BAB II PENGERTIAN ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Algoritma dan Pemrograman
Advertisements

Bab 1 PENDAHULUAN.
Dosen : Rinci Kembang Hapsari, S.Si
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
STRUKTUR PERULANGAN Perulangan adalah instruksi yang dapat mengulang sederetan Instruksi secara berulang-ulang sesuai persyaratan yang ditetapkan. Struktur.
STATEMENT KONDISI Adalah perintah yang memungkinkan
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
PERTEMUAN 6 Algoritma Presented by : Sity Aisyah, M.Kom
Struktur Dasar Algoritma
Introduction to Algorithm and Programming
ALGORITMA Lecture Pengulangan.
PENGANTAR ALGORITMA PUTRA PRIMA NAUFAL, S.ST masputra.net.
Pengertian Algoritma Sebuah algoritma merupakan deskripsi pelaksanaan suatu proses, dimana algoritma disusun oleh sederetan langkah instruksi yang logis.
ALGORITMA DEFINISI & FLOWCHART
Algoritma Dasar Dalam membuat suatu program komputer, menyusun algoritma adalah langkah pertama yang harus dilakukan Dalam membuat algoritma dapat digunakan.
STATEMENT PENGULANGAN
Sumber Kepustakaan : yohananugraheni.files.wordpress.com/.../7_struktu... 1 Struktur Perulangan.
ALGORITMA PSEUDOCODE Pertemuan Ke-2 Meilia Nur Indah Susanti, ST.,MKom
Algoritma dan Struktur Data
Pengantar Algoritma dan pemograman
Pemograman 1 Pertemuan 6.
Algoritma & Pemrograman 1B JAVA
Struktur Kendali Perulangan pada C
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
PERTEMUAN 2 PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA.
Algoritma Pemrograman
Algoritma dan Pemrograman
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
Rifky Kurniawan, S.Kom, MTI
Pengulangan Bambang Irawan.
Dasar-dasar Pemrograman
PERTEMUAN I PENGANTAR ALGORITMA
ALGORITMA & PEMROGRAMAN I-A
KELOMPOK 02 ALOGARITMA PEMOGRAMAN TAHUN AJARAN
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Pengantar Pemrograman Basis Data (PPBD)
Dasar-dasar Algoritma Dan Representasi Algoritma
KONSEP DASAR PEMROGRAMAN
PERULANGAN C++.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Pemrograman Visual I Outline: Kondisi dan Aksi Selection Statement
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Algoritma dan Pemrograman
PERTEMUAN 9-11 STATEMENT PENGULANGAN
Aliran Kendali (Flow Control)
PROG.STUDI PEND.FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Looping (Perulangan).
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN (PERTEMUAN 2)
BAB VI Pengulangan.
Pseudocode – Tipe Data, Variabel, dan Operator
Pengulangan Bambang Irawan.
Perulangan (LOOPING)   Jika dibandingkan dengan computer, manusia mempunyai kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah manusia tidak mampu melaksanakan.
STRUKTUR DASAR LANJUT PERTEMUAN 5.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN Struktur Algoritma
Algoritma dan Pemrograman I Dosen : Utami Dewi Widianti
Introduction to Algorithm and Programming
Oleh : UMMU ZAHRA ALGORITMA.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
STATEMENT PENGULANGAN
DASAR PEMROGRAMAN Anita Qoiriah ..
PENGENALAN ALGORITMA Materi 1.
Pengantar Algoritma dan pemograman
PROG. STUDI FISIKA UIN ALAUDDIN MAKASSAR
Introduction to Algorithm and Programming
LOGIKA & ALGORITMA KONSEP ALGORITMA & FLOWCHART M. Febriansyah, ST., MT.
STRUKTUR DASAR ALGORITMA
Dasar Pemrograman Percabangan Nurul Anisa Sri Winarsih, M. CS
FONDASI PEMROGRAMAN & STRUKTUR DATA #2 - 2
Konsep Algoritma Pemrograman
Transcript presentasi:

BAB II PENGERTIAN ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2.1. Langkah-Langkah Pembuatan Program 2.2. Bahasa Pemrograman 2.3. Kompilasi dan Eksekusi 2.4. Merekam Program

2.1. Langkah-Langkah Pembuatan Program Algoritma Bahasa Pemograman Bahasa Mesin Operasi - Baca - Tulis - Hitung - Perbandingan - dll. Masalah Diagram Alir Interpretasi CPU Kompilasi Translate

Algoritma Algoritma : adalah suatu urutan perintah yang menyatakan bagaimanan memecahkan suatu masalah khusus. Berdasarkan Pengertian Algoritma, dapat disarikan : Semua program komputer adalah algoritma Semua pendekatan untuk memecahkan masalah komputer menggunakan algoritma Ditentukan secara eksak (tepat) agar tidak ragu melakukan langkah berikutnya. Jumlah langkah harus terbatas. Tidak bergantung pada Bahasa Pemrograman

Konstruksi Algoritma Setiap Algoritma dibangun atas : Runtunan (sequence) Pemilihan (selection) Pengulangan (repetition)

1. Runtunan (sequence) Algoritma merupakan suatu runtunan dari satu atau lebih instruksi, berarti : Tiap instruksi dikerjakan satu-persatu Dilaksanakan tepat sekali Urutan instruksi dilaksanakan sesuai dengan urutan aksi pada algoritma Akhir instruksi terakhir merupakan akhir algoritma

2. Pemilihan (Selection) Pemilihan berarti menentukan proses yang dilakukan jika kondisi terpenuhi. Ada kalanya suatu aksi hanya dilakukan bila memenuhi persyaratan atau kondisi tertentu. Pengujian dilakukan untuk mengetahui apakah persyaratan dipenuhi atau tidak, artinya menentukan kondisi boolean (bernilai 1 (true=benar) atau 0 (false=salah)).

3. Pengulangan (Repetition) Struktur pengulangan : Kondisi Pengulangan, yaitu ekspresi boolean yang harus dipenuhi untuk melaksanankan pengulangan. Kondisi dapat dinyatakan secara eksplisit oleh pemogram, atau secara implisit (dikelola sendiri oleh komputer). Badan (body) pengulangan, yaitu satu atau lebih aksi yang akan diulang. Inisialisasi, yaitu aksi yang dilakukan sebelum pengulangan dilakukan pertama sekali Terminasi, yaitu aksi yang dilakukan setelah pengulangan selesai dilaksanakan. Catt. : poin 3 dan 4 hanya bersifat opsional, tidak selalu harus ada.

Diagram Alir (Flow Chart): Mengetahui jalannya program Tanda (simbol) yang mempunyai arti tertentu Rangkaian perintah-perintah seperti iterasi / kontrol Simbol yang digunakan mengacu pada simbol yang dimiliki Ms Word : AutoShapes

Contoh : Masalah : Bagaimana Membuat Program Hukum II Newton ? Diagram Alir : Deklarasikan variabel F, m, dan a bertipe real Masukkan Nilai m dan a Hitung F = m * a Tampilkan harga F

Diagram Alir (Flowchart) Mulai Float F, m,a; Masukan : m, a Hitung F Tampilkan F Selesai

Algoritma + Struktur Data = Program 2.2. Bahasa Pemrograman Bahasa Pemrograman : Sekumpulan urutan (sintaks) untuk menulis suatu program   Algoritma + Struktur Data = Program Bagian Data : Deklarasi variabel (tempat menyimpan di memori) Bagian Instruksi : Sederetan instruksi (kode) yang akan dilaksanakan mikroprosesor secara sekuensial.

Bahasa Pemrograman Bahasa Pemrograman yang digunakan : Borland C++Builder Kemampuan C++ Builder Object Oriented Programing (OOP) Case sensitif Visual Level Design Level Coding

2.3. Kompilasi dan Eksekusi Program Program Bahasa C Preprocessor Compiler Assembler Linker Program yang Dapat Dieksekusi (*.EXE)

Terminologi dalam Kompilasi dan Eksekusi 1. Kesalahan Sintaks : Kesalahan tatabahasa, terjadi jika penulisan program tidak sesuai dengan aturan penulisan dari bahasa pemrograman yang dipakai, dapat dideteksi oleh compiler. 2. Kesalahan Lojik : Program tidak memberikan hasil sesuai dengan yang seharusnya direncanakan pada spesifikasi, tidak terdeteksi compiler, program harus diperiksa oleh programmer atau pemakai.

3. Debugging : Proses untuk mencari kesalahan sintaks dan kesalahan-kesalahan lain untuk menhasilkan program yang benar, dilakukan oleh programmer. 4. Testing : Program sudah benar dalam tahap Debugging, program dicoba dengan data buatan yang mencakup semua kelas data dalam spesifikasi, pemakai harus dilibatkan. 5. Running : Mengeksekusi program dengan komputer.

2.4. Merekam Program Identifikasi Pengamanan Pustaka (Koleksi) Penyimpanan Ekonomi (Nilai Jual)