MUHAMMAD HALMI DAR, S.Si.,M.Kom

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Berorientasi Objek (2)
Advertisements

BAB II PENGERTIAN ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN
KONSEP DASAR PROGRAM BAHASA C
KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN
Praktikum Bahasa Pemrograman
Fungsi input-output.
Pengenalan Java As’ad Djamalilleil
Pemrograman Windows.
Baca Tulis File Untuk dapat membaca atau menulis data dari/ke sebuah file maka langkah yang perlu dilakukan adalah: membuka file - mendefinisikan variabel.
Mengenali Lingkup Pemrograman Anda
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 1 Lab K Semester 1 WLD,Nanda,Hefi.
Perkembangan Bahasa.
Elemen Dasar Program C++
Operasi String.
Pertemuan 3 KELUARAN dan MASUKAN (INPUT & OUTPUT) Dasar Pemrograman.
Pengantar C (Minggu ke II)
Pertemuan 1 Dasar Pemrograman Triana Elizabeth S. Kom Dibuat o/ : Renni Angreni, S.Kom.
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
Praktikum Dasar-Dasar Pemrograman
Mengaktifkan Microsoft Visual C++ : Klik Start Klik All Program, Microsoft Visual Studio 2008 Klik File, New, Project Klik Visual C++, Win32 Console Application.
PENGENALAN C++ Part 2 Struktur Program.
PEMROGRAMAN C++ C sebagai bahasa pendahulunya C++
IT234 - Algoritma dan Struktur Data Ramos Somya. Asal kata Algoritma berasal dari nama seorang ilmuan Persian yang bernama Abu Ja’far Mohammed lbn Musa.
Castaka Agus Sugianto, M.Kom., M.CS
Elemen Dasar C++ Norma Amalia, ST.,M.Eng.
DASAR BAHASA PEMROGRAMAN BORLAND C++
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
PEMROGRAMAN C++ C sebagai bahasa pendahulunya C++
Komentar, identifier Dan Tipe Data
Bahasa Pemprograman Dasar Pertemuan 2
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pertemuan 1 Pengenalan Bahasa C++.
Pemrograman Terstruktur
Algoritma dan Struktur Data 1 pertemuan 4
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
Algoritma & pemrograman 1B
Pengenalan dan Struktur Java (Statement Output)
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Bahasa C – Intro Yenni Astuti, S.T., M.Eng..
STRUKTUR DATA Pengenalan C++
2. Pengenalan Program C++
Dasar Pemrograman Renni Angreni, S.Kom.
BORLAND C++ Pemrograman I Nama : Ahmat Josi,S.Kom.,M.Kom
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Pertemuan Minggu ke-3 Matakuliah Permrograman Web
Review Algoritma Pemrograman dan Pengantar Pemrograman Bahasa C
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
PENGENALAN C++ Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang.
Minggu 5 Imam Fahrur Rozi
As’ad Djamalilleil Pengenalan Java As’ad Djamalilleil
Pemrograman Terstruktur Menggunakan Bahasa C++
S. Indriani Lestariningati, M.T
(Struktur Dasar, Variabel, Tipe Data, Input, Output, Komentar)
PENGENALAN C++ Sejarah C++ Struktur Bahasa C++ Input & Output
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
VARIABEL DAN TIPE DATA Erizal, S.Si, M.Kom Sistem Informasi
Algoritma Struktur Data
Pemrograman Terstruktur
INTRODUCTION TO C++
Konsep Utama Pemrograman Dan Bahasa Pemrograman
Pemrograman Terstruktur
INTRODUCTION TO C++
MATERI 1 Review dan Pengantar C (Struktur Bahasa C, Variabel, Konstanta, Tipe Data, Operator)
Pengantar Pemrograman Bahasa C
Pemrograman Terstruktur Menggunakan Bahasa C++
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pertemuan 3 (Struktur Bahasa C) .:: Erna Sri Hartatik ::.
PEMROGRAMAN C++ C sebagai bahasa pendahulunya C++
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Transcript presentasi:

MUHAMMAD HALMI DAR, S.Si.,M.Kom mhd.halmidar@gmail.com 0822 7292 4180 STRUKTUR DATA MUHAMMAD HALMI DAR, S.Si.,M.Kom mhd.halmidar@gmail.com 0822 7292 4180 Click to add notes FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI Program Studi Teknologi Informasi http://fst.ulb.ac.id/

Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++ Code::Blocks atau Code Blocks adalah IDE (Integrated Development Environment) untuk bahasa pemrograman C, C++ dan Fortran. Didalam Code::Blocks sudah tersedia aplikasi teks editor, compiler, linker, dan debugger untuk Bahasa pemrograman C++ dalam sekali install. Code::Blocks merupakan aplikasi Open Source yang bisa didapat secara gratis. IDE Code::Blocks beralamat di http://www.codeblocks.org/ Example objectives At the end of this lesson, you will be able to: Save files to the team Web server. Move files to different locations on the team Web server. Share files on the team Web server. Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++ 2. Download & Instalasi Code::Blocks sumber: https://www.duniailkom.com Kunjungi laman http://www.codeblocks.org/ Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++ Program “HelloWorld” Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++ Hasil Running Program Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++ BUILD & RUN (F9) Apa yang terjadi … setelah Build & Run dilakukan ? Kode yang baru saja kita buat dinamakan kode sumber (Source Code). Pada saat kita pilih Build and Run (F9), source code tersebut diterjemahkan kedalam bentuk file executable (berekstensi .exe), inilah yang dinamakan dengan proses Build. Kemudian hasil .exe tersebut dijalankan (proses Run). Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Proses Compile pada C++ Compiler C++ adalah bagian dari Code::Blocks (ataupun dari software pengembangan C++ yang lain seperti, Visual C++ dari Microsoft atau Turbo C++ dari Borland). Compiler C++ berfungsi menerjemahkan (mengkompilasi) source code menjadi kode objek (kode mesin). Linker berfungsi untuk menggabungkan kode objek dengan kode-kode yang sudah disediakan oleh CodeBlocks (kode mesin dan Pustaka C++) dan hasilnya berupa file executable (.exe). Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Penjelasan mengenai program standar C++ Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Header dan Main Program Header adalah tempat dimana kita akan memasukkan library yang ada pada C++ kedalam kode program. Sedangkan main() sebagai blok program utama. Pada baris pertama terdapat kode #include <iostream>. Tanda ‘#’ disebut preprocessor directive. Preprocessor directive adalah perintah–perintah yang diberikan kepada compiler untuk melakukan definisi, misalnya untuk memasukkan file library, dsb. Pada program tsb kita akan memasukkan (include) library iostream ke dalam program. iostream adalah header yang dibutuhkan untuk “kegiatan” input dan output. Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++ Struktur Program C++ std::cout cout Kedua kode di atas akan menampilkan hasil yang sama walaupun penulisannya sedikit berbeda. using namespace std; berfungsi untuk memberitahukan kepada compiler bahwa kita akan menggunakan semua fungsi, class atau file yang terdapat pada memori namespace std. Kita tidak perlu mengetikkan std::cout untuk mencetak output. Cukup menggunakan fungsi cout saja, karena telah menggunakan using namespace std; Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++ lanjutan… Kode main() adalah blok program yang berfungsi sebagai badan sebuah alur koding, atau disebut sebagai program utama yang ditulis antara kode { }. Penulisan kode dalam Bahasa C++ bersifat case sensitive. Yang berarti, C++ akan membedakan huruf kecil dan huruf kapital Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Deklarasi Variabel dan Konstanta Untuk mendeklarasikan variabel yaitu dengan menuliskan tipe data terlebih dahulu kemudian diikuti dengan nama variabel. Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Deklarasi Variabel dan Konstanta Sedangkan untuk mendeklarasikan variabel bernilai konstanta, dengan menggunakan fungsi const diikuti tipe data, nama variabel, dan nilainya. Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++ Keyword pada C++ “Tidak boleh menggunakan keyword C++ sebagai nama variabel maupun konstanta. Karena program akan error.” Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++ KOMENTAR Komentar adalah catatan atau dokumentasi yang ditulis oleh programmer sebagai pengingat atau penjelasan ketika membaca suatu baris kode. Dalam Bahasa C++ ada dua tanda komentar yang dapat digunakan: Tanda “// (dua garis miring)” digunakan untuk komentar yang berjumlah satu baris saja. Tanda “/* … */” digunakan untuk komentar yang berjumlah lebih dari satu baris. Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++ KOMENTAR (lanjutan…) Kalimat yang ada didalam sebuah komentar tidak akan dieksekusi oleh compiler. Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++ INPUT dan OUTPUT (I/O) Input adalah aktifitas pengguna dengan program computer yang memungkinkan kita memberikan data kedalam program. Misalnya dari keyboard, mouse, dll. Output adalah aktifitas program computer untuk mengeluarkan data kepada pengguna. Data tersebut dapat berupa text, file, gambar, dll. Operasi Input dan Output dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi-fungsi yang berada pada Stream dan salah satunya adala pada library iostream. Stream adalah nama umum untuk menampung aliran data (file, keyboard, mouse) maupun keluaran (layar, printer). Dalam C++, input berarti membaca dari stream. Output berarti menulis ke stream. Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

#1. Output pada C++ (sintaks: cout) Pada C++, digunakan sintaks cout untuk menampilkan data ke alat output, khususnya data berupa teks. Untuk menggunakan keyword cout, dibutuhkan Insertion Operator: yaitu, 2 buah tanda “lebih kecil <<“ di antara keyword dengan ekspresi. Pada contoh di samping, dideklarasikan sebuah variable bernama ‘selamat’ dengan tipe data string. Kemudian dicetak dengan menggunakan keyword cout. Namun, jika kita ingin langsung menampilkan sebaris kalimat (string), dapat digunakan sepasang tanda petik dua di awal dan akhir kalimat. Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

#2. Input pada C++ (sintaks: cin) Fungsi cin digunakan untuk melakukan perintah input dasar teks. Untuk menggunakan keyword cin, dibutuhkan Extraction Operator dengan 2 buah tanda “lebih besar >>” yang dilerakkan di antara keyword cin dan variable. Untuk itu, harus dideklarasikan variabel terlebih dahulu. Data yang diinputkan oleh pengguna akan disimpan dalam memori variabel yang telah dideklarasikan. Dari contoh program di samping, telah dideklarasikan variabel nama bertipe string. Sedangkan cin berguna untuk menyimpan nilai masukan dari pengguna ke variabel nama. Lalu nilai dari variabel nama ditampilan dengan menggunakan fungsi cout. Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++

Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++ TERIMA KASIH Pertemuan 4 - Code::Blocks & C++