Algoritma dan Pemrograman
Masalah dan Program Program adalah kata, ekspresi, pernyataan, atau kombinasinya yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sedemikian hingga dapat dieksekusi oleh komputer Masalah harus computerized
Tahapan pembuatan program Analisis masalah Merancang algoritma Menyusun program komputasi atau implementasi Testing program
Menyusun program diperlukan bahasa pemrograman (programming language) bahasa pemrograman adalah suatu tatacara atau prosedur yang digunakan untuk menulis atau menyusun program Pemrograman (programming): proses mengimplementasikan algoritma dengan menyusun program komputasi dengan menggunakan bahasa pemrograman
Bahasa pemrograman Bahasa pemrograman mempunyai (1) syntax, (2) semantik Syntax : aturan gramatikal (tata bahasa) yang mengatur tata cara penulisan kata, ekspresi, pernyataan (statemen) dari bahasa pemrograman semantik : aturan-aturan yang berkaitan untuk menyatakan arti atau makna dari kata, ekspresi atau statemen bahasa pemrograman juga berfungsi sebagai alat komunikasi antara programmer (pembuat program) dengan komputer
Type bahasa pemrograman bahasa tingkat rendah (low level language). Bahasa tingkat menengah (middle level language). Bahasa tingkat tinggi (high level language). Bahasa berorientasi obyek (object oriented language).
Penerjemah Penerjemah berfungsi menerjemakan bahasa tingkat tinggi (yg dipahami manusia / programmer) ke bahasa mesin yg dipahami komputer. Ada dua jenis penerjemah : (1) interpreter, (2) compiler. Interpreter menerjemahkan bahasa dalam program selangkah demi selangkah (intruksi demi instruksi) ke dalam bahasa mesin sampai program selesai dibuat compiler menerjemahkan bahasa dalam program ke dalam bahasa mesin (object program) secara keseluruhan bila program telah selesai dibuat.
Algoritma algoritma : suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan komputer
Masalah Analisis Masalah Algoritma Implementasi Solusi
Ciri-ciri algoritma yg baik Mempunyai logika perhitungan yang tepat dalam memecahkan masalah Menghasilkan output yang benar dalam waktu yang sesingkat-singkatnya Banyaknya langkah (step) berhingga Selalu ada akhir setelah melalui sejumlah langkah tertentu atau ada kriteria berhenti Minimal ada satu output (hasil) Semua operasi-operasi yang diperlukan terdefinisi dengan jelas, dll
Flowchart (Diagram Alir) Dengan diagram alir : mengekspresikan algoritma yang ada dengan simbol-simbol tertentu diagram alir biasanya sudah mengikuti logika yang benar untuk kerja komputer untuk suatu program dari awal sampai akhir seperti: input data, proses, penyeleksian kondisi, perulangan, output
Simbol utk flowchart Terminal. Awal (mulai) dan akhir (selesai) Input, output Proses Percabangan / seleksi
Simbol utk flowchart Preparation, pemberian nilai awal Connector, pd halaman yg sama Connector, pd halaman berbeda Flow lines
start Input p, l Luas = p*l Kel = 2*p + 2*l output Luas, Kel Stop Diagram alir menghitung luas dan keliling persegi panjang
Mulai Mandi, Berpakaian Y Apel ? Nyamperin Pacar T Ngobrol, …, ☻♫$Ψλμ Nonton TV Tidur Pulang Selesai Diagram alir Acara Malam Minggu
Nasi, lauk, sayur, piring, sendok, Air minum, buah, susu Mulai Nasi, lauk, sayur, piring, sendok, Air minum, buah, susu Ambil nasi, lauk, sayur secukupnya Suapkan nasi ke mulut adik Nasi dipiring sudah habis ? Y T Adik Kenyang Selesai Diagram alir Menyuap Adik
Membangun Program Inisialisasi Input Proses Output
Struktur program Struktur urut (sequence) atau linear Struktur perulangan (looping) Struktur seleksi (decision) atau percabangan Kombinasi dari ketiga struktur di atas.
start Input p, l Luas = p*l Kel = 2*p + 2*l output Luas, Kel Stop Struktur Urut / Linear
Mulai Mandi, Berpakaian Y Apel ? Nyamperin Pacar T Ngobrol, …, ☻♫$Ψλμ Nonton TV Tidur Pulang Selesai Struktur Seleksi / Cabang
Nasi, lauk, sayur, piring, sendok, Air minum, buah, susu Mulai Nasi, lauk, sayur, piring, sendok, Air minum, buah, susu Ambil nasi, lauk, sayur secukupnya Suapkan nasi ke mulut adik Nasi dipiring sudah habis ? Y T Selesai Struktur Perulangan
Uji Coba dan Dokumentasi Melihat kebenaran program Petunjuk bagi pemakai