Ringkasan dari Huddleston Kitab Kolose 1 Harapan dari Kristus 2 Perlawanan terhadap nabi-nabi palsu 3 Prinsip-prinsip hidup kekristenan 4 Doa pengharapan dan salam Ringkasan dari Huddleston Dr. Rick Griffith, Singapore Bible College
Awesome God
Berikan kata kunci untuk setiap buku yang sudah dipelajari sejauh ini 38 Keseluruhan Perjanjian Baru Kitab-kitab sejarah Berikan kata kunci untuk setiap buku yang sudah dipelajari sejauh ini Kpd gereja Surat-surat Paulus Perjalanan misi Penjara Kepada gembala jemaat Penggembalaan Surat-Surat Umum
Bagaimana anda menghadapi cobaan? 201 Anda berkata… Strategi Kepribadian Kitab “Saya baik-baik saja!” Pantang menyerah Kolerik Efesus “Mengapa saya?” Putus asa Melankolis Filipi “Saya hanya akan berusaha” Kompromi Sanguine Kolose “Itu akan berlalu” Membiarkan Phlegmatic Filemon
Ketuhanan Kristus vs. Ajaran palsu KOLOSE 187 Susunan Kitab Ketuhanan Kristus vs. Ajaran palsu Kedaulatan/Ketuhanan Saran-saran praktis Pasal 1—2 Pasal 3—4 Hidup dalam kesesatan Hidup suci Keyakinan Prilaku Salam & Doa 1:1-14 Kedaulatan & Ketuhanan 1:15—2:3 Ajaran Palsu 2:4-23 Posisi: Bersatu dgn Kristus 3:1-4 Praktek: Kesucian dlm berhubungan 3:5—4:6 Kesimpulan 4:7-18 Roma Musim gugur 61 Sesudah Masehi (Penangkapan Roma yang pertama)
Kata Kunci & Ayat Kitab Kolose Kata Kunci Ketuhanan Ayat kunci 187 Kata Kunci Ketuhanan Ayat kunci “Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan keAllahan ” (Kolose 2:9).
Ringkasan & Aplikasi Ringkasan 187 Ringkasan Paulus memberikan perintah kepada jemaat di Kolose dengan kedaulatan dan ketuhanan Kristus and mendorong penerapan praktis dari ajaran ini untuk melawan ajaran-ajaran sesat yang mengancam kehidupan dan pelayanan jemaat. Aplikasi Mengetahui ajaran gerakan zaman baru dgn baik utk memperingati anggota jemaat. Hindari cara hidup legalistis (mematuhi hukum Taurat) & asketis (menjauhi kehidupan duniawi)
Penulis Kitab 188 Bukti dari luar Penulis Kristen mula-mula mengakui Paulus sebagai penulisnya. 1. Pengakuan pertama berasal dari Yustinus, Marcianus, Irenaeus, Tertullianus, & Clement dari Alexandria. 2. Penulisan oleh Paulus tidak dipertanyakan sampai dengan saat sarjana abad ke 19 dari menyangkalnya berdasarkan faktor-faktor dari dalam. Bukti dari dalam Banyak faktor mendukung penulisan oleh Paulus: 1. Kitab itu sendiri mengklaim ditulis oleh Paulus. 2. Kesamaan antara kitab Efesus dengan Kolose dimana mereka ditulis pada saat yang bersamaan. 3. Kitab Kolose juga mempunyai banyak kesamaan dengan Kitab Filemon dimana keasliannya tidak diragukan.
Karena itu, Kitab Kolose pasti ditulis dari Roma kepada jemaat Kolose. 188 Kondisi saat itu Kitab ini banyak menyebutkan kenalan Paulus, terutama Tikhikus, yang mengantar surat Kolose dan Efesus ditemani oleh Onesimus dengan surat kepada Filemon. Penerima Kitab Ini membuktikan bahwa surat kepada jemaat Efesus, Kolose, dan Filemon berasal dari sumber yang sama. Karena itu, Kitab Kolose pasti ditulis dari Roma kepada jemaat Kolose. Waktu penulisan Ditulis ketika Paulus dimasukkan ke penjara yang pertama (Roma 28:30). Bukti yang cukup akurat menyatakan kitab ini ditulis sekitar tahun 61 SM.
Peristiwa saat itu 188-189 Asia Kecil adalah asal muasal berkembangnya ajaran Gnostik pada abad ke 2. Paulus menyerang ajaran ini: 1. Yahudi—sangat fanatik dalam mematuhi hukum Taurat dan upacara (2:16-17) 2. Filsafat Yunani—mengikuti yang disebut dengan “pengetahuan yang lebih dalam” dan hanya dipelajari oleh kaum “elite” (2:2b-4, 8-10) 3. Penyembahan malaikat sebagai pengantara manusia dan Tuhan (2:18) 4. Menyangkal Ketuhanan Kristus (1:15; 2:9), & juga Kedaulatannya (1:15b, 17a) & karya penciptaannya (1:16) & perlindungannya kpd dunia (1:17) 5. Hidup asketis dengan menyiksa diri sendiri (2:20-23) Apa ajaran sesat yang dialami jemaat Kolose? Hal-hal di atas adalah pencampuran budaya Yahudi-Yunani-Asketis-Penyembahan berhala. Paulus melawan ajaran sesat ini dengan menekankan kedaulatan dan ketuhanan Kristus. Paulus tidak pernah ke Kolose sebelum ia menulis surat ini. Namun, selama hampir tiga tahun pelayanan di Efesus yang berdekatan, ia mungkin telah berjumpa (& mungkin mengubah menjadi Kristen) Epafras, yang kemungkinan besar pergi ke Kolose dan memulai gereja. Epafras membawa kabar yang penting mengenai ajaran sesat yang menimpa jemaat. Ini mengakibatkan Paulus menulis surat ini kepada jemaat di Kolose dan diserahkan kepada Tikhikus karena ia kembali ke Kolose bersama Onesimus.
189 Karakteristik Kitab Kolose menggunakan banyak istilah-istilah yang tidak ditemukan di kitab lain di Perjanjian Baru. Paulus tidak mengacu satu ayatpun dari perjanjian lama dalam surat ini. Kitab Kolose merupakan penjelasan yang lengkap mengenai ketuhanan Kristus dibandingkan kitab perjanjian baru lainnya.
Ephesians & Colossians Karakteristik 189-190 Kedua surat kembar ini dapat dibandingkan dalam berbagai segi : Ephesians & Colossians Efesus Kolose Kesamaan: Ditulis di penjara, diantar oleh Tikhikus Ditulis di penjara, diantar oleh Tikhikus Menekankan hikmat, pengetahuan, kelimpahan, dan misteri Menekankan hikmat, pengetahuan, kelimpahan, dan misteri Bagian pertama—posisi Bagian kedua—praktek Bagian pertama—posisi Bagian kedua—praktek Ayat – ayat yang serupa: Ayat – ayat yang serupa: “Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa …” (1:7) “di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu penebusan dosa” (1:14) “sebagai persiapan kegenapan waktu untuk mem persatukan di dalam Kristus sebagai Kepala segala sesuatu, baik yang di sorga maupun yang di bumi” (1:10) “dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus ” (1:20)
Ephesians & Colossians Karakteristik 189-190 Efesus Ephesians & Colossians Kolose Ayat-ayat yang serupa Ayat-ayat yang serupa 1:15-17 1:3-4 1:18 1:27 1:19-20 2:12 1:21-23 1:16-19 5:22-24 (istri) 3:18 (istri) 5:25-33 (suami) 3:19 (suami) 6:1-3 (anak-anak) 3:20 (anak-anak) 6:4 (ayah) 3:21 (ayah) 6:5-8 (budak) 3:22-25 (budak) 6:9 (tuan) 4:1 (tuan)
Efesus Kolose Efesus v. Kolose Perbedaan 189-190 Penekanan kepada gereja sebagai tubuh Kristus Penekanan kepada Kristus sebagai kepala Umum, menyeluruh khusus, lokal Ironis, damai Bermasalah, kekhawatiran Cerminan diri, situasi yang tenang Masalah spiritual
190 Pernyataan pandangan Paulus menulis kitab Kolose untuk menyelamatkan gereja dari penyimpangan serius yang mengancam kehidupannya karena menyerang ketuhanan Kristus. Reaksinya terhadap ajaran ini menggunakan dua pendekatan. Ia pertama menyatakan kedaulatan Kristus sebagai Tuhan menghadapi dasar teologi dari ajaran sesat (psl. 1—2). Ia kemudian memberikan saran praktis berdasarkan ketuhanan Kristus, yang kalau diikuti, akan mempermalukan lawan-lawan Kristus karena melihat kesucian hidup di dalam gereja (psl. 3—4).
1—2 Kedaulatan/ Ketuhanan 190 Susunan Kitab 3—4 Saran-saran praktis 1—2 Kedaulatan/ Ketuhanan
191-192 Garis Besar (Psl. 3—4) Paulus memberikan saran praktis berdasarkan ketuhanan Kristus untuk mempermalukan lawan Kristus dengan melihat kesucian di dalam gereja. (Chs. 1—2) Paul menyatakan kedaulatan Kristus atas semua hal sebagai Tuhan untuk menghadapi serangan dari nabi-nabi palsu yang telah memasuki jemaat Kolose dengan ajaran dan praktek sesat.
Penyimpangan Lama dan Baru Masalah Ajaran sesat di Kolose Gerakan zaman Baru Kekristenan Keselamatan Kristus + Cara lain Banyak cara Hanya Yesus Kristus sendiri Penyembahan Tuhan + malaikat Melalui tuntunan roh Melalui Roh Kudus Pengudusan Melalui ritual dan upacara Melalui penerangan Melalui hidup kudus dengan kuasa Roh kudus Pengharapan Tidak pasti Lahir kembali Kebangkitan Ketuhanan Kristus bukan Tuhan Kita adalah Tuhan Kristus adalah Tuhan Kepercayaan thd Tuhan Sinkretisme Banyak Tuhan Trinitas Dasar Usaha manusia + Pengetahuan khusus Karya Kristus di atas kayu salib 192 Penyimpangan Lama dan Baru
Dasar Alkitab untuk Doktrin Trinitas Proving the Trinity 194 Panggilan Bapa Anak Roh Kudus Disebut “Allah” 2 Pet. 1:17 Ibr. 1:6-8 Kis. 5:3-4 Disembah sebagai Allah Mat. 4:10 Yoh. 20:28 Tinggal dlm org percaya 1 Kor. 3:16a Kol. 1:27 1 Kor. 3:16b Kebenaran Yoh. 3:33 Yoh. 14:6 1 Yoh. 5:6 Kristus yang bangkit Kis 3:26 Yoh. 10:17 Rom. 8:11 Maha Tahu Mzm. 139:1-5 Yoh. 16:3 1 Kor. 2:10-11 Maha Kuasa Mat. 19:26 Fil. 4:13 Zak. 4:6 Maha Ada Yer. 23:24 Mat. 18:20 Mzm. 139:7-12 Mengambil rupa manusia Yoh. 3:16 Yoh. 1:9-18 Yoh. 14:17 Penghibur (Paraclete) 2 Kor. 1:3-6 1 Yoh. 2:1 Yoh. 14:26 Mengampuni dosa Yes. 45:25 1 Yoh. 2:12 Melupakan dosa Yer. 31:34 Ibr. 8:12 Ibr. 10:17 Tidak berubah Mal. 3:6 Ibr. 13:8 Kekal Kel. 15:18 Yoh. 1:1-2 “Aku” Kel. 3:14 Yoh. 8:58 “Alfa dan Omega” Wah. 1:8 Wah. 22:13, 16 “Pertama dan terakhir” Yes. 44:6 Wah. 1:17 Kudus Yes. 6:3 Mar. 1:24 Luk. 11:13 Note: Ayat-ayat yang digarisbawahi diterjemahkan secara benar dalam New Worls Translation milik SY.
Kesalahpahaman mengenai Trinitas 195 Kesalahpahaman mengenai Trinitas Triteisme: Tiga pribadi yang berarti tiga Allah Modalisme: Satu pribadi yang berkarya dengan tiga cara yang berbeda Unitarianisme: satu pribadi yang berarti hanya satu Tuhan Nonsense: Satu pribadi yang secara bersamaan adalah juga tiga pribadi
Pandangan yang berbeda tentang Allah 197 Pandangan yang berbeda tentang Allah Satu Pribadi Satu Tuhan Tiga Pribadi Satu Tuhan Tiga Pribadi Tiga Tuhan Merupakan ajaran Alkitab dan Kekristenan Ajaran Mormon Merupakan ajaran dari saksi Yehuwa Merupakan ajaran dari gereja United Pentakosta
Diagram Trinitas Bapa ALLAH Anak Roh Kudus adalah adalah adalah 198 bukan bukan ALLAH adalah adalah Anak Roh Kudus bukan H. Wayne House, Charts of Christian Theology and Doctrine, p. 45
Tujuh Pandangan Utama 198 Kenyataan Akhir Banyak Allah Polytheism Tidak ada Tuhan Atheisme Satu Tuhan Tidak Terbatas (Tidak ada Pandangan) Terbatas Terbatas Tidak Terbatas Allah yang terbatas terpisah dari dunia tetapi bekerja di dalamnya dengan cara yang terbatas Allah berada di dalam dunia dan identik dengannya Panentheisme Allah identik dengan dunia Allah tidak identik dengan dunia Allah tidak campur tangan dalam dunia tetapi di luar jangkauan manusia Deisme Suatu pribadi, Allah yang tidak terbatas berada di luar dunia tetapi turut bekerja di dalamnya Theisme
Cara bersaksi terhadap dunia 200g Monoteisme Judaisme: nubuat yang terpenuhi (mis., Yes. 53) Islam: Karakter dan keunikan Kristus (Injil) Sikhisme: Karakter dan keunikan Kristus (Injil) Ateisme Bukti-bukti thd keberadaan Allah (Rom. 1) Dibutuhkan iman dalam setiap kepercayaan (termasuk ateisme) Pendapat pribadi tidak menentukan kebenaran Politeisme Tidak masuk akal kalau materi menciptakan kecerdasan (Kej. 1:1) Usaha manusia tidak dapat mengatasi masalah dosa (Efe. 2:8-9) Panteisme Tunjukkan kuasa Allah terhadap alam semesta (Kis. 17:24-25) Allah itu berbeda dengan alam semesta (Rom. 1:20, 23, 24) Alam semesta mempunyai awal, jadi ia bukan Allah (Kej. 1:1) Manusia seperti Tuhan (Kej. 1:26-27) tetapi Allah tetap tidak ada bandingannya (Yes. 46:19) Geisler, False Gods of Our Time, 80-87
Kristologi Surat-surat dari penjara Kristus adalah… Fokus Keterangan Efesus Kepala Kesatuan Kristus Kristus menghilangkan perbedaan antara orang percaya Filipi Teladan Prilaku Kristus Kristus menunjukkan cara menghadapi kesulitan Kolose Allah Ketuhanan Kristus Kristus lebih unggul daripada filsafat manusia Filemon Pendamai Pengampunan dari Kristus Kristus mendamaikan orang percaya dengan Allah dan satu sama lain
Menerapkan Surat-Surat dari penjara 202 Surat Masalah abad pertama Masalah abad 21 Solusi (Tema) Efesus Masalah Yahudi-Kafir (“Weisme”) Hanya ras Chinese Hanya yang sudah dibaptis Hanya orang dewasa Pelihara kesatuan (4:3) Filipi Penyiksaan Penjara Kematian Kesibukan pelayanan - waktu, istirahat - rekreasi Meneladani sikap Kristus (2:5) Kolose Menyangkal Ketuhanan Kristus Ajaran zaman baru Akui Ketuhanan-Nya(2:9) Filemon Majikan vs. Budak Ampuni majikan /pegawai / lainnya Memperbaiki hubungan (vv. 17-18)