BAHASA PEMROGRAMAN JAVA

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Mendapatkan Input dari Keyboard
Advertisements

Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek
Pemrograman Berorientasi Objek (Project)
- PERTEMUAN 3- INHERITANCE
Praktikum Bahasa Pemrograman
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
Praktikum OOP Pengenalan Java Nana Ramadijanti Laboratorium Computer Vision Politeknik Elekltronika Negeri Surabaya PENS-ITS 2009.
Graphic User Interface
MATA KULIAH : PEMROGRAMAN 3 JAVA PROGRAMMING (JSE)
Mendapatkan input dari keyboard
Mendapatkan Input dari Keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Pemrograman Berorientasi Objek
Koneksi Database Java dan Access
- PERTEMUAN 4 - PERULANGAN
Object Oriented Programming with JAVA 2011/2012
MEMBUAT CLASS SENDIRI. Pada akhir pembahasan, peserta diharapkan mampu untuk :  Membuat class  Mendeklarasikan atribut dan method untuk class  Menggunakan.
Pengenalan JAVA dan Pemrograman Berorientasi Objek
OOP Java Minggu 2b Dasar OOP. Class (1) Deklarasi class : [ *] class { [ *] } Cat : [] = optional, * = repeat 0-N.
Pertemuan 6 PEWARISAN AND POLYMORPHISM
Pertemuan 1 Apakah Java Itu ? ASWAR R..
JAVA APPLET Creating Web Application using Java Applet Introduction to Java (1 st part)
Mendapatkan input dari keyboard
Kelas A dapat memiliki referensi ke obyek dari kelas- kelas lain sebagai anggota. Kadang-kadang disebut sebagai hubungan “has-a”. Sebagai contoh, sebuah.
DASAR MENGUASAI NETBEANS
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Materi 1: Konsep Pemrograman Berorientasi Objek Kelas dan Objek
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
DASAR PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Objek-Oriented Programming (OOP)
Pengenalan Java Pertemuan Ke-1.
MODUL – II MEMBUAT PROGRAM SEDERHANA
Pemprograman Berorientasi Objek
Pengorganisasian Class
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pengenalan dan Struktur Java (Statement Output)
BAB ENCAPSULATION ( Enkapsulasi )
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
BAB 1 PACKAGE (PAKET) Pokok bahasan : 1. Pembuatan paket 2.
MODIFIER JAVA.
Array dan Argumen Baris Perintah
Mendapatkan input dari keyboard
KELAS DAN OBJEK BAGIAN I Pertemuan 6.
MEMBUAT CLASS SENDIRI 2.
JAVA Mudah dipelajari jika telah mengenal konsep OOP, terbuka (open source) dan mudah dikembangkan SEDERHANA KEUNGGULAN JAVA AMAN Dibuat dengan pertimbangan.
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMROGRAMAN DASAR DI JAVA
DASAR PEMROGRAMAN KOMPUTER
Pengenalan Program Java
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
INPUT DARI KEYBOARD Pertemuan 4 Muhamad Haikal, S.Kom,. MT.
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
PACKAGE.
JAVA.
Dasar-Dasar Pemrograman
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom
Konsep Bahasa Pemrograman I Konsep OOP
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan input dari keyboard
ALGORITMA DAN BAHASA PEMROGRAMAN JAVA
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Mendapatkan Input dari Keyboard
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
Pemrograman Berorientasi Objek
Mendapatkan Input dari Keyboard
Pemrograman Berorientasi Objek
Transcript presentasi:

BAHASA PEMROGRAMAN JAVA Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur

Pendahuluan Sejak 1994 java sudah dikenal secara luas. Appletnya telah mengubah dunia internet menjadi semakin menarik. Java juga dapat digunakan untuk membuat berbagai aplikasi GUI (Graphical User Interface) yang dapat berjalan di berbagai sistem operasi (multi platform). Untuk pembuatan aplikasi GUI, java telah menyediakan kumpulan kelas di dalam Java Foundation Class (JFC), dengan user interface yang dinamakan SWING. Selain itu java juga mempunyai kelebihan-kelebihan, antara lain: Mudah dipelajari (khususnya bagi programmer yang telah terbiasa dengan bahasa yang memiliki sifat berorientasi objek seperti C++) Penulisan kode yang lebih baik Mudah didistribusikan dan di update Mudah dalam pemeliharaan dan pengembangan karena berientasi objek, sehingga kita tidak harus membedah isi program untuk mengubah dan mengembangkan program dengan skala yang lebih besar

Pendahuluan Dibawah ini gambaran dasar-dasar sebuah class di bahasa pemrograman java : /* komentar */ import paket; class namaKelas{ tipe-data namaVariabel 1; … tipe-data namaVariabel n; tipe-data namaMethod1(parameter){ perintah-perintah di method 1; } perintah-perintah di method n;

Pendahuluan Dari bentuk umum di atas, terlihat bahwa class terbagi menjadi dua bagian besar, yakni deklarasi variabel dan deklarasi methode. Biasanya pada setiap class ada methode main, tapi sesungguhnya kita perlu mendeklarasikan methode main hanya jika class yang bersangkutan menjadi titik awal program yang kita buat. Slide berikut adalah contoh program sederhana.

Program01 import javax.swing.*; class pesan{ String pesan1; } class helloWord{ public static void main(String args[]){ pesan a, b; a = new pesan(); b = new pesan(); a.pesan1 = "Selamat Datang"; a.pesan2 = "Di Java"; b.pesan1 = "Selamat!!!"; b.pesan2 = "Anda sudah berhasil membuat program pertama"; JOptionPane.showMessageDialog(null, a.pesan1+" " +a.pesan2); JOptionPane.showMessageDialog(null, b.pesan1+" " +b.pesan2);

Keterangan Program Baris pertama adalah pemanggilan package swing Baris kedua adalah pendeklarasian class pesan, yang terdiri berisi dua variabel yakni pesan1 dan pesan2 yang bertipe String Baris keenam adalah pendeklarasian class helloWord, di dalamnya terdapat methode main, karena class helloWord merupakan class yang dijalankan pertama kali. Di dalam methode main dideklarasikan 2 variabel a dan b yang bertipe data pesan. a dan b berisi alamat yang merujuk ke object pesan. Baris berikutnya adalah membuat instance dari a dan b dengan perintah new pesan(). Baris berikutnya kita mengakses dan mengubah nilai instance a dan b dengan perintah a.pesan1 dan a.pesan2, serta b.pesan1 dan b.pesan2 Selanjutnya kita menampilkan pesan dengan JOptionPane.showMessageDialog(null, a.pesan1 +” “+a.pesan2) Untuk meng-compile program, buka command prompt, kemudian arahkan ke folder dimana program disimpan, lalu ketikkan: javac namaFile.java Setelah di-compile akan dihasilkan 2 buah file ber-extention pesan.class dan helloWord.class class yang di-run adalah class yang di dalamnya ada methode main. Untuk me-run program ketikkan: java helloWord

Hello Word Hasil eksekusinya seperti gambar di bawah ini: Setelah di klik tombol OK, akan tampil pesan lagi, seperti gambar di bawah ini: