Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika 41812120194.

Slides:



Advertisements
Presentasi serupa
Bab 6 Multimedia.
Advertisements

RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
OPERASI DASAR PERALATAN KOMPUTER
PERANGKAT INPUT OUTPUT (IO- STORAGE)
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
INPUT & OUTPUT SISTEM AHMAD SON ARIF ( )
KOMPUTER HARDWARE.
PERANGKAT INPUT OUTPUT (IO- STORAGE)
TUGAS BU RATNA #PERTEMUAN 10
PENGENALAN KOMPUTER Oleh: Amir Ar Razzaaq.
Dasar-dasar multimedia
PENGERTIAN KOMPUTER Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung.
1 Pertemuan 12 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY. 2 Multimedia Kebutuhan Perangkat Keras Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling.
Elemen Multimedia R.M. Mahrus H. Efendi.

BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Dasar-dasar Multimedia
Perangkat Keras Multimedia
PERKEMBANGAN HARDWARE
PERKEMBANGAN HARDWARE KOMPUTER
Pengantar Multimedia Nurochman.
KELOMPOK 2 SI-2 FAKULTAS ILMU KOMPUTER JURUSAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA”YPTK”PADANG 2011.
Pengenalan Sistem Operasi
Oleh: Muhammad Yogie Latansa Kelas PTIK 4
PTIK 10 MULTIMEDIA DAN VIRTUAL REALITY
MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Sistem Operasi - Multimedia
JENIS-JENIS INPUT DEVICE
Kelompok 7 Bonifasius Bryan Elias
Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa
SISTEM OPERASI INPUT / OUTPUT
Pengenalan Sistem Operasi
PENGANTAR TEKNOLOGI KOMPUTER & INFORMASI – A
PEMANFAATAN GRAFIKA KOMPUTER DALAM PENGOLAHAN CITRA
DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
Bagian 1-Apa itu Multimedia?
Sejarah Multimedia TRI SURATNO, S.KOM.,M.KOM.
MULTIMEDIA Pert. 1.
Kelompok 6 SI-11 Fajar Rahmat Mustari Puji Nurahman Fitri
Sistem Multimedia Pertemuan ke-2.
Elemen Dasar Komputer BAB 3.
Definisi hardware input
OCTAVIANI ROCHIADITYA P ( ) PRADANA HERDIN S ( )
KOMPONEN DAN FUNGSINYA
MATERI PERANTI MASUKAN BAB 3
Input & Output Devices Bab V.
Kumpulan Materi Kuliah
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
M.Fauzi Josua Tangke Gigih Yudha
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA KOMPUTER PRINGSEWU
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
BAB III PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Teknologi perangkat keras
SELAMAT MENCOBA, SEMOGA BERHASIL
NAMA : RAHMAWATI SETIA WULANDARI
DASAR PEMROSESAN KOMPUTER
Perangkat Input Dan Output Beserta Fungsinya
PERKEMBANGAN HARDWARE
PERKEMBANGAN HARDWARE
CARA KERJA KOMPUTER Tujuan : -Mahasiswa mampu menjelaskan proses suatu data diolah pada komputer -Mahasiswa mampu menyebutkan dan mengetahui fungsi dari.
Perkembangan Multimedia Masa Depan
tujuan Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia
PERANGKAT KERAS (HARDWARE) TIK
Komponen input dan output komputer
MATERI PERANGKAT KOMPUTER HARDWARE DAN SOFTWARE Kompetensi Dasar : 3.1. Memahami Interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak dan pengguna Indikator.
Informatika SEJARAH KOMPUTER BOOTING DAN SHUTDOWN PERANGKAT LUNAK PERANGKAT KERAS DAN SISTEM OPERASI KUIS.
KOMUNIKASI MULTIMEDIA
Mahasiswa memahami defenisi dari multimedia Mahasiswa mengetahui perkembangan terkini dari multimedia Mahasiswa mengetahui manfaat teknologi multimedia.
Transcript presentasi:

Modul 10 (Multimedia) Mega Anis Kartika

MultiMedia Yang dimaksud multimedia adalah interaksi antara suara, gambar statis, animasi dan video (Perry,1994). Ditinjau dari kata-kata pembentuknya, multimedia berarti “melibatkan berbagai media”. Dengan menggunakan multimedia, informasi dapat ditampilkan secara serentak melalui berbagai media. Anda bisa melihat informasi pada layar baik merupakan teks ataupun gambar dan video dan pada waktu yang bersamaan anda dapat mendengarkan paparan melalui suara dengan speaker.

Kebutuhan Perangkat Keras Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling tidak memiliki komponen yang disebut kartu suara(sound card), sepasang speaker, dan mikropon.  Kartu suara adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio  Speaker adalah piranti untuk menyajikan suara  Mikropon adalah piranti untuk menerima suara manusia Umumnya komputer pada masa sekarang telah dilengkapi dengan komponen-komponen tersebut.

Berbagai peralatan yang digunakan dalam aplikasi multimedia: Keyboard CD Mikropon Speaker Monitor Scanner Printer Kamera digital Video cassete recorder Tape recorder Mouse

Elemen – elemen Multimedia Sebagaimana tersirat dalam definisi multimedia didepan, elemen multimedia meliputi: Teks Suara Gambar statis Animasi Video

 Teks Teks merupakan bentuk media yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi, baik yang menggunakan model baris, perintah ataupun GUI. Teks dapat disajikan dengan berbagai bentuk font maupun ukuran.  Suara Suara merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu misalnya untuk memperdengarkan cara untuk melafalkan sebuah kata dalam bahasa inggris.

 Gambar Statis Umumnya gambar disimpan dengan cara di mampatkan. Tujuannya adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan eksternal. Ada dua teknik yang digunakan yaitu yang pertama dinamakan teknik lossless dan yang kedua teknik lossy. Teknik pemanpatan Lossy adalah teknik yang memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan mempunyai perbedaan dengan gambar asli, tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan cara seperti ini, gambar dapat dimampatkan sekecil mungkin (terlihat dalam ukuran berkas). Teknik pemampatan Lossless adalah suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengangambar aslinya.

 Animasi Animasi berarti teknik untuk membuat gambar yang bergerak. Contoh, dapat dilihat pada layar secara berturut-turut dan bergantian, maka akan terkesan adanya harimau yang sedang berlari.

Perangkat Lunak Untuk Menciptakan Program Multimedia Perangkat lunak yang secara khusus ditunjukkan untuk membuat aplikasi multimedia authoring system. Beberapa contoh yang tergolong sebagai authoring software yaitu Authoware, Quest, Icon Author, dan Multimedia Director. Virtual Reality Virtual Reality adalah teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi sehinggga membuat pemakai seolah-olah terlibat secara fisik. Sistem seperti ini dapat digunakan untuk perancang obat, arsitek, dan bahkan orang awam untuk melakukan aktifitas-aktivitas yang meniru dunia nyata. Sebagai contoh, pilot dapat meggunakan sistem virtual reality untuk melakukan simulasi penerbangan sebelum melakukan penerbangan yang sesungguhnya.

Piranti Virtual Reality Untuk mewujudkan suasana yang menyerupai dunia nyata, virtual reality menggunakan peralatan-peralatan yang dinamakan glove, headset, dan Walter. Glover adalah piranti masukkan yang dapat menangkap gerakan tangan dan mengirimkan informasi gerakan kesistem virtual reality. Headset adalah piranti yang berfungsi untuk memonitor gerakan kepala. Walker adalah peralatan yang dimaksudkan untuk memantau gerakan kaki.

Cara Kerja Virtual reality Cara kerja system virtual reality pada prinsipnya adalah seperti berikut. Pemakai melihat suatu dunia semu, yang sebenarnya berupa gambar-gambar yang bersifat dinamis. Melalui perangkat headphone atau speaker, pemakai dapat mendengar suara yang realities. Melalui headset, glove, dan walker, semua gerakan pemakai dipantau oleh system dan system memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis.

TERIMA KASIH