SELAMAT DATANG PESERTA PELATIHAN MANAGEMENT PEMBELAJRAN BERBASIS TIK (MPB-TIK) SSB BIREUEN 2010.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Advertisements

SEMESTER BARU, SEMANGAT BARU, PRESTASI GEMILANG
Nama : Sang Nyoman Liga Putra PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
RANCANGAN E-LEARNING REPDIS BERMUTU 2014
WELCOME TO MYPRESENTATION
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Umum Sosialisasi KSPBK Tahun 2003 Materi.
MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN REPRODUKSI VIRUS
Anggota : 1. Ratri Wahyuning Rahayu. ( ) 2. Riska Nurdianah
Nama : Hj. Ilas Sulasiah, S.Pd. NIM : NIP :
Komputer untuk Pendidikan
DIKLAT TEMATIK Pengenalan E Learning ICT TERAPAN PPPPTK PKn IPS
Pembelajaran Berazas Komputer 3 SKS Oleh : Riduan,SE.,S.Pd.,M.Pd Fakultas Keguaruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kutai Kartanegara Tahun Akademik 2014/2015.
Simulasi Digital Kelas Maya.
PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER (E-LEARNING WEB EDMODO)
Browsing Melihat-lihat.
Pembinaan Kompetensi Mengajar Fisika (PKMF)
Menggunakan Macromedia Flash MX Pembuatan CD Interaktif Untuk Mengenal
E-Learning by : AIRA 2009.
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
JABATAN PROFESIONAL DAN TANTANGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
RAMBU-RAMBU PEMBELAJARAN
COMPUTER BASED INSTRUCTION
Mengenal TIPE BELAJAR ANAK (AUDITORY, VISUAL, & KINESTETIK)
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
Pembelajaran Membaca Pemahaman
Pengantar Media Pendidikan
MATERI DAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD/ PDGK4504
MEMBAWAKAN ACARA.
Internet Sebagai Media Pembelajaran
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi & Komunikasi
MENYIMAK PERTEMUAN 10 Khusnul Fatonah, M.Pd. PGSD.
Potret Bahan Ajar Pengembangan Bahan Ajar di SD
Cara Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Komponen E-Learning
NAMA KELOMPOK 1.Leli Mahfiroh ( ) 2.Raswan ( )
SISTEM MANAJEMEN PEMBELAJARAN
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
E-Learning dan Strategi Implementasinya
SISTEM PEMBELAJARAN DARING
JABATAN PROFESIONAL DAN TANTANGAN GURU DALAM PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM.
PENGEMBANGAN Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan
TUTORIAL II REVIEW PENDUKUNG TAP 8 LANGKAH ANALISIS KASUS
Nur zahara, syafaah farid, hamidah, ridwan
Teknologi Informasi dan Komunikasi
TALKING STIK buka.
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
ASSALAMUALAIKUM .
Materi 2 - Komputer Multimedia
3 Keterampilan Dasar Bertanya
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
Selamat datang pada sesi ini
Model Pembelajaran Berbasis Komputer
STRUKTUR BUKU GURU PPT – 3.2.
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
DESAIN DAN PENGEMBANGAN CALL 
MEMBAWAKAN ACARA.
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
PERANGKAT LUNAK PEMBELAJARAN KOLABORATIF DARING God Bless & & SIMULA SI KOMUNIKAS I DIGITAL Pembelajaran dengan memanfaatkan kelas maya (cyber class) merupakan.
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
SESI 7 PRAKTIK PEMBELAJARAN.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
Kelompok 5 Hasri Novidawati Purba Kristin Nanda Sitorus Marisa Monika Artauli Nainggolan.
Transcript presentasi:

SELAMAT DATANG PESERTA PELATIHAN MANAGEMENT PEMBELAJRAN BERBASIS TIK (MPB-TIK) SSB BIREUEN 2010

PENGENALAN E-LEARNING  e-Learning  Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Inggris: Electronic learning disingkat E-learning) adalah cara baru dalam proses belajar mengajar. E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-learning, peserta ajar (learner atau murid) tidak perlu duduk dengan manis di ruang kelas untuk menyimak setiap ucapan dari seorang guru secara langsung. E- learning juga dapat mempersingkat jadwal target waktu pembelajaran, dan tentu saja menghemat biaya yang harus dikeluarkan oleh sebuah program studi atau program pendidikan.Inggriskonsekuensi logisteknologi informasikomunikasikelasguruprogram studi

 Saat ini sebagian besar pembelajaran dilakukan dengan menulis, membaca, dan mendengarkan, dimana proser belajar mengajar terjadi komununikasi antara pengajar dan peserta ajar yang biasa dilakukan dalam kelas  Sumber pembelajran yang disampaikan guru kepada siswa berasal dari buku yang berupa Teks dan atau gambar yg disampaikan kpd peserta didik dengan narasi dari guru ttg teks atau gambar tersebut

 Proses belajar dalam kelas sering kali mengalami gangguan yang disebabkan oleh faktor lingkungan, antara lain:  Jumlah siswa yg terlalu banyak berakibat tidak terpantau seluruh siswa sehingga tidak konsentrasi  Ruang yg berdekatan yang menimbulkan suara satu sama lain saling berbenturan  Perangkat peraga lebih banyak menggunakan perangkat papan tulis yang memakan waktu lebih banyak ketika penulisan materi pelajaran  Buku sebagai sumber ajar bersifat statis dan mahal  Konsidi ruangan dan prasarananya yang kurang memadai

Peningkatan Pembelajaran Melalui Learning Management System (LMS)  Melalui E-Learning Moodle yang merupakan salah satu dari LMS, beberapa gangguan yang terjadi dalam pembelajran di kelas, dapat diminimalisasi melalui beberapa hal sbb;  Meningkatkan efesiensi proses belajar mengajar, meningkatkan motivasi, memfasilitasi belajar aktif, memfasilitasi belajar eksperimental, konsistensi dengan belajar berpusat pada siswa, memandu untuk belajar lebih baik serta belajar dengan keinginan sendiri dan dengan kecepatan yang disesuaikan sendiri, meningkatkan pemahaman akan isi.

 Mempersingkat waktu untuk mencapai tujuan tertentu dalam belajar.  E-learning mampu mempercepat pemahaman sehingga belajar menjadi lebih singkat, flesibelitas untuk belajar dari mana saja, kapan saja dan dengan kecepatan sendiri Proses komunikasi terjadi ketika pengajar akan menyampaikan materi kepada siswa melalui media penyampaian yang dapat berupa tutorial interaktif, telekonference, chatting ataupun sound.

Model pembelajaran E-learning  Model tutorial Cara belajar mandiri, pada situasi latihan yang berorientasi pada siswa. Sebagai tutor pengganti, siswa dapat berinteraksi langsung dengan komputer yang telah diprogram untuk bereaksi terhadap respon yang dilakukan siswa.  Model simulasi Komputer lebih berperan sebagai sumber belajar dari alat instruksi yang langsung. Oleh sebab itu dapat menimbulkan berbagai perubahan pada berbagai variabel kunci. Situasi praktek simulasi dapat berasal dari subjek yang beragam. Digunakan pada bidang pengobatan, teknik geografi, matematika. Ilmu fisika, kemiliteran dan bisnis.

Memasukkan Standar Kompetensi Dasar Langkah kerja  Isikan Standart Kompetensi dan Kompetensi Dasar dengan langkah sbb:  Silahkan Login sebagai Guru/pengajar  Ditampilkan daftar kursus/mata Pelajaran yg diampu oleh Guru → klik pada Mata Pelajaran