NAHDLATUL ‘ULAMA Nahdlah = Kebangkitan ‘Ulama = Ulama

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah
Advertisements

Ke - PMII-an.
WAWASAN NU DAN PERAN KADER NU DI ERA GLOBAL
Sejarah berdirinya NU berawal dari gejolak politik keagamaan yang bermula pada tahun 1924 pemerintahan Turki menghapus sistem khilafah serta melucuti semua.
Ke-IPNU & IPPNU-an.
ASWAJA NU Abdurrahman Navis.
KHITHAH &VISI,MISI HIDAYATULLAH
1 SISTEM POLITIK ISLAM
Sistem Poltik Dalam Islam
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
ALUR GERAKAN ISLAM RAHMATAN LIL ‘ALAMIN
Profesionalisme dalam Pandangan Islam
NU DAN PELESTARIAN TRADISI PESANTREN Jemi Anggara.
LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN
SISTEM POLITIK ISLAM Oleh : MUHAMMAD HAMBALI, SHI, M.E.I
KEMUHAMMADIYAHAN By. Sigit Ariyanto, S.Pd.I.
BAB 4 UNSUR PEMBANTU PIMPINAN DAN ORGANISASI OTONOM DALAM MUHAMMADIYAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
By: Muhammad Budi Prasetyo
SUMBER AGAMA DAN AJARAN ISLAM
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Materi Pertemuan V Al Hadis/ As Sunnah.
Apakah Manajemen. Manajemen adalah : Seni dan Ilmu tentang Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengawasan.
MABADI KHOIRA UMMAH YPP DARUL HUDA
STRATEGI MEMBANGUN MILITANSI KADER AISYIYAH
MANAJEMEN ROHIS.
MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN SOSIAL
PENDAHULUAN Muqoddimah AD Muhammadiyah; pokok pikiran yang menjiwai dan melandasi gerakan Muhammadiyah Isi AD/ART Muhammadiyah; aturan umum pengelolaan.
S K I Konsep Kebudayaan Islam Nilai-Nilai Islam Dalam Budaya Indonesia
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
IDIEOLOGI MUHAMMADIYAH
Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCHM)
SISTEM POLITIK ISLAM.
PERTEMUAN KE-3 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
Fikih Ekologi/Lingkungan dan Cinta Tanah Air
FUNDAMENTALISME ISLAM
Studi Islam II Kelompok 11 Agung Nugraha ( )
Oleh: Cholidudin Facebook: Cholid Aldin
B. Perangkat Organisasi dan Sistem Permusyawaratan
Tugas Manajemen dan Kepemimpinan 3
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
STRATEGI POLITIK NU MASA PENJAJAHAN JEPANG
Ke – NU - an Oleh : Faisol Amin, S. Kom. Ke – NU - an Oleh : Faisol Amin, S. Kom.
MEMAHAMI HUBUNGAN FATWA DAN MUI
MASA PEMBINAAN, PENGEMBANGAN, DAN PEMBUKUAN (ABAD VII-X M)
SUDAHKAH ANDA SIAP??? BERKONSENTRASILAH!!!!!.
ABDUL HALIM Demak, 22 November abdulhalimsolkan.blogspot.comwww.facebook.com/khalimi.solkan.
NU DAN PELESTARIAN TRADISI PESANTREN Jemi Anggara.
MATAN KEYAKINAN DAN CITA CITA (MKCH) MUHAMMADIYAH 1.Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan da’wah amar ma’ruf nahi mungkar, beraqidah Islam dan bersumber.
ORGANISASI PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA (KOOPERATIF)
Studi Islam II Islam dan Organisasi Sosial Keagamaan
Sejarah Peradaban Islam pada Masa Pra dan Pasca Kemerdekaan di Indonesia Kelompok 12 : Ulfa Muwahidah Vony Juliantika.
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
AL-SUNNAH & AL-HADITS PENGERTIAN & FUNGSI
Agama !. Institusi khilafah dalam tradisis politik islam Khilafah (bahasa Arab: خلافة), adalah kepemimpinan, imamah, biasa juga disebut kekhalifahan.
PRESENTASI PPKN Anggota Kelompok : - Elizabeth M P (8B/9)
KE-pmii-an Oleh: Ahmad Fairozi Disampaikan dalam acara:
Oleh : Wawan Setiawan Anwar. PENGERTIAN AS-SUNNAH  Etimologi As-Sunnah berasal dari kata: "sanna yasinnu", dan "yasunnu sannan", dan "masnuun" yaitu.
Menjana Peningkatan dan Mengekang Ketirisan Hasil PBT Melalui Integriti dan Kerjasama Swasta-Kerajaan Yang Berkesan: Sesi Perkongsian Pengalaman Dr. Abdul.
NAMA : M.BADRUDIEN TTL: MARGASARI, 12 JUNI 2000 ALAMAT : MARGASARI KUALA PENET RIWAYAT PENDIDIKAN : 1. TK ABA MARGASARI 2. SD N 01 MARGASARI 3. SMP MUHAMMADIYAH.
Matan keyakinan dan cita-cita muhammadiyah
Pengertian Agama Islam
PEMIKIRAN AHLU HADIS (EKSTRIM)
Kuliah 2 – Pemikiran Islam Sederhana
Presentation Title Presentation Subtitle
BAB 3: ORANG-ORANG YANG BERHAK MENERIMA ZAKAT
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
Transcript presentasi:

NAHDLATUL ‘ULAMA Nahdlah = Kebangkitan ‘Ulama = Ulama NU = jam’iyyah diniyyah islamiyyah ijtima’iyyah = organisasi sosial kemasyarakatan = organisasi keagamaan Islam = bukan partai politik = ormas عليكم بفرقة أهل السنة و الجماعة الناجية و عليكم بالسواد الأعظم

TUJUAN Berlakunya ajaran Islam yang menganut faham Ahlussunnah Wal Jama'ah untuk terwujudnya tatanan masyarakat yang berkeadilan demi kemaslahatan, kesejah-teraan umat dan demi terciptanya rahmat bagi semesta Islam Ahlus sunnah wal jama’ah adalah Islam yang menjadi Rohmatan Lil ‘alamin Di Indonesia ditegakkan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia عليكم بفرقة أهل السنة و الجماعة الناجية و عليكم بالسواد الأعظم

SANAD Faham Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah yang dipegang NU adalah : Faham mayoritas umat Islam di seluruh penjuru dunia (sawadil a’zham) dari sejak generasi salafus shalih Bersilsilah sanad shahih sampai baginda Nabi Muhammad saw عليكم بفرقة أهل السنة و الجماعة الناجية و عليكم بالسواد الأعظم

GERAKAN Gerakan NU adalah transformasi sosial membentuk khoiro ummah Mabadi Khoiro Ummah : Ash-shidqu Al-Amanah Al-’Adlu At-Ta’awun Al-Istiqomah عليكم بفرقة أهل السنة و الجماعة الناجية و عليكم بالسواد الأعظم

SIKAP KEMASYARAKATAN Muslim Ahlus Sunnah Wal Jama’ah adalah ummat wasathan yang ditampakkan dalam sikap kemasyarakatan : At-Tawassuth dan al-i’tidal At-Tasamuh At-Tawazun Al-Amr bil ma’ruf wan-nahyu ‘anil munkar عليكم بفرقة أهل السنة و الجماعة الناجية و عليكم بالسواد الأعظم

KENAPA BERORGANISASI إن الله يحب الذين يقاتلون في سبيله صفا Agar berada dalam barisan yang rapih bersaf-saf, Q.S. Ash-Shaff ayat 4 : إن الله يحب الذين يقاتلون في سبيله صفا كأنهم بنيان مرصوص Kebenaran yang tidak terorganisir akan dikalahkan oleh kebatilan yang terorganisir عليكم بفرقة أهل السنة و الجماعة الناجية و عليكم بالسواد الأعظم

KENAPA BER-NU Pemahaman ajaran Islamnya bersanad shahih sampai Baginda Nabi Muhammad saw dan merupakan pemahaman mayoritas umat Islam di seluruh dunia Berjejaring dalam rantai dakwah sejak masa baginda Nabi Muhammad saw Berjejaring dalam rantai keulamaan internasional bersama para ulama terpercaya عليكم بفرقة أهل السنة و الجماعة الناجية و عليكم بالسواد الأعظم

SEJARAH Didirikan 16 Rajab 1344 H bertepatan 31 Januari 1926 M Didirikan untuk merapatkan barisan para ulama ahlus sunnah wal jama’ah yang sebelumnya telah ada, terutama dalam barisan para ulama pesantren dan para santrinya Didirikan oleh para ulama terpercaya yang salah satu penentunya adalah K.H. Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang setelah dua tahun meminta waktu beristikharah عليكم بفرقة أهل السنة و الجماعة الناجية و عليكم بالسواد الأعظم

STRUKTUR Musytasyar Syuriyyah * Rois * Katib Tanfidziyyah * Ketua * Sekretaris * Bendahara عليكم بفرقة أهل السنة و الجماعة الناجية و عليكم بالسواد الأعظم

PERANGKAT Lembaga Lajnah Badan Otonom JATMAN JQH Muslimat PagarNusa Ansor Isnu Fatayat Pergunu IPNU Sarbumusi IPPNU عليكم بفرقة أهل السنة و الجماعة الناجية و عليكم بالسواد الأعظم

TINGKAT KEPENGURUSAN Pengurus Besar Pengurus Wilayah Pengurus Cabang Istimewa Pengurus Cabang Majelis Wakil Cabang Pengurus Ranting Pengurus Anak Ranting عليكم بفرقة أهل السنة و الجماعة الناجية و عليكم بالسواد الأعظم

KIPRAH NASIONAL Majelis Islam A’la Indonesia Proklamasi Kemerdekaan Resolusi jihad Pemberantasan PKI Pengembangan pendidikan Islam Pengembangan dan pemberdayaan masyarakat “Pemadam kerusuhan” عليكم بفرقة أهل السنة و الجماعة الناجية و عليكم بالسواد الأعظم

KIPRAH INTERNASIONAL Komite Hijaz Konferensi Islam Asia Afrika Konferensi Ulama dan Cendikiawan Islam Internasional Multaqo Sufi Internasional Pertemuan-pertemuan Ulama Internasional Fasilitator perdamaian di berbagai negara عليكم بفرقة أهل السنة و الجماعة الناجية و عليكم بالسواد الأعظم