10 LANGKAH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Selamat Datang Oleh : Edrizon
Advertisements

Multimedia dan Hypermedia
RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN
Presentation Software
Aplikasi Multimedia Pengenalan Merk Laptop dengan Swish Max4 Rezi Syahputra
UJIAN AKHIR. • Maksimal 10 Mahasiswa / Kelompok • Tema “Bebas” • Jumlah minimal Scene = 10 • Dibuat Story Board, dan di print!, pada setiap scene di storyboard,
MEDIA E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN REPRODUKSI VIRUS
Prinsip Perancangan Multimedia
PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU
StoryBoard.
Pengertian Bahan Ajar Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.
Paket 7 Metode dan Media dalam Pembelajaran PKn MI
Paket 9 Mata Kuliah Pembelajaran Tematik
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI).
Aplikasi Instruksional
Sederhana MEDIA PAU-PPAI-UT.
PENTINGNYA IMPLEMENTASI SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE (E-LEARNING) PADA BIDANG PENDIDIKAN Diajukan Untuk Mengikuti Lomba Karya Ilmiah se-Provinsi Riau yang.
MEMAHAMI ETIMOLOGI MULTIMEDIA
Paket 4 Pengembangan Materi Pembelajaran PKn MI
PEMBUATAN Agung Wicaksono
Merancang Multimedia Interaktif
Kelompok 3 Pipih Resti Rohaeni
MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH MX
Latar Belakang Fenomena global warming yang mulai dirasakan.
E-Learning by : AIRA 2009.
Story Board.
APLIKASI MULTIMEDIA VIDEO EDITING
PENGEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA
Pertemuan 12 Perancangan dan Pengembangan Sistem Multimedia Interaktif
Menguasai Dasar Animasi Stop Motion
GARIS BESAR ISI SILABI MEDIA PENDIDIKAN
WELCOME Loading ….
Storyboard.
Membuat Prentasi Efektif
Media Pembelajaran OLEH : RATNASARI
WOW PRESENTATION THEME
Tahapan Pengembangan Multimedia
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Multimedia Authoring For Health Information
Storyboard Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Keterampilan dan metodologi multimedia
CD Interaktif Panduan Membuat Slide Presentasi Yang Menarik Untuk Guru
Media Pembelajaran PLS
Media Pembelajaran PLS
JUDUL TA NAMA : NIM :.
Komunikasi Visual Iklan Cetak
Pemanfaatan Sistem Multimedia Sebagai Media Pembelajaran
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Pemrograman Pembelajaran Interaktif
Sikllus Pengembangan Aplikasi Multimedia
StoryBoard
PEMBUATAN STORYBOARD MEDIA PRESENTASI
Presentation Software
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
Interactive multimedia
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
ANALISA DAN PERANCANGAN
II. KELAS MAYA Kegiatan Belajar 5: Memahami Kelas Maya – Perangkat Lunak Pendukung Kelas Maya.
Membuat bahan Presentasi
PEMBELAJARAN BERBASIS MEDIA PRESENTASI
Pembangunan Media Pembelajaran Untuk Konsep Struktur Kontrol Pada Algoritma Berbasis Multimedia ALFIN AKBAR
REVIEW MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN PAI
Teknik Pembuatan Aplikasi CAI
Story Board.
DASAR-DASAR MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI). Multimedia is the combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video.
Simulasi Digital Upaya Mengomunikasikan Gagasan dan Konsep Melalui Presentasi Digital.
Dokumen Tahap Pra-Produksi PRODUKTIF
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Transcript presentasi:

10 LANGKAH PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN Oleh : Drs. Mulyanta, M.Kom Pengembang Multimedia Pembelajaran

TENTUKAN JENIS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF Multimedia Presentasi Pembelajaran: Alat bantu Gurud alam proses pembelajaran tatap muka di kelas dan tidak menggantikan peran guru secara keseluruhan Multimedia Pembelajaran Mandiri: Software aplikasi pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh peserta didik secara mandiri alias tanpa bantuan guru

2. TENTUKAN TEMA MATERI AJAR Ambil tema bahan ajar yang menurut kita sangat membantu  meningkatkan pemahaman ke peserta didik dan menarik bila kita menggunakan multimedia Ingat bahwa tujuan utama kita membuat multimedia pembelajaran adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik. Jangan terjebak ke memindahkan buku ke media digital, karena ini malah mempersulit peserta didik

3. MENYUSUN GAMBARAN UMUM MEDIA Buat spesifikasi secara rinci mengenai arsitektur media, gaya, dan kebutuhan material untuk pembuatan media

4. SUSUN DIAGRAM ALIR (FLOWCHART) Diagram alir akan sangat membantu kita dalam menyusun media, diagram alir akan memberikan gambar aliran dari satu scene (tampilan) ke scene lainnya secara lengkap

5. SUSUN ALUR CERITA (STORYBOARD) Susun alur cerita atau storyboard yang memberi gambaran seperti apa materi ajar akan disampaikan. Jangan beranggapan bahwa membuat storyboard itu hal yang susah

6. PENGUMPULAN MATERIAL Pengumpulan bahan atau materi dapat dikerjakan paralel dengan tahap perakitan media (assembly). Pada tahap ini dilakukan pengumpulan bahan seperti clip art image, animasi, audio, foto, video dan lain sebagainya

7. MULAI BUAT SEKARANG Jangan menunda atau mengulur waktu lagi, buat sekarang juga! Siapkan kertas kita atau computer kita. Mulai buat rancangan pertama, isikan bahan ajar yang ingin kita multimedia-kan

8. GUNAKAN TEKNIK ATM Terapkan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi). Usahakan sering melihat contoh-contoh yang sudah ada untuk membangkitkan ide. Gunakan logo, icon dan image yang tersedia secara default. Apabila masih kurang puas: 1) Cari dari berbagai sumber 2) Buat sendiri apabila mampu.!

9. TETAPKAN TARGET Jaga keseriusan proses belajar dengan membuat target pribadi, misalnya untuk mengikuti lomba, memenangkan award, menyiapkan produk untuk dijual, atau deadline jadwal program/projek

10. INGAT TERUS TIGA RESEP DARI SUCCESS STORY Dari pengalaman selama penulis menjadi pemngembang media pembelajaran interaktif bukan dari kelengkapan infrastruktur atau berlimpahnya budget yang dimiliki, tapi justru dari ketiga hal ini:  Berani mencoba dan mencoba lagi Belajar mandiri (otodidak) dari buku-buku yang ada (perlu investasi membeli buku) Tekun dan tidak menyerah meskipun peralatan terbatas