RASA INGIN TAHU DAN KEMANDIRIAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Art, Music and Culture Musik merupakan bagian dari seni, dan seni adalah bagian dari kebudayaan.
Advertisements

VICTIM ATAU VICTOR VICTIM = KORBAN
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM
Ilmu Budaya Dasar Tim Pengajar IBD FH – UI.
PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
Masyarakat Sosio-Ekonomi.
Sistem Hukum Indonesia September 2010 FISIP Universitas Indonesia
Pembelajaran IPS Terpadu SMPLB dan SMALB
KOMUNIKASI DALAM KERAGAMAN BUDAYA
MESIR KUNO TERRY IRENEWATY, M.Hum.
maulfisr.lecture.ub.ac.id Apresiasi Budaya Jawa maulfisr.lecture.ub.ac.id.
Keyakinan By: Brenda 6B.
MK Filsafat dan Etika Kesejahteraan Sosial Arif Wibowo
SEJARAH & PENDEKATAN ILMU POLITIK LENI ANGGRAENI, S.PD., M.PD.
ASIA TENGGARA MASA KUNO
国際結婚 比較文化.
PERTEMUAN KESEPULUH PERKEMBANGAN HISTORIOGRAFI ASIA TENGGARA.
SASTRA PERBANDINGAN ANWAR EFENDI FBS UNY.
Sarana berfikir ilmiah
Dan Geostrategis Kawasan
SMP Kelas 3 Semester 1 BAB I
Kerajaan sriwijaya.
Pengaruh Kebudayaan Asing dalam Arsitektur Indonesia Pertemuan
Sejarah bahasa, Tipologi, dan Klasifikasi bahasa
Evaluasi Materi Sejarah & Perkembangan Seni Rupa Pertemuan 13
Seni Barok Pertemuan 10 Matakuliah : Sejarah Seni Rupa 1>>
Matakuliah : Sejarah Seni Rupa 1
NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG
1Pertemuan-8Jurusan Sosial Ekonomi (Agribisnis) UPN “V” YK Komunikasi dan Penyuluhan Agribisnis ( ) Dr. Ir. Teguh Kismantoroadji, M.Si. teguhupnvyk.wordpress.com.
MATERI PEMBELAJARAN PKn Untuk Kelas VII/II Kurikulum 2013
analisis k-13 dalam mata pelajaran sejarah materi wajib dan peminatan
1Pertemuan-8Jurusan Sosial Ekonomi (Agribisnis) UPN “V” YK Komunikasi dan Penyuluhan Agribisnis ( ) Dr. Ir. Teguh Kismantoroadji, M.Si. teguhupnvyk.wordpress.com.
POSTMODERNISME DAN TEORI-TEORI RELEVAN UNTUK PENELITIAN BUDAYA (SENI)
BUDAYA DALAM ISLAM NURHASAN, S. Ag, M. Ag.
Budaya dan Masyarakat Komunikasi dan Perilaku Manusia
Wawasan Nusantara [Wasantara]
Pengantar Sosiologi Antropologi Pendidikan
Peranan Koperasi Dalam Pembangunan Sosial dan Ekonomi Indonesia
Tugas Realism Bahas salah satu isu yang Anda dapatkan melalui perspektif realisme.
Periode Pra Modern Bagian I Oleh rudi irawanto SLIDE 4.
ESTETIKA TIMUR Estetika Cina Estetika India
DIFFUSION OF INNOVATIONS
Introduction of Japanese Thought Pertemuan 1
MODEL TINJAUAN TRANSFORMASI BUDAYA
Komunikasi dan Penyuluhan Agribisnis ( )
Potensi dan Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju
TUJUAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
Antropologi.
Pembelajaran IPS Terpadu SMP
Struktur masyarakat Hindia Belanda awal abad 20
PESANTREN SEBAGAI KIBLAT POLA PENDIDIKAN UNGGUL
Ishida-san menyatakan, apakah budaya Jepang itu internalisasi?
Pengantar Sosiologi Antropologi Pendidikan
Cross Culture Understanding
Bab 3. MASYARAKAT BERBURU DAN MENGUMPUL
Masyarakat Multikultural
Geografi Politik Untuk analisis Asia Pasifik
2011 PESANTREN SEBAGAI KIBLAT POLA PENDIDIKAN UNGGUL OLEH:
Konsep Kebudayaan Dalam Islam
Summative Assessment Unit 3
Form Follow Meaning.
ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.
3 INDENTITAS NASIONAL Pendidikan kewarganegaraan
PENGARUH KEBUDAYAAN DARI LUAR TERHADAP KEBUDAYAAN INDONESIA Pengertian Kebudayaan Unsur Budaya Nilai-nilai Budaya Pengaruh Kebudayaan Luar Terhadap Kebudayaan.
KOMUNIKASI Komunikasi Antarbudaya
Perkembangan Perencanaan
Ekonomi Koperasi SILABI: Konsep, Aliran, dan Sejarah Koperasi
KELOMPOK.
Pertemuan 3 KONSEP SUKU BANGSA
DASAR-DASAR PERBANKAN. KOMPETENSI DASAR Menjelaskan sistem moneter di Indonesia dan sejarah bank.
Transcript presentasi:

RASA INGIN TAHU DAN KEMANDIRIAN TIPE JEPANG-TIBET DAN TIPE INGGRIS-CHINA OLEH: RATIH KUSTIANI 0806450136

3 CIRI KHAS BUDAYA JEPANG (menurut Ueyama) Menerima apa adanya budaya yang datang dari luar secara antusias Memiliki kemampuan yang tinggi dalam menyerap budaya luar Memiliki kemampuan mengembalikan budaya asing tersebut secara natural  Peradaban apapun dilihat secara natural & netral. Sehingga menghasilkan rasa ingin tahu dan semangat baru untuk meniru

SEMANGAT MENIRU ORANG EROPA (Matsuda) Cara orang Jerman menerima budaya Latin dan Islam sama seperti Jepang  memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Lebih tepat jika dikatakan bahwa orang Inggris memiliki semangat meniru yang tinggi daripada memiliki rasa ingin tahu Kesusasteraan abad pertengahan dan ilmu pengetahuan di akhir abad ke-19 banyak meminjam ide dari luar. Contoh: karya-karya Shakespeare; Sosio-Antropologi Perbedaan cara meniru dengan orang Jepang: Begitu kebudayaan luar tersebut diterima, dipermukaan tampak tidak berubah, tetapi secara substansi langsung diubah dan menjadikannya budaya milik sendiri.

PERSAMAAN JEPANG DAN INGGRIS (Ishida) Terletak di pinggir benua Memiliki posisi kebudayaan yang marginal  cenderung meniru kebudayaan yang lebih tinggi, kemudian meningkat menjadi memiliki kebudayaan sekunder dan tertier, dan akhirnya meluas ke wilayah sekitarnya Berawal dari meniru sampai akhirnya bisa mencipta

PERBEDAAN JEPANG-TIBET & INGGRIS-CINA (Matsuda) Mengadopsi budaya mengubah luar secara jujur & substansinya sederhana Kemandiriannya lemah kuat Proses menjadi ala Langsung diakui lokalnya lama sebagai milik sendiri Mengalami modernisasi tidak

SEJARAH LINGKUNGAN BUDAYA JEPANG (Egami) Dulunya dipengaruhi lingkungan budaya benua Eurasia: India, Sina, & Aria, Eropa  sederhana Dipengaruhi budaya berkuda yang memiliki prinsip logis, realistis, & internasional  memiliki kemampuan menyerap & meniru budaya lain  terbuka & positif Dipengaruhi budaya pertanian  tertutup & negatif (terjadi ketika menolak pengaruh luar) (pengaruh budaya tersebut tidak terjadi secara bersamaan)