IT603 Ramos Somya.  Mahasiswa mampu memahami konsep dan penerapan komputasi mobile dan aplikasinya.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
06PEM KELOMPOK 8 HARI CAHYA NUGRAHA RATU DEWI AYU M ALENA RIZKI TEDDY MARZEN S ZUAGERI ADHIRAHMANA
Advertisements

Pemrograman Internet Basis Java
Review C/C++ & Intro to Java Pemrograman Berorientasi Obyek IT209.
MIDP, MIDLet & Antar Muka J2ME
Kelas A & B Jonh Fredrik Ulysses STMIK PALANGKARAYA - JFU
PENGANTAR KOMPUTER & TI 1A
JAVA Network Programming. Apa itu JAVA? ● Bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystems sejak tahun ● Dikembangkan.
H. Risdiandri Iskandar, SKom,MM 1 PENGENALAN JAVA 2 ME.
MIDlet User Interface (3) As’ad Djamalilleil
Komponen Class Item (2) As’ad Djamalilleil
Struktur Kode Program MIDlet As’ad Djamalilleil
PENGERTIAN KOMPUTER Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung.
Oleh: Ali Ridho Barakbah
Pemrograman Internet Basis Java
Web Teknologi 3 (MKB721C) Minggu 2 Page 1 MINGGU 2 Web Teknologi 3 (MKB721C) Pokok Bahasan: –Midlet –User Interface Tujuan Instruksional Khusus: Agar.
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
MIDlet User Interface (2) As’ad Djamalilleil
Instalasi JME & Uji Coba As’ad Djamalilleil
Sistem Terdistribusi Silabus & Tatib Perkuliahan Evangs Mailoa.
Komponen Class Item (1) As’ad Djamalilleil
PERTEMUAN 3 PEMROGRAMAN API Java API mudafiqriyan.com.
Mendapatkan input dari keyboard
Struktur Kode Aplikasi Java (1)
Object Oriented Programming (OOP)
Mobile Application.
Pemrograman Berorientasi Objek
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
Nama : Dwi Nur Aini NPM Fakultas Ilmu Komputer & Teknologi Informasi
Pengenalan Java dan Object-Oriented Programming
J2ME, Configuration & Profile
Basis Data pada J2ME RECORD MANAGEMENT SYSTEM (RMS)
MIDP (MIDlet) dan Tools
PEMOGRAMAN APLIKASI BERGERAK (Java ME)
APLIKASI TES IQ DENGAN MENGGUNAKAN JAVA 2 MICRO EDITION PADA PERANGKAT MOBILE 1. PENDAHULUAN.
PERTEMUAN KE 2 JAVA SERVER PAGES (JSP) BY : TITO SUGIHARTO
H. Risdiandri Iskandar, SKom, MM
Mobile Device & J2ME Oleh : Oman Somantri, S.Kom
By Dwija Wisnu Brata Your Incrediable J2ME. J2ME ? Java 2 Micro Edition adalah pengembangan bahasa Java yang disesuaikan agar mampu berjalan di perangkat.
Pengantar & Dasar Pemrograman Java Oleh :Yeka Hendriyani, M.kom
Pengenalan Pemrograman Java
PERANCANGAN PUSH-TO-TALK OVER BLUETOOTH (POB) PADA TELEPON SELULER
Konsep Pemrograman dan Paradigmanya
Mobile Computing 2 SKS Dedy Alamsyah, S.Kom..
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Java Micro Edition (J2ME)
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Sistem Operasi Terdistribusi
PENGENALAN JAVA.
Pengantar Client Server
Networking Belajar bagaimana menerapkan sebuah MIDlet yang mempunyai kemampuan koneksi ke dalam jaringan Membuat koneksi HTTP, HTTP Redirects, HTTPS,
Pengaksesan Jaringan (Connection)
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Mobile Computing Dan Aplikasinya
Pengantar Teknologi Mobile
Pemrograman berorientasi objek
PERTEMUAN KE 1 PENGENALAN J2EE BY : TITO SUGIHARTO
Struktur Kode Program MIDlet
Dasar Pemrograman MIDlet
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
Pengembangan Aplikasi Mobile
MENGENAL SISTEM OPERASI MOBILE
Pengenalan Pemrograman Mobile.
Mobile Teknologi Pertemuan 3 Agung Brastama Putra.
Mobile Teknologi Pertemuan 2
JSF Java Server Faces.
JAVA.
MOBILE TECNOLOGY (J2ME)
PEMOGRAMAN BERERIENTASI OBJEK
Pengenalan J2ME, Configuration & Profile
SISTEM OPERASI & MANAGEMENT FILE
Transcript presentasi:

IT603 Ramos Somya

 Mahasiswa mampu memahami konsep dan penerapan komputasi mobile dan aplikasinya.

 Pemrograman Berorientasi Obyek (IT209).

 Pengenalan tentang karakteristik dan proses pengembangan dari komputasi mobile.  Pengenalan karakteristik jenis-jenis platform mobile (Symbian, Java, Windows CE)  Arsitektur aplikasi mobile dengan Symbian, Java dan Windows CE.  Manajemen memori  Kokurensi dan pengaturan resource  Aplikasi mobile commerce  Aplikasi layanan SMS, EMS dan MMS  Pengenalan Pemrograman WAP, 3G dan Bluetooth

 TAS: 30%  Tugas: 20%  Makalah: 20%  Presentasi: 10%  Asisten: 20% Nilai AngkaNilai Huruf >= 80 A >= 75 AB >= 65 B >= 50 BC >= 45 C >= 40 CD >= 35 D < 35 E

 J2SE – Java 2 Platform, Standard Edition :: Aplikasi dekstop  J2EE – Java 2 Platform, Enterprise Edition :: Aplikasi enterprise dengan fokus pada pengembangan sisi web server (servlet, JSP, JSF, EJB, dll)  J2ME – Java 2 Platform, Micro Edition :: Perangkat mobile  Smart Card

 Ukuran yang kecil  Memori yang terbatas  Daya proses yang terbatas  Mengkonsumsi daya yang rendah  Kuat dan dapat diandalkan  Konektivitas yang terbatas  Masa hidup yang pendek

 Arsitektur J2ME terdiri dari Configuration dan Profile yang membentuk Java Runtime Environment.  Configuration terdiri dari Virtual Machine dan Application Programming Interface (API), menyediakan runtime dasar aplikasi J2ME, fitur keamanan dan jaringan.  Profile merupakan library tambahan untuk suatu kelas tertentu pada sebuah perangkat. Profile menyediakan User Interface (UI) dan messaging library.

 Optional Package merupakan library tambahan yang menyediakan kemampuan tambahan pada aplikasi J2ME. Misalnya bluetooth API untuk koneksi bluetooth.

 Jadi, configuration menggambarkan library dasar, suatu configuration J2ME menggambarkan suatu komplemen yang minimum dari teknologi JAVA.  Suatu profile menggambarkan set-set tambahan dari API.

 CLDC (Connected Limited Device Configuration) menyediakan fitur bahasa Java dan Virtual Machine, Library Dasar (java.lang.*, java.util.*), Input/Output (java.io.*), keamanan dan jaringan.  Karakteristik perangkat CLDC: - Memory minimal 192kb untuk platform Java. - Prosesor dengan 16 atau 32 bit. - Mengkonsumsi sedikit daya. - Koneksi terbatas  Contoh perangkat: pager, cell phone dan smart phone.

 CDC (Connected Device Configuration) adalah super set dari CLDC yang menyediakan lingkungan Java runtime yang lebih luas dibandingkan CLDC dan lebih dekat kepada lingkungan J2SE. Library: java.net, java.security, java.text  Karakteristik perangkat CDC: - Memori minimal 256kb  Contoh perangkat: communicator, screen phone dan set top box.

 MIDP (Mobile Information Device Profile) Anda tidak bisa menulis aplikasi mobile hanya dengan menggunakan CLDC API. Anda harus tetap memanfaatkan MIDP yang mendefinisikan UI.  Karakteristik perangkat MIDP: - ukuran layar 96x54 - inputan : keyboard atau touchscreen - 256kb  implementasi MIDP - 8kb  application - 128kb  Java Runtime - Jaringan : 2 jalur, wireless & bandwidth terbatas. - Sound: memampuan memainkan tone/nada.

 Mendukung persistant Storage (Record Management System)  Mendukung High Level dan Low Level User Interface  Mendukung Networking

 Media API  Game API  Networking (datagram dan socket)  Push Technology  OTA (Over The Air)

 Suatu aplikasi MIDP disebut MIDlet.  MIDlet adalah bagian dari packag javax.microedition.midlet. Sebuah MIDlet harus di-extend dengan class MIDlet.  Siklus Hidup Midlet:

 Active  Pause  Destroyed Ketiga state tersebut didefinisikan sbb:

import javax.microedition.midlet.*; public class extends MIDlet { public (){ } public void startApp(){ } public void pauseApp(){ } public void destroyApp(boolean unconditional){ }

 Di Java, terdapat AMS (Application Management Software) yang bertugas mengatur siklus hidup Midlet  mengatur create, start, pause, dan destroy sebuah Midlet.  Kehidupan MIDlet dimulai ketika di-instantiate oleh AMS.  AMS memanggil constructor public tanpa argumen dari MIDlet  jika terjadi exception  destroyed()  MIDlet masuk ke dalam status “Active” atas pemanggilan method startUp() oleh AMS.  MIDlet masuk ke dalam status “Destroyed” ketika AMS memanggil method destroyApp().

 Aplikasi-aplikasi MIDlet dibungkus dan dikirim kedalam perangkat sebagai MIDlet suites.  Sebuah MIDlet suite terdiri dari Java Archive (JAR) dan sebuah tambahan Java Application Descriptor (JAD).