“... dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).”

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Materi Al Qur’an Hadits
Advertisements

PERANAN MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH QS AL BAQARAH AYAT 30
KEBUDAYAAN Keseluruhan perilaku manusia yang dipelajari
Bab IV Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah dan Hamba Alloh SWT
Manusia dan Agama.
AQIDAH Mmtc, ‘ 11.
Pertemuan Kedua Manusia dan Agama
Agama Islam Pertemuan ke-3.
Pendidikan Agama Islam
AL-ISLAM KEMUHAMMADIYAHAN
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
MAKNA LIMA SILA DALAM PANCASILA
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
Manusia dan Agama.
Ma’rifatul Insan Kompetensi Dasar : Mengetahui asal usul manusia
Kerangka Dasar Agama Islam Dan Ajaran Hukum Islam (Bagian Pertama)
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
S K I Konsep Kebudayaan Islam Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Indonesia
KEBUDAYAAN ISLAM ..
a. Kedudukan Akal dan Wahyu dalam Islam
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
AGAMA Agama merupakan bagian yang terpenting dalam kehidupan manusia. Agama berkaitan dengan kepercayaan-kepercayaan, keyakinan-keyakinan terhadap Tuhan.
MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
MANUSIA KEBUDAYAAN.
A. Manusia dan Alam Semesta
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
SISTEM POLITIK ISLAM.
Masyarakat Madani Nurhasan, M. Ag.
Manusia Dan Kebudayaan
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
ILMU BUDAYA DASAR Yanti Trianita S.I.Kom.
KEBUDAYAAN.
    
Pertemuan 1 Kebudayaan Matakuliah : G0542/Indonesian Culture & Society
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
KEBUDAYAAN Antarin Prasanthi.
Kebudayaan Minggu 4.
PENTINGNYA AGAMA DAN USAHA AGAMA
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
KONSEP TEORITIS AGAMA TENTANG BUDAYA DAN SENI
Karina Jayanti., S.I.Kom Ilmu Budaya Dasar
Assalamu’alaikum wr. wb
Ilmu dan Kebudayaan.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kebudayaan dan Masyarakat - 1
EKSISTENSI MANUSIA.
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
KONSEP TUHAN MANUSIA & ALAM
1. Latar Belakang Manusia disebut sebagai makhluk yang berbudaya tidak lain adalah makhluk yang senantiasa mendayagunakan akal budinya untuk menciptakan.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Definisi dan Konsep (Pertemuan Perkuliahan ke 11)
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
Kebudayaan.
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
Al Baqorah: 30 Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata:
MANUSIA, KEBUDAYAAN, DAN PERADABAN
Kesempurnaan Islam.
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
KEBUDAYAAN Heru Susetyo, SH. LL.M. M.Si.
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
BAB 2 PENCIPTAAN DUNIA DAN MANUSIA SERTA PERKARA TERPENTING
Kepentingan Mengenal Diri
Pertemuan 1 Kebudayaan Matakuliah : G0542/Indonesian Culture & Society
NILAI-NILAI AGAMA DAN BUDAYA YANG RELEVAN
BAB 2 MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK BUDAYA
KEBUDAYAAN WUJUD DAN UNSUR KEBUDAYAAN
Transcript presentasi:

“... dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).” (QS. An-Naml [27]:62) “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. Adz- Dzariyaat [51]:56) Manusia adalah... Hak dan Kewajiban

Manusia dan Alam... manusialingkunganiklim Ruh, Dzawq, Qalb, Aql, Nafs A l a m Budaya manusia “Manusia menghuni lingkungan binaan dan bertanggung jawab kepada Allah atas penegakan aktivitas hidup di dalamnya, apakah ia dapat menjaga, memelihara dan menumbuhkembangkan dengan adil hak-hak makhluk ciptaan lain di luar dirinya.”

PERBEDAAN IKLIM DAN LINGKUNGAN PERBEDAAN BUDAYA PERBEDAAN ARSITEKTUR

Sedangkan akal sendiri merupakan kemampuan untuk memodifikasi pikiran, sehingga kebudayaan dapat diartikan sebagai sesuatu yang berkaitan dengan akal. Budaya dan kebudayaan bila didefinisikan dari sudut pandang antropologi merupakan keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan cara belajar (Ronald, 2007). Hal ini mencakup seluruh kehidupan manusia sejak lahir sampai dengan mati. Budaya berasal dari kata buddhayah (jamak), buddhi (tunggal), dan budi yang berarti akal atau hal-hal yang bersangkutan dengan akal. Budaya adalah...

Sedangkan wujud dari budaya adalah ide atau gagasan, tindakan atau aktifitas, dan hasil karya atau artefak. Unsur-unsur kebudayaan menurut Koentjaraningrat adalah : •Bahasa •Sistem pengetahuan •Organisasi/Sistem sosial •Sistem peralatan hidup dan teknologi •Sistem mata pencaharian hidup (sistem ekonomi) •Sistem religi •Kesenian Unsur Budaya

MANUSIA MEMBUTUHKAN RUANG UNTUK TEMPAT HIDUP PERLINDUNGAN, MEMPERTAHANKAN HIDUP PERNAUNGAN Ruh, Dzawq, Qalb, Aql, Nafs PERKEMBANGAN RUANG DAN BENTUK A R S I T E K T U R MASYARAKAT BUDAYA ARSITEKTUR ARSITEKTUR ADALAH CERMIN KEBUDAYAAN Asal Mula Budaya Arsitektur...

Asal Mula Arsitektur dalam Perspektif Islam  Bangunan pertama yang didirikan di muka bumi ini bukanlah bangunan untuk kepentingan manusia SEMATA, melainkan bangunan tempat beribadah kepada Allah SWT, yaitu Ka’bah.  Ka’bah: Nabi Adam AS -> Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS -> Nabi Muhammad SAW.  Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang orang-orang yang benar!“ (QS. Al-Baqarah: 31)  “Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia” (QS. Ali Imran:96)  Madinah -> Masjid sebagai pusat hidup dan kehidupan

 Arsitektur bukan hanya bangunan tunggal, tetapi bangunan komunal  Rumah bukan sekedar hunian, tetapi wadah hubungan manusia dan Allah  Sebagai simpul dalam kesatuan sistem ruang dan visual kehidupan bersama dari skala mikro, meso/ketetanggaan s/d makro/kota (thawaf: masjid, rumah, maqam nabi)  Arsitektur bukan karya individual, tetapi karya komunal  Bukan hanya material (simbol), tetapi juga nilai (makna) Asal Mula Arsitektur dalam Perspektif Islam

“BAGI ORANG-ORANG TERDAHULU, TATA WILAYAH DAN TATA BANGUNAN ALIAS ARSITEKTUR TIDAK DIARAHKAN PERTAMA KALI DEMI PENIKMATAN RASA ESTETIKA BANGUNAN, TETAPI TERUTAMA DEMI PELANGSUNGAN HIDUP SECARA KOSMIS. ARTINYA, SELAKU BAGIAN INTEGRAL DARI KESELURUHAN KOSMOS ATAU SEMESTA RAYA YANG KERAMAT DAN GHAIB.” ROMO MANGUNWIJAYA, WASTU CITRA Setiap bentuk yang hadir dalam arsitektur di masa lalu merupakan interpretasi dari keyakinan mendalam nenek moyang kita terhadap suatu Dzat yang Maha Ghaib, maha Kuasa atas seluruh alam semesta. Arsitektur masa lalu Lebih ‘hidup’ dan ‘bernyawa’

Arsitektur masa lalu mengandung nilai-nilai luhur, antara lain :  Kesadaran manusia sebagai bagian tak terpisahkan, sekaligus sebagai penanggung jawab alam semesta (khalifatullah).  Kerendahhatian manusia, kesadaran akan keterbatasan diri di hadapan Allah SWT (abdullah).  Keseimbangan dalam pemenuhan kebutuhan hidup (hak) dan pelestarian lingkungan alam (kewajiban) Pencipta Alam Semesta Manusia Akidah Syariah Akhlaq