WAWASAN DAN ANALISIS SOSIAL (ANSOS) Peran dan Fungsinya dalam KKN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Manajemen Risiko.
Advertisements

Paradigma Sosial Penulisan Ilmiah
Wadek III FIS UNY Terry Irenewaty, M.Hum. Disampaikan dalam LKMM FIS UNY 2012.
GLOBALISASI KOMUNIKASI
Pembangunan Institusi Sosial di Indonesia
Pelatihan Pemetaan Swadaya PNPM – P2KP
Langkah-langkah Strategis
Mengenal Gerakan Mahasiswa
METODE PENDEKATAN SOSIAL dalam PEMBANGUNAN PARTISIPATIF
Resolusi Konflik dan Proses Perdamaian
KONSEP DASAR GEOGRAFI KEBUDAYAAN (SDM) FISIS/ALAM ORGANISASI.
By: Mustopa JEJARING ADVOKASI.
Pembentukan Sikap Dan Tingkah Laku
AKSI SOSIAL (SOCIAL ACTION)
Sosiologi Antropologi Pendidikan
KERANGKA KERJA MEMAHAMI MASALAH KOMUNITAS MAUPUN MASALAH ORGANISASI
Demokrasi dalam Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara
PRESENTASI KEGITAN BHAKSOS HMPS PPKn STKIP PGRI BLITAR TH. 2016
MANUSIA, KERAGAMAN DAN KESETARAAN
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Konsumen
ANALISIS SOSIAL FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI & MULTIMEDIA
PEMIKIRAN TOKOH – TOKOH DALAM ILMU SOSIAL
LINGKUNGAN & BUDAYA ORGANISASI
Komunikasi Massa.
PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN
Perubahan Sosial Mutia Rahmi Pratiwi
POLITIK & STRATEGI KEAMANAN NASIONAL
PENTINGNYA PENGEMBANGAN PARTISIPATIF
Perubahan Sosial & Dinamika Pemerintahan
PEREKONOMIAN INDONESIA
PELAKSANAAN INTERVENSI MAKRO
Pertemuan 4 : “ PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN “
Definition and Approach
Pengembangan Masyarakat
Aspek Strategis Perencanaan Pembangunan Nasional
Dasar dasar analisis sosial
POLITIK & STRATEGI KEAMANAN NASIONAL
PERTEMUAN 14 PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA.
BENTUK PROGRAM COMMUNITY RELATIONS
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
Sebutkan beberapa sifat dan hakikat kebudayaan
MENGAJAR UNTUK MEWUJUDKAN TUJUAN IPS
Lobi dan Negosiasi dalam Komunikasi Bisnis
KETRAMPILAN INTERPERSONAL
KETAHANAN NASIONAL (Manajemen Konflik)
BUDAYA DAN ETIKA Perubahan lingkungan semakin turbulen, sistem dan subsitem organisasi menjadi makin terbuka dan tingkat persaingan semakin ketat dan.
Perubahan Sosial dan Pembangunan
PELATIHAN KADER DASA (PKD) 2012
Lobby.
Perubahan Sosial Muhammad Noor Hidayat
GLOBALISASI, APA ITU ? Fakta dan proses, bukan produk akhir
Masyarakat madani.
DEPARTEMEN PENDIDIKAN
Welcome to the gate of Sociology
This presentation uses a free template provided by FPPT.com PEMBERDAYAAN BERBASIS PEMBERDAYAAN.
TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK DAN BERSIH CLEAN AND GOOD GOVERNANCE Di Indonesia terminologi ini dipadankan dengan tata kelola pememrintahan yang baik,
PEMBERDAYAAN & PARTISIPASI MASYARAKAT
BUDAYA DAN LINGKUNGAN ORGANISASI
Lobi dan Negosiasi dalam Komunikasi Bisnis
DNJ //Landasan Pendidikan
LINGKUNGAN & BUDAYA ORGANISASI
DINAMIKA SISTEM KETATALAKSANAAN PEMERINTAHAN
Pengertian Pembelajaran
DINAMIKA SISTEM KETATALAKSANAAN PEMERINTAHAN
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Konsumen
pancasila PANCASILA SEBAGAI KERANGKA BERPIKIR
DINAMIKA SISTEM KETATALAKSANAAN PEMERINTAHAN
Modernisasi - Inovasi Pendidikan MUQTAKDIR NURFALAQ S. SALMILAH.
KET. INTER-INTRA PERSONAL
KET. INTER-INTRA PERSONAL
Transcript presentasi:

WAWASAN DAN ANALISIS SOSIAL (ANSOS) Peran dan Fungsinya dalam KKN

PENGERTIAN WAWASAN DAN ANALISIS SOSIAL (ANSOS) Wawasan sosial adalah pandangan, pengetahuan dan paham tentang sosial (Purwadarminta,1983, KUBI, Jakarta: Balai Pustaka). Analisis Sosial adalah sebuah upaya untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap tentang; (a) Situasi Sosial, (b) Hubungan Struktural, (c) Kultural dan (d) Historis, sehingga memungkinkan menangkap dan memahami realitas yang dihadapi.

Kebiasaan buruk dalam KKN, diantaranya; Model KKN ala Santa Claus KKN seperti pindah kost-kost-an KKN seperti orang piknik KKN seperti pahlawan kesiangan Dsb.

Semua model KKN tersebut jelas disebabkan karena; Kesadaran akan diri dan fungsi mahasiswa yang lemah Pemahaman yang dangkal tentang pemberdayaan masyarakat Pemahaman yang minim tentang sosial kemasyarakat Ketidakmampuan menangkap kebutuhan dan kepentingan masyarakat/komunitas Dll.

Maka, diperlukanlah ANSOS, yang fungsinya; Identifikasi dan pemahaman masalah secara lebih seksama; melihat akar masalah dan ranting masalah. Mendalami potensi (kekuatan-kelemahan-peluang-tantangan) yang ada dalam komunitas/masyarakat. Membangun ukuran dengan lebih baik untuk kelompok yang dirugikan. Membangun prediksi berupa tindakan-tindakan (program) sebagai upaya untuk mengubah, nah tugas KKN untuk mendorong perubahan tersebut.

Dalam melakukan ANSOS perlu memperhatikan; PETA SOSIAL

PETA SOSIAL adalah; Berbagai struktur yang membentuk situasi dengan bermacam-macam cara. Lembaga-lembaga, proses-proses dan pola-pola yang merupakan faktor-faktor penentu wujud realitas sosial. Beberapa struktur cukup jelas sementara yang lain kabur (hidden).

PETA SOSIAL MENCAKUP, di antaranya; Struktur Sosial/Budaya Struktur Politik/Kekuasaan Struktur Agama Struktur Ekonomi Nilai-nilai dalam sebuah masyarakat Respon berbagai pihak atas situasi tersebut. Dll.

STRUKTUR SOSIAL-BUDAYA: Bagaimana masyarakat mengatur hubungan sosial, makna, dan tata nilai. Bagaimana model kekerabatan (keluarga, marga, suku) yang dilestarikan oleh suatu masyarakat. Perkumpulan dan organisasi kepentingan. Jaringan-jaringan komunikasi dan media massa. Institusi agama Simbol-simbol, slogan, mithos, utopi. Kesenian, musik, cerita rakyat. Gaya hidup, tradisi. Pendidikan, pengasuhan anak. Pola relasi. Pola-pola bahasa.

STRUKTUR POLITIK: Bagaimana masyarakat mengatur kekuasaan. Prosedur-prosedur pembuatan keputusan. Gaya kepemimpinan Akses terhadap pengaruh politik Institusi politik formal: konstitusi, partai, pengadilan, militer. Institusi politik non-formal: klik-klik, pressure groups, lobbying. Pola-pola partisipasi rakyat.

STRUKTUR EKONOMI: Bagaimana masyarakat mengatur sumber-sumber daya. Bagaimana mode of production, mode of distribution, dan mode of consumption suaru masyarakat. Bagaimana penguasaan kapital (modal, tenaga kerja, dan teknologi) berlangsung. Bagaimana bangun strutkur sosial yang dibentuk oleh dunia usaha (market). Bagaimana peran negara dalam membuat regulasi-regulasi? Siapa yang diuntungkan oleh kebijakan yang dibuat pemerintah?

STRUKTUR AGAMA: Bagaimana keyakinan sebuah masyarakat, dan dampak dari keyakinan tersebut terhadap masyarakat. Bagaimana mode of faith, mode of religion practice, dan mode of religion tradition dalam suatu masyarakat. Bagaimana agama mempengaruhi kehidupan sebuah masyarakat. Bagaimana bangun strutkur institusi agama.

NILAI-NILAI UTAMA: Manakah Nilai-Nilai kunci yg Bekerja pada Struktur Tersebut? Ethos apa yang menjadi penggerak masyarakat tersebut. Ideologi-ideologi dominan apa yang menjadi penggerak utama. Siapakah produsen (orang, lembaga) yang menjadi penjaga nilai-nilai tersebut. Apa basic material yang mendukung ide-ide tersebut.

Bagaimanakah respon berbagai pihak atas situasi tersebut? Siapa atau lembaga mana yang memberikan tanggapan cukup jelas atas situasi tersebut? Siapa pihak-pihak utama yang terlibat dan menjadi penentu peristiwa tersebut? Apa bentuk tanggapan dari pihak-pihak tersebut? Apakah kepentingan yang melatarbelakangi para penanggap tersebut?

BAGAIMANA TAHAP ANALISIS SOSIAL?

BAGAIMANA KINERJA ANALISIS SOSIAL? Realita   Pengalaman Refleksi dan penyampaian pengalaman Penerapan (action-implementation) Kinerja analisis ini dimaksudkan untuk sampai pada ke perencanaan tindakan yang mendorong proses perubahan. Perencanaan tindakan (action plan) Menggali, mendikskusikan dan mengevaluasi

Kalau bahan dan data sudah terkumpul maka; Merencanakan kegiatan Membuat program Menyusun Agenda

SYARAT-SYARAT BAGI PERENCANAAN TINDAKAN: Relevan - Berhubungan sekaligus dengan konteks realita yang mau diperbaiki dan pelaku tindakan.   Signifikan - Berarti, penting dan bermakna, bersifat mendasar bagi perubahan realita yang akan diperbaiki. Logis - Tindakan yang direncanakan harus bisa disistematikakan dengan sebuah urutan atau tahapan kerja yang masuk akal. Realistis - Tindakan yang direncanakan harus bisa direalisasikan dengan sumber daya yang ada, tanpa perlu adanya ketergantungan dari pihak lain.

PARADIGMA ANSOS PADA KKN UAD; Pembelajaran bagi mahasiswa dan pemberdayaan masyarakat. Mahasiswa dan masyarakat diposisikan sebagai subyek sekaligus objek kegiatan. Berarti kedudukan antara mahasiswa dan masyarakat setara.

Arah Perubahan yang diinginkan dari KKN UAD; KKN UAD diarahkan peningkatan kualitas taqwa, ilmu, maupun amal sholeh serta keihlasan pengabdian dalam rangka mencapai negara yang aman dan sejahtera serta memperoleh ridha Allah. Dalam bahasa yang berbeda dapat dikatakan bahwa KKN UAD berkeinginan mencptakan sebuah masyarakat/komunitas yang bertaqwa, berilmu, serta sejahtera terbebas dari berbagai persoalan sosial sehingga diridhai oleh Allah SWT.