Interaksi Manusia dan Komputer

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
UCD USER CENTERED DESIGN
Advertisements

Perancangan Perangkat Lunak lanjutan Kuliah - 7
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia dan Komputer
PERANCANGAN ANTARMUKA - 2
PENGANTAR REKAYASA PERANGKAT LUNAK I
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER – PART 8 Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng.
Interaksi Manusia dan komputer
BAB 6 Design Interface (Perancangan Tampilan)
Perancangan Tampilan.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
1 Pendahuluan Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I Muhammad Rachmadi, S.T., M.T.I.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
BAB 5 PERANCANGAN SISTEM
MATERI 5 DESAIN SISTEM.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (Human Computer Interaction)
Teori , Prinsip, dan Pedoman
DESAIN IMK-M5.
Interaksi Manusia Dan Komputer
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Diadopsi dari presentasi Ian Sommeriville, Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak.
PROTOTYPING.
Metodologi Pengembangan Perangkat Lunak
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
Interaksi Manusia & Komputer Evaluasi
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
komponen antarmuka pengguna
DASAR – DASAR SISTEM INFORMASI
Interaksi Manusia dan Komputer
Perancangan Tampilan.
TESTING DAN IMPLEMENTASI SISTEM
Interaksi Manusia & Komputer Desain
Perancangan antarmuka (design interface)
Rekayasa Perangkat Lunak
Latihan Ujian UTS dan UAS
FASE PENGEMBANGAN (bag 2)
PRINSIP USABILITY.
Human Computer Interaction (HCI)
Perancangan Antar Muka
USABILITY.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Ragam dialog Pertemuan 3.
8 ATURAN EMAS DALAM PERANCANGAN USER INTERFACE
PERANCANGAN ANTARMUKA/TAMPILAN
FASE DESAIN.
Materi Habis Uts IMK Prototyping
Interaksi Manusia & Komputer (Human Computer Interaction)
KEBERGUNAAN Anna Dara Andriana., M.Kom
Teori, Prinsip, dan Pedoman
KEBERGUNAAN (USABILITY)
Perancangan Tampilan.
Mengelola Proses Perancangan Pertemuan 3
Interaksi Manusia - Komputer Rani Susanto, M. Kom
Ragam dialog Pertemuan 3.
Interaksi Manusia dan Komputer
BAB IV KEBERGUNAAN (usebility)
IMK.
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Designing the User Interface:
Materi 2 - Komputer Multimedia
Pengembangan Sistem Informasi
INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER (HUMAN COMPUTER INTERACTION)
Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi Manusia Komputer [IF ]
The Humans Role in UCD.
PRINSIP USABILITY.
DASAR – DASAR SISTEM INFORMASI
Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia
Transcript presentasi:

Interaksi Manusia dan Komputer Danny Kriestanto, S.Kom., M.Eng

User Centered Design Perancangan berbasis pengguna (User Centered Design = UCD) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan filosofi perancangan. Istilah lain yang pernah digunakan: human factors engineering, ergonomics engineering, usability engineering, user engineering

User Centered Design UCD adalah filosofi perancangan yang menempatkan pengguna sebagai pusat dari proses pengembangan sistem. Saat ini pendekatan dengan UCD telah didukung berbagai teknik teknik, metoda metoda, tools, prosedur, dan proses yang membantu perancangan sistem interaktif yang lebih berpusat pada pengguna.

Sasaran USD Sasaran UCD lebih dari sekedar membuat produk yang berguna. UCD didefinisikan sebagai “The practice of designing a product so that users can perform required operation, service, and supportive tasks with a minimum of stress and maximum of efficiency”

Konsep USD Pada USD, yang menjadi fokus utama adalah user Tujuan/sifat konteks, dan lingkungan produk semua didasarkan dari pengalaman pengguna. Selanjutnya ditetapkan model pekerjaan pengguna yang akan didukung sistem.

Integrative and Iterative Design Iteratif? Sistem yang sedang dikembangkan harus didefinisikan, dirancang, dan di-tes berulangkali berdasarkan hasil test kelakuan dari fungsi, antarmuka, sistem bantuan, dokumentasi pengguna, dan pendekatan pelatihannya.

Integrative and Iterative Design Integrative? Perancangan harus mencakup antarmuka pengguna, sistem bantuan, rencana pelatihan, dokumentasi pengguna, dukungan teknis serta prosedur instalasi dan konfigurasi. Perancangan elemen-elemen tersebut harus dikembangkan secara paralel, dan tidak secara sekuensial, serta harus dibawah satu proses manajemen.

Aturan dan UCD user is not only right, he has rights Karat telah mendefinisikan hak pengguna: “untuk mentransformasi budaya yang terdapat dalam perancangan pengembangan dan pembuatan sistem teknologi informasi” dan untuk memastikan bahwa produk hasilnya akan tepat seperti harapan pelanggan

Aturan dalam UCD Perspective: pengguna selalu benar. Jika terdapat masalah dalam penggunaan sistem, maka masalahnya ada pada sistem dan bukan pengguna. Instalasi: Pengguna mempunyai hak untuk dapat menginstall atau meng-uninstall perangkat lunak dan perangkat keras sistem secara mudah tanpa ada konsekuensi negatif.

Aturan dalam UCD Pemenuhan: pengguna mempunyai hak untuk mendapatkan sistem dapat bekerja persis seperti yang dijanjikan Instruksi: pengguna mempunyai hak untuk dapat menggunakan instruksi secara mudah (buku petunjuk, bantuan secara on line atau kontekstual pesan kesalahan), untuk memahami dan menggunakan sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara efisien dan terhindar dari masalah

Aturan dalam UCD Control: pengguna mempunyai hak untuk dapat mengontrol sistem dan mampu membuat sistem menanggapi dengan benar atas permintaan yang diberikan. Umpan balik: jelas, dimengerti, pengguna mempunyai hak terhadap sistem untuk menyediakan informasi yang jelas dapat dimengerti dan akurat tentang tugas yang dilakukan dan kemajuan yang dicapai

Aturan dalam UCD Keterkaitan: tentang pengguna mempunyai hak untuk mendapatkan informasi yang jelas tentang semua prasyarat yang dibutuhkan sistem untuk memperoleh hasil terbaik. Scope: pengguna mempunyai hak untuk mengetahui batasan kemampuan sistem sistem.

Aturan dalam UCD Assistance: pengguna mempunyai hak untuk dapat berkomunikasi dengan penyedia teknologi dan menerima pemikiran dan tanggapan yang membantu jika diperlukan. Usability: pengguna harus dapat menjadi penguasa teknologi perangkat lunak dan perangkat keras dan bukan sebaliknya Produk harus dapat digunakan secara alami dan intuitif

ISO 13407 – Proses Standar UCD untuk Sistem Interaktif Plan for human- centered design Understand and specify the context of use Sistem meets specified organizational, user, and functional requirements? Evaluate design against requirements Specify the user and organizational requirements Produce design solutions

8 Aturan Emas Perancangan UI Berusaha untuk konsisten. Memungkinkan frequent users menggunakan shortcuts. Memberikan umpan balik yang informatif. Merancang dialog yang memberikan penutupan (keadaan akhir). Memberikan pencegahan kesalahan dan penanganan kesalahan yang sederhana. Memungkinkan pembalikan aksi yang mudah. Mendukung pusat kendali internal (internal locus of control). Mengurangi beban ingatan jangka pendek

Tiga Pilar Perancangan

UCD Life Cycle (Matthew, 1994)