Dialogue Design.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Ragam Dialog.
Advertisements

By Heri Siswanto  Menurutku interaksi manusia dan komputer adalah studi tentang hubungan yang terjadi antara manusia dengan komputer untuk.
RAGAM DIALOG.
Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
Mata Kuliah INTERAKSI KOMPUTER - MANUSIA
Ragam Dialog.
Dialog berbasis text dan pengisian borang
Merancang User Interface
Neilsen Menggunakan urutan dialog yang simple dan alami
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
BGI (Borland Grafik Interface)
Pemilihan Menu dan Pengisian Formulir
PERANCANGAN ANTARMUKA ATAU LAYAR.
Menu dan Formulir.
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
MATERI KELAS 8 SBI.
Bina Sarana Informatika
Interaksi Manusia Dan Komputer (Interaksi)
Interaction Interaction:
Pengetahuan Auditor untuk Interface & Dialog
Interaksi Manusia dengan Komputer
Pertemuan 3 Menu dan Formulir
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
KONSEP USER INTERFACE.
Menu, Form, dan Kotak Dialog
PEMROSESAN DOKUMEN FILE DOKUMEN
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Ragam Dialog|pertemuan VI
Ragam Dialog|.
Interaksi Manusia & Komputer Ragam Dialog
Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
Desain User Interface dan Input
KONSEP INTERFACE
MENGENAL VISUAL BASIC 6.0 Pertemuan 3
Human Computer Interaction (3)
PEMILIHAN MENU DAN PENGISIAN FORMULIR
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Interaksi Manusia & Komputer
Interaksi manusia komputer
DIALOG.
Lecture 3 User Interface Design.
UMAR MUHAMMAD,ST.,MT PERTEMUAN I
USER INTERFACE.
Persentasi Kelompok REKAYASA PIRANTI LUNAK
Ikan Sepat Ikan Gabus.
Ragam Dialog.
Designing the User Interface:
Kelompok 4 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Persentasi Kelompok REKAYASA PIRANTI LUNAK
(User Interface Design--UID)
Human-Computer Dialogue
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Graphical User Interface (GUI) dan Multimedia
Ragam Dialog.
Kelompok 4 Tugas 5 1. Dessy aryanti Eva Rosyifa Ega Mawarni Rosalina Miliartha Tuti Mulyanah
Menu dan Formulir Materi Pertemuan Ke-3.
Ragam Dialog.
Ragam Dialog.
Pertemuan 3 RAGAM DIALOG.
Interaksi.
PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B
Rekayasa Perangkat Lunak
Ragam Dialog|pertemuan VI
This presentation uses a free template provided by FPPT.com Application of Anthropomorphism to Interaction Design.
Ragam Dialog.
INTERAKSI.
KONSEP USER INTERFACE PENGANTAR KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI 1B.
Model Kognitif.
Dialogue Notation & Design Part-2
Modul 5 Kegiatan Belajar 4: DESAIN MULTIMEDIA INTERAKTIF Kelompok 4: Nur Awaludin Warjito Totok Hermawan.
Transcript presentasi:

Dialogue Design

Dialogue Komunikasi antara dua pihak atau lebih. Dalam desain user interface, istilah dialogue memiliki arti yang lebih spesifik, yaitu struktur komunikasi antara user dan sistem komputer

jenis dialogue Menu Form-fillin Command Language Natural Language Direct Manipulation

Menu Dialogue berbasis menu cocok untuk user pemula atau jarang mempergunakan komputer. Untuk expert user, sistem menu masih bisa diterima jika unjuk kerja dari sistem cukup cepat untuk menghindari delay yang tidak perlu. Contoh: Pull-down menu Pop-up menu Scrollable menu Numerical menu choice

File Edit View Insert Format Help Window Menus File Edit View Insert Format Help New Open Close Menu bar Cascading Menu Save Save As Cut Copy Paste Send to > Mail recipient… Routing recipient... Pop-up Menu Pull-down Menu

Menu-driven Applications 1. Purchasing Reports 2. Sales Reports 3. Purchasing Data Entry 4. Sales Data Entry 5. System Administration Type a selection and press <Enter> __ (1 - 5) Whizz Co Reporting System

Depth vs. Breadth D e p Broad Many levels Many choices at one level Menu: 3- 8 Level: 3-4

Keuntungan dan kerugian Menu Mempersingkat waktu training Kurang baik jika terlalu banyak menu Mengurangi pengetikan tombol key Bisa memperlambat user yang sering memakai sistem (expert user) Membutuhkan sedikit memory komputer Membutuhkan banyak tempat di layar Terstruktur Tidak cocok untuk entry data Tool untuk desain menu tersedia Membutuhkan display yang unjuk kerjanya cepat

Form-fillin Form-fillin sangat berguna dalam dialogue manusia dan komputer karena manusia sudah terbiasa dengan konsep mengisi suatu form. Keuntungan utama dari form-fillin dialogue adalah semua informasi bisa terlihat secara keseluruhan sehingga pemakai merasa tidak canggung dengan interface yang sedang dihadapi.

Contoh

Contoh

Keuntungan dan kerugian Form-fillin Manusia sudah terbiasa dengan pengisian form Terkadang lambat Mempermudah entry data Membutuhkan banyak tempat di layar Membutuhkan sedikit memory komputer Membutuhkan kontrol cursor di layar Terstruktur Mekanisme navigasi kurang jelas

Form Fillin Design Guidelines Judul/Prompt singkat yang memiliki arti jelas Instruksi yang singkat dan jelas (misalnya dgn fasilitas help) Mengelompokkan field yang berhubungan, beserta urutannya Bentuk tampilan yang menarik (misalnya dengan windowing, warna, 3D, …) Memakai label field yang umum dipakai pada aplikasi lainnya Memakai istilah dan singkatan yang konsisten Batasan yang jelas untuk field yang bisa di-entry-kan Fasilitas pergerakan cursor yang tepat (TAB / arrow-keys) Memiliki fasilitas koreksi jika ada kesalahan baik untuk karakter maupun field Memiliki error-message untuk entry-value yang invalid Field optional jelas terlihat (dengan tambahan kata: ‘optional’) Penjelasan tentang field (dengan micro-help pada posisi yang standard) Tanda selesai entry

Design Interface – Penjualan Kasir

Interface front office

Scan Barcode Customer Data Customer

Interface Agent Perjalanan

Command Language Command language selalu diinisialisasi oleh pemakai. Pemakai mengetikkan command (perintah) tanpa prompt ataupun help dari sistem. Contoh yang paling sering dijumpai dari command language adalah bahasa dari sistem operasi, misalnya: DOS: dir, copy, del UNIX: ls, cp, rm vi (UNIX visual editor): ^F, ^B, w, q

jenis (style) penulisan positional syntax (dipakai oleh DOS) contohnya: COPY file1 file2 keyword syntax (mengidentifikasi keyword, lalu parameternya) contohnya: COPY FROM file1 TO file2 COPY TO file2 FROM file1 mixed syntax (kombinasi positional dan keyword) contohnya: cc -o outfile cfile.c

Keuntungan dan kerugian Command-line Fleksibel Membutuhkan training cukup lama Diinisialisasi (diawali) oleh pemakai Harus dipakai terus menerus supaya bisa Cepat, Tepat, Efisien, Singkat Membutuhkan banyak memory Menarik untuk user yang expert Error handling sangat jelek

Example vi text editor Wouldn’t ‘f’ be better for forward? w - forward word b - backward word Wouldn’t ‘f’ be better for forward? ‘f’ already used How about ‘fw’ and ‘bw’? Extra keystrokes

Natural Language adalah dialogue manusia dengan komputer yang memiliki sifat yang sama dengan dialogue manusia dengan manusia. Natural Language jauh lebih kompleks daripada jenis dialogue lainnya. Secara umum, natural language belum bisa dipakai sebagai dasar desain dialogue pada program aplikasi umum, karena kompleks dan tidak efisien.

Natural language processing technologies

Keuntungan dan kerugian Natural language Tidak ada syntax khusus Tidak jelas Fleksibel dan canggih Tidak spesifik Alami (Natural) Terlalu banyak kata yang tidak perlu Bisa diinisialisasi baik oleh manusia atau komputer Membutuhkan desain perangkat lunak yang kompleks Tidak efisien

Direct Manipulation Pertama kali dicetuskan oleh Ben Shneidermann pada tahun 1980-an. Karakteristik utama dari dialogue jenis ini adalah kemampuannya untuk merepresentasikan task yang diberikan oleh pemakai secara langsung ke device output yang disediakan. Pemakai komputer biasanya sudah terbiasa dengan interface WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer) yang dipopulerkan oleh Apple Macintosh, tetapi interface jenis ini sebenarnya cuma salah satu contoh dari dialogue direct manipulation. Contoh: Screen editors Graphics Simulator dan video games

Keuntungan dan kerugian Direct Manipulation Analogi (kemiripan) Membutuhkan perangkat lunak komplek Mengurangi waktu belajar/penyesuaian Membutuhkan display grafik yang cepat Menarik secara visual Membutuhkan tambahan input device (mouse) Canggih Membutuhkan ketrampilan mendesain grafik Singkat Lebih sulit untuk di program Tool untuk desain sudah tersedia

mendesain dialogue consistency (Urutan action, Istilah, Perkecualian) shortcuts (singkatan, tombol khusus, macro) feedback (sering: response secukupnya) error handling (sistem harus bisa mendeteksi error) reversal of action (Undo) Reduce short-term memory load (Sederhana)