KHITHAH &VISI,MISI HIDAYATULLAH

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Rasulullah bersabda :. Rasulullah bersabda : Selama al-Haq (kebenaran) masih tampak jelas dan panji Sunnah masih tetap tegak, siapapun tidak boleh.
Advertisements

Matan Keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah
Spionase dalam Tinjauan Dalam
LEADERSHIP An Islamic Perspective Ibnu Taimiyyah: agama Islam tidak akan bisa tegak dan abadi tanpa ditunjang oleh kekuasaan, dan kekuasaan tidak bisa.
SENI DALAM PANDANGAN ISLAM
Shahih al-Bukhari Karya Imam al-Bukhari Penulis
Organisasi Otonom Aisyiyah.
Jurusan Tarbiyah PAI 08.T Yanti Mulyanti.
Qur’anic Campus. Mengapa Qur’anic Campus? Andalan Untuk Membangun Peradaban Keselamatan Dunia dan Akhirat.
Cara Sholat Rasulullah SAW (Sifat Sholat Rasul) ISLAM
BAB XI SIROH SAHABAT.
BERDIRINYA MUHAMMADIYAH
Ortom Muhammadiyah.
MATAN KEPRIBADIAN MUHAMMADIYAH
Shalat Subuh dan Keutamaannya
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA RASULULLAH DAN SAHABAT
DAKWAH ADALAH KEBUTUHAN MANUSIA
K.H. Ahmad Dahlan BY : REYHAN SAVERO/30 (6D).
KEMUHAMMADIYAHAN By. Sigit Ariyanto, S.Pd.I.
“MEMPERSATUKAN UMAT MELALUI DAKWAH” Pancasila
Sarnita Purnama Sari ( )
ARTI , MAKNA DAN LAMBANG MATHLA'UL ANWAR
Amal Jama’I (Gerakan bersama)
SEMINAR PRA-NIKAH Bersama : Nur Indah Harahap, Skomp, SSi, SThI
Mu’tazilah, Syi’ah, Ahli Sunnah wal Jama’ah
KHITHAAH MATHLA’UL ANWAR
OPEN HOUSE HT DPD II HTI PROBOLINGGO
Pendidikan Agama Hadits sebagai ajaran islam February 28,
Oleh: Komisi II Majlis Diktilitbang PPM
SEJARAH USHUL FIQIH.
Sarnita Purnama Sari ( )
Hk Acara Perdata Peradilan Agama Dr. Gemala Dewi,SH.,LL.M
BAB V HUKUM, HAM DAN DEMOKRASI DALAM ISLAM Nurhasan, M.Ag
وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ
IDIEOLOGI MUHAMMADIYAH
MINGGU KETUJUH : PROSEDUR KEHAKIMAN DAN KESELAMATAN
BAB IX KERUKUNAN UMAT BERAGAMA
Maulid Nabi Muhammad SAW
K.H. FAQIH USMAN KELOMPOK 6 ANGGOTA : 1. AMARAL SAFIAR I. ( 4 )
Bab III Pembaharuan Islam di Indonesia
Studi Islam II Kelompok 11 Agung Nugraha ( )
MEMBANGUN MASYARAKAT MADANI
Tugas Manajemen dan Kepemimpinan 3
SUMBER AJARAN ISLAM AS-SUNNAH
فَضَائِلُ الدَّعْوَةِ
سِيمَاهُمْ فِي وُجُوهِهِمْ مِنْ أَثَرِ السُّجُودِ
أَفَبِهَذَا الْحَدِيثِ أَنْتُمْ مُدْهِنُونَ
SEJARAH DAKWAH RASULULLAH SAW PERIODE MADINAH
KEPIMPINAN DALAM ISLAM.
ABDUL HALIM Demak, 22 November abdulhalimsolkan.blogspot.comwww.facebook.com/khalimi.solkan.
PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA
MATAN KEYAKINAN DAN CITA CITA (MKCH) MUHAMMADIYAH 1.Muhammadiyah adalah gerakan Islam dan da’wah amar ma’ruf nahi mungkar, beraqidah Islam dan bersumber.
Menemani Rasulullah di Surga
Menuntut Ilmu dan Menghargai waktu
PEMBAHARUAN DALAM ISLAM (TAJDID)
Al-Islam dan Kemuhammadiyahan “Sejarah Terbentuknya Muhammadiyah”
Studi Islam II Islam dan Organisasi Sosial Keagamaan
Pemikiran Politik (siyasah)
Kepemimpinan Islam Disusun oleh: Sarnita Purnama Sari( ) Dyah noventy( ) Siti Khalimah( ) Gunarsih Mayasari( )
Materi Pertemuan IV Al Hadis/ As Sunnah.
Oleh : Wawan Setiawan Anwar. PENGERTIAN AS-SUNNAH  Etimologi As-Sunnah berasal dari kata: "sanna yasinnu", dan "yasunnu sannan", dan "masnuun" yaitu.
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
Temu shilaturrahim keluarga besar muhammadiyah labuhan batu selatan
TAAT PADA ATURAN TAAT PADA ATURAN. QS. An – Nisa’ 4 : 59 Hai orang-orang yang beriman, ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara.
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh
TUNTUNAN SHALAT TAHAJUD Mari Berilmu Sebelum Beramal dan Bersemangat untuk Beramal di atas Ilmu.
Banjar, 1 April Pembicaraan 1. Latar Belakang Isra Mi’raj 2. Kedudukan Isra Mi’raj 3. Hasil Isra Mi’raj 4. Hikmah Isra Mi’raj.
PENGUATAN IDEOLOGI MUHAMMADIYAH/ ’AISYIYAH
Telaah perjalanan Rasulullah mulai kelahiran, masa kenabian dan dakwah agama Islam di Makkah dan Madinah hingga Rasulullah wafat.
BISMILAHIRAHMINARAHIM TUJUAN PEMBELAJ ARAN Menjelaskan pengertian ijtihad Menjelaskan syarat-syarat ijtihad Menjelaskan pengertian ijma Menjelaskan pengertian.
Transcript presentasi:

KHITHAH &VISI,MISI HIDAYATULLAH

A. Ta’rif Hidayatullah : - Jama’atun Min Al-Muslimin - Al-Harakah al-Jihadiyah al-Islamiyah - ORMAS Islam Berbasis Kader

1. Didirikan : pada hari Senin, tanggal 1 Muharram 1392 H bertepatan dengan tanggal 5 Pebruari 1973 M. di Balikpapan Pada tanggal 11 Jumadil Tsani 1421H bertepatan tanggal 13 juli 2000. Hidayatullah menjadi Organisasi Massa Islam ( ORMAS ).

Lahir Sinjai Sulsel, pada Tgl 17 Agustus 1945 – 1998 M. 2. Pendiri: 1. K.H. Abdullah Said. Lahir Sinjai Sulsel, pada Tgl 17 Agustus 1945 – 1998 M. Ayahnya KH. Abdul Kahar Syuaib. Ibunya Siti Aisyah Adam Rumpun Keluarga besar ulama dan pejuang Islam di Sulawesi Selatan.

2. Beliau belajar dari Ulama dan tokoh Islam Indonesia, seperti: KH 2. Beliau belajar dari Ulama dan tokoh Islam Indonesia, seperti: KH. Mas Mansur, KH. Isa Anshari, KHA. Qadir Hasan, Buya Hamka, Buya Malik Ahmad, KH. Ghafar Ismail, dsb. Pernah belajar formal di PGA di Sulsel, Pesantren Darusssalam Gontor, Pesantren Persis Bangil, IAIN Ujung Pandang.

B. STRUKTUR ORGANISASI 1. Dewan Syuro’, yang dipilih oleh anggota jam’iyah Umumiyah, Melalui Musyawarah Nasional (MUNAS). Jam’iyah Umumiyah terdiri dari pengurus inti DPD, DPW dan seluruh pengurus DPP. 2. Dewan At-Tanfidziyah (Dewah Eksekutif) yang menjalankan tugas hariah Jama’ah, yang ditunjuk oleh anggota Dewan Syuro’.

Visi adalah gambaran masa depan yang ingin dicapai. C. VISI: Visi adalah gambaran masa depan yang ingin dicapai. Visi bersifat kearifan intuitif yang menyentuh hati dan menggerakkan jiwa untuk berbuat.

Tegaknya Peradaban Islam VISI HIDAYATULLAH: Tegaknya Peradaban Islam

D. MISI HIDAYATULLAH; 1.Tegaknya Kalimat tauhid, dengan lahirnya masyarakat Qur’ani. 2. Terlaksananya syari’at Islam oleh segenap kaum muslimin.

3. Terwujudnya kekuatan ummat Islam dalam berbagai bidang kehidupan. 4. Lahirnya kader-kader da’i untuk amar ma’ruf nahi munkar. 5. Meningkatnya harkat dan martabat kaum dhuafa dan mustadh’afin.

E. SARANA MENCAPAI VISI, MISI Menjadikan Al-Qur’an dan As-Sunnah Sebagai Kajian 2. Menjadikan SNW sebagai Methode Aplikasi Syariah Islam 3. Menjadikan Kampus-kampus sebagai tempat Peragaan Syari’ah 4. Kepemimpinan Dengan Sistem Imamah/Jama’ah

E. Doktrin Pemikirannya: 1. Kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. 2. Mengikuti Pemahaman Rasulullah Saw dan para Shahabat. BVVDDDADSSSSSSD

3. Beraqidah Ahlus-Sunnah wal- Jama’ah. 4. Menyeru kepada pemurnian Tauhid. 5. Tidak menetapkan satu Madzhab. BVVDDDADSSSSSSD

At-Tartib An-Nuzulil Wahyi D. Methode Dawahnya: Merujuk Kepada At-Tartib An-Nuzulil Wahyi عن جابربن عبد الله انّه قال: سمعت رسول الله صلي الله عليه وسلّم يقول حين خرج من المسجد وهو يريد الصّفا وهو يقول: نبدأ بما بدأ اللهُ به, فبدأ بالصفا ﴿ الموطاء:730 ﴾

Artinya: Dari Jabir bin Abdillah ia berkata: “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, ketika keluar dari masjid, sedang beliau bermaksud menuju Shafa. Beliau berdo’a: “Kami memulai dengan sesuatu yang Allah memulai dengannya”. Maka Rasul memulai dari Shafa. (Al-Muwatta’ Ibnu malik, hadits no: 730)

Al-Alaq, Al-Qalam Al-Muzzammil Al-Mudattsir E. Dasar Pemikiran: 5 Surat pertama yang diturunkan pada awal da’wah Rasulullah Saw Yaitu: Al-Alaq, Al-Qalam Al-Muzzammil Al-Mudattsir Al-Fatihah.

5 Versi Tartib Nuzuli 1. Versi Pertama (Ibnu ‘Abbas). 2. Versi Kedua (Al-Biqa’I, Abul Qasim, Iz-zat Darwazah). 3. Versi Ketiga (Ibnu Nadim). 4. Versi Keempat (Ja’far Ash-shadiq). 5.Versi Kelima (Az-Zarkasyi).