Mengapresiasi Musik Non Tradisional

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PEMERINTAH KABUPATEN INDRAMAYU DINAS PENDIDIKAN
Advertisements

TEKNIK BERMAIN PERAN (DRAMA)
BERPIDATO TANPA TEKS DENGAN LAFAL, INTONASI, NADA, DAN SIKAP YANG TEPAT
BAHAN AJAR VI Tata Dekorasi, banyak unsur-unsur pendukung untuk keberhasilan suatu penataan ruang. Salah satu diantaranya unsur dekorasi ruang yang meliputi.
“Hasil Studi Etnografi”
Penjasorkes Jaka Tumuruna SMAN 11 Yogyakarta. Penjasorkes Jaka Tumuruna SMAN 11 Yogyakarta.
Lompat Jauh Penyusun/Editor : Mohardi SMA Negeri 1 Batam
DERET II Kelas XII IPA /IPS Semester 1. DERET II Kelas XII IPA /IPS Semester 1.
Bentuk Pangkat Kelas X semester 1 Penyusun : WAWAN QOMARUDDIN, S.Pd
MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK SD KELAS I-III
Musik Nanggroe Aceh Darussalam
MUSIK NUSANTARA By Sabina Arlien.
MUSIK TRADISIONAL BETAWI
Memahami pementasan drama
Rela Berbagi – Ikhlas Memberi
MENYIKAPI PRO-KONTRA PEMBAHASAN NOTASI BALOK PADA BAHAN AJAR MUSIK UNTUK SEKOLAH RITA MILYARTINI.
KOMPOSISI MUSIK PERKUSI
Seni Tari Kelas XII IPS/Bhs
Apresiasi Wayang Orang
Seni Budaya Musik dan Unsur-unsurnya
Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis musik
MATERI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
SENI TEATER.
Mengapresiasi Karya Seni Tari
PARAGRAF ARGUMENTASI Kelas X Semester 2. PARAGRAF ARGUMENTASI Kelas X Semester 2.
Seni Tari Kreasi - Kelompok
TATA ARTISTIK 1: PENATAAN PANGGUNG
APRESIASI KARYA Seni Rupa Indonesia SMA Kelas XII Semester 2
SENI TARI SMA NEGERI 1 PURWOREJO Tahun ajaran 2013/2014.
Seni musik SMA Kelas XI Semester 1. Jurusan : IPA/IPS
Media Pembelajaran Tujuan Kompetensi Topik Topik Topik Topik Materi Belajar Materi Belajar Materi Belajar Materi Belajar Proses Berkarya Proses Berkarya.
Program : IPA/IPS/Bahasa
Kompetensi Dasar Standar Kompetensi
Seni budaya musik dan unsur-unsurnya
DRS. CIPTO BUDY HANDOYO, M.PD.
PERGELARAN MUSIK Pengertian : kegiatan menampilkan hasil karya musik kepada orang lain. Fungsi pergelaran : Media aktualisasi diri dari pencipta karya.
ARANSEMEN MUSIK.
BERKARYA DALAM MUSIK.
Keunikan Lagu Nusantara
PENGERTIAN SENI MUSIK DAN UNSUR-UNSURNYA
Berdasarkan Sumber Bunyi
BAB V TEMA, TOPIK DAN JUDUL.
Operasi Matriks Kelas XII IPA/IPS Semester 1 SK / KD INDIKATOR MATERI
DRAMA Senada dengan film, drama adalah karangan yang berbentuk dialog/percakapan antara pemainnya. Dialog dalam drama tidak jauh berbeda dengan percakapan.
OLEH: Drs. Wien Pudji Priyanto
Pengantar Apresiasi Seni
Musik Krumpyung Seperti sudah garis nasib, yang namanya seni musik tradisional cenderung makin menipis peminatnya. Musik krumpyung yang mengandalkan instrumen.
M.U.S.I.K oleh : wing w pandu
Sejarah MUSIK INDONESIA
PENGERTIAN KURIKULUM Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman.
STRUKTUR KARYA DESAIN INTERIOR
BAGI GURU SEKOLAH DASAR
TATA RUANG DALAM MODUL PRAKTIKUM.
ARRANSEMEN DISUSUN OLEH WING W PANDU
SENI TARI DASAR SENI TARI.
MENGAPRESIASIKAN KARYA SENI MUSIK
Kelas XII Semester 1 Guru Mapel: Deni Widi Arianto, S.Pd
Kreasi musik Kelas XI.
Jika waktu Diberanikan dengan Ujian, Maka Tuhan akan memberikan
MEMBUDAYAKAN SENI BUDAYA DAERAH BANJAR: SALAH SATUNYA MADIHIN
Assalamu’alaikum wr.wb
Membuat Lagu Sederhana FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
SENI MUSIK (Musik Diatonis dan Lagu Wajib/Lagu Nasional)
MATA KULIAH PENDIDIKAN SENI MUSIK FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Kreasi musik Kelas XI.
PENGERTIAN SENI MUSIK DAN UNSUR-UNSURNYA KOMPETENSI Mahasiswa mampu menjelaskan definisi seni musik, dan menyebutkan serta menjelaskan unsur-unsur seni.
PENGERTIAN SENI MUSIK DAN UNSUR-UNSURNYA KOMPETENSI Siswa mampu menjelaskan definisi seni musik, dan menyebutkan serta menjelaskan unsur-unsur seni musik.
Seni Musik Seni Budaya L. Januar Hari Saputra
Seni Musik Nusantara Seni Budaya L. Januar Hari Saputra, S.Pd
SENI MUSIK BY REJOICE SHARONNE KARUNDENG. PENDAHULUAN siapa yang tidak mengenal musik. pastinya kebanyakan dari anda setiap hari mendengarkan lantunan.
Transcript presentasi:

Mengapresiasi Musik Non Tradisional SMA Kelas X Semester 2 psb-psma Ikhlas berbagi rela memberi

3. Mengapresiasi karya seni musik. 3.2. Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukkan musik non tradisional setempat.

Mendeskripsikan jenis-jenis musik non tradisional setempat. Mendeskripsikan unsur / elemen musik non Tradisional setempat. Mendeskripsikan karya musik non tradisional setempat. Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional, secara perorang atau kelompok.

Musik non tradisional : Jenis-jenis musik non Tradisional setempat. Unsur/elemen musik non Tradisional setempat. Karya-karya musik non Tradisional setempat. Pergelaran musik non Tradisional

Musik Non Tradisional A. Musik Keroncong Ada dua sejarah mengenai muculnya musik keroncong, yaitu : Berkembang setelah kedatangan bangsa Portugis ke Indonesia. Diciptakan oleh mantan budak Portugis, yaitu kelompok madjiker (merdeka) asal India, sejak zaman pembebasan oleh VOC (1661).

Jenis Musik Keroncong KERONCONG ASLI Contoh : Keroncong Moritzku. LANGGAM KERONCONG Merupakan pantun berbahasa Indonesia, dengan pola lagu A-A-B-A (tema-tema-variasi-rema). Bagian B sering juga disebut refren. Contoh : Bengawan Solo, Rindu Malam, Dewi Murni, Solo di Waktu Malam.

LANGGAM JAWA Merupakan pantun berbahasa Indonesia. Pencipta terkenal : Anjar Any (2000 lagu). Contoh : Yen ing Tawang, Lara Branta. STAMBUL CHA-CHA (Satmbul I, II , III) Yaitu musik keroncong dengan irama cha-cha. Contoh : Keroncong Kemayoran. POP KERONCONG (keroncong beat) Yaitu musik keroncong dengan iringan alat musik pop. Penngarang terkenal : Kusbini, Gesang, Maladi, Abdul Gani, R.Sutejo S.Dharmanto.

B. Musik Campur Sari Campursari dalam dunia musik nasional Indonesia mengacu pada campuran (crossover) beberapa genre musik kontemporer Indonesia. Nama campursari diambil dari bahasa Jawa yang sebenarnya bersifat umum. Musik campursari di wilayah Jawa bagian tengah hingga timur khususnya terkait dengan modifikasi alat-alat musik gamelan sehingga dapat dikombinasi dengan instrumen musik barat, atau sebaliknya. Dalam kenyataannya, instrumen-instrumen 'asing' ini 'tunduk' pada pakem musik yang disukai masyarakat setempat: langgam Jawa dan gending.

C. Musik Gambus Musik Gambus adalah musik yang musik yang dibawa peranakan Arab dari Hadramaut (Yaman). Musik Gambus ini merupakan musik yang lebih menjurus ke ekstra Melayu. Musik Gambus biasa digunakan untuk memeriahkan pesta perkawinan, terutama perkawinan orang keturunan Arab atau Melayu

Alat Musik Keroncong Gitar melodi Ukulele Banyo Flute Cello Stringbass Biola

Penyanyi Musik Keroncong Gesang, Waljinah, Bram Titaley, Mus Mulyadi, Mamiek Slamet, Sundari Sukoco.

Pelopor Musik Keroncong

Ciri Khas Musik Keroncong Cengkok Yaitu gaya pembawaan dalam menyanyikan lagu keroncong atau nada tambahan (ornamen) sebelum sebuah nada dibunyikan pada akhir suku kata.

Apresiasi Musik Keroncong

Apresiasi Musik Keroncong

Cara Mencipta atau Membuat Aransemen Langkah-langkah atau kerangkanya ialah sebagai berikut: 1) mengenal/menentukan kalimat lagu; 2) menentukan harmoni, termasuk bass; 3) menentukan intro dan koda; 4) menentukan melodi pokok; 5) menulis seluruh melodi; 6) menulis harmoni atau akord serta bassnya secara keseluruhan. Cara membuat atau menulis komposisi lagu ialah sebagai berikut: 1) menentukan judul lagu; 2) menentukan nada dasar; 3) menentukan birama; 4) menentukan melodi ( not angka / balok / akord); 5) menentukan pola irama; 6) membuat syair atau kalimat lagu; 7) mencantumkan nama pencipta atau arranger.

Menulis Syair Lagu (Kalimat lagu ) Menulis syair lagu atau lirik lagu yang disebut juga dengan kalimat lagu merupakan bagian dari menulis nyanyian (song writing). Menulis nyanyian tersebut adalah bagian dari komposisi. Penulis lagu dalam bahasa Inggris disebut composer. Setiap komposisi dengan syair lagu mencirminkan kuat karakter dan jiwa penggubahnya,atau merupkan ungkapan batin dari penggubah (pencipta) . Mengungkapkan perasaan yang diekspresikan dalan bentuk tulisan syair (kalimat lagu) tersebut dipengaruhi keadaan, kondisi, situasi, dan lingkungan tempat penggubah dan penulis berada: hal ini disebut gaya.

Ketentuan pembuatan syair lagu, antara lain sebagai berikut. 1. Syair tidak tersendat-sendat dan harus mengalir 2. Bentuk sajak dapat berupa: a. bentuk bebas ( tanpa sajak ) ; b. sajak asli dan homofoni; c. dimulai dengan huruf awal yang sama ( aliterasi ) sajak pada beris ke-1 dan ke-3 ; ke-2 dan ke-4. 3. Memperhatikan tata bahasa seperti : analogi, metafora, personifikasi dan alegori. 4. Pemenggalan kata pada kalimat dengan benar . Contoh : ma-in, am-boi, de-ngan, ba-rang, som-bong, bang-sa, ul-tra, in-stu-men, ikh-las, si-nam-bung, te-lun-juk, me-rasa-kan, bio-grafi.

Pergelaran musik di kelas dengan menampilkan kreasi sendiri dan orang lain secara individu atau kelompok Menyusun Acara Pergelaran : Supaya jalannya pergelaran pertunjukan musik dapat berjalan lancar sesuai yang kita kehendaki, perlu dibuat susunan acara. Untuk membuat susunan acara penampilan musik harus diketahui dengan jelas tentang : kapan waktu pelaksanaan ditentukan, yaitu hari, tanggal, jam yang digunakan, serta durasi waktu selama penampilan (disebutkan dengan menit); jenis lagu-lagu dan musik apa yang akan disajikan. Nama (judul) lagu dan karya musik serta nama-nama penyanyi atau pemain musik yang membawakan lagu-lagu dan musik tersebut; urutan acara dari awal hingga akhir dan penampilan jumlah waktu (menit) yang digunakan. Selain itu diperlukan pembawa acara atau protokol (presenter). Seorang pembawa acara atau MC harus dapat membagi waktu dengan baik, menguasai publik, mempunyai suara ( vokal ) yang jelas, enak didengan dan tegas.

Teks susunan acara dibuat sebagai berikut. Isi (sederhana), poin-poin penting saja yang di tulis, sedangkan uraian kata diserahkan kepada protokol dengan kreatifitasnya. Lebih rinci, diberi uraian dengan format serta pembagian waktu yang rinci (jumlah menit). Disertai nama-nama pemain dan nama lagu/karya seni yang dibawakan. Susunan Acara Pergelaran Musik Kelas Pembukaan dan kata pengantar oleh ketua panitia Musik instrumental Paduan suara Menyanyikan lagu-lagu karya cipta sendiri Menyanyikan lagu-lagu daerah, pop Indonesia, dan Barat Vokal duet dan trio dengan iringan musik Penampilan solo gitar, solo organ, solo biola, atau memainkan tunggal alat-alat musik yang lain Lagu penutup Susunan ini diperlukan kreatifitas pembawa acara ( improvisasi ).

Menata Ruangan Menata ruang yang baik (ideal) mencakup beberapa aspek, antara lain sebagai berikut. Keindahan (estetis) tercakup didalamnya rapi, teratur, bersih, dan rajin. Kenyamanan Supaya penonton dan pemain merasa nyaman, dalam ruang perlu ada: ventilasi udara yang cukup atau AC atau kipas angin sehingga udara segar (tidak panas), dan ada ventilasi sinar matahari sehingga apabila pergelaran dilakukan siang hari tampak terang dan bila malam hari diperlukan lampu. Artistik Ruang yang baik, disamping indah, nyaman, atau sehat sebaiknya juga artistik atau punya nilai seni. Hal ini bisa dibuat dangan pengaturan hiasan ruang atau dekorasi ruang (interior) yang baik. Seperti pembuatan hiasan atau dekorasi panggung pentas, hiasan dinding, hiasan pot tumbuhan atau bunga, hiasan lampu, hiasan gantung atau lampion, dan hiasan lain yang punya nilai seni sehingga penonton menjadi kerasan atau tidak bosan.

Contoh : Denah Gedung Pertunjukan Keterangan : Panggung pemain Tempat ganti pakaian pemain pa/pi Toilet (WC ) Gudang Loket penjualan tiket Ruang Panitia (Petugas) Tamu undangan/VIP Undangan Kelas I Undangan Kelas II Pintu masuk Pintu keluar Tempat parkir roda dua perempuan laki-laki

Denah Pergelaran Musik Kelas Keterangan : Panggung pergelaran Pemain Tamu undangan atau guru Penonton putra Penonton putri Protokol (MC) Petugas Soundn system Layar dekorasi Alat musik Salon atau pengeras suara pintu

Denah Bentuk Komposisi Pergelaran yang Lain : Bentuk Panggung Melengkung ( Tapal Kuda ) Keterangan : Panggung atau pemain Alat musik atau sound system Penonton duduk melingkar Boleh tidak menggunakan panggung, Pemain musing cukup di lantai dan penonton duduk di lantai. Bentuk ini disebut arena.

Bentuk Panggung Berhadapan Keterangan : Panggung atau pemain Pembawa acara (MC) Tempat penonton pi Tempat penonton pa Sound system Pintu

Bentuk Panggung Persegi Empat Keterangan : Panggunmg Penonton Sound system Pintu

Gaya Pada teori vokal terdapat empat macam gaya lagu sebagai berikut : 1. Gaya Staccato Musik atau lagu yang bebas lepas membuat jiwa menjadi berkobar dan bersemangat penuh heroisme. 2. Gaya Rubato Mengikuti irama dan perasaan lagu dengan penuh ekspresi dan penjiwaan dengan santai namun dengan improvisasi dalam menambah atau mengurangi kalimat lagu dengan tidak meninggalkan kaidah pokok. Gaya ini dapat memberikan warna musik khusus.

3. Gaya Marcato 4. Gaya Legato Merupakan teknik permainan alat musik yang dapat menimbulkan kesan tegas, menonjol, dan bersemangat. Ucapan lirik ( syair ) lagu kata-katanya dengan diberi tekanan-tekanan tegas, dan berkobar. 4. Gaya Legato Gaya ini diterapkan pada musik-musik lembut (smooth), melankolis, manis, dan mampu melukiskan suasana yang tenang, tentram, dan damai. Hubungan kata-kata yang satu dengan lainnya selalu bersambung (legato), dan diperlukan teknik teknik pernafasan yang prima.

Nursantara, Yayat. Seni Budaya untuk KMA Kelas X. Penerbit Erlangga Nursantara, Yayat. Seni Budaya untuk KMA Kelas X. Penerbit Erlangga. Jakarta: 2007 Nursantara, Yayat. Seni Budaya untuk KMA Kelas XI. Penerbit Erlangga. Jakarta: 2007 Nursantara, Yayat. Seni Budaya untuk KMA Kelas XII. Penerbit Erlangga. Jakarta: 2007 CV. Pustaka Record, Langgam Jawa “Gesang” Pustaka : 2008 Harry D Fauzi. Seni Budaya untuk SMK Kelas X. Penerbit Armika. Bandung: 2007 Situs INternet

Nama : MIFTAKODIN Instansi : SMA Negeri 11 Yogyakarta Email : miftakodin@yahoo.com

Anda yakin akan keluar ? YA TIDAK