Versi pertama beliau dilahirkan di di As’adabad dekat kanar wilayah kabul Afghanistan dan menurut versi lainnya di As’adabad dekat hamadan wilayah Persia . Dilahirkan pada pada tahun 1255 H/ 1838 M, wafat pada tahun1315 H/ tanggal 9 Maret 1897 di Istanbul. Memiliki gelar Sayyid dikarenakan berasal keturunn dari Husein bin Ali ibn abi Thalib melaui seorang imam ahli hadist terkenal Ali at-Tirmidzi. Selain memiliki panggilan al-afghani, ia juga dikenal dengan nama Asabadi yang keduanya dinisbatkan dari tempat kelahirannya. Ayahnya bernama Sayyid Safdar, iapun menggunakan gelar Sayyidnya dengan nama Sayyid Jamaluddin al-Husein, akan tetapi nanti ketika ia berada di Turki, Mesir dan Eropa lebih dikenal sebagai Jamaluddin Al-Afghani.

JAMALUDDIN AL AFGAHANI GAGASAN PAN-ISLAMISME SEBAGAI SOLUSI PROBLEMATIKA UMAT PANDANGAN TENTANG MASYARAKAT ISLAM

MUHAMMAD ABDUH ‘Abduh lahir di pedusunan delta Nil Mesir pada tahun 1849. Keluarganya terkenal berpegang teguh kepada ilmu dan agama. Ayahnya beristri dua. Muhammad ‘Abduh muda merasakan sejak dini sulitnya hidup dalam keluarga poligami. Hal ini menjadi pokok persoalan yang dia sampaikan dengan sangat yakin di kemudian hari ketika dia menegaskan perlunya pembaruan keluarga dan hak-hak wanita. Dalam usia 12 tahun ‘Abduh telah hapal al-Qur’an. Kemudian, pada usia 13 tahun ia dibawa ke Tanta untuk belajar di Mesjid Ahmadi. Mesjid ini sering disebut “Mesjid Syeikh Ahmad”, yang kedudukannya dianggap sebagai level kedua setelah Al-Azhar dari segi menghapal dan belajar al-Qur’an. Pelajaran di mesjid Ahmadi ini ia selesaikan selama 2 tahun.

M U H A M M A D A B D U H PEMBARUAN DALAM MASALAH IJTIHAD PEMBARUAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN

JAMALUDDIN AL-AFGHANI Analisis: Perbedaan dan Persamaan Pemikiran Pembaharuan Jamaluddin al-Afghani dan Muhammad Abduh NO. ASPEK PEMIKIRAN BENTUK PEMIKIRAN JAMALUDDIN AL-AFGHANI MUHAMMAD ABDUH 1 Kerangka teori Islam sesuai untuk semua bangsa, zaman, dan keadaan (shalih li kulli zaman wa makan). Akal dan wahyu (Islam) selaras, tidak ber-tentangan. 2 Metodologi Reinterpretasi ajaran Islam dengan kembali kepada Al-Qur’an dan sunnah melalui konsep ijtihad yang sesuai dengan akal. Reinterpretasi ajaran Islam (Al-Qur’an dan sunnah) secara rasional. 3 Dipengaruhi oleh Kondisi terpuruk umat Islam akibat kolonialisme Barat. Gagasan dan pemikiran pembaruan Islam al-Afghani. 4 Konsep reformasi Islam Melenyapkan pola pikir yang salah  terhadap ajaran Islam, yakni kembali kepada ajaran dasar Islam (al-Qur’an dan hadis). Mengganti sistem pemerintahan otokrasi dengan sistem pemerintahan demokratis. Menggagas Pan-Islamisme, yakni persatuan seluruh negara-negara Islam. Pembaruan teologi Islam; membebaskan umat Islam dari taklid. Restrukturisasi dan pembaharuan pendidikan Islam melalui al-Azhar. Melakukan reformasi doktrin Islam berdasarkan pemikiran modern. 5 Kontribusi pemikiran Menafsirkan ulang Al-Qur’an dan hadis dengan cara yang modernis. Membuka kembali pintu ijtihad. Rasionalisasi tafsir. Rasionalisasi ajaran dan teologi Islam.

A N A L I S I S Gagasan reformasi Islam al-Afghani dan Abduh berangkat dari kepentingan yang sama untuk membawa umat Islam dari jurang keterpurukan kepada kemajuan serta melepaskan umat Islam dari belenggu kolonialisme. Ide awal ini kemudian direalisasikan dengan cara melakukan reinterpretasi ajaran Islam dengan kembali kepada dasar ajaran Islam sebagaimana terdapat dalam Al-Qur’an dan hadis. Tetapi konsep dan metode yang mereka gunakan berbeda. Konsep reformasi Islam yang ditawarkan al-Afghani lebih menekankan pada upaya reformasi di bidang politik. Dalam hal ini, al-Afghani menawarkan dua konsep pembaruan di bidang politik, yaitu mengganti sistem pemerintahan otokrasi dengan sistem pemerintahan demokratis dan menggagas Pan-Islam, yakni persatuan seluruh umat Islam.

TERIMAKASIH جزاك الله خير كثيرا