TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 10

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 6 Multimedia.
Advertisements

RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
P ENGANTAR M ULTIMEDIA ASEP DEDEN RAHMAT S., ST..
S1 Teknik Informatika Disusun Oleh Dr. Lily Wulandari
Peralatan teknologi informasi
Dasar-dasar multimedia
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.. PENDAHULUAN SEJARAH MULTIMEDIA:  Istilah Multimedia berawal dari teater, bukan dari komputer.  Pertunjukkan yang memanfaatkan.
TEKNOLOGI MULTIMEDIA.
Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika
1 Pertemuan 12 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY. 2 Multimedia Kebutuhan Perangkat Keras Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Interaksi Manusia dan Komputer
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Memahami etimologi multimedia
Elemen Multimedia R.M. Mahrus H. Efendi.
Teknologi Informasi Multimedia
PENGANTAR TEKNIK INFORMATIKA
Pemrograman multimedia
ANAK USIA TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA APLIKASI CD INTERAKTIF MELUKIS DAN MEWARNAI UNTUK for further detail, please visit
Pertemuan 1 Pengenalan Multimedia
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Dasar-dasar Multimedia
Pengantar Multimedia Nurochman.
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Oleh: Muhammad Yogie Latansa Kelas PTIK 4
PTIK 10 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY
UNIT 1 Pengembangan APLIKASI MULTIMEDIA
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
Pengantar Teknologi Informasi
ANIMASI 3D PADA ARCHICAD
Pengantar TI 2015/2016 PENGANTAR MULTIMEDIA.
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Memahami etimologi multimedia
Interaksi Manusia dan Komputer
MEDIA PEMBELAJARAN KUIS BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8.0
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
M2. Produksi konten Multimedia 1
Pemrogaman Multimedia : Dasar Multimedia
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK UKM BERBASIS MULTIMEDIA
KOMPUTER ANIMASI & PRODUKSI MULTIMEDIA
MULTIMEDIA Pert. 1.
Definisi hardware input
Interaksi Manusia dan Komputer
I WAYAN ORDIYASA, S.KOM, M.T.
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
MATERI PERANTI MASUKAN BAB 3
Grafika komputer 1.
Memahami Klasifikasi dan Karakteristik Media Pembelajaran
Memahami etimologi multimedia
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
PELATIHAN VIDEO EDITING UNTUK PROMOSI PRODUK UKM
Animasi dan Suara Pertemuan 02
M.Fauzi Josua Tangke Gigih Yudha
desain multimedia dasar
ANALISA DAN PERANCANGAN
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
STMIK AKAKOM YOGYAKARTA
This presentation uses a free template provided by FPPT.com ETIMOLOGI MULTIMEDIA Oleh : Putrie Fortuna RGP.
Perkembangan Multimedia Masa Depan
tujuan Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia
Komponen input dan output komputer
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia Mahasiswa mengetahui perkembangan terkini dari multimedia Mahasiswa mengetahui manfaat teknologi multimedia.
Transcript presentasi:

TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 10 NAMA : PUTRI ARIESTA AYU KINASIH NIM : 41812120188 FAKULTAS : ILMU KOMPUTER PROGRAM STUDI : SISTEM INFORMASI multimedia

Multimedia Yang dimaksud multimedia adalah interaksi antara suara, gambar statis, animasi dan video (Perry,1994). Ditinjau dari kata-kata pembentuknya, multimedia berarti “melibatkan berbagai media”. Dengan menggunakan multimedia, informasi dapat ditampilkan secara serentak melalui berbagai media. Anda bisa melihat informasi pada layar baik merupakan teks ataupun gambar dan video dan pada waktu yang bersamaan anda dapat mendengarkan paparan melalui suara dengan speaker.

Aplikasi Multimedia Tabel Aplikasi multimedia Aplikasi Keterangan Presentasi bisnis Multimedia digunakan sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke audien. Pelatihan berbasis computer(CBT/Computer Based Trianing) Multimedia digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang penguetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh,CBT digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara seperti ini, tidak hanya tata cara membersihkan busi yang dapat di visualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi ditest juga diperdengarkan Pendidikan Multimedia digunakan dalam program-program permainan untuk membentuk suasana yang lebih menarik dan interaktif. Hiburan Multimedia digunakan memvisualisasikan pelajaran-pelajaran yang sulit diterangkan dengcara konvensional Penyajian Informasi Multimedia dapat Dipakai untuk membentuk enslikopedia atau kamus yang melibatkan teks, gambar, dan suara. Selain itu multimedia juga memungkinkan penerbitan elektronis baik dalam bentuk buku maupun Koran Kios interaktif Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai pada tempat-tempat umum. Pemakai dapat berinterakasi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi Telekonferensi Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan ke masing-masing komputer pemakai yang digunakan Tabel Aplikasi multimedia

Kebutuhan Perangkat Keras Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling tidak memiliki komponen yang disebut kartu suara(sound card), sepasang speaker, dan mikropon. Kartu suara adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio Speaker adalah piranti untuk menyajikan suara Mikropon adalah piranti untuk menerima suara manusia Tetapi umumnya komputer pada masa sekarang telah dilengkapi dengan komponen-komponen tersebut.

Gambar Berbagai peralatan dalam aplikasi multimedia

Elemen-Elemen Multimedia Teks Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik yang menggunakan model baris, perintah ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font maupun ukuran. Suara Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu misalnya untuk memperdengarkan cara untuk melafalkan sebuah kata dalam bahasa inggris Format Ekstensi Keterangan AIFF .aif Kepanjangannya adalah Audio Interface File Format, nerupakan standar berkas suara tersampel pada komputer Apple. AU .au Format suara yang pertama kali dikembangkan oleh Sun. Terkenal dilingkungan UNIX MIDI .mid Kepanjangannya adalah Musical Instrument Digital Interface, merupakan format suara Yang khusus untuk menyimpan instrumen musik. Tidak biasa untuk suara MP3 .mp3 Format umum yang digunakan untuk lagu WAVE .wav Format suara yang biasa dipakai untuk windows. WMA .wma Kepanjangan adalah Windows Media Audio, merupakan berkas suara yang mempunyai kualitas seperti CD tetapi dengan ukuran berkas hanya dari setengah dari ukuran berkas mp3 Tabel Format Berkas suara pada computer.

Elemen-Elemen Multimedia Gambar Statis Umumnya gambar disimpan dengan cara di mampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan eksternal. Ada dua teknik yang digunakan yaitu yang pertama dinamakan teknik lossless dan yang kedua teknik lossy. Teknik pemanpatan Lossy adalah teknik yang memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan cara seperti ini, gambar dapat dimampatkan sekecil mungkin (terlihat dalam ukuran berkas). Teknik pemampatan Lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengangambar aslinya. Animasi Animasi berarti teknik untuk membuat gambar yang bergerak. Contoh, dapat dilihat pada layar secara berturut-turut dan bergantian, maka akan terkesan adanya harimau yang sedang berlari.

Elemen-Elemen Multimedia 5. Video Format Keterangan AVI Kepanjangan adalah Audio/Video Interleaved. Merupakan standar video pada lingkungan Windows. Ekstentsi : .avi MOV Format ini dikembangkan oleh Apple. Merupakan format video yang paling bnyak digunakan Web. MPEG Kepanjangan adalah Motion Picture Expeerts Group. Merupakan format untuk video yang biasa digunakan dalam VCD Tabel Format berbagai video pada komputer.

Perangkat Lunak Untuk Menciptakan Program Multimedia Perangkat lunak yang secara khusus ditunjukkan untuk membuat aplikasi multimedia authoring system. Beberapa contoh yang tergolong sebagai authoring software yaitu Authoware, Quest, Icon Author, dan Multimedia Director. Virtual Reality Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk perancang obat, arsitek, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktifitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya

Piranti Virtual Reality Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan Walter. Glover adalah piranti masukkan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan kesistem virtual reality. Headset adalah piranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. Walker adalah peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki. Cara Kerja Virtual reality Cara kerja system virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realities. Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh system dan system memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis

Aplikasi Virtual Reality Format Aplikasi Manufaktur Pelatihan Pengujian rancangan Prototype semu Analisis engineering Analisis ergonomik Simulasi semu dalam perakitan, produksi, dan pemeliharaan Arsitektur Perancangan gedung dan struktur lainnya Militer Pelatihan (pilot, astronot, pengemudi) Simulasi peperangan Kedokteran Pelatihan Pembedahan (melalui simulasi) Percangan pembedahan Terapi fisik Penelitian/Pendidikan Laboratorium fisika virtual Studi tentang topan Konfigurasi Galaksi Pengujian matematika kompleks

Terima kasih By: Putri Ariesta Ayu Kinasih_