4-5. Pengenalan Masalah Sistem

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Sudahkah kita mampu meraih keinginan kita dengan relatif mudah? 2.
Advertisements

TURUNAN/ DIFERENSIAL.
BAGIAN - 8 Teori Probabilitas.
Analisis Pelanggan Customer Analysis
Materi 1 Pengantar Kecerdasan Buatan
Dr. Abd. Qadim HS, M.Si. Prediktif: menentukan operasi masa depan untuk peubah yang diselidiki dengan tujuan mengendalikan atau mengarahkan agar lebih.
UNSUR UNSUR MASALAH PENELITIAN
SOAL ESSAY KELAS XI IPS.
PENULISAN LAPORAN PENELITIAN Oleh MUH. YUNANTO, SE., MM.
MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN SOSIAL (KPM 398)
Konsep Dasar Penelitian
Sistem Persamaan Diferensial
Tahap penelitian Persiapan Pelaksanaan Pelaporan.
Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
TUGAS FILSAFAT ILMU.
LUAS DAERAH LINGKARAN LANGKAH-LANGKAH :
CONTOH PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN IPA
1 SEMUA RESEARCH DILIBATKAN DLM PERLAWANAN TERHADAP ERROR Sampling error Error karena nonresponse Error dlm prosesing dan statistical analisis Kesalahan.
Mengelola Konflik dan Negosiasi
Induksi Matematika.
FILSAFAT ILMU.
1.  Matematika, mempelajari keteraturan hubungan antar lambang/simbol/unsur yang mempunyai arti (mewakili obyek tertentu)
Induksi Matematik TIN2204 Struktur Diskrit.
Konsep Sistem Informasi
14. Validasi Model
ANOVA DUA ARAH.
Luas Daerah ( Integral ).
Efektivitas Organisasi (Pertemuan ke-2)
RUMUS BANGUN MEMPERMUDAH DALAM PEMBELAJARAN KIMIA disampaikan pada Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains V Kamis 10 Juni 2010 Balairung Universitas.
PENELITIAN EKSPERIMEN
KONSEP DIRI Oleh Dewi Eka Putri.
Materi 14 Penelitian Ilmiah dan Non Ilmiah
PERTEMUAN 6 Pemecahan Masalah & Pengambilan Keputusan
IV – 1a LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN BAB IV LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN.
Intan Silviana Mustikawati, SKM, MPH
RUMUSAN MASALAH & LANDASAN TEORI
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Komor 2011 by Lidia Evelina, MM
* Asuransi & Manajemen Risiko
© 2008 Prentice Hall, Inc.1 – 1 MetodePenelitianMetodePenelitian Created by Rizal Effendi, SE, M.Si.
Penelitian Kualitatif
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
PEMANFAATAN TEKNOLOGI MODERN UNTUK SARANA PENGELOLAAN INFORMASI (1)
PENDEKATAN KETRAMPILAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA
METODOLOGI PENELITIAN dan PENERAPANNYA
SURVEY TENTANG PENULISAN DAN UJIAN SKRIPSI/KOMPREHENSIF
CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ( CTL )
MASALAH SISTEM Disusun oleh : Iphov Kumala Sriwana.
Manajemen Umum PERTEMUAN 3 Perkembangan Konsep Manajemen
1 28 FEBRUARI 2011 SENSASI DAN TEORI GESTALT. SENSASI “ sense” artinya alat pengindraan, yang menghubungkan organisme dengan lingkungannya. Menurut Dennis.
Intan Silviana Mustikawati, SKM, MPH
Bahasa Indonesia.
Problem Solving.
Ns. RETNO PURWANDARI, M.Kep.
MODEL/PEMODELAN.
Lecture 5 : Permasalahan dalam Sistem
Pengertian dan Teknik Kreatif dan Inovatif
PERTEMUAN 4 HARLINDA SYOFYAN, S.Si., M.Pd
Belajar Dan Berpikir Kreatif
Teori Dasar Sistem [IS1223]
IDENTIFIKASI DAN PERUMUSAN MASALAH
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Masalah dan Hipotesis Penelitian Ilmiah A - Masalah Penelitian Ilmiah
PENGAMBILAN KEPUTUSAN
PENELITIAN (Pemilihan Tema dan Topik)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
F2F-4: Teori pemodelan.
MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY LEARNING)
Metode Penelitian Sastra
Transcript presentasi:

4-5. Pengenalan Masalah Sistem indahpratiwi.ums@gmail.com

Kreatifitas Kreativitas berkaitan tersedianya informasi, konsep dan pengetahua secara terbatas, secara parsial, sepotong-potong, tidak utuh , dalam menangani suatu realita tertentu. Menemukan hubungan baru, perspektif baru, kombiansi baru dari sejumlah gagasan, teori, konsep, algoritma, metode, teknik, produk, proses, warna, bantuk, tekstur, aroma, cita-rasa dll

Contoh kreatifitas Becak motor : ... Mesin pencabut bulu ayam : ... Permen nano nano : ... Shampo three in one : ...

definisi Proses kreatif mendayagunakan wawasan, pengetahuan, imajinasi, logika, intuisi, kejadian, kebetulan, evaluasi, konstruktif lingkungan, rangsangan eksternal Untuk mengubah gagasan atau menghasilkan tambahan gagasan baru (a) pelarian dari gagasan lama (b) membuat gagasan baru (Eduardo de Bono, 1971)

Setiap orang dapat dilatih agar lebih kreatif Apakah anda kreatif ?? Setiap orang memiliki kemampuan kreatif tetapi belum berhasil berperilaku kreatif Setiap orang dapat dilatih agar lebih kreatif

Dua arah Sebagai produk dari perilaku kreatif spt, penemuan baru, teori, model, algoritma, karya sastra, musik, mode busana dll Sebagai proses dari perilaku kreatif, mencakup persepsi, belajar, berpikir dan motivasi

Tiga elemen Sensitivitas kepekaan untuk melihat adanya persoalan dan menemukan pemecahannya Sinergi jika dua buah gagasan atau lebih dipadukan secara kreatif akan menghasilkan gagasan baru yang lebih bermanfaat dari gagasan semula Serendipitas kemampuan untuk menangkap relevansi/arti penting dari kejadian yang secara kebetulan

Hambatan : a. Perseptual : bentuknya : kekakuan persepsi, kesulitan menemukan dan mengisolasi persoalan, penambahan batasan dan asumsi, tidak mampu menelaah persoalan b. Emosional : ketakutan untuk melakukan kesalahan/menghadapi resiko c. Kultural dan lingkungan : sumber daya, norma, nilai, keyakinan dalam masyarakat d. Intelektual dan ekspresi :

Tahapan Proses : (Evans & Russel, 1992) 1. Persiapan : analisis tugas, mengumpulkan data, mencari pola, mencoba gagasan, mencari asumsi 2. Frustasi : terjadi ketika kita tdk mampu memecahkan masalah, merasa bosan, meragukan kemampuan 3. Inkubasi : Saat berhenti mencoba, menunda masalah dan “peti es” 4. Wawasan : Inspirasi, saat menyatukan kreativitas 5. Mengolah : melibatkan pengujian wawasan dan mengubahnya

Langkah-langkah : a. pengenalan (apa) b. lokasi (dimana) 1. Pendefinisian Masalah 2. Spesifikasi (fakta&non-fakta) a. pengenalan (apa) b. lokasi (dimana) c. timing (kapan) d. dampak (luas) 3. Mencari sebab yg mungkin : a. perbedaan : statis b. perubahan : dinamis 4. Mencari sebab yang paling mungkin 5. Menguji kebenaran/verifikasi : a. berdasarkan logika b. berdasarkan realita Hambatan : Kurang lengkap informasi Masalah klasik (kapan : peribahan, perbedaan) Sifat psikologis manusia Hipotesis ditetapkan diawal (belum lihat konteks lebih luas)

Gejala dan Masalah Gejala : Kondisi yang memberi tanda timbulnya sebuah masalah, keputusan yang diambil untuk memecahkan masalah bukan untuk menggeluti gejala

Masalah Sistem Perbedaan (gap) Kesukaran atau kesulitan, berupa : a. ketiadaan sarana b. mengidentifikasi sifat obyek c. Menerangkan kejadian tidak terduga Penyebab kemerosotan Situasi yang kacau dan merugikan Misteri yang harus dipecahkan Masalah : perbedaan/kesenjangan antara dua status yang berada dalam batas tertentu yang spesifik yang memerl;ukan pemecahan Pemodelan diharapkan dapat memecahkan masalah (memberikan solusi) atau memperkecil kesenjangan

1. Perumusan Masalah Suatu tindakan kreatif agar sejauh mungkin satu atau lebih kondisi tertentu dapat dicapai Tiga tahap : 1. penjajagan gejala (pengenalan situasi problematis) 2. identifikasi masalah 3. definisi masalah Identifikasi masalah, masalah ditemui : 1. literatur 2. seminar, diskusi 3. pernyataan pengambil keputusan 4. pengamatan sepintas dan intuisi 5. pengalaman pribadi

Proses perumusan Masalah

2, identifikasi masalah Beberapa kebutuhan dan keinginan yang ada (sekarang) Beberapa kebutuhan dan keinginan secara relatif Kebutuhan dan keinginan baru yang timbul Kebutuhan dan keinginan yang mungkin timbul dimasa depan

3. Definisi masalah Dari arah masalahnya (obyektif) Dari arah pembuat model (analis) dan pengambil keputusan Biaya yang tersedia Waktu yang dapat digunakan Alat dan perlengkapan yang tersedia Bekal kemampuan teoritis Penguasaan metode yang diperlukan

Perumusan Masalah Sistem

4. Analisis Masalah Menyangkut pemilihan dan pemeriksaan fakta-fakta dan informasi yang relevan dari yang tidak relevan, kemudian membuat konseptual yang tepat/model matematis. (Ackoff & Sasieni, 1967) Masalah pemodelan menurut tingkat kesulitan memodelkan sistem : 1. masalah yang struktur logisnya sederhana dan cukup transparan dapat diselesaikan dengan pemeriksaan dan diskusi 2. masalah yang strukturnya jelas, namun tidak jelas bagaimana menggambarkannya secara simbolik 3. masalah yang strukturnya tidak jelas, namun ada kenungkinan menstrukturkannya melalui analisa data 4. masalah yang tidak mungkin memisahkanya dari pengaruh variabel individual, dilakukan eksperimen 5. Masalah yang tidak punya data yang cukup, jadi taidak dapat dilakukan eksperimen

Perbedaan Hard dan Soft Sistem

5. Tujuan dan kegunaan pemecahan masalah Kondisi untuk diperbaiki atau suatu keadaan yang harus dicapai Populasi terbatas dalam kondisi yang ada Kerangka waktu pada perubahan terjadi Jumlah dan arah perubahan yang diinginkan dalam pengkondisian

Langkah pemodelan

Aktivitas pemodelan

Siklus Perkembangan Ilmu Sistem

terimakasih