PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
SOP PPID DAN LAYANAN INFORMASI PUBLIK
Advertisements

Permainan dan cara memainkannya
Dosen: Fitri Catur Lestari, S. Si., M. Si. Metode Statistik Nonparametrik Semester Genap Tahun Akademik 2012/2013 GAMBARAN UMUM PERKULIAHAN Maret 2013.
Prosedur Pembuatan SIM Arab Saudi (1):
Informasi Pelaksanaan Ujian nasional.
Bacalah dengan teliti, ini sangat penting!
MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMBELAJARAN
Presented by: Nur Hasanah, SE, MSc
Petunjuk TO UK NAKES Uji Coba PBT, 30 NOVEMBER 2013.
TATA TERTIB PESERTA RANTJA COMPETITION VI (MIPA) TINGKAT SD/MI SE KARISIDENAN KEDU SMP NEGERI 1 MAGELANG 10 MARET 2012.
Tugas Disain Pelatihan Nama: Siti Rohana NPM:
TATA TERTIB soal OLIMPIADE MATEMATIKA V UIN SUSKA RIAU Th
Menempatkan Pointer Q 6.3 & 7.3 NESTED LOOP.
SOAL ESSAY KELAS XI IPS.
MODEL-MODEL PAKEM BAHAN DISKUSI GURU-GURU SMP FRANSISKUS
TUGAS DESAIN PELATIHAN NGATILAH MEMASANGKAN CINCIN Kelompok : terdiri dari 8 sampai 15 orang Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan : a. Satu pensil.
CHAOS Grup size: 15 sampai 30 Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan: kertas dan pena Nurmiyati. NPM :
LUAS DAERAH LINGKARAN LANGKAH-LANGKAH :
MODEL PENDEKATAN BERNUANSA KONSTRUKTIF
CARA MENYATAKAN HIMPUNAN
PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN
Topik 09 Exam Skill 1 Prepared by Kunaifi © 2010 The Department of Electrical Engineering UIN Suska Riau. All rights reserved.
Nama Permainan : MENYEBUT NAMA TEMAN KENALAN DAN TOKOH
BILANGAN BULAT Mega Zenita Mufatir ( ).
Prosedur Beracara Arbitrase
Tujuan: Untuk meningkatkan komunikasi kelompok. Langkah-langkah: 1.Meminta peserta untuk berdiri pada dua baris yang berhadapan satu ysng bertanya.
Jumlah Peserta Amplop Besar (isi 20 eksemplar) Amplop Kecil A (Isi 10 eksemplar) Amplop Kecil B (isi = n eksemplar) 20 1 eksp amplop.
PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN
KONSEP DASAR PROBABILITAS (SSTS 2305 / 3 sks)
PENJELASAN DAN PENGARAHAN PENGAWAS SILANG UN SMP N 1 KARANGGEDE
Matakuliah Pembelajaran
Paket 5 Matakuliah Pembelajaran BI MI
DI SUSUN OLEH: ENI SUSILOWATI ( )
Paket 9 Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
POPULASI, SAMPEL DAN PELUANG
Permainan Kuis Pilihan Ganda “Mahluk Hidup dan Tak Hidup”
NAMA: FAJARRUDIN NPM: Tugas Desain Pelatihan MID Semester Genap 2012 UMY.
MELIPAT KERTAS.
PERTEMUAN KE-14 PERKULIAHAN SISTEM OPERASI By : Nanda Prasetia, ST.
KEMENTERIAN PERUMAHAN RAKYAT
PENJELASAN DAN PENGARAHAN PENGAWAS SILANG UN SMP N 1 KARANGGEDE
Tata Tertib Pengawas Ruangan Dan Peserta UN
Tugas desain pelatihan UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
PETUNJUK SELAMAT! Tim Anda terpilih untuk mengikuti THE AMAZING RACE on KEBUN RAYA BOGOR Pastikan Tim Anda menerima 1 bingkisan yang berisikan PETA, ATURAN.
Nama Permainan : Benda Apa Ini ? Dosen : Drs. Mujiyana, M.Si
WARNA Ria Lestari NPM : NEXT. Tujuan Untuk meningkatkan interaksi dalam team Bahan : Tidak ada Waktu : 10 menit Jumlah peserta : 15 s/d 30.
KASUS-KASUS YANG (MUNGKIN) TERJADI PADA UJIAN NASIONAL
PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (TARBIYAH) UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
power point, memperkuat komunikasi lisan anda! Bukan sebaliknya..
MENGENAL CARA BELAJAR DEDE TRIE KURNIAWAN D1C
KOMUNIKASI MANEJERIAL STIE Jakarta International College
PEMBELAJARAN KOOPERATIF YANG DIMODIFIKASI
Jumlah Peserta Waktu Tujuan Alat dan bahan Langkah - langkah.
PEMBEKALAN PENGAWAS UN TAHUN 2015
Transisi dari Sekolah ke Universitas
Janarti TUGAS BLOG MATERI STRATEGI TUGAS BLOG MATERI STRATEGI PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS NEGERI.
LOMBA CALISTUNG.
STRATEGI PENINGKATAN DAYA SIMAK
Unik Ambar Wati STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DI SD Unik Ambar Wati
STRATEGI PENINGKATAN DAYA SIMAK
Belajar Efektif dan Efisien
PRAKTIKUM Irnin agustina dwi astuti, M.Pd..
PENJELASAN DAN PENGARAHAN PENGAWAS SILANG UN 2016 SMP N 2 WONOSEGORO
PERKENALAN Berguna untuk membuat suasana terasa akrab dan peserta merasa nyaman untuk berpartisipasi atau mengemukakan pendapat, perkenalan yang baik terkadang.
LOMBA CALISTUNG.
Modul 1 : Mengembangkan Kecakapan
PENGORGANISASIAN KELAS DAN UNGKAPAN HARAPAN PESERTA
PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT SD
PERSIAPAN MATRIKULASI MTSN 5 TULUNGAGUNG MUHAMAD DOPIR.
Transcript presentasi:

PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK DI SUSUN OLEH:   SONI WAHYU HANAFI (20090720199)

Siapa Namaku??? A. Tujuan : B. Alat dan Bahan : Mengingatkan kembali pada peserta tentang hukum SPOK yang harus dipatuhi dalam melakukan penulisan. Menyegarkan suasana ketika bekenalan satu dengan yang lain. B. Alat dan Bahan : Kertas dan Bolpoint

C. Pelaksanaan : Instruktur meminta peserta membentuk lingkaran besar. Instruktur membagikan sebuah kertas kepada setiap peserta dengan ukuran yang sama dan meminta masing-masing peserta untuk menyiapkan sebuah bolpoint. Instruktur meminta kepada peserta untuk menulis nama panggilan (subyek) mereka di tengah-tengah kertas yang dibawa. Ukuran tulisan sebaiknya tidak terlalu besar.

Masing-masing peserta melipat kertas sebanyak dua kali agar nama yang ditulis tidak terlihat. Instruktur meminta untuk mengestafetkan kertas tersebut ke kanan sampai si pemilik kertas tidak memegang kertas miliknya lagi, namun memegang kertas milik orang lain. Setelah berhenti, instruktur meminta untuk menuliskan kata kerja (predikat) yang berhubungan dengan panca indera. Contoh : melihat, mendengar, dsb. Peserta diminta untuk tidak menulis di bagian atas lipatan namun di bawah lipatan, agar jika kertas dibuka tulisan-tulisan yang sudah dibuat berada di halaman yang sama. Setelah selesai, kemudian kertas diputar kembali.

Setelah berhenti, instruktur meminta menuliskan sebuah nama hewan (obyek) yang sering dilihat oleh peserta. Misalnya : kucing, ayam, kambing, dsb. Kemudian lipat lagi dan kertas diputar lagi. Terakhir, instruktur meminta peserta menuliskan kata keterangan tempat. Setelah selesai, kertas tersebut dilipat menjadi gulungan kecil. Instruksikan pada peserta untuk menyerahkan gulungan kertas kecil yang dipegangnya ke teman sebelah kirinya. Lakukan terus dengan kecepatan yang terus ditingkatkan. Saling oper akan terjadi dengan cepat dan koordinasi mulai kacau karena saking cepatnya. Kemudian istruktur meneriakkan kata “stop!”.

Contoh kalimat yang akan dibaca seperti ini: “Amir menyium sapi di pasar”. Perkenalan telah dimulai dari Amir. Begitu seterusnya dilanjutkan kertas-kertas yang lain dengan mengurutkan nama yang tertulis di kertas..

MOST DIFICULT QUESTION Alat dan bahan : Kertas dan bolpoint Jumlah Peserta : Tidak terbatas Waktu : 30 menit

Langkah-langkah : Minta semua peserta membuat lingkaran besar, lalu bagi lingkaran itu menjadi dua buah setengah lingkaran yang sama jumlahnya. Tiap setengah lingkaran membentu barisan sehingga ada dua barisan saling berhadapan. Orang yang berhadapan adalah satu pasangan. Beri waktu pada tiap pasangan untuk saling berkenalan dengan pertanyaan biasa hingga tidak biasa. Catat jawabannya dalam secarik kertas dan cari pasangan yang bisa mengumpulkan pertanyaan dan jawaban terbanyak.

Beri pujian pada pemenangnya, tapi bukan ini puncak permainan ini. Perintahkan semua peserta membuat daftar pertanyaan (misalnya 10 buah) yang nantinya akan dijawab pasangannya. Pasangannya diperbolehkan tidak menjawab pertanyaan itu dengan alasan lupa, tidak tahu jawabannya, malu atau jawabannya rahasia pribadi. Pemenang adalah peserta yang pertanyaannya paling banyak tidak dijawab oleh pasangannya. Tetapi jangan beritahukan hal ini sebelumnya pada peserta.

Pertanyaan bisa berupa hal-hal pribadi yang konyol misalnya: Sudah berapa kali punya pacar Apa warna celana dalam yang sekarang dipakai Seharian tadi sudah kentut berapa kali. Dan sebagainya.

STORY OF MY NAME Alat dan bahan : Kertas dan bolpoint Jumlah Peserta : Tidak terbatas Waktu : 30 menit

Langkah-langkah : Dalam permainan ini, semua peserta diminta menulis cerita pendek tentang nama mereka. Hal yang diceritakan antara lain: Sejarah awal mula kenapa ia diberi nama itu. Arti nama yang dimilikinya. Kepanjangan dari namanya seandainya nama itu sebuah akronim. Cerita dibalik nama panggilannya yang terkadang berbeda jauh dari nama aslinya. Jika cerita sudah selesai ditulis, beri kesempatan pada setiap peserta untuk maju dan membacakan kisah tentang namanya sendiri.

THE MESSAGE Alat dan bahan : Kertas dan bolpoint Jumlah Peserta : 15-20 orang Waktu : 45 menit

Langkah-langkah : Bagi 2 tim yang masing-masing beranggotakan 8 orang. Buat pesan satu kata yang terdiri dari 8 huruf. Masing-masing huruf ditempel di punggung setiap anggota tim. Tugas mereka adalah berusaha membaca pesan yang tertulis di punggung lawan dan berusaha agar huruf di punggungnya tidak terbaca.

Dilarang menutupi tulisan dengan tangan. Tim yang berhasil memecahkan pesan boleh meminta ‘break’ dan mengatakan pesannya. Jika benar, maka tim itulah pemenangnya, tetapi jika salah, mereka yang kalah. Strategi terbaik dalam permainan ini adalah selalu berkumpul saling membelakangi agar tulisannya tidak terlihat.

TES 7 MENIT Waktu : 7 menit Alat dan bahan : Lembar soal sebagaimana contoh di bawah Aturan main : Mintalah siswa mengerjakan soal dengan cermat Lembar Soal : Tes 7 menit

Petunjuk : Baca dengan baik dan seksama seluruh pertanyaan di bawah ini SEBELUM mulai menjawab. Peraturan : Waktu mengerjakan soal 7 menit. Peserta yang paling cepat dan benar dalam menjawab akan mendapatkan penghargaan. Jawaban dituliskan di balik lembar soal.

Contoh Soal Tuliskan mata pelajaran yang disenangi Tuliskan nama di bagian kanan bawah Tuliskan tanggal lahir di sebelah kiri atas dan beri lingkaran Tuliskan alamat rumah di tengah kertas, tulis dengan HURUF BESAR Tuliskan 2 nama guru yang favorit Tuliskan mata pelajaran yang disenangi Jika punya HP, tuliskan nomor HP

7. Tuliskan 3 makanan kesukaan 8. Bagaimana cara menyelesaikan kasus Bank Century yang sekarang menjadi sorotan? Cukup uraikandengan 4-5 kalimat. 9. Majulah ke depan kelas, teriakan dengan suara lantang : AKU SUKSES UN!! 10. Bukalah sepatu, taruhlah di dekat meja guru 11. Jika sudah selesai mengerjakan nomor 10, tuliskan cita-cita Anda di pojok kanan

12. Segera berdiri dan tepuk bahu kanan teman terdekat Anda lalu berikan senyuman terbaik! 13. Katakan: Teman, saya sudah selesai, mengapa kamu begitu lambat? ada yang bisa saya bantu? 14. Sambil kembali ke tempat duduk teriakan dengan lantang: “Yes-yes-yes” akulah manusia tercepat ! 15. Buatlah tanda tangan sebagus mungkin di tengah kertas, kumpulkan kertas jawaban di meja gurudan kembali ke tempat duduk dengan tenang

16. Teriakkan : SAYA SIAP MENGERJAKAN SEGALA HAL. 17 16. Teriakkan : SAYA SIAP MENGERJAKAN SEGALA HAL! 17. Tepuk tangan 5 kali sebagai tanda telah menyelesaikan soal 18. Kerjakan hanya soal nomor 5, 7, 15 19. Tuliskan 4 nama teman akrab 20. Tuliskan 3 tokoh idola

Perwakilan siswa menyampaikan komentar atas permainan Ulasan : kecepatan dalam mengerjakan soal ujian adalah satu hal yang penting, namun kecepatan tanpa kehati-hatian, ketepatan dan ketelitian akan membawa kerugian.Dalam simulasi tes 7 menit tersebut, mayoritas siswa akan langsung mengerjakan soal tanpa memperhatikan instruksi yang diberikan, yaitu membaca seluruh soal terlebih dahulu sebelum mengerjakan. Siswa yang teliti hanya akan mengerjakan soal nomor 5, 7 dan 15, sebagaimana instruksi dalam nomor 18