MENULIS SKENARIO KELAS FILM BOX OFFICE

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
3.
Advertisements

Oleh: Jordaan Eduard Ticoalu, 7.1 Bahasa Indonesia
SATU KATA dalam suatu TEAM WORK MENULIS LOGLINE
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
SAHABAT DI MUSIM MERIAM Oleh Putri 7.1.  Saya memilih judul ini karena waktu jaman itu, ada sepasang sahabat yang benar-benar tinggal saat jaman meriam.
Memahami pementasan drama
CERPEN.
Identitas Buku Judul Novel : Negeri 5 Menara Penulis : A. Fuadi
KEPEMIMPINAN: Pengantar -- Minggu I 1 KPM 750 SEPULUH PILAR KEPEMIMPINAN KPM 750 SEPULUH PILAR KEPEMIMPINAN Disajikan oleh MARGONO SLAMET.
BAB MENETAPKAN JUDUL DAN MERUMUSKAN MASALAH PENELITIAN
ATURAN ADAPTASI ATURAN : 1. ANDA TIDAK BERHUTANG APAPUN PADA TEKS ASLI 2. KALAU ADA BAGIAN YANG AKAN MENGHASILKAN CERITA BAGUS, BAGIAN TERSEBUT HARUS.
ANALISA NARATIF HSP.
Menanggapi Pementasan Drama
Bahan Ajar Bahasa Indonesia SMP Kelas IX
SMART IN S ATU KATA dalam suatu TEAM WORK S ATU KATA dalam suatu TEAM WORK M ENULIS LOGLINE M ENULIS LOGLINE A DA TUJUH PERTANYAAN POKOK A DA TUJUH PERTANYAAN.
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-3 M.SUYANTO
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO
Herdito Sandi Pratama, M.Hum Dari beberapa sumber
HIKAYAT.
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
NAMA : RAHMAT HIDAYAT AKKAS NIS : KELAS : XI IPA 1
Bahasa Indonesia SMA Kelas X Semester 2 Andri Yogastari
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
BERBICARA Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita Membahas cerita pendek melalui kegiatan.
MENULIS SKENARIO KELAS FILM BOX OFFICE (Richard Krevolin)
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO
PERTEMUAN XIII (TIGA BELAS)
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-4 M.SUYANTO
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN-2 M.SUYANTO
PRA PRODUKSI-1 M.SUYANTO
Kompetensi Dasar : 7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
Resensi Pertemuan 25 Matakuliah: O0054/Bahasa Indonesia Tahun: 2007.
MENULIS SKENARIO KELAS FILM BOX OFFICE
MENULIS SKENARIO SEKOLAHKU
TEKS ANEKDOT.
RAMBU-RAMBU PEMBELAJARAN
UNSUR-UNSUR SEBUAH RESENSI
Unsur Instrinsik dan ekstrinsik Novel
" Si Minem Beranak Bayi" ? 1. Bagaimana kesan yang anda dapat dari penggambaran lingkungan alam di sekitar desa pada awal cerita? 2. Bagaimana kesan ini.
NARASI.
MENULIS SKENARIO KELAS FILM KARTUN BOX OFFICE
TAHAP PENGEMBANGAN FILM KARTUN M.SUYANTO
Menulis skenario? Gampang, Kok!
UNSUR INTRINSIK & EKSTRINSIK PROSA (cerpen/novel)
Menemukan Ide dan Merumuskan Konsep
SANGGAR SKENARIO SANGGAR SKENARIO Layar Lebar
Mengatasi Kejenuhan Kerja
5 Pilar Pembentuk Disipilin Diri
Menemukan Ide dan Merumuskan Konsep
RAMBU-RAMBU PEMBELAJARAN DALAM MENULIS
Menganalisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
MENGOMENTARI BUKU CERITA YANG DIBACA
WACANA NARASI TUJUAN CIRI-CIR I LANGKAH MENULIS NARASI MENULIS NARASI POLAJENIS WACANA DESKRIPSI CIRI 2MACAM DESKRIPSI DESKRIPSI TAHAP PENULISAN WACANA.
MENULIS PARAGRAF NARASI
Kompetensi Dasar Memahami struktur dan kaidah teks novel, baik melalui lisan maupun tulisan.
KETERAMPILAN BERBAHASA.
REVIU FILM OLEH KELOMPOK 8.
Memahami Novel Remaja (Asli atau Terjemahan) Kelas VIII Semester II (Genap)
KETERAMPILAN BERBAHASA.
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
Unsur-unsur dalam Karya Sastra
CONTOH MEMBUAT KHOTBAH
KAWASAN SASTRA DAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN FIKSI
Menemukan Ide dan Merumuskan Konsep
KESEPAKATAN KELAS 8.1 ( PAK ) KBM PENDIDIKAN AGAMA = 80
Narrative Strategies.
Rizky aulia brilianti, S.hum., m.si.
Transcript presentasi:

MENULIS SKENARIO KELAS FILM BOX OFFICE M. SUYANTO

ATURAN ADAPTASI ATURAN : ANDA TIDAK BERHUTANG APAPUN PADA TEKS ASLI KALAU ADA BAGIAN YANG AKAN MENGHASILKAN CERITA BAGUS, BAGIAN TERSEBUT HARUS DIPERTAHANKAN, KALAU TIDAK, HARUS DISINGKIRKAN TOKOH UTAMA MENGHADAPI BERBAGAI RINTANGAN BERAT UNTUK MENGGAPAI CITA-CITANYA

RAHASIA LANGKAH PROSES ADAFTASI (PROF. KREVOLIN) SMART IN SATU KATA MENULIS SATU-DUA LOGLINE ADA TUJUH PERTANYAAN POKOK RAHASIA SKENARIO TAHAP-TAHAP CERITA SECARA RINGKAS INSYA ALLAH

PADA AKHIRNYA SEMUA FILM MENGERUCUT PADA SATU KONSEP : SATU KATA PADA AKHIRNYA SEMUA FILM MENGERUCUT PADA SATU KONSEP : SATU KATA NOVEL YANG ANDA ADAPTASI MUNGKIN BERHUBUNGAN DENGAN BANYAK TEMA DAN PERISTIWA, TETAPI SKENARIO YANG ANDA TULIS DARI NOVEL TERSEBUT HARUS DITELITI KEMBALI DAN DIREDUKSI MENJADI SATU KATA.

MENULIS LOGLINE LOGLINE : PLOT YANG DITUANGKAN DALAM SEDIKIT MUNGKIN KATA-KATA PLOT : SESUATU YANG LEBIH TINGGI DAN KOMPLEKS DARIPADA CERITA, MENGANDUNG UNSUR MISTERI, UNTUK MEMAHAMINYA MENUNTUK ADANYA UNSUR INTELGENSIA DAN KEJELASAN ANTAR PERISTIWA YANG DIKISAHKANNYA SERTA TIDAK SEKEDAR URUTAN TEMPORAL SAJA. CERITA : SEBUAH NARASI BERBAGAI PERISTIWA YANG SENGAJA DISUSUN BERDASARKAN WAKTU, MISALNYA PERISTIWA MENGANTUK KEMUDIAN TIDUR, MELIHAT WANITA CANTIK KEMUDIAN LANGSUNG JATUH CINTA TEMA : MAKNA YANG DIKANDUNG OLEH SEBUAH CERITA

CARA MUDAH MENULIS LOGLINE SANGAT SERING SEBUAH CERITA DIMULAI DENGAN DUA KATA ”BAGAIMANA JIKA?” UNTUK MEMBANGUN CERITA DITAMBAHKAN DUA KATA LAGI ”DAN KEMUDIAN?”, MISALNYA: BAGAMANA JIKA ASTEROID SEUKURAN NEGARA BAGIAN TEXAS MELUNCUR DENGAN CEPAT MENUJU BUMI DAN KEMUDIAN TIM PENGEBORAN MINYAK TERHEBAT DI DUNIA YANG DIPIMPIN BRUCE WILLIS HARUS MENGHENTIKANNYA DALAM WAKTU 72 JAM. JANGAN DIBERITAHU AKHIR CERITANYA

CONTOH LOGLINE TRUE LIES : SEBELUM PRIA ITU MENGAKU, SANG WANITA SEHARUSNYA TELAH MENGETAHUI APA YANG DILAKUKAN TEMAN LAKI-LAKINYA ITU” CITIZEN KANE : KISAH JATUH-BANGUN JUTAWAN SURAT KABAR CHARLES FOSTER KANE

ADA TUJUH PERTANYAAN SIAPAKAH TOKOH UTAMANYA? APA YANG DIINGINKAN/DIDAMBAKAN TOKOH UTAMA ? (APA MASALAH UTAMA YNG DIHADAPI TOKOH UTAMA) SIAPA/APA YANG MENGHALANGI TOKOH UTAMA UNTUK MENDAPATKAN YANG DIINGINKAN? (SIAPA/APA YANG TERLIHAT ANTAGONIS) BAGAIMANA PADA AKHIRNYA TOKOH UTAMA BERHASIL MENCAPAI APA YANG DICITA-CITAKAN DENGAN CARA YANG LUAR BIASA, MENARIK DAN UNIK? APA YANG INGIN ANDA SAMPAIKAN DENGAN MENGAKHIRI CERITA SEPERTI INI? (TEMA CERITA, UNSUR-UNSUR PEMADU FILM) BAGAIMANA ANDA MENGISAHKAN CERITA ANDA? (SIAPA YANG HARUS MENGISAHKAN CERITA ITU) BAGAIMANA TOKOH UTAMA DAN TOKOH-TOKOH PENDUKUNG LAIN MENGALAMI PERUBAHAN DALAM CERITA INI?

HARRY POTTER AND SORCERER’S STONE SIAPAKAH TOKOH UTAMANYA? HARRY POTTER APA YANG DIINGINKAN/DIDAMBAKAN TOKOH UTAMA ? HARRY INGIN MENDAPATKAN BATU BERTUAH UNTUK MENGALAHKAN VOLDEMORT, INGIN DICINTAI DAN MEMILIKI KELUAR, INGIN TAHU JATI DIRINYA DAN BERASAL DARI MANA SIAPA/APA YANG MENGHALANGI TOKOH UTAMA UNTUK MENDAPATKAN YANG DIINGINKAN? DRACO MALFOY, PROFESOR SNAPE, YANG UTAMA VOLDEMORT. HARRY DIHALANGI OLEH KAPASITAS DAN PENGALAMANNYA YANG MASIH KURANG BAGAIMANA PADA AKHIRNYA TOKOH UTAMA BERHASIL MENCAPAI APA YANG DICITA-CITAKAN DENGAN CARA YANG LUAR BIASA, MENARIK DAN UNIK? BEKAS LUKA DI DAHI SENJATA MEMATIKAN VOLDEMORT, SEMANGAT YANG GIGIH DAN JIWA PEMBERANI APA YANG INGIN ANDA SAMPAIKAN DENGAN MENGAKHIRI CERITA SEPERTI INI? CINTA DAN KELUARGA DAPAT MENAKLUKKAN SEGALANYA BAGAIMANA ANDA MENGISAHKAN CERITA ANDA? DENGAN SUDUT PANDANG ORANG KETIGA, TANPA FLASHBACK, TANPA NARASI DENGAN MUSIK YANG DIGUNAKAN UNTUK MENEKANKAN TEMA, ADEGAN DAN POLA BAGAIMANA TOKOH UTAMA DAN TOKOH-TOKOH PENDUKUNG LAIN MENGALAMI PERUBAHAN DALAM CERITA INI? HARRY BELAJAR UNTUK MENCINTAI DAN PERCAYA PADA DIRINYA SENDIRI, HERMIONE BERUBAH DARI KUTU BUKU YANG SELALU MENTAATI PERATURAN MENJADI SEORANG YANG BERSAHABA, RELA MEMPERTARUHKAN KEPENTINGAN AKADEMISNYA

Unsur-unsur Pemadu film DIAGRAM SCENE Latar belakang Judul dan Pengarang Unsur-unsur Pemadu film Judul Babak I Judul Babak II Judul Babak III Awal Cerita Tema Titik balik Titik Tengah Titik Balik Klimaks

DIAGRAM SCENE Harry Potter and The Sorcerer’s Stone Orang tua Harry dibunuh Voldemort Harry Potter and The Sorcerer’s Stone karya Steven Kloves Sapu terbang, Kekuatan gaib,Keluarga, persahabatan Judul Babak I Judul Babak II Judul Babak III Penemuan Hogwarts Melawan kekuatan jahat Harry bisa berbicara dengan seekor ular di kebun binatang Hagrid menemukan Harry di dalam pondok di tengah pulau Membiasa- kan diri dengan kehidupan di Hogwarts Harry memiliki bakat alami menaiki sapu terbang Harry dan timnya memenangi pertanding- an Quidditch Harry dan cermin Tarsah Tanaman Jerat Setan dan Kunci- kunci terbang Pertanding- an catur dan kemenang- an Ron Kedatangan surat panggilan dari Hogwarts di rumah kel. Dursley Cinta dan Keluarga dapat mengalahkan segalanya Harry menembus tembok, dan menaiki Hogwarts Express Harry, Hermione dan Ron menghadapi Troll gunung Menemukan rahasia bagaimana mengalahkan Fluffy Harry mengalahkan Voldermort di ruang bawah tanah sekolah

SASARAN BABAK I MILIKI SEBUAH PREMIS YANG MENARIK, MEMILIKI KEKUATAN DAN SEGAR, ORANG YANG MENJUAL FILM HARUS MEMAKAI KALIMAT TUNGGAL DALAM MEMPROMOSIKANNYA PASTIKAN PEMBACA MEMIHAK TOKOH UTAMA DAN TOKOH PENDUKUNGNYA,SEBALIKNYA MEMBENCI MUSUH TOKOH UTAMA. ANDA ADALAH PERAJUT MIMPI JANGAN BANYAK MEMPERKENALKAN TOKOH BARU DALAM WAKTU YANG TERLALU CEPAT, MULAI CERITA DARI TOKOH UTAMA, IKUTI DIA DAN AKHIRI CERITA DENGAN DIA HARUS ADA SATU HAL YANG AMAT PENTING YANG DIPERTARUHKAN, ADA RESIKO BESAR PANCING PENONTON DENGAN MASALAH POKOK DALAM CERITA ANDA MASUKKAN KEJADIAN YANG MERANGSANG EMOSI PENONTON PERJELAS SASARAN TOKOH UTAMA, PERJELAN APA YANG MENYEBABKAN TOKOH UTAMA UNTUK MERAIHNYA CARILAH MOMEN YANG MENARIK YANG MEMBELOKKAN CERITA KE ARAH BARU, YANG MENGUBAH KEHIDUPAN TOKOH UTAMA DAN MENGANTARKAN KITA KE BABAK II GENRE FILM HARUS JELAS, TIDAK ADA RUANG UNTUK FILM KOMEDI HISTORIS SEKALIGUS ROMANTIS UNTUK REMAJA, DALAM SEBUAH FILM KOMEDI TIDAK BOLEH ADA BANYAK KEMATIAN, KECUALI KEMATIAN ITU LUCU.

SASARAN BABAK II BANGUN CERITA ANDA, AMBIL RESIKO DI BABAK I DAN TINGKATKAN, KONFLIK HARUS BERKEMBANG LEBIH KUAT DAN TAJAM. BALIKKAN HARAPAN-HARAPAN, HARUS MEMAKSA TOKOH UTAMA UNTUK MENGAMBIL RESIKO LEBIH BESAR BERIKAN RINTANGAN DAN KESULITAN YANG LEBIH TINGGI DAN MENANTANG YANG MENGHALANGI TOKOH UTAMA UNTUK MENDAPATKAN APA YANG IA INGINKAN. JANGAN MEMBOSANAKAN, JANGAN TERLALU BANYAK BICARA GUNAKAN KALIMAT RINGKAS BERMAKNA, UNGKAP KEDALAMAN JIWA TOKOH UTAMA MASALAH POKOK DALAM BABAK INI HARUS MENCERMINKAN SESUATU YANG DAHSYAT. JAGALAH SENANTIASA NUANSA PENUH BAHAYA, ANCAMAN DAN KETEGANGAN JANGAN MENULIS DIALOG SECARA BERLEBIHAN SANG TOKOH UTAMA HARUS MENDAPATI DIRINYA BERADA DALAM SITUASI LEBIH BURUK PADA AKHIR BABAK. DIA HARUS BERADA DI TITIK KRITIS TOKOH UTAMA ANDA HARUS MEMPUNYAI AGENDA YANG JELAS DAN JUGA TOKOH ANTAGONIS ANDA, SEHINGGA MEMPUNYAI SIMPANGAN (AMPLITUDO) YANG BESAR.

SASARAN BABAK III BABAK INI HARUS TERASA SEPERTI SUATU DESAKAN YANG MENGALIR BEGITU CEPAT MENUJU AKHIR CERITA, JANGAN SAMPAI TERJADI KESALAHAN JADIKAN MOMEN TERBESAR DALAM FILM ANDA SEBAGAI TITIK KLIMAKS, ANDA HARUS MENGETAHUI KLIMAKSNYA SEBELUM MENULIS SEKENARIO, MENULIS DARI BAGIAN AKHIR DAN KEMBALI KE BAGIAN AWAL (RAHASIA MENULIS SKENARIO) ANDA PERLU MEMILIKI KESADARAN DAN PENYELESAIAN, HAL YANG TAK MEMILIKI TUJUAN HARUS DIBUANG. PENYELESAIAN YANG JELAS ADALAH HASIL KEPUTUSAN POSITIF ATAS KRISIS YANG DIHADAPI DAN KEPUTUSAN TERSEBUT MEMBERI KEKUATAN PADA TOKOH UTAMA UNTUK MENGGAPAI SUKSES PADA KLIMAKS FILM. PASTIKAN ANDA MENDEFINISIKAN DENGAN JELAS ATURAN-ATURAN DUNIA ANDA, ADEGAN-ADEGAN DARI AWAL HINGGA AKHIR KONSISTEN JAGALAH SENANTIASA NUANSA PENUH BAHAYA, ANCAMAN DAN KETEGANGAN

TAHAP-TAHAP CERITA SECARA RINGKAS MISAL TAHAP-TAHAP CERITA SECARA RINGKAS ADA 50 ADEGAN POKOK, MAKA : BABAK I : 15 ADEGAN BABAK II : 25 ADEGAN BABAK III : 10 ADEGAN

INSYA ALLAH HANYA DENGAN IJIN ALLAH, KITA AKAN SUKSES MEMBUAT SKENARIO, KARENA SEGALA KEKUATAN HANYA MILIK ALLAH SEMATA.

SELAMAT MENJADI SMART SCRIPTWRITER