تَعْرِيْفُ الْقُرْآنِ

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Kompetisi dalam Kebaikan
Advertisements

KEUTAMAAN MEMBACA AL QUR’AN
KODIFIKASI AL-QUR’AN (PEMELIHARAAN, PEMBUKUAN, PERCETAKAN)
AL-QUR’AN : ANTAR YANG AURAL DAN KANONIK PRESENTED : AHMAD HOERUDDIN HAMBYAH FAUZI HASBIALLAH MUHAMMAD DEDES TRIYA ANDANI.
II Pengertian Al-Qur’an
Belajar Baca dan Tulis Al-Qur’an
Oleh: Prof. Dr. M. Ghalib M., M.A
MU’JIZAT AL-QURAN.
BERKENALAN DENGAN A LQUR’AN 1.AL-QUR`AN BERASAL DR “QARANA” (MENGHIMPUN) 2.BERASAL DARI “QIRAATUN” (BACAAN) PENGERTIAN AL- QUR’AN 3. AL-QUR’AN ADL JENIS.
Cara Sholat Rasulullah SAW (Sifat Sholat Rasul) ISLAM
ALQUR’AN SEBAGAI SUMBER HUKUM ISLAM
اَلطَّرِيْقُ إِلَى مَعْرِفَةِ اللهِ
ULUMUL QUR’AN MATERI 2 H. Anas Alhifni, S.EI
By. Hardivizon, M.Ag. Hadis 1. Sumber hukum kedua dalam Islam 2. Lafalnya dari redaksi Nabi Muhammad sendiri, maknanya dari Allah 3. Kebanyakannya khabar.
MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SUMBER-SUMBER HUKUM ISLAM
AKIDAH Beriman kepada Malaikat Allah
Wahyu tuhan, teks dan ijtihad akal manusia; aspek ushul dan Furu’ dalam Islam Muhlisin.
Iman Kepada Qadha dan Qadar
IMAN KEPADA KITAB KITAB ALLAH
Membangun Keluarga Qur’ani
UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Bilangan Raka’at sholat Lima Waktu
Al Qur’an sebagai sumber Utama Hukum Islam
DALIL-DALIL SYARA’ (Sumber-Sumber Hukum Islam)
PENGERTIAN SUMBER HUKUM ISLAM DAN PENGERTIAN AL-QURAN SECARA BAHASA DAN ISTILAH Oleh kelompok 1 xiis1.
SEJARAH DAKWAH RASUALLAH SAW PERIODE MEKKAH
DIPLOMA PENGAJIAN AL-QURAN & SUNNAH
III TURUNNYA AL-QUR'AN Al-Qur’an diturunkan dalam waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari, yaitu mulai dari malam 17 Ramadhan tahun 41 dari kelahiran Nabi sampai.
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Permasalahan Yang Berhubungan Dengan Nuzul al-Qur’an
Al-Qur’an Kelompok 6.
Al Qur’an sebagai Sumber Utama Hukum Islam)
MATERI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Sumber Hukum Islam Al-Qur’an Al hadist Ijtihad. ALQURAN SEBAGAI SUMBER HUKUM PERTAMA ISLAM DAN SEJARAH PEMBUKUAN ALQURAN.
Qodho’ dan Qodar Pengertian Dalil Jenis Kisah Hikmah.
وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ
IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
Iman Kepada Kitab Pertemuan Ke-VI.
Sumber-sumber ilmu kalam, faktor-faktor pendorong lahirnya ilmu kalam, perbedaan metode ilmu kalam dengan keilmuan Islam lainnya. Pertemuan Ke dua.
Mata Kuliah Tauhid Aqidah akhlak
BAHASAN HARI INI PENGERTIAN & FUNGSI AL-SUNNAH & AL-HADITS
BERIMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH
E-ALQUR’AN HADITS KELAS XI Sulaiman, S.Sos.I
Ciri Aliran Sesat Oleh Nanang Kohar, SH.
MIN MUQOWIMAT AL-NAFSIYYAH AL-ISLAMIYYAH
Menemani Rasulullah di Surga
Perkuliahan Tatap Muka ke-3 Al-Islam I, FIP-UMJ, 05 Oktober 2011
Cinta yang membawa ke surga
Al Qur’an sebagai Sumber Utama Hukum Islam)
ISLAM DALAM DISIPLIN ILMU
By : 1. Rizal hartono 2.Muhammad fajar
Universitas muhammadiyah yogyakarta
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
Al-Qur’an Sebagai Sumber Ajaran Islam
Disusun Oleh: Muhammad Ridwan, S.Pd.I
PEMBAHASAN SUMBER AJARAN ISLAM
Cinta yang membawa ke surga
MODUL SIRAH NABAWIYAH.
PENGERTIAN AL-QUR’AN Defenisi al-Qur’an adalah:
BAB 5 : BERIMAN DENGAN KITAB-KITAB ALLAH
Cinta yang membawa ke surga
Modul: Tafsir KBD.
AQIDAH ISLAM Kelas VII Semester I. A. PENGERTIAN AKIDAH ISLAM 1.Pengertian Akidah Islam Menurut Bahasa Akidah adalah kata sifat dalam bahasa Arab yang.
KEUTAMAAN MEMPELAJARI, MEMBACA DAN MENGHAFAL AL QUR’AN.
PERKEMBANGAN DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW PERIODE MEKKAH.
Transcript presentasi:

تَعْرِيْفُ الْقُرْآنِ

KALAM ALLAH (كَلاَمُ اللهِ) Al-Qur’an bukan kalam Nabi Muhammad SAW, tapi itu WAHYU ALLAH (53:4) Bukan kalam malaikat Jibril Tapi kalam Allah, kalimat-kalimat yang berasal dari Allah, firman Allah Dan al-Qur’an bukan makhluk (seperti pendapat Mu’tazilah yang menimbulkan fitnah besar pada masa itu)

Nabi yang Ummi Allah telah merancang satu situasi untuk menegaskan bahwa Al-Qur’an itu benar-benar kalam Allah: Penerimanya (Rasulullah SAW) adalah seorang yang tidak dapat membaca dan menulis Jika dapat membaca  dituduh menukil dari kitab lain Jika dapat menulis  dituduh tulisan Nabi SAW

Kesaksian Al-Walid bin Mughirah Tidak! Demi Allah dia bukanlah seorang dukun. Kita telah melihat bagaimana kondisi para dukun sedangkan yang dikatakannya bukan seperti komat-kamit ataupun sajak (mantera-mantera) para dukun Tidak! Demi Allah! dia bukan seorang yang gila. Kita telah mengetahui esensi gila dan telah mengenalnya sedangkan yang dikatakannya bukan dalam kategori ketercekikan, kerasukan ataupun was-was sebagaimana kondisi kegilaan tersebut Dia bukan seorang Penya'ir. Kita telah mengenal semua bentuk sya'ir; rajaz, hazaj, qaridh, maqbudh dan mabsuth-nya sedangkan yang dikatakannya bukanlah sya'ir Dia bukanlah seorang Tukang sihir. Kita telah melihat para tukang sihir dan jenis-jenis sihir mereka sedangkan yang dikatakannya bukanlah jenis nafts (hembusan) ataupun 'uqad (buhul-buhul) mereka

Memiliki MU’JIZAT (اَلْمُعْجِزُ) Mu’jizat artinya melemahkan musuh-musuh Allah Mu’jizat para nabi sebelumnya berupa mu’jizat yang dapat dilihat oleh mata Tongkat Nabi Musa AS Unta Nabi Sholih AS Tapi mu’jizat terbesar Nabi SAW adalah al-Qur’an: mu’jizat bahasa (pemikiran), yang perlu dipahami Mu’jizat ini berlaku sampai hari kiamat

Langit Dunia (Jibril) Lauh Mahfuzh Diturunkan kepada Hati Nabi Muhammad SAW (اَلْمُنَزَّلُ عَلَى قَلْبِ مُحَمَّدٍ) Lauh Mahfuzh Langit Dunia (Jibril) HATI Rasul SAW

LAUH Ibnu Abbas: Lauh adalah lembaran dari mutiara putih panjangnya sama dengan jarak antara bumi dan langit lebarnya sama dengan jarak antara masyriq dan maghrib, kedua sisinya dari mutiara dan yaqut sampulnya dari yaqut merah qalam (pena)nya dari cahaya kalamNya telah tertulis di ‘Arsy pokoknya berada di pangkuan malaikat

DIPERCAYA (AL-AMIN) Hati Muhammad Allah Rabbul ‘Alamin Ruh AL-AMIN

Menerima dengan Hati Sebagaimana turunnya kepada hati Nabi SAW, maka kita pun menerima al-Qur’an dengan hati kita, sebelum akal kita Karena sebelum membaca atau tadabbur al-Qur’an mesti bersihkan hati kita agar dapat menerimanya dengan baik Ikhlas karena Allah Khusyu’ dalam membaca

Ditulis secara Mutawatir (اَلْمَنْقُوْلُ إِلَيْنَا بِالتَّوَاتُرِ) Mutawatir = orang banyak Saat al-Qur’an turun, Rasulullah SAW selalu memerintahkan para sahabat untuk menuliskannya Para sahabat pun kemudian menghafalnya Sehingga al-Qur’an diulang-ulang dalam membaca oleh semua sahabat Setiap Ramadhan pun malaikat Jibril mendengarkan bacaan Rasul SAW Saat ditulis kembali pada zaman Abu Bakar pun disepakati oleh semua sahabat

Bernilai Ibadah ketika Membacanya (اَلْمُتَعَبِّدُ بِتِلاَوَتِهِ) Ini beda al-Qur’an dengan kitab lainnya Membaca saja tanpa mengerti sudah dinilai ibadah yang pahalanya 10 kebaikan/huruf مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah, maka baginya satu kebaikan dan setiap kebaikan digandakan 10 kalinya. Aku tidak mengatakan bahwa alif-laam-miim itu satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf, dan miim satu huruf. (HR Tirmidzi)

Definisi Lengkap AL-QUR’AN Kalam Allah yang memiliki mu’jizat yang diturunkan kepada hati Muhammad SAW yang ditulis secara mutawatir, bernilai ibadah bila membacanya

تَعْرِيْفُ الْقُرْآنِ كَلاَمُ اللهِ اَلْمُعْجِزُ اَلْقُرآنُ اَلْمُنَزَّلُ عَلَى قَلْبِ مُحَمَّدٍ اَلْمَنْقُوْلُ إِلَيْنَا بِالتَّوَاتُرِ اَلْمُتَعَبِّدُ بِتِلاَوَتِهِ