DESIGN VIEW Pertemuan 17 Matakuliah: Konsep object-oriented Tahun: 2009.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Advertisements

ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Review Pertemuan 12 (Terakhir).
Bab 7 sequence diagram Catur Iswahyudi.
U M L Unified Modeling Language
Object Oriented Analysis and Design
Oleh : Maria Tantri Agus Setiawan Ahmad Budi S
CLASS DIAGRAM.
13 KOMPONEN DIAGRAM UML & PROSES MODEL WATERFALL
Interaction Diagram.
Pertemuan 6 Structural modelling
Metode Perancangan Program
Iconix TEKNIK INFORMATIKA REKAYASA PERANGKAT LUNAK - KELOMPOK 6 1. DIMAS ANGGI GUSTIAWAN ( NIM : ) 2. TAAT ROMADHON S.H. ( NIM : ) 3.
Sequence diagram.
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
Rekayasa Perangkat Lunak Proses Rekayasa Perangkat Lunak
Pemrograman Berorientasi Obyek1 Sejarah C – Martin Richard -> Bahasa Pemrograman BCPL 1970 – Ken Thomson (Bell Lab) -> Bahasa B yang membuat Unix.
Perancangan Berorientasi Objek (Object Oriented Analysis & Design)
1 Pertemuan 14 Behavior Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5.
Sistem berorientasi Objek & Unified Modelling Language
ANALISIS DAN PEMODELAN BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML
Metode Perancangan Program
Collaboration Diagram State Diagram
Metode Perancangan Program
Pertemuan 7 Unified Modelling Language (UML)
UML (Unified Modelling Language)
Design View 2.
Memodelkan System - Bagian 1
OBJECTORIENTED ANALYSIS
CLASS DIAGRAM.
Object Oriented Programming
Object-Oriented Design (OOD)
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #8
Object-Oriented Analysis (OOA)
Relationship Between Classes
Pertemuan 4 Class, object & Variable
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Class Diagram Siti Mukaromah, S.Kom.
Robustness Diagram dan Sequence Diagram
PEMODELAN PROYEK (UML)
Object oriented analyst and design
Citra N., S.Si, MT Sisfo - UNIKOM
Introduction Manajemen Proyek Software
Metode Perancangan Program
PEMODELAN SISTEM METODE TERSTRUKTUR
PEMODELAN OBJECT ORIENTED
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Review.
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
DESIGN VIEW 2 Pertemuan 18 Matakuliah : Konsep object-oriented
UNIFIED MODELLING LANGUAGE
MEMODELKAN SISTEM Bagian 1 Pertemuan 13
ANALISIS & DESAIN SISTEM
Pemodelan Sistem Teknologi Informasi
KELOMPOK 6 Modeling Adnin Devit C F
Matakuliah : M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
14 Pengenalan Object DBMS Mata Kuliah: Basis Data ILMU KOMPUTER
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Metode Perancangan Program
SEQUENCE DIAGRAM. Materi : Pendahuluan Tujuan Komponen Simbol Istilah Jenis-jenis SD Contoh Study Kasus.
Studi Kasus Penjualan Online
Pertemuan 9 UML Diagram Class & Diagram Objek
Pertemuan 6 Unified Modeling Language (UML)
KEBUTUHAN & SPESIFIKASI SOFTWARE
Rekayasa Perangkat Lunak
Object oriented analyst and design
TEMPAT PARKIR BERAPA BANYAK MOBIL YANG BISA PARKIR ?
TCP Socket Programming
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #7
Transcript presentasi:

DESIGN VIEW Pertemuan 17 Matakuliah: Konsep object-oriented Tahun: 2009

Design View

Tujuan dari modeling tahap design •Menghasilkan sistem yang dapat bekerja dengan baik.

Design View •Pada tahap design kita melihat melalui kacamata implementasi. •Di Tahap implementasi kita menambah beberapa class baru dan lebih detil •Kita menambah class dan relationshipnya agar sistem dapat bekerja menghasilkan kebutuhan model yang fungsional, tapi bukan bagian dari problem domain

Notasi Model Pada Design View •Menuju ketahap implementasi dokumentasi dari model harus lebih tepat dan mendekati code program •Nama Class and object diambil dari nama yang akan ada didalam code program  Nama Operasi (Fungsi)Nama dan tipe parameter dan tipe pengembalian

Detail di Model tahap design view •Model memerlukan detil tetapi, tidak semua detil harus ditampilkan semua dalam suatu saat •Jika hanya untuk menunjukkan bagaimana class dan hubungannya dengan class yang lain, kita tidak perlu untuk mendeskripsikan attribut dan operasinya. •Jika model diperuntukkan untuk programmer, mereka membutuhkan untuk mengetahui dengan pasti operasi, nama dan semua data attribut dan hubungan antara class nya

Class diagram di tahap design Class diagram for Just ALine in analysis stage

Barrier Class •Barrier masuk ( entrance barrier ) bertanggung jawab untuk: •Menaikkan barrier ketika dikirimkan sebuah •Membuat barrier tetap diatas ketika mobil masih terdapat dibawah barrier ( diketahui melalui sensor masuk ( i n:sensor ) •Menurunkan barrier ketika mobil sudah melewati barrier dan tidak lagi terdeteksi oleh sensor masuk( in:sensor ) •Memastikan Class Car Park tetap menghitung tempat kosong yang ada di tempat parkir •Barrier Keluar ( exit barrier ) bertanggung jawab •Menaikkan barrier ketika barrier menerima sebuah message dari sensor keluar (out : sensor) •Membuat barrier tetap diatas ketika sebuah mobil masih berada dibawah barrier dan terdeteksi oleh sensor keluar (out:sensor) •Menurunkan barrier ketika mobil sudah melewati barrier dan tidak terdeteksi lagi oleh sensor keluar (out:sensor) •Memastikan class car park tetap menghitung jumlah tempat kosong Exit: Barrier Out:sensor Entrancet: Barrier in:sensor

Sequence diagram showing entrance barrier behavior

Sequence diagram showing exit barrier behavior

•Melihat perbedaan antara tugas barrier masuk(entrance barrier) dan barrier keluar (exit barrier) maka perlu dibuat dua class yang berbeda turunan dari class barrier

Simulator Class •Kita perlu membuat simulator class untuk mensimulaskan kedatangan dan meninggalkan yang di implementasi mungkin dilakukan dengan menekan sebuah tombol

Sequence diagram dari simulator digunakan untuk mensimulasikan kedatangan mobil Sequence diagram simulator digunakan untuk mensimulasikan mobil meninggalkan parkir

•Pada contoh terdahulu kita membuat sebuah simulator class untuk menghasilkan nomor kartu, untuk mensimulasikan proses memasukkan kartu. Simulator class mengirimkan card number ke card reader class untuk mengirim kan ke class valid number untuk di cek validitas kartu

Revised class diagram showing implementation classes

Relationship di model tahap Analysis •Association •Aggregation

Relationship di model tahap Design •Pada design model, association ada didalam model dan memberitahu kita bagaimana hubungan antara object didalam software, yang tidak terdapat dalam hubungan realnya didunia nyata –Navigability –Association and aggregation –Implementing association and aggregation –Different interpretations at different stages

Navigability •Programmer perlu untuk tahu secara tepat bagaimana sebuah hubungan association atau agregasi antar class di dalam class diagram dalam arti bahasa programming. Tidak hanya hubungan asal tetapi juga bagaima arah hubungannya diantara class. Userpassword owner 1 *

Navigability information added