< > <= >= = <> lebih kecil dari lebih besar dari

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
ALGORITMA 3 April Pseudocode Flowchart #3 STIKOM.
Advertisements

Flowchart (Diagram Alur)
STATEMEN READ-DATA 10 READ A10 READ A,B,C 20 DATA 2,3,420 PRINT A,B,C 30 READ B,C30 END 35 PRINT A,B,C40 DATA 2,3,4 40 ENDOk Ok STATEMEN RESTORE 10 READ.
Pemograman berorientasi prosedur merupakan bahasa pemrograman yang melibatkan fungsi-fungsi atau prosedur-prosedur sebagai sub program untuk membentuk.
Subprogram Program kecil yang melakukan tugas tertentu dan merupakan bagian dari program secara keseluruhan Keuntungan : Mudah dikodekan Mudah dipahami.
Dasar Komputer & Pemrog 2 A minggu 4
Pengenalan Bahasa Pemrograman Pascal
panduan praktis belajar VISUAL BASIC 6.0
Struktur Dasar Algoritma
PERULANGAN Perulangan (loop) merupakan bentuk yang sering ditemui di dalam suatu program aplikasi. Di dalam bahasa Pascal, dikenal tiga macam perulangan,
Algoritma dan Dasar Pemograman
1. SISTEM OPERASI Sistem Operasi (OS) adalah software yang dipergunakan untuk mengatur bekerjanya peralatan komputer. OS harus dimasukkan dulu ke dalam.
PERTEMUAN KE 9 MENU TUNGGAL.
OPERASI MASUKKAN-KELUARAN
Tahap Testing Program (lanjutan)
Cakupan Graf (Lanjutan) Pertemuan 7.
Pertemuan kedua Perintah INPUT, PERHITUNGAN, TAB, SPC and LOCATE.
PERTEMUAN KE 5 PROSES BERULANG.
Pengantar Komputer Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Gunadarma
Pemrograman Bahasa Komputer (CS-2700 / 3 SKS ) Oleh:
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
SUBROUTINE SUBROUTINE program bagian : suatu bagian dari program yang didefinisikan secara terpisah dari program utama (umumnya diletakkan di bagian bawah.
Flowchart (Diagram Alur)
DASAR KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN 1A
PERULANGAN (LOOP) Proses yang mengerjakan satu atau lebih statemen secara berulang-ulang, yaitu semua statemen2 di antara statemen berpasangan : FOR-NEXT.
Statemen Input Output PRINT INPUT LINE INPUT INPUT$ READ-DATA RESTORE
1 PERTEMUAN 1 DIAGRAM ALUR (FLOWCHART). 2 Apa itu Flowchart 1.Suatu skema / bagan yang menggambarkan urutan kegiatan dari suatu program dari awal sampai.
Struktur Program dan Pernyataan
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
PENGERTIAN DASAR ALGORITMA & FLOWCHART
{Pertemuan 4 Struktur Kondisi IF}
Pertemuan 2.
Struktur Keputusan pada Structure English dan Pseudocode
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alir)
{Pertemuan 4 Struktur Kondisi IF}
PENGANTAR BAHASA BASIC
Algoritma.
Struktur Program Minimal
APSI.
{Pertemuan 4 Struktur Kondisi IF}
penyusunan algoritma (flowchart)
Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
Algoritma & Pemrograman 1B
Struktur Program dan Pernyataan
Flowchart (Diagram Alur)
Flowchart (Diagram Alur)
Introduction 03 using to Algorithm C / C++ teknik dasar Algoritma.
Flowchart (Diagram Alur)
Instruksi-instruksi pada 8086
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
Struktur Program dan Pernyataan
TEL 2112 Dasar Komputer & Pemrograman
Statement Input dan Output
Pengantar Bahasa Basic
PowerBASIC A Varian Of Basic
Pertemuan 2 Rismayuni.
JENIS DAN SIMBOL FLOWCHART PRODI MIK | FAKULTAS ILMU-ILMU KESEHATAN
Pertemuan Pertama Membahas Perintah Cls , Print dan Stop
Flowchart Nori Sahrun, S.Kom., M.Kom.
DIAGRAM ALUR (FLOWCHART)
BAHAN PRAKTIKUM MINGGU Ke 12
BAB II METODOLOGI PENGEMBANGAN SIA
Flowchart Algoritma dan Pemrograman 3: Flowchart dan Kode Program
STATEMEN GO TO DAN IF-THEN Pertemuan IX.
Flowchart (Diagram Alur)
PERTEMUAN KE 5 PROSES BERULANG.
Flowchart (Diagram Alur)
FLOWCHARTING Temu 3 dan 4.
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Transcript presentasi:

< > <= >= = <> lebih kecil dari lebih besar dari RELATIONAL OPERATOR LOGICAL OPERATOR OPERATOR ARTI < > <= >= = <> lebih kecil dari lebih besar dari lebih kecil sama dgn lebih besar sama dgn sama dengan tidak sama dengan OPERATOR RANKING NOT AND OR XOR EQV IMP 1 2 3 4 5 6

Contoh : 10 IF NILAI.TUGAS >= 80 AND NILAI.UJIAN >=60 THEN 30 BAHASA BASIC no baris statement UMUMNYA SUATU PROGRAM DAPAT TERDIRI DARI TAHAPAN-TAHAPAN SBB : MEMASUKKAN/MEMBACA DATA MENGOLAH/MENGERJAKAN DATA MENAMPILKAN HASIL PENGOLAHAN DATA

Untuk membaca nilai suatu variabel STATEMEN : BAGIAN DARI PROGRAM YG DIMAKSUDKAN SBG PERINTAH PENGERJAAN UTK KOMPUTER MEMASUKKAN DATA Statemen READ-DATA Untuk membaca nilai suatu variabel Nilai dari variabelnya ditunjukkan oleh DATA Jumlah data yang dibaca pada READ harus sama atau lebih besar (jika kurang OUT OF DATA) Harus selalu ada bersama-sama

Statemen RESTORE Data yang sama dibaca sekali lagi meskipun nama variabelnya berbeda Jika diikuti nomor baris, data yang dibaca ulang adalah data dari nomor baris tersebut Statemen INPUT Nama variabel (tidak didalam program) tetapi dimasukkan setelah program dijalankan Setelah tanda tanya (?) Keuntungan : data yang dimasukkan bisa bervariasi Lebih baik bila data yang diminta diberi keterangan

Statemen menampilkan hasil :. 1. PRINT. 3. WRITE. 5. CLS. 2. LPRINT. 4 Statemen menampilkan hasil : 1. PRINT 3. WRITE 5. CLS 2. LPRINT 4. LOCATE PRINT Statemen ini digunakan utk menampilkan hasil di layar LPRINT Statemen ini digunakan utk menampilkan hasil program di printer WRITE Statemen ini digunakan utk menampilkan hasil program khusus di layar (jarang digunakan) CLS Statem ini digunakan utk membersihkan layar (setelah di-RUN) dan akan menempatkan kursor pada posisi pojok kiri atas di layar LOCATE Statemen ini digunakan utk menempatkan hasil di posisi koordinat tertentu di layar (25 baris) (40 kolom)

Keterangan : Semua chr dlm tanda petik “ “ akan di-print Tanda (,) hasil di-print dg jarak 14 kolom tanda (;) hasil di-print tanpa spasi (1 kolom) Statemen Pengerjaan : statemen LET, SWAP Statemen LET boleh ditulis dan boleh tdk ditulis Statemen SWAP untuk menukar 2 buah nilai variabel

Komentar Program Statemen REM bisa diikuti komentar sembarang, tidak ikut diproses pada saat di-RUN Contoh : konversi celcius ke fahrenheit 100 LET C = 10 110 REM *HITUNG NILAI FAHRENHEIT* 120 F = 1.8 * C + 32 130 ‘CETAK HASIL FAHRENHEIT’ 140 PRINT “FAHRENHEIT=“; F 150 END RUN FAHRENHEIT = 50 Ok

Statemen kendali (Control Statement) 1. statemen END, STOP 2. statemen GOTO 3. statemen FOR-NEXT, WHILE-WEND 4. statemen IF-THEN, IF-GOTO 5. statemen GOSUB-RETURN

JENIS-JENIS KESALAHAN Lupa memberi no baris Lupa memberi tanda * (perkalian) Penggunaan tanda kurung / tanda kurung kurang Statemen READ tanpa DATA / DATA kurang Keterangan program tanpa statemen REM atau ’ Statemen FOR tanpa NEXT / sebaliknya Lupa menyertakan statemen DIM Statemen GOSUB tanpa RETURN Statemen GO / GOSUB ke nomor baris yang salah Statemen GO yang tidak ada selesainya CTRL + BREAK dll

FLOWCHART (BAGAN ALIR) TERMINAL/INTERUPT (mulai/berhenti) PROCESS (proses operasi/perhitungan /pemberian harga awal) INPUT/OUTPUT DECISION (kondisi pilihan/keputusan) PREDEFINED (subprogram/subroutine) CONNECTOR (menyambung pada halaman berikutnya) FLOW LINES (garis-garis yg menghubungkan simbol2 flowchart)