Mengapa manusia perlu beribadah?

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Menggambarkan Data: Tabel Frekuensi, Distribusi Frekuensi, dan Presentasi Grafis Chapter 2.
Advertisements

INTRO (TO BPOS). What is BPOS? Apakah BPOS itu? •BPOS = (Microsoft) Business Productivity Online Suite (Service) •adalah sebuah layanan online Microsoft,
Developing Knowledge Management dalam perusahaan Week 10 – Pert 19 & 20 (Off Class Session)
WE-2010 Web Engineering Husni husni.trunojoyo.ac.id
An ERP for Travel Company
This document is for informational purposes only. MICROSOFT MAKES NO WARRANTIES, EXPRESS OR IMPLIED, IN THIS DOCUMENT. © 2006 Microsoft Corporation. All.
Algoritma & Pemrograman #10
Mata Kuliah : ALGORITMA dan STRUKTUR DATA 1.
PEMOGRAMAN BERBASIS JARINGAN
Hypertext & Hypermedia
Perancangan Web dan Internet. Introduction ? •What is a web site ? •What Is Internet ?
Program Keahlian I – SI By Antonius Rachmat C, S.Kom
Materi Analisa Perancangan System.
File Handling.
Documentation Techniques
PART 3 TRAINING OUTPUT LED Dosen : Dwisnanto Putro, ST, M.Eng.
IT SEBAGAI ALAT UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN KOMPETISI
Pemrograman Visual. Pernyataan IF…THEN…ELSE Pernyataan ini hanya memeriksa apakah suatu blok kode program dapat dieksekusi atau tidak. Jika kondisi pernyataan.
Pemrograman Berorientasi Objek
PERULANGANPERULANGAN. 2 Flow of Control Flow of Control refers to the order that the computer processes the statements in a program. –Sequentially; baris.
Slide 3-1 Elmasri and Navathe, Fundamentals of Database Systems, Fourth Edition Revised by IB & SAM, Fasilkom UI, 2005 Exercises Apa saja komponen utama.
Pemrograman Dasar Warsun Najib
Review IS & Software System Concept Diah Priharsari PTIIK – Universitas Brawijaya Source: 1.Obrien & Marakas, Management Information.
Introduction to The Design & Analysis of Algorithms
1 KOMPONEN PERUMUSAN PROGRAM KOMUNIKASI 1.Assesment - Focus the target audience 2.Planning - Target audience - Key of consumer benefit - Believe of the.
PENGENALAN PL/SQL.
PROSES PADA WINDOWS Pratikum SO. Introduksi Proses 1.Program yang sedang dalam keadaan dieksekusi. 2.Unit kerja terkecil yang secara individu memiliki.
1. Objek dalam kalimat aktif menjadi subjek dalam kalimat pasif
KIMIA ORGANIK II ELFI SUSANTI VH.
Review Operasi Matriks
Jeff Howbert Introduction to Machine Learning Winter Classification Nearest Neighbor.
DEPARTEMEN ILMU KOMPUTER FMIPA IPB 2011 Praktikum Bahasa Pemrograman.
Mr. Ari Nurrohmat, S.Pd Present PROCEDURE for Grade IX.
CAREER PLANNING 1 How to Make Your Career Decision ?
Pengantar/pengenalan (Introduction)
Could not load an object because it is not avaliable on this machine. Tidak dapat memuat sebuah benda karena tidak tersedia pada mesin ini.
Interface Nur Hayatin, S.ST Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang Sem Genap 2010.
Functions (Fungsi) Segaf, SE.MSc. Definition “suatu hubungan dimana setiap elemen dari wilayah saling berhubungan dengan satu dan hanya satu elemen dari.
Bilqis1 Pertemuan bilqis2 Sequences and Summations Deret (urutan) dan Penjumlahan.
JAVA CLASS Bahasa Pemrogramam BAHASA PEMROGRAMAN PERTEMUAN #9.
Implementing an REA Model in a Relational Database
MEMORY Bhakti Yudho Suprapto,MT. berfungsi untuk memuat program dan juga sebagai tempat untuk menampung hasil proses bersifat volatile yang berarti bahwa.
3 nd Meeting Chemical Analysis Steps and issues STEPS IN CHEMICAL ANALYSIS 1. Sampling 2. Preparation 3. Testing/Measurement 4. Data analysis 2. Error.
Basisdata Pertanian. After completing this lesson, you should be able to do the following Identify the available group functions Describe the use of group.
1 Magister Teknik Perencanaan Universitas Tarumanagara General View On Graduate Program Urban & Real Estate Development (February 2009) Dr.-Ing. Jo Santoso.
2nd MEETING Assignment 4A “Exploring Grids” Assignment 4 B “Redesign Grids” Create several alternatives grid sysytem using the provided elements: (min.
Function, Procedure, Unit
Slide 1 QUIS Langkah pertama caranya Buat di slide pertama judul Slide kedua soal Slide ketiga waktu habis Slide keempat jawaban yang benar Slide kelima.
Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas.
LESSON 10: LET’S COOK LEARNING FOCUS USING “a little” USING “a few”
LOGO Manajemen Data Berdasarkan Komputer dengan Sistem Database.
PEMROGRAMAN PPBD (UAS) SEBELUM MELANGKAH KE TAHAP SELANJUTNYA BERDOA DULU BIAR LANCAR DAN GA EROR
Metodologi Penelitian dalam Bidang Informatika
3.1 © 2007 by Prentice Hall OVERVIEW Information Systems, Organizations, and Strategy.
SMPN 2 DEMAK GRADE 7 SEMESTER 2
1. 2 Work is defined to be the product of the magnitude of the displacement times the component of the force parallel to the displacement W = F ║ d F.
© 2009 Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Jl. Ciledug Raya Petukangan Utara Jakarta Selatan Website:
Via Octaria Malau Transfer (Internal Transfers) Transfer (Transfers Internal) Select the account from which funds are to be transferred FROM and then select.
SISTEM TERDISTRIBUSI (SILABUS dan Introduction to Distributed Systems)
© 2007 Cisco Systems, Inc. All rights reserved.Cisco Public ITE PC v4.0 Chapter 1 1 Pengalamatan Jaringan – IPv4 Dosen Pengampu: Resi Utami Putri, S.Kom.,
TCP, THREE-WAY HANDSHAKE, WINDOW
Menu Standard Competence Based Competence.
Retrosintetik dan Strategi Sintesis
Web Teknologi I (MKB511C) Minggu 12 Page 1 MINGGU 12 Web Teknologi I (MKB511C) Pokok Bahasan: – Text processing perl-compatible regular expression/PCRE.
Dasar-Dasar Periklanan
Slide 1 Chapter 1: Introduction to Systems Analysis and Design Alan Dennis, Barbara Wixom, and David Tegarden John Wiley & Sons, Inc.
MICROSOFT EXCEL 2000 Bagian #4 GRAPHICS : OBJECT & CHART.
:: BAHASA PEMROGRAMAN :: USING JAVA
ALGORITMA & PEMROGRAMAN. Tentang saya Fetty Tri Anggraeny, S.Kom HP atau
Algoritma Indriati ,ST .,M.Kom.
Transcript presentasi:

Mengapa manusia perlu beribadah? Salah satu alasan utamanya adalah SYUKUR NIKMAT

Nikmat Oksigen GRATIS! Harga 1 botol Oksigen kemasan kecil sekitar 80 ribu rupiah. Hanya untuk penggunaan sekitar 2 jam. Berapa usia kita? 1 tahun = 8760 jam = 4380 botol = 350.400.000 rupiah. 10 tahun = 3.504.000.000 rupiah. 20 tahun = 7.108.000.000 rupiah !!!

:: BAHASA PEMROGRAMAN :: USING JAVA PROGRAMMING LANGUAGE :: BAHASA PEMROGRAMAN :: USING JAVA

Tentang saya Nur Cahyo Wibowo, S.Kom, M.Kom S1 Teknik Informatika ITS 1998 – 2003 S2 Teknik Informatika ITS 2006 – 2009 HP 081 230 544 039 Jl. Medayu Utara IV/ 57 A, Medokan Ayu, Rungkut Email: bluejundi@staffs.upnjatim.ac.id atau bluejundi@yahoo.com (YM) Face book : Nur Cahyo Wibowo MK : BP, BP2, Struktur Data http://bluejundi.wordpress.com

BAHASA PEMROGRAMAN PENILAIAN: UTS/UAS 60 % TUGAS/QUIZ 30 % KEHADIRAN 10 % NILAI AKHIR = (NA UTS + NA UAS) / 2 Toleransi keterlambatan 30 menit. Pakaian bebas rapi sopan. Surat ijin tidak masuk maksimal satu pekan setelahnya. Mengikuti kuliah minimal 75% (10 X) untuk bisa ujian.

BAHAN KULIAH JDK (Java Development Kit) Netbeans IDE (Integrated Development Environment) Java E-books Semua file sudah tersedia di: http://bluejundi.wordpress.com. Klik menu “Download”.

CHAPTER 1 : INTRODUCTION TO PROGRAMMING HOW TO COMMUNICATE ? Electronic machine Only know 1 or 0 Powerfull computer Human being Have their own language Limited computer

Jadi: Kita (manusia/ programmer) harus mengetahui bahasa yang dipakai oleh komputer. Bahasa mesin pada dasarnya sangat susah dipahami dan diingat karena berupa urutan data binary. Misal : 1011001010111 untuk mencetak karakter di layar. Untuk menjembatani bahasa mesin dengan bahasa manusia digunakanlah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman berkembang dari low level sampai high level.

What is Programming? Daniel K. Schneider Programming is instructing a computer to do something for you with the help of a programming language. Deal with two kind of things data and procedures. Wikipedia.org Computer programming (often shortened to programming or coding) is the process of designing, writing, testing, debugging / troubleshooting, and maintaining the source code of computer programs.

What is Programming? Alan Gauld Computer Programming is the art of making a computer do what you want it to do. McCracken Programming is basically a process of translating from the language convenient to human beings to the language convenient to the computer.

What is Programming? Land of Code.com Computer programming is defined as telling a computer what to do through a special set of instructions which are then interpreted by the computer to perform some task(s). These instructions can be specified in one or more programming languages including Java, C, and C++. A computer goes through a set of steps whose purpose is to achieve something. These steps are instructed to the computer by computer programs. Essentialy, computer programming is the process by which these programs are designed and implemented.

What is Programming Language? Is an artificial language designed to express computations that can be performed by a machine, particularly a computer. Programming languages can be used to create programs that control the behavior of a machine, to express algorithms precisely, or as a mode of human communication.

Jenis Bahasa Pemrograman Interpreter menerjemahkan program baris per baris, artinya apabila suatu baris akan dieksekusi, maka baris tersebut diterjemahkan dulu dalam bahasa mesin, baru selanjutnya baris berikutnya yang akan dieksekusi. Contoh bahasa pemrograman yang menggunakan interpreter adalah Basic, PHP, ASP. Compiler menerjemahkan semua perintah dalam bahasa mesin baru kemudian menjalankan hasil penerjemahan. Hasil penerjemahan tersebut disimpan dalam file atau memori. Contoh bahasa yang menggunakan compiler adalah Pascal, C, Java, dan C++.

LANGUAGE GENERATION 1ST GENERATION – Machine Language ASSEMBLER 2ND GENERATION – Human Language FORTRAN, C, PASCAL, BASIC 3RD GENERATION – Visual, OOP DELPHI, JAVA, VISUAL BASIC 4TH GENERATION – APP.-SPECIFIC SQL (STRUCTURED QUERY LANGUAGE)

PROGRAMMING LANGUAGE HISTORY

THE COMPUTER SYSTEM SOFTWARE O/ S HARDWARE GAMES PROGRAMMING BRAINWARE PROGRAMMING O/ S GAMES APPLICATIONS

PROGRAMMING CYCLE FILE APLIKASI COMPILING RUNNING PARTICULAR LANGUAGE SOURCE CODE MEMORI/ RAM OPERATING/ TESTING CODING CORRECTING PROGRAMMER USER

CHAPTER 2 : ALGORITHM & FLOWCHART Tujuan : Mahasiswa dapat menjelaskan apa itu algoritma dan flowchart. Mahasiswa dapat menyebutkan beberapa simbol dasar flowchart. Mahasiswa terampil dalam membuat algoritma dan flowchart untuk suatu studi kasus.

Lee & Lu

Algorithm is… A computable set of steps to achieve a desired result. Paul E. Black An explicit, precise, unambiguous, mechanically-executable sequence of elementary instructions. Jeff Erickson An effective method for solving a problem using a finite sequence of instructions. Wikipedia A list of well-defined instructions for completing a task. Wikipedia

ALGORITMA Adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah atau problem. Contoh: Buat algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap. Algoritmanya : Bagi bilangan dengan bilangan 2. Hitung sisa hasil bagi pada langkah 1. Bila sisa hasil bagi sama dengan 0 maka bilangan itu adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu adalah bilangan ganjil.

Some Example Buatlah algoritma untuk: Membuat mi instan Sarapan Berangkat ke kampus Menyalakan komputer Mencetak file dokumen Note: definisikan terlebih dulu kondisi awal dan akhir

JAWABAN Buka file dokumen Cek printer Jika lampu menyala klik tombol printer Jika lampu tidak menyala maka ulangi langkah 2.

What is Flowchart A diagram that uses graphic symbols to depict the nature and flow of the steps in a process. Another name for this tool is flow diagram. Maps or graphical representations of a process. Steps in a process are shown with symbolic shapes, and the flow of the process is indicated with arrows connecting the symbols.

What Flowchart for Promote process understanding by explaining the steps pictorially. People may have differing ideas about how a process works. A flowchart can help you gain agreement about the sequence of steps. Flowcharts promote understanding in a way that written procedures cannot do. One good flowchart can replace pages of words.

Flowchart & Programming The flowchart is a means of visually presenting the flow of data through an information processing systems, the operations performed within the system and the sequence in which they are performed. Program flowchart, which describes what operations (and in what sequence) are required to solve a given problem. The program flowchart can be likened to the blueprint of a building. As we know a designer draws a blueprint before starting construction on a building. Similarly, a programmer prefers to draw a flowchart prior to writing a computer program.

PENTINGNYA FLOWCHART Dibuat di tahap awal perumusan solusi berbasis komputer. Memfasilitasi komunikasi programmer dengan orang bisnis. Sangat membantu dalam memahami masalah yang panjang dan rumit. Dengan adanya flowchart, akan memudahkan dalam pembuatan program memakai bahasa tingkat tinggi. Flowchart membantu dalam menjelaskan masalah kepada orang lain. Hence, it is correct to say that a flowchart is a must for the better documentation of a complex program.

FLOWCHART Biasa disebut dengan diagram alir. Salah satu metode untuk merepresentasikan algoritma selain pseudocode dan urut-urutan langkah. Menggunakan simbol-simbol bangun datar beserta anak panah sebagai penunjuk arah proses.

Some Guidelines Jelas, mudah dibaca, rapi, tidak ambigu. Arah panah dari kiri ke kanan, dari atas ke bawah. Hanya satu panah yang keluar dari simbol proses. Hanya satu panah yang masuk simbol decision dan bisa 2 atau 3 panah yang keluar darinya. Hanya satu panah yang berhubungan dengan simbol penyambung. Gunakan simbol konektor jika flowchart semakin kompleks. Hindari irisan anak panah. Pastikan terdapat start dan end. Uji terlebih dulu kebenaran dengan sebuah data.

SIMBOL NAMA FUNGSI TERMINATOR (FLOW LINE) PREPARATION PROSES Permulaan/ akhir program GARIS ALIR (FLOW LINE) Arah aliran program PREPARATION Proses inisialisasi/ pemberian harga awal PROSES Proses perhitungan/ proses pengolahan data

Proses input/ output data, parameter, informasi PREDEFINED PROCESS (SUB PROGRAM) Permulaan sub program/ proses menjalankan sub program DECISION Perbandingan pernyataan, penyeleksian data yang memberikan pilihan untuk langkah selanjutnya ON PAGE CONNECTOR Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada satu halaman OFF PAGE CONNECTOR Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda

Hitung sisa bagi antara bilangan dengan angka 2 Contoh: Flowchart untuk menentukan bilangan genap atau ganjil Y T Start Input Bilangan Hitung sisa bagi antara bilangan dengan angka 2 A Apakah Sisa = 0 Cetak Genap Cetak Ganjil End

AKAR PERS. KUADRAT Mulai Masukkan nilai variabel A, B, C Hitung D = B2 – 4*A*C Jika D = 0 maka X1 = X2 = – B/(2*A) Tapi jika D < 0 maka X1, X2 Imaginer selain itu maka X1,2 = (– B ± √D)/(2*A) Tampilkan X1, X2 Selesai

FLOWCHART AKAR PERSAMAAN KUADRAT Start Input Nilai A, B, C D = 0 ? Cetak X1, X2 End X = (– B ± √D)/(2*A) D = B2 – 4*A*C X1 = X2 = – B/(2*A) Y T D < 0 ? X1, X2 Imaginer DIKET: Y = AX2 + BX + C FLOWCHART AKAR PERSAMAAN KUADRAT

Bilangan Faktorial Mulai Masukkan N (N adalah bilangan yang akan dihitung nilai faktorialnya) Set variabel Faktorial  1 Set variabel Angka  1 Hitung Faktorial  Faktorial * Angka Angka  Angka + 1 Apakah Angka > N ? Jika TIDAK kembali ke langkah (5). Jika YA tampilkan nilai Faktorial. Selesai

Faktorial = Faktorial * Angka FLOWCHART FAKTORIAL EX. 4! = 4 x 3 x 2 x 1 = 24 Start Input N Faktorial = Faktorial * Angka A Angka > N ? Cetak Faktorial End Faktorial  1 Angka  1 Angka = Angka + 1 T Y

LATIHAN SOAL Buatlah flowchart untuk memasak mi instan! Buatlah flowchart untuk naik angkot/ lyn! Buat algoritma untuk menghitung jumlah N suku dari deret aritmatika dengan pola berikut : Sn = 3 + 7 + 11 + …… + (4n-1) Buat flowchart untuk mencetak pasangan nilai X dan Y dimana hubungan antara X dan Y memenuhi persamaan Y = X3 – 2X +1 dan nilai x berubah dari –10 sampai 10 ! Buat algoritma + flowchart untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima atau bukan! Buat algoritma + flowchart untuk mencetak N buah bilangan prima yang pertama!