PERUBAHAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DR Hidayatullah 08 Rabbi’ul awal 1434H Masjid Al-Ikhlash BSD 1-6.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
HIDUP DUNIA BAGI ORANG KAFIR
Advertisements

Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah
Kolompok 1 Nama : TRI FURNA ADHI DEWI AGUSTIN ANGGARENI ADINDA RIZKY
MU’JIZAT AL-QURAN.
AL-QURAN MEMAHAMI DAN MENGHAMPIRINYA
HAKEKAT MANUSIA Fenomena logis 1. Manusia sejak lahir merdeka
Kesuksesan Hari Ini adalah Eksistensi Hari Esok
ولله ما في السموت وما في الارض, وإلي الله ترجع الامور # Dan milik Allah semua apa yang ada dilangit dan dibumi, dan kepada Allah dikembalikan segala sesuatu.
MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
AQIDAH Mmtc, ‘ 11.
KERUKUNAN HIDUP ANTARA UMAT BERAGAMA
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
Pertemuan Kedua Manusia dan Agama
DAKWAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA
Fungsi Al-qur'an bagi kehidupan kita sehari hari
التوعية ٍ Strategi Pembinaan Ummat أبوعلم الدين عارف وباوا.
Abdu Rohman (At-Taufiq Madinah Institute)
EKOSISTEM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
”Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak mulia”.
KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
 Abdul Ghofur  Setiawan Gusmadi  Tedi Hendrawan  Afniati Fitriah Duru  Indra arif bismantoro
III. IMPLEMENTASI IMAN DAN TAQWA DALAM KEHIDUPAN MODERN
SURAT AT TAUBAH Surabaya, 30 Nov 2008.
MA’RIFATUSY SYAHADATAIN
Islam Membangun Persatuan dalam Keberagamaan
Oleh: Komisi II Majlis Diktilitbang PPM
Akhlaq Terhadap Rasulullah SAW.
PENGERTIAN ISLAM DAN AJARANNYA
PENGERTIAN AGAMA ISLAM
PENDALAMAN MATERI PAI ASPEK: TARIKH DAN PERADABAN ISLAM
BAB II IMAN DAN TAQWA.
PERTEMUAN KE-3 Rohmansyah, S.Th.I., M.Hum.
Fikih Ekologi/Lingkungan dan Cinta Tanah Air
Islam Sebagai Way of Life Disusun oleh :  M. Asnun Munir  Ellyn  Zulfa Wafiroh  Disusun oleh :  M. Asnun Munir
Pertemuan Ke-3.
ZAKAT Selamat Mengikuti بسم الله الرحمن الرحيم IZMU HR PUTRA
Arah Program Kajian Islam Ahad Pagi Di Masjid “ Daarul Iman “
MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
KONSEP (PENGERTIAN), HUKUM, TUJUAN, URGENSI, DAN HAKIKAT DAKWAH
PENTINGNYA AGAMA DAN USAHA AGAMA
BISMILLAHIR-RAHMANIR-RAHIIM
Kontribusi Agama dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Riset
Sekilas mengenai ekonomi islam
HARI INI KITA BAHAS APA ITU ISLAM??? APA MISI AGAMA ISLAM???
Misi Dakwah Rasulullah Saw
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK Dosen: Sarah Wulan, S.Ag, MPd
MATAN KEYAKINAN DAN CITA CITA (MKCH) MUHAMMADIYAH 1.Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan da’wah amar ma’ruf nahi mungkar, beraqidah Islam dan bersumber.
Syarat Diterimanya Syahadat (Syuruthu Qabulisy Syahadatain)
Keberuntungan Dr. Hardiwinoto, SE., M.Si.
Misi Dakwah Rasulullah Saw
ILMU PENGETAHUAN, TEKNOLOGI, DAN SENI DALAM ISLAM
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
STUDI ISLAM 3 HAKIKAT ISLAM DAN KARAKTERISTIKNYA
REDAKSI AYAT ليس البر أن تولوا وجوهكم قبل المشرق والمغرب ولكن البر من آمن بالله واليوم الآخر والملآئكة والكتاب والنبيين وآتى المال على حبه ذوي القربى.
Pertemuan Ke-3.
AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN(AIK)
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
Agama !. Institusi khilafah dalam tradisis politik islam Khilafah (bahasa Arab: خلافة), adalah kepemimpinan, imamah, biasa juga disebut kekhalifahan.
Pengertian Agama Islam
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
IMAN KEPADA MALAIKAT syahruddinalga.blogspot.com
Pengertian Agama Islam
Pengertian Agama Islam
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM KAJIAN MENURUT SUDUT PANDANG AL-QUR’AN.
بسم الله الرحمن الرحيم. Agama Islam Kelompok 3 : Athifah Midra Nanda Delina Fara Dinda Ayu Rahma.
Makanan Halal يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوخُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ
Transcript presentasi:

PERUBAHAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DR Hidayatullah 08 Rabbi’ul awal 1434H Masjid Al-Ikhlash BSD 1-6

I. Muqaddimah 1.Al-Qur’an diturunkan oleh Allah kepada Nabi- Nya yang terakhir sebagai rahmat dan petunjuk bagi seluruh ummat manusia (QS.2:185) untuk meraih keselamatan, kedamaian, kebahagiaan, kesejahtraan, keberkahan dan keridlaan Allah, dunia dan akhirat (QS.16:97). 2.Al-Qur’an antara lain berfungsi korektif, klarifikatif dan konfirmatif terhadap isi kitab2 yang dibawa oleh Nabi2 terdahulu yang mengalami “intervensi” manusia (QS.5:48). 3.Ajaran al-Qur’an bersifat universal, mencakup seluruh dimensi dan seluruh aspek hidup dan kehidupan (QS.25:1; 6:32).

3.Keberlakuan al-Qur’an tidak terbatas oleh batas-batas geografis, bahkan waktu. Ia merupakan rahmat bagi seluruh alam (QS.21:107). 4.Al-Qur’an berlaku sampai hari Qiyamat, karena tidak ada lagi nabi yang diutus setelah Muahammad saw. dan tidak ada lagi wahyu yang diturunkan setelah al-Qur’an (QS.33: 40). 5.Oleh karena itu sangatlah rasional dan visioner bila salah satu petunjuk al-Qur’an terkait dengan perubahan, selama perubahan itu tidak keluar dari koridor, tidak menyimpang dari perjanjian primordial (QS.9:20; 51:56; 21:25; 7:172).

II. Macam Perubahan (QS.95:4-6)  Perubahan ke arah positif konstruktif  Perubahan ke arah negatif destruktif

بسم الله الرحمن الرحيم لقد خلقنا الإنسان فى أحسن تقويم. ثم رددناه أسفل سافلين. إلاالذين آمنوا وعملوا الصلحات فلهم أجر غير ممنون.

◄ من كان يومه خيرا من أمسه فهو رابح ، ومن كان يومه متساويا مع أمسه فهو خاسر، ومن كان يومه أسوأ من أمسه فهو هالك. ( الحديث )

III. Makna Perubahan Dalam konteks al-Qur’an Perubahan :  Bermakna hiponimi terhadap amal shalih.  Merupakan makna esensial dari makna hijrah.  Bukan hanya berubah dari –misalnya– hitam menjadi putih, kafir menjadi mukmin, musyrik menjadi muwahhid

Perubahan dalam konteks al-Qur’an mencakup:  Perbaikan/koreksi, peningkatan kualitas dan kuantitas, soliditas dst. …  Perubahan pola pikir, orientasi, konsep, kebijakan, taktik, strategi, program, sikap, prilaku budaya, kebudayaan dan peradaban. Semuanya ke arah positif konstruktif.

IV. Perubahan Menurut al-Qur’an Antara lain (QS.22:5-7; 20:55; 28:88; 55:26; 14:1; 13:11) :  Perubahan merupakan sunnatullah  Perubahan merupakan missi utama dari Risalah Nabi Muhammad saw.  Perubahan merupakan metode untuk meraih sukses serta kebahagiaan dunia dan akhirat.

Misi Utama Risalah Nabi Muhammad saw (QS.14:1) كتاب أنزلناه إليك لتخرج الناس من الظلمات إلى النور

Penjelasan Sahabat Ja’far bin Abdul Muththalib ra. Kepada Raja Habasyah/Etiopia saat Hijrah I:  Karakteristik jahiliyyah: أيها الملك ! كنا قوما أهل جاهلية، نعبد الأصنام، ونأكل الميتة، ونأتي الفواحش، ونقطع الأرحام، ونسيئ الجوار، ويأكل القوي منا الضعيف، وكنا على ذلك ، حتى بعث الله لنا رسولا...

 Misi Perubahan Berdimensi Vertikal:.... فدعانا إلى الله لنوحده ونعبده ونخلع ما كان يعبد آباؤنا من دونه من الأحجار والأوثان وغير ذلك... وأمرنا بالصلاة والزكاة و الصيام...  Misi Perubahan Berdimensi Horizontal  Menyangkut Amar Ma’ruf: وأمرنا بصدق الحديث وأداء الأمانة وصلة الأرحام وحسن الجوار والكف عن المحارم و الدماء...

 Menyangkut Nahi Munkar: ونهانا عن الفواحش وقول الزور وأكل مال البتيم وقذف المحصنة

V. Aktualisasi Perubahan  Tidak boleh keluar dari koridor.  Harus konsisten dengan (tidak menyimpang dari) Perjanjian primordial.  Harus merupakan sinergi dari keseluruhan peran Islam secara kaffah (sinergi antara ‘aqidah, syari’ah dan akhlak – sinergi antara keseluruhan pilar Agama: Iman, Islam dan Ihsan).

Lanjutan  Harus didukung oleh Ilmu Pengetahuan- teknologi dan profesionalisme secara positif. (QS.58:11)

Koridor dan Perjanjian  Koridor Perubahan (QS.21:25): La ilaha illa’llah Muhammad Rasulu’llah  Perjanjian Primordial (QS.7: ): Mengimani Allah Menauhidkan /Mengesakan Allah Menjalani hidup dan kehidupan sesuai konsep keesaan Allah dalam kapasitas manusia selaku makhluk, hamba dan khalifah-Nya di muka bumi.

VI. Dampak Buruk Perubahan Dan cara Penangkalannya Dampak buruk perubahan  Rusaknya fitrah manusia dan kemanusiaan yang diindikasikan oleh dominannya karakteristik dan prilaku asfala safilin serta penuhanan kepada selain Allah.

Sebab terjadinya dampak buruk perubahan:  Ekses dari kemajuan iptek  Ekses globalisasi  Aktualisasi perubahan yang keluar dari koridor dan menyimpang dari perjanjian primordial.  Realisasi perubahan yang tidak sinergis antara keseluruhan peran Islam.  Aplikasi perubahan yang tidak didukung oleh iptek secara positif dan profesionalisme

Hindar diri dari dampak buruk perubahan:  Mengaktualisasikan perubahan sesuai koridor dan perjanjian primordial secara sinergis antara keseluruhan peran Islam ke dalam realitas hidup dan kehidupan dalam seluruh dimensi dan aspek-aspeknya akan dapat memperoteksi diri, anak, keluarga, keturunan, masyarakat, bangsa, negara, manusia dan kemanusiaan dari dampak buruk perubahan; dan akan mengantarkan manusia—sesuai tujuan Islam—kepada keselamatan serta hasanah dunia da akhirat.

VII. Khatimah ◄ من عمل صالحا من ذكر أوأنثى وهو مؤمن فلنحيينه حياة طيبة ولنجزينهم أجرهم بأحسن ما كانوا يعملون (QS.16:77) ◄ وعد الله الذين آمنوا وعملوا الصالحات ليستخلفنهم فى الأرض (QS.24:55) ◄ الذين آمنوا وهاجروا وجاهدوا فى سبيل الله بأموالهم وأنفسهم أعظم درجة عند الله وألئك هم الفائزون. يبشرهم ريهم برحمة منه ورضوان وجنات لهم فيها نعيم مقيم خالين فيها أبدا إن الله عنده أجر عظيم (QS.20-22)