MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Advertisements

Mendesain & Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis ICT
Proses Pembuatan Presentasi
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
PENGEMBANGAN MODUL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
WELCOME TO MYPRESENTATION
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH/IPS
MEDIA PENYULUHAN PERTANIAN
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
Komputer untuk Pendidikan
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Paket 4 Pengembangan Materi Pembelajaran PKn MI
KOMPUTER & MASYARAKAT Pertemuan 3.
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Media Pembelajaran Matematika
Pembuatan Media Presentasi
Nina Widyaningsih, S.Pd., M. Hum PBSI UPY
PENYUSUNAN BAHAN AJAR.
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
Media Pembelajaran OLEH : RATNASARI
Definisi Penganjaran Berbantuan Komputer
Media Pembelajaran PKn SD
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASISKOMPUTER
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Assalamu’alaikum wr. Wb Tugas TIK SUKABUMI, 11 juni 2016 Salam Inovasi Agis Arwanti Amala 13.T Loading...
Multimedia dan Pemanfaatannya dalam proses pendidikan
PENGEMBANGAN MATERI AJAR IPA SD
Pelatihan Multistudio Teknik Penyampaian Materi
1.
KOMPUTER/MEDIA GRAFIS
RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
KAPITA SELEKTA HASIL-HASIL PENELITIAN PAUD “MEMBAHAS JURNAL NASIONAL”
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
Oleh : Mailani Safitri, S.Pd.
PEMBUATAN STORYBOARD MEDIA PRESENTASI
Pengertian Strategi Pembelajaran pkn Dick dan carey mengatakan “strategi pembelajaran adalah komponen umum dari suatu materi pembelajaran yang akan digunakan.
Materi 2 - Komputer Multimedia
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
KONSEPSI MEDIA PEMBELAJARAN
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
Penggunaan Komputer di Bidang Pendidikan
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
PENGGUNAAN ICT DALAM PEMBELAJARAN
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR.
PENGEMBANGAN MODUL SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SUMBER BELAJAR.
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT. Table of Content ICT untuk Edukasi Perangkat ICT Mengapa menggunakan ICT Karakteristik Media Belajar Berbasis ICT.
REVIEW MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN PAI
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SMA
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
KEGIATAN PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
Warahmatullahi Wabarakatuh
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
Strategi Pembelajaran Berbasis TIK
MENELITI DAN DAN MENCIPTAKAN PRODUK BARU R & D level 4.
MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ICT Heri Cahyono.
Transcript presentasi:

MEMBANGUN MEDIA BELAJAR BERBASIS ICT

Table of Content ICT untuk Edukasi Perangkat ICT Mengapa menggunakan ICT Karakteristik Media Belajar Berbasis ICT Pencarian Materi Mengolah Materi menjadi Berbasis ICT Bentuk-bantuk Interaksi Aspek-aspek Pembelajaran Berbasis ICT Pengukuran Perangkat Lunak Contoh Pembuatan Bahan Ajar Berbasis ICT

ICT untuk Edukasi ICT dan Perkembangan Terakhir (vision) ICT / e-Learning salah satu cara mengatasi masalah pendidikan Computer based Learning, Computer assisted Learning Distance Education Pembelajaran lebih menarik dan interaktif

Perangkat ICT PC (Personal PC) Notebook LCD Projector PDA (Personal Data Assistance) PowerPoint Flash Director

Mengapa menggunakan ICT PBM (Proses Belajar Mengajar) Materi abstrak (diluar pengalaman sehari-hari) Materi jadi Sulit dipahami Visualisasi dan Simulasi Interaktif dan Multimedia Hasil penelitian di US: proses belajar mengajar yang dibantu alat peraga meningkatkan efesiensi 47%, dibantu ICT meningkatkan efesiensi 93% Kekuatan Hypertext (dibandingkan Buku) Memudahkan memilih, mensintesa dan mengkolaborasi Komputer dapat mengakomodasi siswa yang lamban belajar Penggambaran ulang object belajar dan pola pikir siswa Meningkatkan retensi/daya ingat siswa dengan belajar secara multimedia

Kegunaan sebagai Media Memperjelas pesan agar tidak verbalis Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan tenaga Menimbulkan gairah belajar, interaksi langsung antara siswa dan sumber belajar Memungkinkan siswa belajar mandiri, sesuai bakat, kemampuan visual, auditori & kinestetiknya Memberikan rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama

Kontribusi Media Pembelajaran Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar Pembelajaran dapat lebih menarik Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan Peran guru berubahan kearah yang positif

Karakteristik Media Belajar Berbasis ICT Sebuah pepatah menyebutkan I hear I forget, I see I Know, I do I Understand. “ Penelitian De Porter mengungkapkan manusia dapat menyerap suatu materi sebanyak 70% dari apa yang dikerjakan, 50% dari apa yang didengar dan dilihat (audio visual), sedangkan dari yang dilihatnya hanya 30%, dari yang didengarnya hanya 20%, dan dari yang dibaca hanya 10%. “ Sebaiknya multimedia digunakan hanya untuk pembelajaran yang tidak memungkinkan dilakukan secara hands on.

Pencarian Materi Internet = TCP/IP Super database diakses lewat Web Search Engine (mesin pencari) www.google.com Ekonomi: e-commerce, e-pay, e-banking, e-business Internet untuk proses belajar mengajar

Mengolah Materi menjadi Berbasis ICT Tahap 1. Seleksi buku Memilih sebuah buku yang akan menjadi acuan dengan pertimbangan isi materi, tingkat kesulitan, metodologi instruksional, dan integritas keilmuan penulis. Tahap 2. Strukturisasi Sturkturisasi diawali dengan membuat proposisi dari teks dasar. Setelah menentukan proposisi utama, makro, dan mikro, langkah selanjutnya adalah mengalihkannya ke bentuk outline, sehingga didapatkan sebuah model representasi teks. Tahap 3. Seleksi materi yang sesuai kebutuhan siswa Tidak semua materi yang ada pada topik/materi diperlukan oleh siswa. Oleh karena itu dibutuhkan pemilihan kembali terhadap materi yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. Tahap 4. Reduksi Reduksi pada materi yang akan diajarkan dilakukan dengan cara penyederhanakan bahasa, visualisasi, dan penggunaan teknik historis dalam pemaparannya. Penyederhanaan bahasa dilakukan dengan mengabaikan hal-hal kurang relevan dengan kebutuhan siswa. Visualisasi dilakukan dengan memberikan gambar dari suatu proses yang terjadi. Akan lebih mudah dipahami jika disajikan dalam bentuk gambar (visual).

Menyajikan Wacana berbasis ICT Pilihan Software untuk Penyajian Pertimbangan: penguasaan pada software dan ketersediaan perangkat di sekolah Direktor, Flash, Power Point atau Swish PowerPoint is Good !

Bentuk-bantuk Interaksi Praktek dan latihan (drill & practice) Tutorial Permainan (games) Simulasi (simulation) Penemuan (discovery) Pemecahan Masalah (Problem Solving)

Aspek-aspek Pembelajaran Berbasis ICT (Aspek Perangkat Lunak) Efektif dan efisien dalam pengembangan maupun penggunaan media pembelajaran Reliable (handal) Maintainable (dapat dipelihara/dikelola dengan mudah) Usabilitas (mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya) Ketepatan pemilihan jenis aplikasi/software/tool untuk pengembangan Kompatibilitas (media pembelajaran dapat diinstalasi/dijalankan di berbagai hardware dan software yang ada) Pemaketan program media pembelajaran terpadu dan mudah dalam eksekusi Dokumentasi program media pembelajaran yang lengkap meliputi: petunjuk instalasi (jelas, singkat, lengkap), trouble shooting (jelas, terstruktur, dan antisipatif), desain program (jelas, menggambarkan alur kerja program) Reusable (sebagian atau seluruh program media pembelajaran dapat dimanfaatkan kembali untuk mengembangkan media pembelajaran lain)

Aspek-aspek Pembelajaran Berbasis ICT (Aspek Desain Pembelajaran) Kejelasan tujuan pembelajaran (rumusan, realistis) Relevansi tujuan pembelajaran dengan SK/KD/Kurikulum Cakupan dan kedalaman tujuan pembelajaran Ketepatan penggunaan strategi pembelajaran Interaktivitas Pemberian motivasi belajar Kontekstualitas dan aktualitas Kelengkapan dan kualitas bahan bantuan belajar Kesesuaian materi dengan tujuan pembelajaran Kedalaman materi Kemudahan untuk dipahami Sistematis, runut, alur logika jelas Kejelasan uraian, pembahasan, contoh, simulasi, latihan Konsistensi evaluasi dengan tujuan pembelajaran Ketepatan dan ketetapan alat evaluasi Pemberian umpan balik terhadap hasil evaluasi

Aspek-aspek Pembelajaran Berbasis ICT (Aspek Komunikasi Visual) Komunikatif; sesuai dengan pesan dan dapat diterima/sejalan dengan keinginan sasaran Kreatif dalam ide berikut penuangan gagasan Sederhana dan memikat Audio (narasi, sound effect, backsound,musik) Visual (layout design, typography, warna) Media bergerak (animasi, movie) Layout Interactive (ikon navigasi)

Pengukuran Perangkat Lunak 1. Efektif dan Efisien dalam Pengembangan Maupun Penggunaan Media Pembelajaran 2. Reliabilitas (Kehandalan) 3. Maintainabilitas (Dapat Dipelihara/Dikelola dengan Mudah) 4. Usabilitas (Mudah Digunakan dan Sederhana dalam Pengoperasiannya) 5. Ketepatan Pemilihan Jenis Aplikasi/Software/Tool untuk Pengembangan 6. Kompatibilitas (Media Pembelajaran Dapat Diinstalasi/Dijalankan di Berbagai Hardware dan Software yang Ada) 7. Pemaketan Program Media Pembelajaran Terpadu dan Mudah dalam Eksekusi 8. Dokumentasi Program Media Pembelajaran yang Lengkap 9. Reusabilitas (Sebagian atau Seluruh Program Media Pembelajaran dapat Dimanfaatkan Kembali untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Lain)

Contoh Pembuatan Bahan Ajar berbasis ICT dengan Powerpoint Proses Pembuatan Presentasi Tentukan Tema/Judul Kumpulkan Bahan/Materi Buku (Text/Gambar) Internet [Search Engine] (Text/Gambar/Video/Suara) Simpan Materi Buat Presentasi Power Point

Tahap I Tentukan Tema/Judul Pertama-tama tentukan tema dan judul untuk presentasi Power Point yang akan Anda buat.

Tahap II Kumpulkan Materi/Bahan Pada tahap ini Anda bisa mulai mengumpulkan bahan-bahan dan materi untuk presentasi Anda. Materi dan bahan tersebut bisa anda peroleh dari beberapa sumber, misalnya: Buku, yaitu text dan gambar

Tahap II Kumpulkan Materi/Bahan Internet, yaitu text, gambar, video, suara

Tahap II Kumpulkan Materi/Bahan Pencarian Materi Teks di Internet dengan Search Engine Google

Tahap II Kumpulkan Materi/Bahan Pencarian Materi Animasi Flash (SWF) di Internet dengan Search Engine Google

Tahap II Kumpulkan Materi/Bahan Pencarian Materi Gambar di Internet dengan Search Engine Google

Tahap III Simpan Materi Setelah mendapatkan materi presentasi, simpanlah materi tersebut pada komputer Anda. Buatlah folder baru dimana seluruh materi ditempatkan

Tahap IV Buat Presentasi Setelah seluruh materi telah lengkap dan tersimpan pada komputer, Anda siap membuat Presentasi dengan Ms. Power Point. Selamat Mencoba…! Dapatkan juga beberapa CD Belajar yang berkaitan, untuk melengkapi skill dan pengetahuan Anda tentang e-Learning.