ALGORITMA 3 April 2017 1. 2. Pseudocode Flowchart #3 STIKOM.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PERCABANGAN # IF…THEN IF…THEN…ELSE SELECTION STIKOM
Advertisements

STATEMEN READ-DATA 10 READ A10 READ A,B,C 20 DATA 2,3,420 PRINT A,B,C 30 READ B,C30 END 35 PRINT A,B,C40 DATA 2,3,4 40 ENDOk Ok STATEMEN RESTORE 10 READ.
DASAR PEMROGRAMAN (VTI 301)
Pengertian Algoritma dan Flowchart
SMA Taruna Bakti Bandung Created by Iman Basuni, S.Kom LOGIKA DAN ALGORITMA.
- PERTEMUAN 5 & 6 – PERULANGAN
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 4
ALGORITMA 6 April 2017 Pseudocode #3 STIKOM.
Pengenalan Bahasa Pemrograman Pascal
MATERI 8 CHOICE / PILIHAN.
ALGORITMA 7 April 2017 Flowchart #3 STIKOM.
< > <= >= = <> lebih kecil dari lebih besar dari
Algoritma & Pemrograman Chapter 2
ALGORITMA.
Algoritma dan Flowchart
RECORD.
Algoritma dan Flowchart
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
Flowchart dan Pseudocode
Oleh Nila Feby Puspitasari
ALGORITMA PSEUDOCODE Pertemuan Ke-2 Meilia Nur Indah Susanti, ST.,MKom
Pemrograman Bahasa Komputer (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh:
PERTEMUAN 1 Pendahuluan Materi - Endra Rahmawati, S.Kom -
2 JAM TEORI dan 1 jam praktek
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Pemprograman Terstruktur 1
Struktur Data dan Algoritma
Flowchart.
Pertemuan Pengembangan Algoritma
Algoritma dan Struktur Data
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Materi Kuliah 1. Pertemuan ke : 1 Pengenalan Komputer dan Pemrograman
Algoritma dan Struktur Data 1 pertemuan 6
if (condition) statement if (x == 100) cout << "x is 100";
ALGORITMA PEMROGRAMAN 2A
Struktur Keputusan pada Structure English dan Pseudocode
Flowchart (Diagram Alur)
DIAGRAM ALIR (FLOWCHART)
Algoritma & Pemrograman
Algoritma.
PERULANGAN C++.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Struktur Seleksi (Percabangan)
ALGORITMA & LOGIKA PEMROGRAMAN
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Pengertian Algoritma dan Flowchart
penyusunan algoritma (flowchart)
Dasar Pemrograman dan Komputer
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
Materi 10 LOGIKA & ALGORITMA.
Menuliskan Algoritma Algoritma dapat dituliskan dengan berbagai cara:
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Struktur Algoritma Sequence Process: instruksi dikerjakan secara sekuensial, berurutan. Selection Process: instruksi dikerjakan jika memenuhi kriteria.
Struktur Perulangan Yohana Nugraheni.
01.3 Hari-1 Sesi-3 Desain Algoritma.
I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom
BAB FLOWCHART.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Flowchart Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Pertemuan ke-2 KONSEP ALGORITMA
if (condition) statement if (x == 100) cout << "x is 100";
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
IT234 ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
PENGANTAR KONSEP PEMROGRAMAN
Dasar Konstruksi Pemrograman
Transcript presentasi:

ALGORITMA 3 April 2017 1. 2. Pseudocode Flowchart #3 STIKOM

Pseudocode 3 April 2017 Pseudocode digunakan untuk menuliskan algoritma menggunakan serangkaian pernyataan yang ditulis dalam bahasa sehari-hari. #3 STIKOM

Pseudocode 3 April 2017 Pseudocode digunakan untuk menuliskan algoritma menggunakan serangkaian pernyataan yang ditulis dalam bahasa sehari-hari. Setiap pernyataan dalam pseudocode ditulis dalam sebuah nomor baris yang menyatakan nomor urut pernyataan. Jika sebuah nomor memiliki sub-kegiatan, maka digunakan aturan penomoran secara indent. Nomor utama 1.1 Sub-nomor Rincian pertama Rincian kedua … #3 STIKOM

Pseudocode 3 April 2017 Pseudocode digunakan untuk menuliskan algoritma menggunakan serangkaian pernyataan yang ditulis dalam bahasa sehari-hari. Setiap pernyataan dalam pseudocode ditulis dalam sebuah nomor baris yang menyatakan nomor urut pernyataan. Jika sebuah nomor memiliki sub-kegiatan, maka digunakan aturan penomoran secara indent. Pembacaan pseudocode dilakukan secara urut baris-demi-baris. #3 STIKOM

Pseudocode 3 April 2017 Pseudocode digunakan untuk menuliskan algoritma menggunakan serangkaian pernyataan yang ditulis dalam bahasa sehari-hari. Setiap pernyataan dalam pseudocode ditulis dalam sebuah nomor baris yang menyatakan nomor urut pernyataan. Jika sebuah nomor memiliki sub-kegiatan, maka digunakan aturan penomoran secara indent. Pembacaan pseudocode dilakukan secara urut baris-demi-baris. Pada kondisi tertentu, ada kalanya pembacaan pseudocode tidak dilakukan urut dari baris satu ke baris selanjutnya, akan tetapi melompat ke baris yang lain. #3 STIKOM

Pseudocode 3 April 2017 Pseudocode digunakan untuk menuliskan algoritma menggunakan serangkaian pernyataan yang ditulis dalam bahasa sehari-hari. Setiap pernyataan dalam pseudocode ditulis dalam sebuah nomor baris yang menyatakan nomor urut pernyataan. Jika sebuah nomor memiliki sub-kegiatan, maka digunakan aturan penomoran secara indent. Pembacaan pseudocode dilakukan secara urut baris-demi-baris. Pada kondisi tertentu, ada kalanya pembacaan pseudocode tidak dilakukan urut dari baris satu ke baris selanjutnya, akan tetapi melompat ke baris yang lain. Terdapat beberapa keyword atau “kata kunci” yang digunakan dalam menulis pseudocode. #3 STIKOM

Keyword pada Pseudocode 3 April 2017 1. BEGIN Menyatakan awal pseudocode. Keyword ini harus ada dan diletakkan di nomor 1 (satu). Dari sini seluruh instruksi bermula. #3 STIKOM

Keyword Pseudocode #3 2. END STIKOM Menyatakan akhir pseudocode. 3 April 2017 2. END Menyatakan akhir pseudocode. Keyword ini harus ada dan diletakkan di nomor terakhir. Di sini seluruh instruksi berakhir. #3 STIKOM

Keyword Pseudocode #3 3. IF - THEN STIKOM 3 April 2017 3. IF - THEN Menyatakan alternatif pilihan dengan sebuah kemungkinan proses terusan. IF <kondisi> THEN <pernyataan> Jika <kondisi> bernilai BENAR maka <pernyataan> akan dikerjakan. Sebaliknya, baris ini akan dilompati. #3 STIKOM

Keyword Pseudocode #3 4. IF – THEN - ELSE 3 April 2017 4. IF – THEN - ELSE Menyatakan alternatif pilihan dengan 2 (dua) kemungkian alur terusan. IF <kondisi> THEN <pernyataan_1> ELSE <pernyataan_2> Jika <kondisi> bernilai BENAR maka <pernyataan_1> akan dikerjakan. Sebaliknya, <pernyataan_2> yang akan dikerjakan. #3 STIKOM

Keyword Pseudocode #3 5. WHILE WHILE <kondisi> 3 April 2017 5. WHILE Menyatakan adanya proses berulang bersyarat. WHILE <kondisi> <pernyataan_1> ... <pernyataan_n> Selama <kondisi> bernilai BENAR maka <pernyataan_1> sampai dengan <pernyataan_n> yang akan dikerjakan. #3 STIKOM

Keyword Pseudocode #3 6. FOR FOR var = awal TO akhir 3 April 2017 6. FOR Menyatakan adanya proses berulang tanpa syarat. FOR var = awal TO akhir <pernyataan_1> ... <pernyataan_n> <pernyataan_1> sampai dengan <pernyataan_n> akan dikerjakan seiring dengan pergerakan nilai variabel “var” dari nilai “awal” sampai nilai “akhir”. #3 STIKOM

Flowchart 3 April 2017 Flowchart digunakan untuk menuliskan algoritma menggunakan serangkaian simbol khusus. #3 STIKOM

Flowchart 3 April 2017 Flowchart digunakan untuk menuliskan algoritma menggunakan serangkaian simbol khusus. Setiap pernyataan dalam flowchart ditulis dalam sebuah simbol. Beberapa keyword juga ditulis di dalam simbol, mendahului pernyataan dimaksud. #3 STIKOM

Flowchart 3 April 2017 Flowchart digunakan untuk menuliskan algoritma menggunakan serangkaian simbol khusus. Setiap pernyataan dalam flowchart ditulis dalam sebuah simbol. Beberapa keyword juga ditulis di dalam simbol, mendahului pernyataan dimaksud. Terdapat simbol GARIS-BERARAH yang menyatakan arah proses berikutnya dari suatu simbol. Pembacaan flowchart dilakukan dari satu simbol ke simbol lain mengikuti arah yang ditunjuk oleh GARIS-BERARAH. #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 1. TERMINATOR BEGIN STIKOM 3 April 2017 1. TERMINATOR Menyatakan AWAL atau AKHIR flowchart. Keyword BEGIN untuk menyatakan awal flowchart. BEGIN #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 1. ARROW STIKOM 3 April 2017 1. ARROW Menyatakan arah proses yang bergerak dari satu simbol menuju simbol berikutnya. Pembacaan flowchart harus mengikuti arah panah yang keluar dari sebuah simbol. Penggambaran garis tanpa disertai arah panah merupakan kesalahan. Arah proses horisontal Arah proses vertikal #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 2. TERMINATOR END STIKOM 3 April 2017 2. TERMINATOR Menyatakan AWAL atau AKHIR flowchart. Keyword BEGIN untuk menyatakan awal flowchart. Keyword END untuk menyatakan akhir flowchart. END #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 3. PROCESS X 10 Y  A3 Z  P / Q STIKOM 3 April 2017 3. PROCESS Menyatakan proses yang terjadi secara internal di dalam komputer. Proses ini dilakukan TANPA campur tangan manusia. Seringkali berupa ekspresi matematika. X 10 Y  A3 Z  P / Q #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 4. INPUT/OUTPUT STIKOM 3 April 2017 4. INPUT/OUTPUT Digunakan untuk mencetak informasi ke layar ATAU meminta data dari user melalui keyboard. Keyword PRINT digunakan untuk mencetak informasi ke layar, diikuti dengan data yang akan ditampilkan. PRINT alamat$ #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 4. INPUT/OUTPUT STIKOM 3 April 2017 4. INPUT/OUTPUT Digunakan untuk mencetak informasi ke layar ATAU meminta data dari user melalui keyboard. Keyword PRINT digunakan untuk mencetak informasi ke layar, diikuti dengan data yang akan ditampilkan. Jika data yang akan ditampilkan lebih dari satu, pisahkan data-data tersebut dengan koma. PRINT alamat$, kodePos, gajiPokok, nilai #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 4. INPUT/OUTPUT STIKOM 3 April 2017 4. INPUT/OUTPUT Digunakan untuk mencetak informasi ke layar ATAU meminta data dari user melalui keyboard. Keyword INPUT digunakan untuk meminta data dari user melalui keyboard, diikuti dengan nama variabel yang akan menampung data tersebut. INPUT nama$ #3 STIKOM

INPUT nama$, nilaiUjian, Simbol pada Flowchart 3 April 2017 4. INPUT/OUTPUT Digunakan untuk mencetak informasi ke layar ATAU meminta data dari user melalui keyboard. Keyword INPUT digunakan untuk meminta data dari user melalui keyboard, diikuti dengan nama variabel yang akan menampung data tersebut. Jika data yang diminta lebih dari satu, pisahkan variabel-variabel penampungnya dengan koma. INPUT nama$, nilaiUjian, indeksKerja #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 5. DECISION STIKOM 3 April 2017 5. DECISION Digunakan untuk menyatakan pemilihan alternatif. Hasil dari keputusan adalah BENAR atau SALAH; tidak bisa keduanya terjadi secara bersamaan. Terdapat 2 (dua) panah yang keluar dari simbol ini. Benar Kondisi logika Salah #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 6. PREPARATION STIKOM 3 April 2017 6. PREPARATION Digunakan untuk menginisialisasi variabel. Digunakan juga sebagai sarana untuk menentukan tipe variabel. angka = 0 tulisan$ = “A” karakter$ = ‘A’ #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 7. LOOPING STIKOM 3 April 2017 7. LOOPING Digunakan untuk mem-block instruksi berulang. Proses update counter dilakukan secara otomatis satu-demi-satu. FOR x  1 TO n x #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 8. CONNECTOR STIKOM 3 April 2017 8. CONNECTOR Digunakan sebagai titik sambungan jika penggambaran flowchart terputus. Huruf yang tertera di dalam simbol ini menyatakan ID sambungan. ON-PAGE connector digunakan jika flowchart sambungan ditulis pada halaman yang sama dengan flowchart sebelumnya. A #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 8. CONNECTOR STIKOM 3 April 2017 8. CONNECTOR Digunakan sebagai titik sambungan jika penggambaran flowchart terputus. Huruf yang tertera di dalam simbol ini menyatakan ID sambungan. ON-PAGE connector digunakan jika flowchart sambungan ditulis pada halaman yang sama dengan flowchart sebelumnya. OFF-PAGE connector digunakan jika flowchart sambungan ditulis pada halaman yang berbeda dengan flowchart sebelumnya. A #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 9. SUB-PROCESS  procedure STIKOM 3 April 2017 9. SUB-PROCESS  procedure Sub-proses berjenis procedure diawali dengan keyword SUB. Akhir sub-proses diakhiri dengan keyword RETURN. SUB cetak() RETURN #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 10. SUB-PROCESS  function STIKOM 3 April 2017 10. SUB-PROCESS  function Sub-proses berjenis function diawali dengan keyword FUNCTION. Akhir sub-proses diakhiri dengan keyword RETURN diikuti dengan sebuah nilai balik. FUNCTION hitung() RETURN n #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 11. SELECTION STIKOM 3 April 2017 11. SELECTION Digunakan untuk mempermudah pembacaan alur percabangan yang terlalu banyak. Hanya untuk memeriksa variabel dengan nilai tertentu, bukan pada suatu sub-range. var Nilai 1 Nilai n Nilai 2 Action 1 Action 2 Action n #3 STIKOM

Simbol pada Flowchart #3 12. LAIN-LAIN STIKOM 3 April 2017 12. LAIN-LAIN Untuk simbol yang lain silahkan dibaca sendiri. MK ini hanya menampilkan beberapa simbol yang sering dipakai. #3 STIKOM

LATIHAN #3 STIKOM Perhitungan bangun geometri: LUAS dan VOLUME. 3 April 2017 Perhitungan bangun geometri: LUAS dan VOLUME. Menukar isi dua variabel. Menghitung umur seseorang ATAU tahun kelahiran seseorang. Menghitung nilai suhu dalam berbagai satuan: celcius, reamur, fahrenheit, kelvin. Menghitung nilai akhir mahasiswa jika diketahui nilai tugas, quis, uts dan uas serta bobot masing-masing nilai tersebut. Menghitung discount belanja pada sebuah supermarket. #3 STIKOM

End of slide 3 April 2017 Terima kasih #3 STIKOM