Kisi-kisi Jawaban UTS Semester Pendek Genap 2008/09
Nomor 1 a.Simple Reflex Agent: agent yang memiliki sifat reflex yaitu bertindak hanya berdasarkan if-then rules (table-driven), tanpa adanya pengetahuan tentang keadaan. b.Fungsi Heuristik: perkiraan biaya termurah (terbaik) dari sebuah node ke tujuan
Nomor 1 c. Greedy Search: pencarian yang hanya didasarkan pada urutan nilai fungsi heuristik, yaitu dengan membuka node dengan nilai heuristik yang dinilai terbaik. d. Utility Function: nilai yang digunakan untuk mengukur seberapa baik sebuah state, biasanya digunakan dalam ruang pencarian sebuah game. Kadang-kadang disebut juga evaluation function.
Nomor 2 a. Algoritma A*: Sifat: lengkap, optimal, O(b d ). b. Local Search: tidak menyimpan state dalam bentuk tree tapi hanya menyimpan satu state dan ‘memperbaiki’ state tersebut sampai mencapai sebuah goal. Sifat: tidak lengkap, tidak optimal, O(b d ), constant. f(n) = h(n) + g(n) g(n) = cost so far to reach n from start state h(n) = estimated cost to goal state from n f(n) = estimated total cost of path through n to goal
Nomor 3 a. Pohon pencarian D AB C S D E GF G F G
Nomor 3 b. BFS: S A B D C F D E G Solution path: S A D F G c. DFS: S A D F G d. BFSDFS Time Space Optimum Complete b d Yes b d bN (N=maks depth) No
Nomor 3 e. Uniform Cost Open S Open B(2), A(10) Open C(6), A(10) Open D C (7), A(10), E C (14) Open F(9), A(10) Open A(10), G(12) Open G(12), D A (18) G goal !!! Sol. P = S B C D F G
Nomor 3 f. Greedy Search Open S(5) Open A(3), B(4) Open D(2), B(4) Open F(1) Open G(0) G goal !!! Sol. P = S A D F G
Nomor 3 g. A* Open S(0+5) Open B(2+4), A(10+3) Open C(6+3), A(10+3) Open D C (7+2), A(10+3), E C (14+1) Open F(9+1), A(10+3) Open G(12+0), A(10+3) G goal !!! Sol. P = S B C D F G
Nomor 4
Nomor 5
max min max min max
13 Robot Navigation xNxN yNyN N xgxg ygyg h(N) = |x N -x g | + |y N -y g | (L 1 or Manhattan distance) Diketahui sebuah robot dapat bergerak di lingkungannya dengan menggunakan fungsi heuristik h(N) sebagai berikut:
Robot Navigation goal start Jika robot akan bergerak dari titik start ke titik finish, dalam lingkungan di atas: 1.Tentukan nilai heuristik untuk masing-masing titik yang dapat dilalui. Asumsi, tembok dianggap sebagai titik, sehingga tetap dihitung dalam heuristik. 2.Jika diketahui bahwa biaya untuk bergerak dari satu titik ke titik tetangga (vertikal atau horizontal) adalah 1. Tentukan biaya yang akan terjadi pada masing-masing titik yang menurut Anda akan dilalui oleh robot. 3. Tentukan jalur yang harus dilalui oleh robot
15 Robot Navigation f(N) = h(N), with h(N) = Manhattan distance to the goal (not A*) X=1 Y=1 X=5 Y=11
16 Robot Navigation f(N) = h(N), with h(N) = Manhattan distance to the goal (not A*) X=1 Y=1 X=5 Y=11
17 Robot Navigation f(N) = h(N)+g(N), with h(N) = Manhattan distance to goal (A*) X=1 Y=1 X=5 Y=11