Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan1 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. GUI dan IDE 2013.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Pemrograman Visual I Pendahuluan Presented by : Herianto.
Advertisements

Pemrograman Visual Delphi 7.
BAB IX PEMROGRAMAN BASIS DATA
Mengenal Bahasa C++ Pertemuan 1.
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Sesi 3 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs. Adi Kusjani, S.T. Property dan Method 2013.
Instalasi dan pengenalan visual basic 6
MENGENAL IDE DELPHI 7.0 ABDUL WAHID.
PEMROGRAMAN I 2 SKS.
Pemrograman Visual Basic 6.0
GUI & Event Handling Viska Mutiawani, M.Sc.
Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan 2 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. Penggunaan Komponen Dasar 2013.
Mengenali Lingkup Pemrograman Anda
PEMROGRAMAN APLIKASI BISNIS I (VISUAL STUDIO 2010)
VISUAL BASIC.NET Apa Itu VB.NET ?
Pengenalan Visual C++ Lanny Agustine Yuliati.
Pengenalan Lingkungan Visual C++
Form Gambar IDE (Integrated Development Environment) VB6 ToolBar
Johannes Simatupang, MKom, Cobit5-F NIDN :
Graphical User Interface
Pengenalan Visual Studio 2008
Pemrograman Visual II Chapter I.
Pemrograman Berorientasi Obyek
1 Pertemuan 01 Pemrograman Visual Matakuliah: T0063/Pemrograman Visual Tahun: 2005 Versi: 1/0.
Pertemuan 1 Dani Hamdani, S.Kom..
Pengenalan Visual Basic
STUDY CLUB “Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek”
Implementasi Pemrograman Berorientasi Objek
ALGORITMA & PEMROGRAMAN 2 B
MENGUASAI LAYOUT MANAGER
Graphical User Interface (GUI)
DASAR MENGUASAI NETBEANS
Manajemen File dengan Windows Explorer
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pertemuan 10 GUI (Graphical User Interface)
VISUAL BASIC.NET Apa Itu VB.NET ?
Louis Bertrand Secondra
Konsep delphi Pertemuan Ke-1 & 2.
MENGENAL VISUAL BASIC 6.0 Pertemuan 3
Konsep Teknologi Informasi a
Algoritma & PEMROGRAMAN 2B (Visual basic)
Java User Interface (Swing)
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
KOMPUTER APLIKASI AKUNTANSI - V -
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
P e r t e m u a n 1 Membuat Workbook dengan Macro
Mengenal IDE Delphi DELPHI II UNSERA 2016.
LAB PEMOGRAMAN III (VISUAL BASIC)
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
Pemrograman Perangkat Mobile
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
SOFTWARE DAN BRAINWARE
Pertemuan 1 Pemrograman Visual Intro ‘n Delphi Intro
MODUL PRATIKUM PEMOGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (OOP)
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Pemrograman Terstruktur I dengan Delphi
Pemrograman Berorientasi Obyek
Netbeans GUI Builder Buat project baru dalam Netbeans Kategori project
Komputer 3 Dian C. Rini N, M.Kom
Muhammad Riska PTP FT UNM
Pemrograman Berorientasi Obyek
Oleh : Rahmat Robi Waliyansyah, M.Kom.
Membuat Laporan Menggunakan Jasperreport
Pemrograman GUI dengan Java
Memahami Ruang Lingkup Pemrograman
Pemrograman Fery Updi,M.Kom.
Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
RANCANGAN LAYAR Grafik User Interface OBJEK ORIENTED DISAIN.
ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN 2B
Transcript presentasi:

Kode MK : MI Revisi Terakhir : Pertemuan1 FX. Henry Nugroho, S.T., M.Cs Adi Kusjani, S.T. GUI dan IDE 2013

 Tujuan Tujuan  Pokok Bahasan : GUI dan IDE Pokok Bahasan  Sub Pokok Bahasan 1: Pengenalan GUI dan IDE Sub Pokok Bahasan 1  Sub Pokok Bahasan 2: Project dan Package Sub Pokok Bahasan 2  Referensi : John Zukowski:2005, 252 Referensi 2

 Dapat menjelaskan konsep GUI dan IDE apa aplikasi berbasis desktop  Dapat menyebutkan beberapa IDE yang dapat digunakan  Dapat membuat project dan package 3

 Definisi: A graphical user interface (GUI) is a type of user interface which allows people to interact with a computer and computer-controlled devices which employ graphical icons, visual indicators or special graphical elements called “widgets”, along with text, labels or text navigation to represent the information and actions available to a user. The actions are usually performed through direct manipulation of the graphical elements [ e] 4

 Pengoperasian GUI biasanya dilakukan secara langsung pada komponen grafis melalui pointer device(mouse)  Contoh : icon-icon pada msword, tampilan jendela seting pada window 5

 Definisi IDE: An integrated development environment (IDE) or interactive development environment is a software application that provides comprehensive facilities to computer programmers for software development. An IDE normally consists of a source code editor, build automation tools and a debugger. 6

7

 Project : berisi kumpulan file-file dari proyek yang dikerjakan  Pallete: berisi berbagai macam komponen netbeans: jTextField, JButton  Design Area: media untuk meletakkan komponen-komponen netbeans  Properties: berisi kelengkapan nilai-nilai properties dari masing-masing komponent 8

 Buat project baru dalam Netbeans, caranya pilih menu : File > New Project  Langkah berikutnya anda harus menentukan kategori project yang akan anda buat, caranya pilih : General > Java Application  Klik kanan di project yang baru anda buat, popup menu akan muncul, kemudian pilihlah menu : New > JFrame Form...  New > JFrame Form...  Kemudian masukkan nama class JFrame yang akan dibuat, misalnya Helloworld.java, klik finish.  Untuk memenuhi tujuan kita membuat Swing HelloWorld, kita akan memasukkan string “HelloWorld” ke dalam JLabel yang baru saja kita buat. Caranya, dobel klik di atas JLabel tersebut, kursor muncul bersama text field dan ketikkan “Helloworld”.  Klik kanan di file HelloWorld.java pada jendela explorer di sebelah kiri, pilih menu Run File... untuk mengcompile dan menjalankan class HelloWorld.java atau tekan tombol SHIFT + F6. 9

10

11

12

 Buatlah sebuah project dengan nama Desktop1 13