EKOSISTEM DALAM PERSPEKTIF AL QUR’AN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PIK M DIY 8 FUNGSI KELUARGA.
Advertisements

MU’JIZAT AL-QURAN.
MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP (AL-QURAN)
Bab IV Tanggung Jawab Manusia Sebagai Khalifah dan Hamba Alloh SWT
Manusia dan Agama.
ETOS KERJA DALAM ISLAM keutamaan kerja karakter Rasul dalam bekerja
MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Penjelasan GBPP & Kontrak Perkuliahan
Kejadian Manusia Menurut Al-Quran
ILMU PENGETAHUAN TEKNOLOGI DAN SENI DALAM ISLAM
Agama Islam Pertemuan ke-3.
Bab 4 : Berperilaku Terpuji
Pendidikan Agama Islam
Fungsi Al-qur'an bagi kehidupan kita sehari hari
EKOSISTEM DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN
Sifat-sifat Terpuji By : Uswatun Hasanah.
BAB. III MENUNTUT ILMU Pengertian Ilmu: Kata ilmu berasal dari bahasa Arab ‘ILM yang berarti: pengetahuan/kepandaian tentang sesuatu. Lawan kata JAHL.
KELOMPOK 2 ANISA KHAFIDA MADINATUL MUNAWAROH NURUL HASANAH
KEKUASAAN ADALAH AMANAH ALLAH S. W
Manusia dan Agama.
Ma’rifatul Insan Kompetensi Dasar : Mengetahui asal usul manusia
KEHUTA NAN KETENTUAN UMUM UNDANG- UNDANG REPUBLIK INDONESIA
 Kata sains adalah terminologi bahasa Inggris “science” yang berarti pengetahuan ilmiah. Sedangkan dalam bahasa Arab kata “ilmu” berarti pengetahuan.
Tugasnya sebagai khalifah di bumi
5.1 Akhlak pribadi muslim pengantar dan definisi
Bab 4 Iman, Ilmu dan Teknologi
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
ALAM dan LINGKUNGAN HIDUP
KEBIJAKAN NASIONAL PENDIDIKAN KARAKTER 2011
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Oleh: Rohmansyah, S.Th,I., M.Hum
KEGIATAN DI ALAM TERBUKA
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
KONSEP HUKUM ALAM Manusia, Ekosistem, harmonisasi dengan alam dan lingkungan kehidupan Oleh: Hafizh Budiman Irfan Aktori Abdillah.
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
MANUSIA DAN STATUS KEBERADAANNYA
IMUNISASI MR.
MATA KULIAH TAUHID AKIDAH AKHLAK Dosen: Sarah Wulan, S.Ag, MPd
MANUSIA DAN TUGASNYA SEBAGAI KHALIFAH
HAKEKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP
Potensi Dasar Manusia Anwar Ma’ruf, ST., MT..
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Kandungan Kalimat Syahadat (Madlulusy syahadah)
PERILAKU TERPUJI ADIL, RIDHA DAN AMAL SHALEH
AZAS-AZAS HUKUM ISLAM.
KONSEP DASAR MANUSIA/INSAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
TITIS OCTARY SATRIO D4 TEKNIK INFORMATIKA A
KONSEP DASAR AJARAN ISLAM
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Al Baqorah: 30 Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." Mereka berkata:
Konsep Iptek Dalam Islam By: Kelompok 10.
IPTEK, DAN SENI DALAM ISLAM
PENCIPTAAN LANGIT DAN BUMI
UQDATUL KUBRO Dari mana saya? Mau apa saya? Mau kemana saya?
Al-Qur’an Sebagai Sumber Ajaran Islam
Manusia & Nilai-nilai Kemanusiaan Oleh: Arianto Achmad
Sukses Hidup dalam Islam
KONSORSIUM DAN INTEGRASI ILMU
KEMULIAAN AL-QURAN.
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
HAKIKAT MANUSIA MENURUT ISLAM
AL-’AQIDAH AL-ISLAMIYAH
(BEBERAPA ASPEK TENTANG IBADAH DAN AKHLAK)
Kepentingan Mengenal Diri
O. Solihin Blog: Akidah Islamiyyah Katakanlah: "Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang.
IMAN KEPADA MALAIKAT. 1. Pengertian malaikat Allah Kata ‘malaikat’ berasal dari kata malak, bentuk jamaknya adalah malaikah. Kata malak memiliki arti.
BAB 6: PERKARA-PERKARA YANG MENGHIDUPKAN HATI
Transcript presentasi:

EKOSISTEM DALAM PERSPEKTIF AL QUR’AN langkah awal mengenalkan pandangan Alquran mengenai Ekosistem Pendahuluan (1) Hakekat Alam Semesta Diciptakan Allah (2-3) Manusia Sebagai Khalifah Di Bumi (4-5) Manusia Dan Lingkungan Hidup (6-9) Kerusakan Dan Pelestarian Lingkungan Hidup (10-11) Pengelolaan Lingkungan (12-13)

Ekosistem Dalam Perspektif Al Qur’an MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH Titiek Widyastuti 2009 Minggu ke 4 dan 5

Deskripsi Mata kuliah Allah SWT menciptakan manusia sebagai makhluk hidup di muka bumi dengan segala kelebihannya dibanding makhluk lainnya, untuk menjadi rahmat sekalian alam. Manusia diciptakan menjadi khalifah di bumi, mempunyai kewajiban untuk mengelola, memelihara dan bersikap ramah terhadap alam semesta sesuai ajaran agama Setelah mengikuti topik ini mahasiswa harus mampu menjelaskan peran manusia dan keberagaman dalam kehidupan (Hard skills) dan mampu belajar sepanjang hayat dan mengimplementasikan nilai keislaman dalam kehidupan (Soft skill)

PENAFSIRAN TENTANG KHALIFAH Kata khalifah dalam Al qur’an dan berbagai kata jadiannya menimbulkan berbagai arti dan membuka penafsiran yg beragam

Makna khalifah Adam(Manusia)Manusia berfungsi sebagai khalifah dalam kehidupan Generasi penerus atau generasi pengganti , yaitu kaum yg akan menggantikan satu sama lain, kurun demi kurun, dan generasi demi generasi khalifah diemban secara kolektif oleh suatu generasi Khalifah adalah Kepala Negara atau Kepala Pemerintahan

Konsep Khalifah Manusia sebagai khalifah Khalifah adalah sebuah fungsi yg diemban oleh manusia berdasarkan amanat yg diterimanya dari Allah Amanah itu pada intinya adalah mengelola Bumi secara bertanggungjawab, dg mempergunakan akal yg telah dianugerahkan Allah kepadanya.

Manusia sebagai Khalifah Manusia adalah makhluk Allah. Karena makhluk Allah, maka manusia adalah bagian dari alam Manusia merupakan makhluk yg mulia. Manusia diciptakan dalam bentuk yg sebaik-baiknya. Manusia dianugerahi akal Dengan akal, manusia bisa berfikir, memilih, mengembangkan kehidupannya Kelebihan dan keistimewaan manusia itu menempatkan sebagai makhluk yg terhormat dan memperoleh martabat yg tinggi diantara makhluk lainnya

TUGAS MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH Sebagai khalifah, manusia memiliki tugas, yaitu : mengolah alam dengan sebisa mungkin, seoptimal mungkin, memperhatikan kesejahteraan bersama, dan menjaga kekuasaan yg dimilikinya agar tidak merugikan, dengan berpegang teguh pada Tuhan dan RasulNya.

TUGAS MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH Untuk mengurus, mengelola, memanfaatkan, dan memelihara karunia Allah sebagai sumber penghasilan, dunia usaha, dan untuk kemaslahatan bersama, maka IPTEK, keahlian dan ketrampilan merupakan persyaratan yg harus dimiliki

PERANAN MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH Ketika memerankan fungsinya sebagai khalifah Allah di muka bumi, ada dua peranan penting yang diamanahkan dan dilaksanakan manusia sampai hari kiamat. Pertama, memakmurkan bumi (al ‘imarah). Kedua, memelihara bumi dari upaya-upaya perusakan yang datang dari pihak manapun (ar ri’ayah).

Memakmurkan Bumi Manusia mempunyai kewajiban kolektif yang dibebankan Allah SWT. Manusia harus mengeksplorasi kekayaan bumi bagi kemanfaatan seluas-luasnya umat manusia. Maka sepatutnyalah hasil eksplorasi itu dapat dinikmati secara adil dan merata, dengan tetap menjaga kekayaan agar tidak punah. Sehingga generasi selanjutnya dapat melanjutkan eksplorasi itu.

Memelihara Bumi Melihara bumi dalam arti luas termasuk juga memelihara akidah dan akhlak manusianya sebagai SDM (sumber daya manusia). Memelihara dari kebiasaan jahiliyah, yaitu merusak dan menghancurkan alam demi kepentingan sesaat. Karena sumber daya manusia yang rusak akan sangat potensial merusak alam. Oleh karena itu, hal semacam itu perlu dihindari. Allah menciptakan alam semesta ini tidak sia-sia. Penciptaan manusia mempunyai tujuan yang jelas, yakni dijadikan sebagai khalifah atau penguasa (pengatur) bumi. Maksudnya, manusia diciptakan oleh Allah agar memakmurkan kehidupan di bumi sesuai dengan petunjukNya. Petunjuk yang dimaksud adalah agama (Islam).

KEWAJIBAN MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN Interaksi dengan komponen lain dalam lingkungan hidup Dengan demikian manusia bertanggungjawab terhadap keberadaan dan kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya. Dalam rangka tanggungjawab sebagai khalifah All ah tsb, manusia berkewajiban menyikapi lingkungan dengan berdzikir dan bersyukur, merenungkan dan mentafakuri kejadian alam semesta dan alam lingkungan, meneliti dan mengkaji rahasia alam, mempelajari kehidupan umat terdahulu, memelihara kelestarian alam.

berdzikir dan bersyukur Berdzikir kepada Allah, selain selalu ingat kepadaNya, juga selalu mengingat ciptaanNya, dan tujuan dari ciptaanNya itu. Bersyukur kepada Allah, selain berterima kasih atas nikmat dan karuniaNya, juga memanfaatkan nikmat dan karunia itu untuk kemaslahatan sesuai dengan tujuan penciptaan dan tuntunanNya

merenungkan dan mentafakuri kejadian alam semesta dan alam lingkungan Merenungkan dan mentafakuri ciptaan Allah akan lebih memperkuat keyakinan akan kebesaran dan kekuasaan penciptanya

meneliti dan mengkaji rahasia alam Meneliti dan mengkaji rahasia2 kejadian alam, asal usul kejadiannya, tujuan kejadiannya, dan akhir kejadiannya Dengan tersingkap dan terungkapnya rahasia2 alam itu, selain mempertebal keyakinan akan kebesaran allah sebagai pencipta, juga menambah khasanah pengetahuan tentang alam untuk dimanfaatkan guna kemaslahatan umat manusia

mempelajari kehidupan umat terdahulu Dengan mengenal perbuatan umat terdahulu dan akibat yg diterimanya itu apakah berupa kesempurnaan dan kekurangan ataupun keberhasilan dan kegagalan dapat dijadikan pelajaran dalam menata kehidupan masa kini dan masa mendatang

memelihara kelestarian alam Memanfaatkan alam bagi kepentingan umat dan memakmurkannya Allah melarang manusia berbuat kerusakan, karena keruskan alam akan mengakibatkan kerusakan pula bagi manusia

KESIMPULAN Manusia diciptakan untuk menjadi khalifah bagi alam semesta, sehingga mempunyai kewajiban untuk mengolah, memelihara, dan bersikap ramah terhadap lingkungan sesuai dengan ajaran agama. Manusia dan berbagai makhluk ciptaan Allah lainnya diberikan hak untuk hidup di alam semesta. Mereka saling membutuhkan dan saling ketergantungan. Interaksi semua makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya serta lingkungannya membentuk suatu proses yang berlangsung dalam kurun waktu yang lama dalam keadaan selaras dan seimbang membentuk hukum alam dalam sebuah ekosistem

AL QUR’AN TENTANG MANUSIA SEBAGAI KHALIFAH Ekosistem Dalam Perspektif Al Qur’an Titiek Widyastuti 2009

Al Baqarah (2) : 30 030. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".

Faathir (35) : 39 039. Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi. Barangsiapa yang kafir, maka (akibat) kekafirannya menimpa dirinya sendiri. Dan kekafiran orang-orang yang kafir itu tidak lain hanyalah akan menambah kemurkaan pada sisi Tuhannya dan kekafiran orang-orang yang kafir itu tidak lain hanyalah akan menambah kerugian mereka belaka.

Al-An’am (6) : 165 165. Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya, dan sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Al-Israa' (17) : 70 070. Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.

At-Tin (95) : 4 004. sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.

Al-Mulk (67) : 23 023. Katakanlah: "Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.

Al-Mu’minuun (23) : 78 078. Dan Dialah yang telah menciptakan bagi kamu sekalian, pendengaran, penglihatan dan hati. Amat sedikitlah kamu bersyukur.

An-Nahl (16) : 78 078. Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

Al-Israa’ (17) : 36 036. Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.

DAFTAR PUSTAKA Adiwibowo, S. 2007. Etika Lingkungan. Modul Kuliah Ekologi Manusia. Departemen Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB, Bogor. Agus Wasisto Dwi D., ….. Pembelajaran Biologi Yang Berbasis Imtaq Dengan Pendekatan Integratif (Science, Enviorenment Society, Technology and Religion). LPMP DIY. http://hbis.wordpress.com/2008/12/03/manusia-sebagai-khalifah/

DAFTAR PUSTAKA Dawam Rahardjo, 1996. Ensiklopedi Al Qur’an. Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci. Paramadina. Jakarta. 764 hal. Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup, Departemen Agama RI, dan Majelis Ulama Indonesia, 1997. Islam dan Lingkungan Hidup. Swarna Bhumy. Jakarta. 110 hal.