Lingkungan Pengembangan Antarmuka Pemakai

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
DESAIN DAN NOTASI DIALOG
Advertisements

Interaksi Manusia dan Komputer
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Pertemuan Keempatbelas Dukungan Implementasi
Pendahuluan IMK (Interaksi Manusia & Komputer)
Lingkungan Pengembangan Antarmuka Pemakai
PROTOTYPING.
PROTOTYPING Analisa Desain Sistem Informasi. Pendahuluan Prototipe merupakan simulasi atau animasi dari bakal sistem. Prototipe merupakan suatu metode.
PEMROGRAMAN TERSTRUKTUR
Protyping IMK-M5.
VISUAL BASIC.NET Apa Itu VB.NET ?
Paket Program Aplikasi
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
BGI (Borland Grafik Interface)
BAHASA GENERASI KEEMPAT Dikenal dengan bahasa berorientasi-masalah atau 4GLs, merupakan bahasa non-prosedural Programmer atau pengguna dapat membuat.
MEMAHAMI RAGAM DIALOG.
Interaksi Manusia dan Komputer
Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Dasar Pemrograman Pendahuluan.
Pertemuan 6 Alat Bantu Authoring Multimedia
Bina Sarana Informatika
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Menggunakan Menu dan kotak Dialog
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Alat Bantu Perangkat Lunak
UNIT 1 Pengembangan APLIKASI MULTIMEDIA
Analisa Desain Sistem Informasi
Antar Muka Pengguna.
PERANGKAT LUNAK Software.
PEMROSESAN DOKUMEN FILE DOKUMEN
Komponen teknologi informasi
INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Pemrograman Visual Oleh : Erni Fatmawati.
Pertemuan 1 PENGENALAN IMK.
Interface Metaphors dan Model Konseptual
Pemrograman User Interface
KONSEP INTERFACE
User interface Bagaimana user berinteraksi dengan komputer
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Prototyping
Pendahuluan.
Algoritma Pemrograman 2A
Pemrograman Visual2 Pendahuluan.
Interaksi manusia komputer
Microsoft Power Point.
LAB PEMOGRAMAN III (VISUAL BASIC)
Pemrograman Visual (Borland Delphi 7.0)
DIALOG.
Oleh: Syukriya Al Asyik, S.kom
Algoritma dan Pemrograman 2A
DAN PERANCANGAN DIALOG
Materi Praktikum Algoritma dan Pemrograman 2A PJ : Darmadi 14 Mei 2010
Pertemuan 1 PENDAHULUAN.
KONSEP BAHASA PEMROGRAMAN GENERASI KEEMPAT
Interaksi Manusia dan Komputer (Desain dan Notasi Dialog)
Pertemuan 1 Pemrograman Visual Intro ‘n Delphi Intro
Chapter 6 Dialog Management Subsystem (diambil dari edisi ke 5 bab 6)
Pengenalan Borland Delphi 7.0
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Introduction to Web & HTML Pertemuan 08
PROTOTYPING IMK 2015 Laseri, S.Kom.
Analisa Desain Sistem Informasi
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Pendahuluan.
Prototyping Deskripsi Desain  Bagaimana kita menyatakan dengan cepat gagasan-gagasan desain ?  Tidak ada koding.
Desain dan Notasi Dialog
Dialogue Notation & Design Part-2
IMK Notasi & Desain Dialog.
Transcript presentasi:

Lingkungan Pengembangan Antarmuka Pemakai Pertemuan 14 Lingkungan Pengembangan Antarmuka Pemakai

Metode Spesifikasi Natural-language specification : spesifikasi dalam bahasa alami perancang, seperti bahasa inggris Formal and semiformal language : bahasa yang digunakan dalam berbagai bidang seperti matematika, fisika, musik, dsb Formal languages mempunyai tatabahasa (grammar) yang tertentu, dan ada prosedur efektif untuk menentukan apakah string tertentu mengikuti grammar

Menu-tree structure : spesifikasi menu tree dengan menggambar tree dan menunjukkan tata letak menu Statecharts : peningkatan diagram transisi yang dikhususkan bagi kebutuhan sistem interaktif User Action Notation : notasi pendekatan untuk pengembangan sistem manipulasi langsung

Multiparty Grammar Penggambaran interaksi dengan notasi seperti BNF (Backus-Naur Form) Pada multiparty grammar ada nonterminal yang diberi label untuk menyatakan pihak yang menghasilkan string (U: user; C: computer) Contoh : Proses log-in <Session> ::= <U : Opening> <C: Responding> <U: Opening> ::= LOGIN <U: Name> <U: Name> ::= <U: string> <C: Responding> ::= HELLO [<U: Name>] Multiparty Grammar efektif untuk rentetan perintah berorientasi teks yang berulang-ulang dipertukarkan, seperti pada terminal bank

User Action Notation (UAN) UAN digunakan untuk mengatasi keanekaragaman dunia manipulasi langsung Simbol-simbol UAN : ~[icon] : bergerak menuju icon Mv : tombol mouse ditekan M^ : tombol mouse dilepas Icon! : icon di-highlight Icon-! : icon kembali normal Icon > ~ : icon diseret mouse

Contoh : TASK : select an icon erase(file),trash!! User Actions Interface Feedback Interface State ~[file] Mv file!,forall(file!): file-! Selected file ~[x,y]* outline (file) > ~ ~[trash] outline(file)> ~, trash! M^ erase(file),trash!! Selected = null

Alat Bantu Dukungan Pemrograman Screen mockup and prototyping tools Membuat sketsa cepat dan model tampilan pada tahap-tahap awal perancangan dengan tujuan : Menjajaki berbagai alternatif Memungkinkan komunikasi dalam tim perancangan Menjelaskan kepada klien seperti apa bentuk produk nantinya

Dibuat dengan : Kertas dan pensil Pengolah kata Bussiness slide-show presentation software : Adobe persuasion, Microsoft PowerPoint Alat bantu khusus pembuatan prototipe Software CAI: Macromedia Authorware, Authology, Courseware, Pilot Multimedia construction tools : Macromedia Director, Asymetrix Toolbook, Video Works Interactive, Autodesk Animator

Programming toolkits : Programmer berpengalaman membuat atarmuka pemakai dengan bahasa rakitan atau bahasa pemrograman tingkat tinggi (C, Pascal, BASIC, COBOL, Ada,dsb) Untuk bahasa-bahasa pemrograman tersebut dibuat advanced programming toolkit Berupa rutin-rutin khusus yang menangani widget seperti window, scroll bar, menu pull-down dan pop-up, data-entry fields, tombol, dan kotak dialog Pemrograman visual memungkinkan perancangan antarmuka pemakai secara WYSIWYG. Contoh: Microsoft Visual Basic, Borland Delphi

User Interface Management System (UIMS)