Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1)

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MENGENAL TAMPILAN MICROSOFT OFFICE WORD 2003.
Advertisements

Penggunaan Symbol di dalam Movie Flash
Dasar Penggunaan Flash Macromedia
ACTION SCRIPT.
Penuntun Kelas VIII Semester 2
Membuat Presentasi Menggunakan Microsoft PowerPoint.
Pertemuan 2.  Dreamweaver adl salah satu program pembuatan website yang mempunyai banyak sekali menu-menu dan tool-tool yang dapat dipergunakan untuk.
Microsoft PowerPoint ( Kode Kompetensi :TIK.OP )
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI1DESAIN DAN PEMROGRAMAN WEB 1 – PG110 – 3 SKS © 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan.
Metode Animasi & Action Script
Pengenalan Program Macromedia Flash
Variasi Animasi dalam Flash
Langkah langkah Penyuntingan Video Klip
Pengenalan Action di dalam Movie Flash
Interaktive Presentation Berbasis Windows Kelompok 6 : Yani Dyah Rachmadyanti Chanya Paripurastu Sasongko Fiska Nurzahra.
Oleh: Hyperlink Oleh:
MACROMEDIA FLASH. Pertemuan III Symbol / Library Symbol : Graphic Lesson 3 : Symbol Symbol : Movie Clip.
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
Pengenalan FLASH Dr. Lily Wulandari.
Mengimport Symbol, Instance dan Library Pengolahan Layer & Frame
Dasar Pembuatan Movie Flash R0312 – Grafik Komputer.
Langkah membuat gerak planet
PERTEMUAN 2 NOMOR KODE/SKS : VCD0029 / 3 SKS / Semester III - Agustus 2010 / 13 Week DOSEN PEMBINA : Andre Oentoro : Rudi Margono TUTOR : Agus Susanto.
PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NURUL JADID MOH. FURQAN, S. Kom.
IMPLEMENTASI PEMBUATAN ANIMASI
Macromedia Flash.
Pengenalan Powerpoint
Penjelasan Umum Ms. Powerpoint
Pertemuan 7 P ENGENALAN P OWERPOINT. M ENEMPATKAN O BJEK G AMBAR ATAU F OTO DENGAN P ERINTAH I NSERT P ICTURE 1. Tempatkan titik sisip atau penunjuk sel.
PENGENALAN PEMROGRAMAN APLIKASI MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH Pertemuan 1 D3 Manajemen Informatika Universitas Trunojoyo.
KOMPONEN DALAM DELPHI Form
Pengenalan Powerpoint
Area Kerja Macromedia Flash 8
Sekilas Impress Open Office.org.
1. Elemen pada Microsoft Excel
ANIMASI MOTION SHAPE PROGRAM S1 TEKNIK INFORMATIKA
PROGRAM APLIKASI PERKANTORAN
Animasi Banner dengan Flash
Animasi Banner dengan Flash
Manajemen File dengan Windows Explorer
MODUL DASAR ( MODUL 2 ) PERTEMUAN 7.
MENYISIPKAN BERBAGAI MACAM OBJEK DI MICROSOFT WORD 2007
APLIKASI KOMPUTER Microsoft Word 2007 I.
Tutorial Adobe Premiere Pro.
Macromedia Flash.
MENGIDENTIFIKASI FUNGSI MENU DAN IKON PADA PENGOLAH ANIMASI
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL 2009
Pertemuan 1 Pemrograman Visual Intro ‘n Delphi Intro
Frame by frame Buat objek lingkaran dengan menggunakan oval tool (warna garis hitam dan warna dalam merah)
Macromedia Flash.
LINGO Scripting pada director
3. Kegiatan Belajar 3: Teknik Animasi Tweening
Animasi Tweening.
E. Bekerja dengan Grafis
#2 Animasi Sigit Pambudi, M.Eng
Kegiatan Belajar 2: Teknik Animasi Tweening
4. Kegiatan Belajar 4: Teknik Animasi Motion Guide
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Membuat Slide Presentasi Sederhana Menggunakan Adobe Flash CS 6
Mengolah Objek Pertemuan 3 Oleh : Sri Herawati, S.Kom
Motion Guide Ambil gambar (kupu-kupu) dengan klik kiri File > Import > Import to Library.
Animasi Banner dengan Flash
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Macromedia Flash.
Symbol (Movie clip, Button, Graphic)
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI ( PTI ) pertemuan 11 Oleh : L1153 Halim Agung,S.Kom Thursday, January 03, 2019.
PENGENALAN ADOBE FLASH Adobe Flash CS3 (dahulu bernama macromedia flash) adalah hasil akuisi dilakukan oleh Adobe yang salah satu perangkat lunak komputer.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Video Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
SELAMAT DATANG!!! Loading... ? Animasi Tweening MENU UTAMA Tujuan Indikator Materi Pokok Relaksasi Silakan Anda ganti judul utama, kelas dan semesternya.
Transcript presentasi:

Pembuatan Interaksi di dalam Movie Flash (1) R0312 – Grafik Komputer

Penggunaan Action Go To Di dalam suatu animasi sederhana, program Macromedia Flash akan memainkan Scene dan frame secara berurutan Di dalam suatu interaktif movie, audien harus menggunakan keyboard atau mouse untuk melompat ke bagian tertentu di dalam movie, menggeser objek, maupun aksi lainnya Pembuatan interaksi di dalam movie dilakukan dengan menggunakan ActionScript Action Go to digunakan untuk melompat ke Scene atau frame tertentu, dan juga untuk memainkan atau menghentikan suat movie

Melompat ke Frame Tertentu Berikut dipraktekan penggunaan action Go to untuk melompat ke frame tertentu, (untuk hasil jadi klik link berikut) Buatlah movie baru dengan memilih menu File > New Pada Layer 1 dan frame 1, buatlah objek seperti gambar berikut

Melompat ke Frame Tertentu (lanjutan) Buatlah tombol Button sesuai keinginan, kemudian sisipkan ke dalam Stage (pada layer 1 dan frame 1) Pada panel Timeline, tambahkan layer baru dengan mengklik tombol New Layer. Kemudian klik kanan frame 10 dan pilih perintah Insert Keyframe

Melompat ke Frame Tertentu (lanjutan) Pada Layer 2 (layer baru) dan frame 10, buatlah objek dan tombol baru

Melompat ke Frame Tertentu (lanjutan) Frame dapat diberi nama untuk identifikasi frame. Sebagai contoh jika pada suatu tombol diterapkan action Go to, parameter tujuan frame bisa menggunakan nama frame Pada panel Timeline, klik frame 10 pada Layer2 untuk menseleksinya Pada Property Inspector ketikan nama identifikasi frame pada kotak frame. Sebagai contoh ketikkan nama Tujuan Dengan pemberian nama, maka pada panel Timeline frame tersebut akan ditampilkan dengan tanda bendera

Melompat ke Frame Tertentu (lanjutan)

Melompat ke Frame Tertentu (lanjutan) Langkah selanjutnya adalah memberikan action go to pada masing-masing tombol (Go dan Back) Posisikan playhead pada frame 1, kemudian gunakan tool Arrow dan klik tombol Go untuk memilihnya Tampilkan panel Action, pada bagian Script editor ketikkan: on (release) { gotoAndStop ("Tujuan"); } Langkah selanjutnya, posisikan playhead pada frame 10 kemudian klik tombol Back untuk memilihnya

Melompat ke Frame Tertentu (lanjutan) Pada Timeline, tambahkan layer baru dengan mengklik tombol New Layer, kemudian berikan nama Action Pada layer Action klik frame 1 untuk menyorotnya, kemudian beriakan action stop sehingga movie akan berhenti pada saat pertama kali dimainkan Lakukan test movie dengan memilih menu Control > Test Movie Pada saat dimainkan movie akan berhenti di frame 1. Jika tombol GO diklik, movie akan melompat dan berhenti ke frame Tujuan (frame10). Jika tombol BACK diklik, movie akan melompat dan berhenti ke frame 1

Melompat ke Scene Tertentu Scene digunakan untuk memudahkan pembuatan dan pengelolaan movie Flash Di dalam suatu movie Flash yang komplek, scene dapat digunakan untuk membagi movie Flash dalam beberapa segmen

Melompat ke Scene Tertentu (lanjutan) Berikut dipraktekan pemberian action untuk melompat ke scene tertentu (untuk hasil jadi klik link berikut) Buat file baru dengan memilih menu File > New Buat tampilan awal movie yang terdiri atas teks dan tombol

Melompat ke Scene Tertentu (lanjutan) Buat Scene baru dengan memilih menu Insert > Scene, sehingga secara otomatis tampilan akan masuk ke Scene 2 Buat tampilan yang terdiri atas teks dan tombol seperti gambar berikut

Melompat ke Scene Tertentu (lanjutan) Scene baru secara otomatis akan mempunyai nama berdasarkan urutan nomor scene sebelumnya. Untuk memudahkan pengeditan movie Flash, nama scene tersebut dapat diganti Untuk mengganti nama scene, pilih menu Window > Design Panels > Scene, maka akan tampil panel Scene Klik ganda nama Scene 2 sehingga menjadi keadaan siap edit Ketikan nama baru untuk mengganti nama Scene 2, misalnya Tujuan

Melompat ke Scene Tertentu (lanjutan) Untuk menampilkan Scene 1 dapat dilakukan dengan cara: Pada panel Scene, klik nama Scene 1 untuk menyorotnya Klik tombol Edit Scene yang berada di bagian kanan atas jendela movie, kemudian pilih Scene 1

Melompat ke Scene Tertentu (lanjutan) Setelah tampilan movie berada pada Scene 1, gunakan tool Arrow kemudian klik objek tombol GO untuk memilihnya Pada panel Action, di bagian Script editor, masukkan: on (release) { gotoAndStop("Tujuan", 1); }

Melompat ke Scene Tertentu (lanjutan) Pada Scene Tujuan, klik tombol BACK untuk memilihnya, kemudian berikan action Go to dengan memasukan paramater sebagai berikut ke dalam Script editor, on (release) { gotoAndStop("Scene 1", 1); } Sebelum animasi dimainkan, pada Scene 1 tambahkan layer baru kemudian berikan action Stop pada frame 1 (layer baru) Lakukan test movie dengan memilih menu Control > Test Movie

Penggunaan Action Play dan Stop Action Play dan Stop digunakan untuk memainkan dan menghentikan movie Berikut dipraktekan penggunaan action tersebut (untuk hasil jadi klik link berikut) Buat movie baru dengan memilih menu File > New Buat animasi pergeseran objek dari frame 1 sampai 20

Penggunaan Action Play dan Stop (lanjutan) Buatlah tiga objek tombol yang berbentuk segitiga, persegiempat, dan dua persegiempat. Masing-masing untuk tombol play, stop, dan pause. Setelah itu buatlah layer baru untuk menempatkan ketiga tombol tersebut seperti gambar berikut

Penggunaan Action Play dan Stop (lanjutan) Langkah selanjutnya adalah memberikan action untuk tombol segitiga (play) Gunakan tool Arrow dan klik objek segitiga untuk memilihnya Pada panel Actions, pada bagian Script editor masukkan on (release) { play(); }

Penggunaan Action Play dan Stop (lanjutan) Memberikan tombol action untuk dua persegiempat (pause) Gunakan tool Arrow untuk memilih tombol dua persegiempat (pause) Pada panel Action, pada bagian Script editor masukkan on (release) { stop(); }

Penggunaan Action Play dan Stop (lanjutan) Memberikan tombol action untuk tombol stop Gunakan tombol Arrow dan klik objek tombol stop Pada panel Action masukkan on (release) { stop(); } Buatlah layer baru dan beri nama layer tersebut Action. Kemudian berikan action Stop pada frame 1 Lakukkan test movie dengan memilih menu Control > Test Movie

Membuat Loop Movie Pada praktek sebelumnya, animasi hanya dimainkan satu kali, yaitu setelah mencapai frame terakhir (frame 20) animasi akan berhenti di frame 1. Hal ini dikarenakan frame 1 telah diberikan Stop. Agar animasi dimainkan secara berulang-ulang (loop) : Pada layer Action, klik kanan frame 20 kemudian pilih Insert Keyframe Pastikan frame 20 pada layer Action dalam keadaan tersorot, kemudian pada panel Action masukkan: gotoAndPlay(2); Lakkukan test movie dengan memilih Control > Test Movie

Penggunaan Action Get URL Action Get URL digunakan untuk membuka jendela URL tertentu. Sebagai contoh, suatu tombol diberikan action Get URL dengan alamat URL www.macromedia .com, maka setiap kali tombol tersebut diklik, akan terbuak jendela browser alamat tersebut Untuk memberikan action Get URL pada tombol: Dengan menggunakan tool Arrow klik tombol yang akan diterapkan action-nya Pada panel Action, masukkan: On (release) { getURL (“alamat link”) } Action get URL dapat juga digunakan untuk membuat link ke alamat e-mail. Adapun caranya adalah dengan mengtikkan script pada kotak Link yang terdapat di dalam jendela Property Inspector