NETWORK PLANNING
Rasional penggunaan analisis network Analisis network digunakan pada proyek tunggal. Teknik ini dibantu oleh diagram network. Dalam diagram network dapat membedakan kegiatan awal dengan kegiatan lanjutannya, kegiatan yang dilakukan serentak atau yang harus menunggu. Dapat diketahui interelasi dan interdependensi antar_kegiatan. Dapat dihitung alokasi waktu untuk penyelesaian proyek secara normal, dan prediksi percepatan penyelesaian proyek.
Prosedur analisis network Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek. Memprediksi alokasi waktu untuk setiap kegiatan. Merancang urutan dan saling ketergantungan antar_kegiatan. Membuat diagram network
Ketentuan pembuatan diagram network Menggunakan simbol baku. Alur diagram menuju ke arah kanan. Diawali oleh satu event dan berakhir pada satu event pula. Tidak ada perpotongan tanda panah ataupun arah yang bersifat loop (memutar). Di antara dua event yang sama, hanya ada satu tanda panah. Panjang-pendeknya tanda panah tidak meng- gambarkan durasi kegiatan. Nomor event pada pangkal panah < akhir panah
Makna simbol dalam diagram network: Node = EVENT (Peristiwa) Arrow = ACTIVITY (Kegiatan) Dummy = KEGIATAN SEMU (Penghubung peristiwa)
Memiliki durasi yang dibutuhkan untuk penyelesaian aktivitas tersebut. Bagian 1 (sebelah kiri): Digunakan untuk memberi nomor urut peristiwa; Bagian 2 (sebelah atas): Digunakan untuk menghitung EET (earliest event time = saat paling awal) Bagian 3 (sebelah bawah); Digunakan untuk menghitung LET (latest event time = saat paling lambat) 2 1 3 Memiliki durasi yang dibutuhkan untuk penyelesaian aktivitas tersebut. Tidak memiliki durasi, hanya diguna-kan untuk menghubungkan peristiwa.
CONTOH DIAGRAM NETWORK B 3 5 Artinya: Kegiatan A membutuhkan waktu 5 hari, dan jika telah selesai maka akan dilanjutkan dengan kegiatan B yang akan berlangsung selama 3 hari.
CONTOH DIAGRAM NETWORK 1 A C 3 4 5 10 B 3 2 Artinya: Kegiatan A membutuhkan waktu 5 hari, sedangkan kegiatan B membutuhkan waktu 3 hari. Kegiatan A dan B dapat dimulai pada saat yang berbeda, dan jika keduanya telah selesai maka akan dilanjutkan oleh kegiatan C yang akan berlangsung selama 10 hari.
LATIHAN 1: Promosi Produk Jenis Kegiatan Kode Keg. Keg. seblm Durasi Mengembangkan desain advertensi A - 10 hr Menghubungi media B 4 hr Membuat model jingle iklan C 8 hr Menyediakan bahan-bahan untuk advertensi D 5 hr Mengurus perijinan E 7 hr Membuat iklan sesuai desain F 15 hr Uji coba tampilan jingle iklan G E, F 2 hr Mengirimkan naskah dan file iklan H 3 hr
Pengerjaan Latihan 1: 14 31 E B A 4 7 10 38 43 G 40 H 10 10 C 38 40 43 2 31 E B A 4 7 10 38 43 G 40 H 1 5 10 6 7 10 C 38 40 43 2 3 8 F 18 15 3 D 23 18 4 23 5
LATIHAN 2: PROMOSI PRODUK JENIS KEGIATAN Kode Awal Durasi Biaya TK Mengembangkan rencana adevertensi A - 8 30 Juta 4 Merencanakan media advertensi B 5 60 juta 12 Mengembangkan copy advertensi C 11 120 juta Menyiapkan bahan promosi D 2 80 juta 40 Menyiapkan produk untuk advertensi E 10 100 juta Mengadakan kampanye pra promosi F 7 70 juta Memilih manajer toko yg akan melatih G 3 40 juta 14 Mengadakan program latihan H 9 87 juta Pengenalan akhir di toko-toko I G, H 50 juta 13 CATATAN: Durasi dalam satuan hari, biaya dalam rupiah, TK (tenaga kerja) dalam orang-hari.
LATIHAN 3: BUAT CONTOH SEBUAH PROYEK IDENTIFIKASI KEGIATAN YANG DIBUTUHKAN PREDIKSI ALOKASI WAKTUNYA PERTIMBANGKAN URUTAN DAN SALING KETERGANTUNGAN (INTERDPENDENSI) ANTAR KEGIATAN BUAT DIAGRAM NETWORKNYA
Pengerjaan Latihan 2: 23 29 D G E 23 B 23 A 8 I 36 8 F 36 H 23 C 23 4 2 (80jt) 40 org 13 o G E 23 2 3 (40 jt) 14 org 3 B 13 10 (100jt) 10 org 23 A 5 (60 jt) 12 org 8 I 36 1 32 8 (30 jt) (4 org) o 6 7 8 F 32 36 7 (70 jt) 10 org 4 (50jt) 13 org H 9 (87 jt) 10 org 23 C 5 11 (120jt) 11 org 23
CRASH PROGRAM Cash Program dimaksudkan untuk mempercepat waktu penyelesaian proyek, dengan cara memperpendek atau memperbanyak lintasan kritis. Tenaga kerja dan alat yang menganggur di lintasan non kritis dialihkan ke lintasan kritis. Pemindahan tenaga dan alat dibatasi sampai titik jenuh (optimum size), sejalan dengan prinsip The Law of diminishing return.
CONTOH CRASH PROGRAM DARI TABEL DI ATAS Keg No. event Durasi Biaya Tenaga Kerja Hari dikrgi Tamb Biaya Biaya percptan Norml Cepat A 0-1 8 5 30 34 4 3 1,33 B 1-2 60 63 12 16 2 1,5 C 1-5 11 10 80 76 1 6 D 2-4 40 42 43 E 2-3 7 50 53 F 2-5 120 122 0,5 G 4-6 87 89 14 15 H 5-6 9 56 13 I 7-8 54