Tidak tergantung ke bahasa pemrograman ttt Harus dinyatakan dengan jelas Harus memiliki akhir Dalam sebagian besar program kompute memiliki masukan (input) Memiliki keluaran Tidak ambigu (membingungkan) Efektif, sederhana Memiliki alur logika jelas STMIK AKAKOM : Algoritma 1 - oleh M. Guntara1
Langkah algoritma dilaksakan urut dari perintah paling atas, kemudian perintah dibawahnya dan seterusnya. STMIK AKAKOM : Algoritma 1 - oleh M. Guntara2 Contoh ALGORITMA MENGAMBIL UANG di ATM 1.Mulai 2.Masukkan Kartu 3.Masukkan password 4.Masukkan Jumlah uang yang diminta (ambil_uang) 5.Hitung saldo terakhir= Saldo belumnya - ambil_uang 6.Keluarkan uang 7.Keluarkan dari ATM 8.Selesai
Contoh Algoritma ATM (interaktif-timbal balik) 1.Mulai 2.Masukkan Kartu 3.Masukkan password 4.Apakah password benar ? Kala ya lakukan langkah 4, kalau tidak ulangi langkah 2 5.Masukkan Jumlah uang yang diminta (ambil_uang), apakah yang diambil melebihi saldo ? Kalau ya langkah ke 5 kalau tidak ulangi langkah 4 6.Hitung saldo terakhir= Saldo belumnya - ambil_uang 7.Keluarkan uang, apakah setelah 5 menit diambil ? Kalau ya ke langkah 7, kalau tidak TELAN LAGI uang tersebut, kelangkah 4. 8.Keluarkan ATM 9.Selesai Syarat /kondisi Proses atau langkah program berikut sesuai dengan syarat/ kondisi / kategori STMIK AKAKOM : Algoritma 1 - oleh M. Guntara3 Syarat /kondisi
Langkah poses akan berulang-ulang ◦ sesuai persyaratan atau ◦ sampai memenuhi keadaan tertentu STMIK AKAKOM : Algoritma 1 - oleh M. Guntara4 Contoh :t Membuat teh panas manis (semua bahan sudah ada) 1. Mulai 2. Masukkan air panas 200 cc 3. Masukkan gula 1 sendok teh 4. Diaduk 1 putaran 5. Apakah sudah mencapai 15 putaran, bila belum ulangi langkah 4, bila lakukan langkah 6 6. Selesai
Frasa kalimat Pseudo Code Flowchart STMIK AKAKOM : Algoritma 1 - oleh M. Guntara5