Seni Tari Kelas XII IPS/Bhs

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Lanskap Sejarah dan Lanskap Budaya
Advertisements

Kamera Foto dan Editing Teknik Dasar Fotografi
APRESIASI NILAI-NILAI BUDAYA INDONESIA
DISAIN TIM.
keyakinan, kepercayaan, ketelitian, kehidupan.
Memahami pementasan drama
APRESEASI SENI BUDAYA.
MEMBUAT POLA MOTIF HIASAN BUSANA DAN LENAN RUMAH TANGGA
Estetika Bentuk I Minggu ke 5
Konsep-konsep Dasar Analisa Struktur
BAHAN AJAR RENANG.
Apresiasi Wayang Orang
MATERI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
Membuat Gambar Kunci dengan Jalur Aksi Parabola
APRESIASI SENI & BUDAYA ISLAM
DASAR-DASAR SENI RUPA.
DASAR-DASAR SENI RUPA.
SENI TEATER.
Mengapresiasi Karya Seni Tari
Seni Tari Kreasi - Kelompok
RENANG GAYA KUPU- KUPU (BUTTERFLY)
APRESIASI KARYA Seni Rupa Indonesia SMA Kelas XII Semester 2
Seni musik SMA Kelas XI Semester 1. Jurusan : IPA/IPS
Menggambar perspektif
APRESIASI SENI TARI Mata Pelajaran: Seni Budaya Kelas : X Semester : 2.
Program : IPA/IPS/Bahasa
PRINSIP-PRINSIP MEKANIKA DALAM RENANG
Klasifikasi Sistem Lambang menurut Tadeuz Kowzan
Penelitian Kualitatif
FEBRIANA BUDHI PALUPI, BENTUK PERTUNJUKAN DAN MAKNA SIMBOLIS KESENIAN BABALU DI KABUPATEN BATANG.
MEMERANKANDRAMA.
ATLETIK : LARI SAMBUNG, LEMPAR CAKRAM
APESIASI KARYA SENI TARI
MENAMPILKAN KARYA SENI TARI
Keseimbangan, Penekanan, Kesatuan
Estetika Bangunan Pertemuan 33
Pengantar Apresiasi Seni
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Perancangan Pertemuan 14-15
Matakuliah : R0116/ Studio Perancangan Arsitektur 6 Tahun : 2006
PENDIDIKAN SENI TARI DAN DRAMA Pengertian Dasar Tari Dosen Pengampu : Dwi Angraini, S. Sn., M.Pd Kelompok 1: 1.Dara Nery SaputriA1G Anggun SaputriA1G
SENI TEATER.
Tari Pakarena Vivi Permata Sari Silvia Liemantoro Novi Lusiana Simon
EMBROIDERY.
Produk Kerajinan Tekstil
PRINSIP-PRINSIP DESAIN GRAFIS
STRUKTUR KARYA DESAIN INTERIOR
BERAPRESIASI SENI TARI
Pertemuan 2 Titik dan Garis Godham eko saputro, S.Sn, M.Ds
SENI TARI DASAR SENI TARI.
UNSUR GERAK TARI.
Pertemuan 13 SENI MATERI: Pengertian Seni Seni, Masyarakat dan Budaya
Kemampuan Gerak Dasar.
Kelas XII Semester 1 Guru Mapel: Deni Widi Arianto, S.Pd
APRESIASI KARYA SENI TARI
Pendekatan seni budaya
ASSALAMUALAIKUM BY : PANGGA ISTYAWATI.
SENI BUDAYA SENI RUPA.
Nama Kelompok : - - Kelas : Mata Pelajaran :
PUTRI ANGGRAENI WIDYASTUTI
Klasifikasi Jenis Tari dan FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Tari Pendet.
ATLETIK TOLAK PELURU.
Memahami Komposisi dan Elemen Penting Dalam Fotografi
Menggambar perspektif
Sejarah tari sajojo Asal usul Tari Sajojo ini masih belum bisa diketahui secara pasti. Namun beberapa sumber banyak yang menyebutkan ba hwa tarian ini.
Karya Grafis.
Seni Seni Budaya Kelas X Yusriati, S.Pd
Aktivitas Gerak Ritmik
Materi 1 dan 2 Berkarya Seni Rupa Dua Dimensi (2D) dan Tiga Dimensi (3D) Rohani A., S.AN SMK PUSTEK Serpong Kelas X Ada yang pernah mengunjungi pameran?
Transcript presentasi:

Seni Tari Kelas XII IPS/Bhs SENI BUDAYA Seni Tari Kelas XII IPS/Bhs

5. Mengapresiasi karya seni tari

5.2. Mendiskripsikan unsur estetis tari tunggal Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan

Mendeskripsikan pengertian tari secara umum dan tari tunggal secara khusus Mengidetifikasi bentuk dan komposisi karya seni tari kreasi Menjelaskan unsur-unsur disain atas pada tari tunggal kreasi Menjelaskan gerak dasar tari Menjelaskan teknik tari kreasi Mendeskripsikan unsur estetis pada pertunjukan tari kreasi - tunggal

Iringan musik secara auditif mendukung kesan visual yang ada. DEFINISI SENI TARI Seni tari adalah seni mengekspresikan nilai batin melalui gerak yang indah dari tubuh/fisik dan mimik. Iringan musik secara auditif mendukung kesan visual yang ada.

BENTUK TARI 1 2 3 4 5 Tari Tradisional Merupakan bentuk tarian yang sudah lama ada, diwariskan secara turun temurun, serta biasanya mengandung nilai filosofi, simbolis dan religius. Semua aturan ragam gerak, formasi, busana, dan riasnya hingga kini tidak banyak bedrubah.

1 2 3 4 5 BENTUK TARI Tari Tradisional Kerakyatan Tarian jenis ini berkembang di kalangan rakyat biasa. Oleh karena itu, gerakan cenderung mudah ditarikan bersama juga iringan musik dan busananya relatif sederhana. Tari tradisi kerakyatan sering ditarikan pada saat perayaan sebagai tari pergaulan. Contoh: Jaipongan (Jawa barat), Payung (Melayu), Lilin (Sumatra Barat).

BENTUK TARI 1 2 3 4 5 Tari Nusantara Jenis tari ini merupakan tarian tradisi daerah yang sudah dikreasikan kembali. Kreasi ini bisa merupakan kreasi bebas maupun hasil perpaduan gerak dan gaya tari antaretnik sehingga muncul jenis tari baru.

1 2 3 4 5 BENTUK TARI Tari Kreasi Tari kreasi merupakan tarian yang lepas dari standar tari yang baku. Jenis tari ini dirancang menurut kreasi penata tari sesuai dengan situasi dan kondisi dengan tetap memlihara nilai artistiknya. Tari kreasi baik sebagai pemanpilan utama maupun sebagai tarian latar hingga kini terus berkembang dengan iringan musik yang bervariasi, sehingga muncul istilah tari modrn.

BENTUK TARI 1 2 3 4 5 Tari Kontemporer Gherakan tari kontemporer silabus terikat dengan kreografi, bercerita dengan gaya unik, dan penuh penafsiran. Seringkali diperlukan wawasan khusus untuk menikmatinya. Iringan yang dipakai juga banyak yangtidak lazim sebagai lagu, dari yang sederhana hingga menggunakan program komputer seperti Frutyloops.

KOMPOSISI TARI Desain lantai adalah pola yang dilintasi oleh gerakan-gerakan dari komposisi tari di atas lantai dari suatu ruang. Variasi pada pola lantai tergantung pada motivasi dari komposisi tari. Garis lurus misalnya mempunyai kekuatan yang mengandung kesederhanaan. Bergerak down-stage memiliki kesan lebih kuat dari pada bergerak up-stage atau serong.

DESAIN ATAS Desain atas adalah desain yang membentuk pola di atas lantai ( biasanya terbentuk oleh penari itu sendiri ) dan terlihat oleh penonton. Ada 16 unsur dasar yang masing-masing dapat digabungkan/dimodifikasi.

DEFINISI DESAIN ATAS 1. Datar DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG Postur tubuh penari yang dilihat oleh penonton (bukan yang dirasakan penari) hampir tanpa perspektif. Desain ini dapat berbentuk vertikal, horizontal, kontras (berlawanan), murni, statis, lengkung, tinggi, medium, rendah, lukisan, garis lanjutan, dan garis tertunda. Jika diberi putaran seperempat saja, akan menjadi ‘desain dalam’.Desain yang secara konstruktif dangkal ini justru memberikan kesan keterbukaan, kejujuran dan ketenangan. DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

DEFINISI DESAIN ATAS 2. Dalam DATAR Penonton melihat penari perspektif yang dalam. Hampir semua unsur desain di bawah ini (dari vertikal sampai garis tertunda) lebih mudah digarap dengan desain dalam. Terutama untuk desain lengkung, lukisan, dan tertunda. Desain ini lebih memberikan kedalaman emosi/perasaan daripada desain datar. DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

DEFINISI DESAIN ATAS 3. Vertikal DATAR Penari membentuk garis ke atas dan kebawah. Desain ini dapat diterapkan pada semua unsur ( kecuali horisontal ). Ia memberi rasa menjangkau ke atas dan/atau ke bawah ( lihat desain tinggi dan desain rendah ), egosentris, dan cocok untuk suasana menarik atau pasrah. DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

4. Murni DEFINISI DESAIN ATAS Murni dan Lengkung Postur tanpa garis-garis yang kontras. Garis-garis murni dapat mengubah setiap unsur yang ada (kecuali garis berlawanan). Garis yang paling sederhana ini dapat memberikan sentuhan ketenangan. DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

5. Lengkung DEFINISI DESAIN ATAS DATAR DALAM Postur dengan badan atau anggota badan yang dilengkungan. Garis lengkung (dalam semua unsur kecuali bersudut) dapat memberi kesan penonton dekat dengan penari atau perubahan dinamis dapat memberikan rasa egosentris. DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

DEFINISI DESAIN ATAS 6. Kontras DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG Kontras dan Bersudut Postur yang mengarap garis-garis bersilang pada lekukan-lekukan yang berlawanan dan mengandung suatu kontinuitas garis dalam oposisi. Merupakan garis-garis kontras yang bisa berupa berbagai unsur (kecuali murni) dan dapat memberi sugesti kekuatan atau kebingungan. Jika digarap sebagai pengembangan desain murni yang mendahului, akan tercapai sugesti pengembangan intelektual dan emosional. DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

DEFINISI DESAIN ATAS 7. Bersudut DATAR DALAM VERTIKAL Postur dengan badan atau anggota badan di tekuk membentuk sudut.Garis bersudut dapat digunakan dengan setiap unsur kecuali lengkung, spiral, garis lanjutan, dan tertunda. Garis ini dapat memberi sugesti penggunaan kekuatan secara sadar. VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

DEFINISI DESAIN ATAS 8. Spiral DATAR 8. Spiral Postur dengan badan dan anggota badan berputar. Spiral merupakan seri lingkaran naik-turun yang tak dapat digunakan pada garis datar, kontras, atau bersudut. Penari yang berputar mengikuti alunan naik-turun dapat merasa dekat dengan penonton. DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

DEFINISI DESAIN ATAS 9. Tinggi DATAR Menekankan ruang tari dibagian dada ke atas. Sesuai dengan sifatnya, aksen gerak yang dibuat pada bagian ini dapat menghasilkan sentuhan intelektual dan spiritual. Tarian pemujaan sedikit menggunakan anggota badan bagian bawah, tapi efek dapat diatur atau dimanusiakan dengan memberikan tekanan gerak pada tubuh bagian atas ini DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

DEFINISI DESAIN ATAS 10. Medium DATAR DALAM VERTIKAL 10. Medium Medium Menekankan ruang tari antara bagian dada hingga pinggang. Aksen gerak pada bagian tubuh ini dapat menimbulkan sentuhan emosi dan motivasi. MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

11. Rendah DEFINISI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI 11. Rendah Menekankan ruang tari di bagian pinggang ke bawah. Aksen gerak pada tubuh bagian bawah ini dapat memberikan gairah. LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

DEFINISI DESAIN ATAS 12. Horisontal DATAR DALAM VERTIKAL MURNI Postur dengan anggota badan membentuk garis melintang. Desain ini dapat diterapkan pada semua unsur ( kecuali vertikal ). Ia memberi rasa menjengkau ke luar dan kesadaran terhadap lingkungan. Cocok untuk suasana ekspresif/mencurahkan. LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

DEFINISI DESAIN ATAS 13. Garis Lanjutan DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI 13. Garis Lanjutan Kesan garis yang terlukis diudara di luar jangkauan tubuh penari. MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

DEFINISI DESAIN ATAS 14. Statis DATAR DALAM Pose statis tapi bergerak. Garis statis dapat digunakan dalam semua desain, kecuali desain lukisan, garis lanjutan, dan tertunda. Garis ini memberi rasa teratur dan berisi. Kebanyakan tarian daerah timur digarap atas garis statis berupa seri dari pose-pose yang mengalir disisipi garis lukisan dan kualitas dinamis. Tekanan dinamika tersebut dapat mengimbaskan kesan ambisi atau nafsu. DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

DEFINISI DESAIN ATAS 15. Garis tertunda DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT 15. Garis tertunda Garis yang terlukis di udara oleh busana, rambut, atau properti, karena imbas gerak diluar motorik tapi terkontrol oleh kesadaran penari. SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

16. Terlukis DEFINISI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM 16. Terlukis Garis atau bentuk di udara yang terlukis lebih berkesan dari pada anggota badan atau properti yang melukisnya. RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

ILLUSTRASI DESAIN ATAS DATAR DALAM VERTIKAL MURNI LENGKUNG KONTRAS BERSUDUT SPIRAL TINGGI MEDIUM RENDAH HORISONTAL GARIS LANJUT STATIS GARIS TERTUNDA TERLUKIS

GERAK DASAR Gerak dasar adalah gerak murni yang berkembang sesuai kebutuhan. Gerak ini dipengaruhi oleh materi, energi, ruang, dan waktu. Dalam tari tradisi, pegertian gerak memiliki pemahaman bentuk statis dan dinamis. Keduanya dibedakan oleh pendekatan waktu dalam bentuknya.

GERAK DASAR Kelima gambat tersebut adalah gerak statis yang jika dirangkaikan menjadi gerak dinamis.

TEKNIK TARI Gerak Kaki Fungsi Penahan gerakan tubuh. Alat berpindah tempat (bergeser, melangkah, meloncat ). POSISI DIMENSI GERAK EKSPLORASI ARAH GERAK TANGAN

TEKNIK TARI Posisi Rapat-renggang Diangkat salah satu GERAK KAKI Posisi Rapat-renggang Diangkat salah satu Menapak, tincak, engke, jinjit. Bergerak/bergeser salah satu, (depan, belakang, samping, serong). POSISI DIMENSI GERAK EKSPLORASI ARAH GERAK TANGAN

TEKNIK TARI Dimensi gerak memanjang (lurus/jinjit) GERAK KAKI POSISI Dimensi gerak memanjang (lurus/jinjit) Melebar (terbuka ke samping atau ke depan-belakang). Meninggi ( diangkat ). DIMENSI GERAK EKSPLORASI ARAH GERAK TANGAN

TEKNIK TARI Eksplorasi arah Melangkah maju-mundur GERAK KAKI POSISI Eksplorasi arah Melangkah maju-mundur Bergerak ke samping kiri-kanan. Melangkah/bergerak serong. DIMENSI GERAK EKSPLORASI ARAH GERAK TANGAN

TEKNIK TARI Gerak Tangan /Lengan GERAK KAKI POSISI Fungsi Membentuk gerakan indah tari. Melakukan gerak isyarat/makna. Posisi Kedua Tangan Terbuka ke samping Searah Berbeda arah. POSISI DIMENSI GERAK EKSPLORASI ARAH GERAK TANGAN

APRESIASI SENI TARI 1

APRESIASI SENI TARI 2

REFERENSI Nursantara, Yayat. Seni Budaya untuk KMA Kelas X. Penerbit Erlangga. Jakarta: 2007 Nursantara, Yayat. Seni Budaya untuk KMA Kelas XI. Penerbit Erlangga. Jakarta: 2007 Nursantara, Yayat. Seni Budaya untuk KMA Kelas XII. Penerbit Erlangga. Jakarta: 2007 Kusuma Recording, Lomba Tari Kreasi Baru Kembang Sore. Kusuma Record 2004 Harry D Fauzi, Seni Budaya untuk SMK Kelas X. Penerbit Armico, Bandung 2007 Situs Internet

PENYUSUN Nama : MIFTAKODIN Instansi : SMA Negeri 11 Yogyakarta Email : miftakodin@yahoo.com

Anda yakin akan keluar ? YA TIDAK