Teori, Prinsip, dan Pedoman

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
PRAKTIKUM PENGENALAN APLIKASI KOMPUTER MICROSOFT EXCEL.
Advertisements

This document is for informational purposes only. MICROSOFT MAKES NO WARRANTIES, EXPRESS OR IMPLIED, IN THIS DOCUMENT. © 2006 Microsoft Corporation. All.
Mata Kuliah : ALGORITMA dan STRUKTUR DATA 1.
PEMOGRAMAN BERBASIS JARINGAN
ESTIMASI PENJUALAN DATA TIME SERIES - DEKOMPOSISI 1. ADDITIVE MODEL 2. MULTIPLICATIVE MODEL.
Program Keahlian I – SI By Antonius Rachmat C, S.Kom
Materi Analisa Perancangan System.
EKO NURSULISTIYO.  Perhatikan gambar 11 a, perahu dikenai oleh ombak dari arah kanan misalkan setiap 4 sekon dalam keadaan perahu diam. Dalam keadaan.
Administrasi Basis Data
IT SEBAGAI ALAT UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN KOMPETISI
AUSTRALIA INDONESIA PARTNERSHIP FOR EMERGING INFECTIOUS DISEASES Memotong dan menempel (CUT & PASTE) Pilih sel yang sesuai. Lakukan 'Cut' (Potong) pada.
INTRODUCTION TO PSYCHOLOGY. Recommended Literature 1. Introduction to Psychology : Gateway to Mind and Behavior by Dennis Coon and John O. Mitterer 2.
Siklus Manajemen Pengetahuan
PERULANGANPERULANGAN. 2 Flow of Control Flow of Control refers to the order that the computer processes the statements in a program. –Sequentially; baris.
Slide 3-1 Elmasri and Navathe, Fundamentals of Database Systems, Fourth Edition Revised by IB & SAM, Fasilkom UI, 2005 Exercises Apa saja komponen utama.
1 IKI20210 Pengantar Organisasi Komputer Kuliah No. 18: I/O, Interupsi 15 November 2002 Bobby Nazief Johny Moningka
Review IS & Software System Concept Diah Priharsari PTIIK – Universitas Brawijaya Source: 1.Obrien & Marakas, Management Information.
Introduction to The Design & Analysis of Algorithms
1 KOMPONEN PERUMUSAN PROGRAM KOMUNIKASI 1.Assesment - Focus the target audience 2.Planning - Target audience - Key of consumer benefit - Believe of the.
Artificial Intelligence
PROSES PADA WINDOWS Pratikum SO. Introduksi Proses 1.Program yang sedang dalam keadaan dieksekusi. 2.Unit kerja terkecil yang secara individu memiliki.
1. Objek dalam kalimat aktif menjadi subjek dalam kalimat pasif
Review Operasi Matriks
Mr. Ari Nurrohmat, S.Pd Present PROCEDURE for Grade IX.
Pengantar/pengenalan (Introduction)
Could not load an object because it is not avaliable on this machine. Tidak dapat memuat sebuah benda karena tidak tersedia pada mesin ini.
Oracle Developer/2000. Developer/2000 Products FormsReportsGraphics.
KULIAH X FIREWALL KOM Keamanan Jaringan 2012/2013 KOM Keamanan Jaringan 2012/2013.
Menggunakan OLE Drag-Drop
Menggunakan Drag-Drop
Implementing an REA Model in a Relational Database
FreeRTOS Tutorial.
Information and Communication Technology: The Meaning of TECHNOLOGY presented by: Rhiza S. Sadjad
AUSTRALIA INDONESIA PARTNERSHIP FOR EMERGING INFECTIOUS DISEASES Memformat sel menjadi text.
1 Magister Teknik Perencanaan Universitas Tarumanagara General View On Graduate Program Urban & Real Estate Development (February 2009) Dr.-Ing. Jo Santoso.
AUSTRALIA INDONESIA PARTNERSHIP FOR EMERGING INFECTIOUS DISEASES 3. MERAPIKAN DATA.
Slide 1 QUIS Langkah pertama caranya Buat di slide pertama judul Slide kedua soal Slide ketiga waktu habis Slide keempat jawaban yang benar Slide kelima.
Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas Kreativitas.
LESSON 10: LET’S COOK LEARNING FOCUS USING “a little” USING “a few”
LOGO Manajemen Data Berdasarkan Komputer dengan Sistem Database.
AUSTRALIA INDONESIA PARTNERSHIP FOR EMERGING INFECTIOUS DISEASES Selamat Mencoba......
MICROSOFT EXCEL 2000 Bagian #1 Konsep, Editing & Formating.
Linked List dan Double Linked List
MODELS OF PR SYIFA SA. Grunig's Four models of Public Relations Model Name Type of Communica tion Model Characteristics Press agentry/ publicity model.
Metodologi Penelitian dalam Bidang Informatika
SMPN 2 DEMAK GRADE 7 SEMESTER 2
1 PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER Haryoso Wicaksono, S.Si. MICROSOFT WINDOWS #2.
Menu Standard Competence Based Competence.
Web Teknologi I (MKB511C) Minggu 12 Page 1 MINGGU 12 Web Teknologi I (MKB511C) Pokok Bahasan: – Text processing perl-compatible regular expression/PCRE.
MICROSOFT EXCEL 2000 Bagian #4 GRAPHICS : OBJECT & CHART.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Teori, prinsip dan pedoman IMK
Interaksi Manusia dan Komputer
Microsoft Word.
Model pengguna (Kognitif)
MODEL PENGGUNA Denny Sagita.
Teori , Prinsip, dan Pedoman Pertemuan 2
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Model pengguna (Kognitif)
Teori, Prinsip dan Pedoman
APLIKASI KOMPUTER Microsoft Word 2007 I.
Teori, Prinsip, dan Pedoman
Teori , Prinsip, dan Pedoman
Model pengguna (Kognitif)
Model pengguna (Kognitif)
User Interface Design and Development Shneiderman, Ch. 2 (loosely)
Model Kognitif.
Model pengguna (Kognitif)
Transcript presentasi:

Teori, Prinsip, dan Pedoman Materi Pertemuan Ke-2 Teori, Prinsip, dan Pedoman

Teori Tingkat Tinggi : Four Level Approach to design a piece of software or system. ( Foley dan Van Dam ) Conceptual When a user is working on an interactive system, a mental model is often developed Semantic When the user enters in input to the system, and the computer generates output based on that input. The Semantic level describes the meanings between the input and output Syntactic a set of rules to create a sentence, which will give the computer a set of instructions to complete a particular task Lexical deals with input device dependencies, in which the user will specify the exact syntax

Model mental manusia dari sistem interaktif Menggambarkan arti yang disampaikan oleh perintah yang dimasukkan pemakai dan keluaran yang dihasilkan komputer Mendefinisikan bgmn satuan (kata) yg menyampaikan semantik dirangkai menjadi kalimat lengkap yg memerintahkan komputer melakukan tugas tertentu Berhubungan dengan ketergantungan terhadap piranti

CONTOH : Conceptual: Provides a mental model Example: text editor objects = characters, files, paragraphs relationships = files contain paragraphs contain chars operations = insert, delete, etc. Semantic: meaning/desired function Example: move the paragraph Syntactic: how the semantic command is formed Example: prefix vs. postfix (Edit, Highlight, Cut, Paste) Lexical: sequence of actions Example: how mouse and keyboard combined into menu, button, string, pick, etc. Point to edit on menu bar->click ->select option within edit menu.

GOMS Model analyzes the user complexity of interactive systems GOMS Model analyzes the user complexity of interactive systems. It is used by software designers to model user behavior. ( Card, Moran, and Newell ) Goals edit dokumen (subgoals = Insert word) Operators Tekan tombol panah atas Pindahkan tangan ke mouse Ingat nama file Pastikan kursor ada di akhir baris Method Pindahkan kursor ke lokasi yg diinginkan dgn serentetan penekanan tombol panah Selection Rules Menghapus dengan backspace berkali-kali vs. memblok dan menekan tombol delete

Goal End state trying to achieve Then decompose into subgoals Select sentence Moved sentence Cut sentence Move to new spot Paste sentence Place it

Operators Basic actions available for performing a task (lowest level actions) Examples: move mouse pointer, drag, press key, read dialog box, … Fall 2002 CS/PSY 6750

Methods Sequence of operators (procedures) for accomplishing a goal (may be multiple) Example: Select sentence Move mouse pointer to first word Depress button Drag to last word Release Fall 2002 CS/PSY 6750

Selection Rules Invoked when there is a choice of a method GOMS attempts to predict which methods will be used Example: Could cut sentence either by menu pulldown or by ctrl-x Fall 2002 CS/PSY 6750

Seven stages of action ( Norman ) Bentuk Goal Bentuk intention Sebutkan aksi Laksanakan aksi Perhatikan keadaan sistem Interpretasikan keadaan sistem Evaluasi keluaran

Model sintaktik & semantik dari pengetahuan pemakai Sintactic Knowledge Sifatnya : Berbeda antara sistem Tidak dapat diramalkan Penghafalan berulang-ulang Mudah dilupakan Struktur tidak jelas

Semantic Knowledge Sifatnya : Terorganisasi secara hierarkis Dari pelajaran/analogi Tidak tergantung sintaksis Stabil dalam ingatan pemakai

Semantic Knowledge dibedakan menjadi : Computer concepts Computer Objects High level : Storage information Lower Level : File Directory Computer Actions High Level : file text edit Lower Level : open file, input text, save file

2. Task Concepts Task Objects : Task Actions : High Level : mail Lower Lever : date, address, signature Task Actions : High Level : writing mail Lower Level : Spelling

Tiga Jenis Pemakai Novice or first time users Knowledgeable intermittent users Expert frequent users

Tidak punya syntactic knowledge, semantic knowledge sedikit Pengetahuan mengenai tugas dangkal Punya semantic knowledge atas task concep dan computer concept Kesulitan dengan syntactic knowledge Kenal betul dengan aspek syntactic dan semantic Ingin pekerjaan cepat selesai

Delapan aturan emas perancangan dialog Berusaha keras u/ konsisten Memungkinkan frequent user menggunakan shortcut Umpan balik informatif Merancang dialog u/ menghasilkan keadaan akhir (sukses, selesai) Penanganan kesalahan sederhana Mengizinkan pembalikan aksi (undo) Mendukung internal locus of control Mengurangi beban ingatan jangka pendek

Mencegah kesalahan Correct matching pairs Tanda pembuka & penutup dalam satu aksi Mengingatkan pemakai tanda penutup blm dipasang Menghilangkan keharusan tanda penutup

Complete sequences Correct commands Menggabungkan aksi Melakukan aksi tergantung aksi lain secara otomatis Correct commands Melengkapi kekurangan perintah Memberikan pilihan